Sabtu, 19 Juni 2010

Best Meal I Ever Ate in Jogja

Sebenernya postingan ini sudah lama saya tulis di milis angkatan sekitar setahun lalu. Saya pengen ngangkat lagi tulisan ini lewat blog saya, hehe.. Jadi, kalo para pembaca lagi nyempetin ke Jogja, mungkin salah satu dari beberapa pilihan top 5 tempat makan ini bisa jadi pilihan. By the way, ini menurut opini saya pribadi loh.. dan ada kemungkinan kalo nggak sama seleranya. Lagian, best 5 ini masih bisa sangat mungkin untuk berubah kalo saya nanti nemuin makanan yang sama (dan lebih enak tentu saja)..
So please have a seat, and enjoy the Jogja heritage culinary place (halah..lebay mah kalo ini)

Best 5 Mie Ayam I Ever Ate
  1. Mie Ayam belakang gereja pugeran : Porsinya gede, ayamnya bacem masak kecap, pake telur puyuh juga. nie satu-satunya mie ayam pake pake telur puyuh yang pernah saya makan. Buka cuman diatas jam 5. tapi kalo dateng diatas jam 8 mesti udah abis.
  2. Mie Ayam deket gerbang masuk kawasan wisata gerabah Kasongan : Yang bikin enak dari mie ayam ini bumbu ayamnya rasa kari banget, gurih dan bersantan, mana kuahnya kentel. porsinya lumayan gede. semangkoknya cuman 5 ribu itu plus es jeruk (kalo belon naek).
  3. Mie Ayam Pangsit Pak Kliwon : Dulu tempatnya didepan SMU N 1, Ini mie ayam favoritnya warga SMA saya dulu.. kalo ulang tahun pengen praktisan.. tinggal keluar, minta ama pak Kliwon suruh nganterin ke kelas. hehe. cuman sekarang dah digusur bwat dijadiin taman kota. Gak tau sekarang pak kliwon pindah kemana. Kata temen-temen SMA saya sih pindah ke jalan wates KM 10 cuman sampai sekarang saya masih belon tau persisnya. Hiks.. ada juga yang bilang, tetep jualan di SMA1 cuman pake gerobak sekarang. Kangen ma keramahan bu Kliwon yang selalu nanyain gimana kabarnya. kalo dulu pas kuliah masih sering mampir.. Yang bikin enak Mie Kliwon adalah pangsit basahnya. Ayamnya yang dimasak kering, trus kuahnya yang kerasa banget bumbunya, plus taburan bawang daun ma mendoan renyahnya bikin ketagihan. seporsi dulu 3500 doank..
  4. Mie Ayam Gress Galeria Mall : kalo yang ini, yang bikin enak adalah pemandangannya. gimana nggak, beli semangkuk mie ayam bonus paha, dada, hahaaha (ngerti kan maksudnya?). Nggak, bercanda... Mie Ayam Gress paling enak dimakan tanpa kuah. tambahin kecap ma saos, jadi berasa mie goreng. kuahnya dimakan ma pangsit keringnya, bwat apetizer. Agak lumayan mahal sih, tujuh ribuan blon termasuk pajak... segitu harga yang wajar untuk mie ayam sekelas emper toko disini...
  5. Mie Ayam Pak Kijo, sebelah rumah : Mie yang satu ini yang bikin enak adalah bisa ngutang... maklum yang jualan tetangga sendiri.. hehehe.. lagian, kalo beli mie ayam ini mah bisa nonton tv, bisa makan di tempat tidur, bisa disambi nge-game komputer (hal yang sudah lama gak pernah saya lakukan... kangen).

