Sabtu, 21 Agustus 2010

Apa Yang Kamu Kenang Saat SMP?

Satu hal yang paling saya ingat ketika saya SMP adalah tentang Mars-nya. Mars, alias lagu wajib yang kudu dihafal seantero penghuni SMP adalah nyanyian pertama yang saya dengar ketika menjalani masa OSPEK di SMP Negeri 5 Jogja dulu. Nggak bermaksud jumawa, tapi emang SMP ini dari dulu sampe sekarang masih menjadi SMP yang nomor satu di Kota Gudeg. Banyak yang bilang saya beruntung bisa masuk menjadi satu bagian dari eksisnya SMP favorit se propinsi DIY ini, dan dari lirik Mars-nya pula saya merasakan semangat menggelora dari anak SMP yang memiliki cita-cita dan bakti pada negeri. Begini liriknya :

MARS PAWITIKRA
Cipt : Damudoro

Berderap langkah, nan gagah perwira
Siswa SMP Negeri Lima.
Bersatu padu siap menuntut ilmu
'tuk nusa bangsa.
Patuh dan taat, pada orang tua.
Serta Gurunya.
Dengan jiwa Pancasila, tunaikan tugasnya

SMP Negeri Lima, Di Yogyakarta.
Slalu kubela.
Dengan PAWITIKRA mu, Hidup Sekolahku!

Sampai sekarang, saya masih hafal dengan nada dan liriknya. Mars PAWITIKRA ini dulu sering saya nyanyikan pada saat latihan baris-berbaris (disingkat sebagai Labasis) pas Ospek. Oh iya, Pawitikra sendiri adalah singkatan dari Panca Wiyata Bakti Karana.. atau kurang lebih artinya tempat mengabdi/berbakti dalam ruang lingkup pendidikan lima (pancasila). