Kamis, 10 Juni 2010

The Dazzling Singapore (Part 7), Malam - malam Nyasar di Little India dan Orchard

Malam menjelang, masih bertiga, kami melanjutkan perjalanan. Dasarnya kelebihan uang, nggak tahu jalan, ato emang pengen nyobain alternatif moda transportasi baru di Singapore.. kita bertiga memutuskan untuk naek Taksi saja. Berawal dari Stamford road, hotel tempat kami menginap, kami menyetop taksi di depan hotel. Pengemudinya etnis Cina, bapak-bapak kira-kira berumur 40an tahun. Kita bilang, kita mau ke Mustafa centre, cari oleh-oleh. Bapaknya baeek banget, sepanjang jalanan kita diajakin ngobrol.. termasuk dikenalin jalan-jalan dan tempat-tempat yang bagus di Singapore. Mulai ngobrolin tentang Nanyang University, sampe mbandingin ama salah satu Businness University (yang gedungnya kita lewatin), trus tentang Little India, apa aja yang dijual disana.. sampe ngobrolin kawasan Geylang.. yang disitu apa-apanya terkenal murah. Yeph, gak sampai 20 menit kita sampai di Mustafa Centre. Dan Argo taksi sebenernya menunjukkan 6,5 SGD. Awalnya, argo awal taksi adalah 2,8 SGD (itu sama aja kalo naik Blue Bird di Indonesia, argo awal menunjukkan IDR 5000), tapi berhubung itu masih peak hour, kita kena tax sebesar 35 %.. jadilah yang kita bayar taksinya total 9,95 SGD. Saya kasih 10 SGD, dikembalikan 5 sen.. hahaha.. Saya baru lihat uang 5 sen SGD kali itu. duitnya receh kecil, warna kuning, ukurannya hanya sebesar separuh kuku jari kelingkingku.
Di Mustafa Centre ada banyak yang bisa dibeli. Lantai pertama, setelah kita masuk ada banyak jam tangan berbagai merek berbagai harga. Mau yang asli atau abal-abal tinggal minta. Lantai dua, khusus pakaian wanita.. mulai dari kain sampai pakaian jadi.. dijual juga pernak-pernik. Lantai bawah, ada busana pria. Memang beda lantai satu sama lain siih, dan tiap lantai yang dijual juga beda-beda, mulai dari VCD/DVD sampai oleh-oleh makanan seperti cokelat, permen, dan banyak lagi deh.
Di Mustafa saya gak beli oleh-oleh apa-apa. Cuman pajangan kulkas, 4 for 10 SGD, dan beberapa souvenir lain. saya hanya menghabiskan 20 SGD saja untuk urusan ini.. maaf, saya memang tidak begitu menyukai urusan oleh-oleh. mengapa?.. kapan-kapan saya akan ceritakan.

Dari Mustafa Centre, jalan kaku melewati Little India, bertemu dengan komunitas etnis India yang sedang ngumpul-ngumpul di food hawker, sambil mencari stasiun MRT Little India. Dari Little India, kami nekad menuju Orchard Road untuk sekedar menikmati suasana malam disana. Ya, ke Singapore tanpa ke Orchard Road sama saja dengan menyia-nyiakan kesempatan melihat surga belanjanya negara itu.
Mustafa Centre.. tempat belanjanya orang Indonesia kalo disini. Fixed price, 24/7 laah...
Zara Enterprise.. Tempat jualan kebutuhan sehari-hari semacam sayur mayur.. ada banyak toko-toko semacam ini disini.

Dari Little India, menuju stasiun Orchard tidak membutuhkan waktu yang lama. Stasiun Orchard sendiri terletak tepat di dalam mall ION Orchard yang terkenal dengan sparkling lamp-nya dimana-mana. dan Arsitekturnya itu, harus saya akui luar biasa.. bahkan sebelum kami keluar pun, kami menemui semacam LCD yang besar banget dipasang di langit-langit dalam mall ION, dan disitu gambarnya kolam ikan.. jadi begitu kita melihat ke atas.. serasa melihat kolam ikan diatas kepala kita. panjangnya sekitar 10an meter gitu. Terus, begitu menuju pintu keluar, tembok kiri kanan eskalator itupun tak lepas dari permainan lampu. Biru terang.. so classy lah. Dan, puncaknya begitu keluar ION.. voila. bener-bener kereeen.. mungkin di foto dibawah ini tidak terlalu berasa banget megahnya. Beda dengan ketika saya mengalaminya sendiri.
Di ION, banyak sekali spot-spot seni yang keren abis.. kalo kata Meta, di Singapore, yang namanya seni di sini benar-benar difasilitasi. Makanya, kebebasan berekspresi di sini luar biasa. Bayangkan, ada alpukat gede nyangsang di depan ION, atau patung-patung beraneka warna di salah satu jalan depan ION, trus... instalasi kaca berlukis yang disorot lampu warna-warni.. bener-bener keren deh.
Ion Orchard at night.. totally glamorous!.... peringatan dini : Memasuki booth Prada atau Giorgio Armani dapat menyebabkan kantong anda kempes tiba-tiba.

nampang di perempatan jalan Orchard Rd.

Salah satu art exhibition di Orchard.. menggambarkan betapa sibuknya kegiatan orang-orang di Singapore - dengan berbagai aktivitasnya.


Santai sejenak di depan air muncrat Ngee Ann City.. Lagi ada Event. Belakang itu, ada gedungnya Takashimaya. pusat belanja yang katanya juga murah-murah


Menyusuri Orchard Road, berhenti sejenak di Ngee Ann City, sambil menikmati air mancur yang kadang-kadang mem"besar" sendiri, saya melihat bahwa di seberang saya ada Lucky Plaza. Tempat belanja murah di Orchard. Akhirnya Kami memutuskan untuk menyeberang kesana, menyusuri Mall Tang's, lalu ke Lucky Plaza. Namun karena jam sudah menunjukkan pukul 22.00, sudah banyak yang tutup di Lucky Plaza. Jadilah hanya melihat dan foto-foto saja. Satu hal yang menarik dari Lucky Plaza adalah ada satu toko namanya House of Condom (liat foto). Sudah bisa ditebak pastinya, apa yang dijual... hehehehe.


Hihihi.. udah bisa ketebak yang dijual disini apaan..

Oh iya, saya juga mau cerita dikit tentang apa yang saya temukan di Orchard Road.. Berhubung saya suka makan, dan kebetulan ngeliat ada sesuatu yang menggelitik indera penglihatan dan pengecapan saya, saya membeli es krim yang lucu bentuknya.. kotak, disajikan dengan dijepit diantara dua kue wafer renyah. Cara menyajikannya pun lucu, es krim itu bentuknya balok gede panjang. Trus, sama penjualnya dipotong kecil-kecil. Lalu, kertas pembungkusnya dibuang, dan dikasih pake plastik. Jadi kaya makan roti dingin gitu. Dan es krimnya enak, gak gampang meleleh. Ada banyak rasanya sih,. Vanila, Coklat, Durian, dan saya menjatuhkan pilihan pada Choco Mint.. warna eskrimnya ijo, dan ditaburi dengan serpihan coklat gitu.. harganya cuman 1 SGD aja. Murah koq.. hemm.. patut dicoba laah..

Hmm.. Choco mint Flavoured Ice Cream.. with wafer. just only 1 SGD

Ini gerobak es krim nya... Wall's, tapi gak tau eskrim itu sama-sama produk Unilever apa bukan.


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...