Best 5 Gado-Gado I Ever Ate
  1. Gado-gado plus lotek Bu Ning. Belakang Rutan Wirogunan.. Daerah jalan tentara pelajar sana. Bumbu kacangnya wuenak pisan.. manis plus pekat.. sekaligus porsinya yang lumayan besar. apalagi tambah es degan gula jawanya yang khas.. kangeeeen..
  2. Gado-gado Lotek Pogung.. Ini mah makanan gado-gado kampus, temen-temen pun dah banyak yang sering kesini. Porsinya lumayan gede plus harga mahasiswa-nya lah yang membuat gado-gado disini laris manis..
  3. Gado-gado Gejayan. Lokasinya rada-rada nyempil plus masuk-masuk gang. daerahnya sekitar belakang RS Panti Rapih. Pertama kali saya datang dan makan di tempat ini not so special, tapi gitu ngrasain gado-gado yang bertabur emping.. wuenak lho. Spesialnya ish bumbu kacangnya.
  4. Gado-Gado Depan RS PKU Muhammadiyah Jogja. Warungnya sih kecil, cuman grobak dorong ma tenda. gak ada tempat khusus buat duduk. Jadi, makannya sambil piringnya dibawa. pertama kali nyicipin pas kerja Praktek kuliah dulu. Enak plus krupuknya banyak. kalo lewat situ plus lagi pengen, pasti mampir beli bwat dibungkus bawa pulang. Oh iya, terakhir makan itu gado-gado sih Maret kemaren.. pas bareng ama temen-temen kantor liburan di Jogja.
  5. Gado-gado Bu Dasuki, Gunung Sempu. Ni gado-gado deket rumah. porsinya guedhe pisan. gak tanggung-tanggung, seporsi (pake lontong) bisa dimakan 2 orang dan mengenyangkan. yang enak disini bumbunya diuleg pas kita pesen. jadi fresh gitu. Yah walaupun pernah pesen lotek ma gado-gado sekaligus, ternyata rasanya gak jauh beda. Yang biasa jual Bu Dasuki, Sayangnya semenjak Pak Dasuki meninggal dunia kurang lebih setahun yang lalu, saya nggak pernah menemukan warung ini buka lagi.. Buu.. kangen
Best 5 Nasi Goreng I Ever Ate
  1. Nasi Goreng Kambing Depan SMU 3 Padmanaba. Keknya juga dah banyak yang tau tempat ini deh. selalu rame. Paling enak suasananya, malem-malem nongkrong sambil guyon, Jadi inget pas kita lagi makan digangguin waria-waria ngamen... request lagu yang penyanyinya milihin lagu sesuai ma wajah orang yang nge-request.. Hiks.. jadi inget masa-masa pacaran dulu (HAiyyaaah... Piss.. bagi yang ngrasa)
  2. Nasi goreng Mandala Krida. Tempatnya persis di sebelah stadion MK, depan SMK muhammadiyah 6 (kalo gak salah... pokoknya depan SMK aja).. Banyak pilihan nasi gorengnya, mulai ayam, kambing, sapi, ikan asin.. enaklah pokoknya..
  3. Nasi Goreng Mandiri.. deket-deket kampus sih.. persisnya depan Kopma UGM. Tiap malem buka, apalagi kalo malem mingguan kek sekarang. Yang asyik disini gak cuman nasi gorengnya, tapi juga suasananya yang amat sangat ngampus... soalnya emang banyak mahasiswinya (yang kosnya deket-deket situ).. hehe, tepe-tepe..
  4. Nasi Goreng RM Bu Lia, deket perempatan ringroad Utara Jakal belok kiri.. daerah gang pandega padma (lewat laundry-laundryan) lurus, di kiri jalan. warungnya sih kecil. cuman porsinya istimewa = Extra very large (kalo ibarat baju XLLL). mpe eneg pas makan nasgornya. Variasinya juga banyak, Nasgor sosis, kepiting.. etc. Saya sendiri terpesona sama nasi goreng kepitingnya.. hiks, kangeeen.
  5. Nasi Goreng Yanto Motor Bugisan... lumayan deket rumah, 10 menitan naek motor. Ni paling enak kalo malem-malem perut keroncongan, keluar jajan dulu biar pules tidurnya.. jadi inget jam setengah dua belas dulu saya sering mengendap-endap keluar rumah cuman buat nikmatin nasgornya yang enak. paling cocok ma teh anget manisnya.. tehnya enak, kalo kata yang jual sih teh gunung..
Udah dulu ah.. makanan lainnya pengen disambung kapan-kapan aja.. dah keliatan tuh pas mbaca pada keluar ilernya semua... cobain dan rasain enaknya.. ini bukan promosi, cuman kalo Rachel Ray bilang "Cara terbaik memikat orang adalah lewat perutnya".. so, Lets the Sound of Buzz Works!!

6 komentar:

ulfah mengatakan...

'menggugah' artikel. hehe

Gaphe mengatakan...

mengunggah yang bener pe... Unggah.. xixixixi

ikoiko mengatakan...

hohoho... sepertinya seleranya berkaitan dengan jumlah porsi dan siapa yang ada disana... tapi lucu juga. Biar kalo pulang ada tujuan makan, wkwkwkwk

Gaphe mengatakan...

betul betul... yang namanya enak buat saya definisinya adalah BANYAK PORSINYA dan MURAH HARGANYA.. kalopun rasanya standar, asal dua kriteria itu terpenuhi pasti saya bilang ENAAAAK

isna or diyan sama saja mengatakan...

nah anehnya, walopun yg diincer hampir selalu yg porsinya buanyak, awakmu ki konsisten banget, konsisten kuru!!
ga kaya aku, kayanya minum degan 3 tetes juga lgsg nambah 1kg BB-nya. hiks T_T

Gaphe mengatakan...

sabar naaak... xixixi... namanya juga badan ciptaan Yang Maha Kuasa... disyukuri apapun yang terjadi... *walaumasihberharapbisagemukdansixpack

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...