Jumat, 09 Juli 2010

Menikmati Kehangatan Soto Surabaya

Siapa yang nggak kenal Soto?.
Makanan berkuah, yang umumnya berwarna kuning terang, gurih, dan nikmat disajikan panas-panas ini sudah banyak yang tahu. Saya nggak mau ngebahas lagi bedanya Soto, Sop, ato Coto, toh beberapa waktu yang lalu saya pernah tulis kebingungan saya tentang hal ini. Kalo masih penasaran, lihat di sini.
Malam ini, entah lagi ngidam atau emang kebelet makan soto gara-gara dua malam yang lalu setiap kali mau mampir ke soto langganan saya selalu tutup, kebetulan hari ini warung soto itu buka. Jadinya saya menyempatkan diri buat menikmati hangatnya soto ayam Surabaya. Saya pertama kali kenal dengan Soto Surabaya ini gara-gara sering lewat jalan Kampung Malang Tengah kalo mau pulang ke kos, setelah dari kantor. Warung ini selalu rame setiap kali saya lewat sana, nah suatu waktu karena iseng dan dasarnya emang penasaran pengen nyobain soto akhirnya saya mampir ke warung ini. Lokasinya ada di ujung Jalan Kampung Malang Tengah, sebelum gang deket Giant Kedungdoro. Gampang di cari soalnya tepat berada dipinggir jalan, nggak masuk gang, dan ada tulisannya gedhe : SOTO SURABAYA.


Kalo ditanya, itu sotonya soto ayam, sapi, kambing atau bebek?. Jawabannya, di warung makan ini hanya ditemui soto ayam. Ada dua pilihan daging yang dipakai. Campur (pakai jerohan -usus, kulit, uritan-telur belum jadi.red) atau daging aja. Spesialnya lagi adalah ukuran porsinya yang lumayan besar, disajikan panas-panas, plus tambahan bubuk koyah (kerupuk udang dihaluskan) yang banyak. satu lagi yang unik, sebelum semangkuk soto itu tersaji di hadapan pembeli, segala kelengkapan soto dimangkuk yang berupa nasi, bihun, kubis, dll disiram dulu pake kuah langsung dari panci (kemudian kuahnya dituang lagi-disaring), sampai 2 kali. Kalo saya pikir sih biar semuanya panas. Barulah terakhir, kuahnya dituangkan, dan ditambahkan serbuk koyah.
Soal rasa, menurut saya lumayan enak. Saya kasih nilai 8 lah untuk soto surabaya ini... Sudah tahu kan kriteria enak buat saya?. Asal porsinya banyak dan harganya murah pasti saya akan bilang enak.. hehehe.. Urusan harga, semangkok besar Soto Surabaya ini perlu ditebus dengan harga IDR 7K saja. Murah bukan?. Makanya enak... hahahahaaa

5 komentar:

richo mengatakan...

dulu waktu kerja pas lagi stay di kantor klo makan siang mesti ke soto surabaya, selain deket banyak porsinya jadi puas hehhe

fan mengatakan...

jadi laparrr..belum makan siang nih

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

mamaku sering masak soto tapi soto madura, eh...tapi kok mirip dg soto surabaya ya. cuma gak pake jeroan. hanya suiran daging ayam, toge dan bawang merah gitu. warna kaldunya juga kuning gitu.

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

oalag mas baru tau kalau dirimuh ngelewati jalan situ juga toh kampung malang tengah, hahahaha........

eeh IDR 7k baca ne gmana toh? *bingung gag tau dolar2an* :p

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

oalag mas baru tau kalau dirimuh ngelewati jalan situ juga toh kampung malang tengah, hahahaha........

eeh IDR 7k baca ne gmana toh? *bingung gag tau dolar2an* :p

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...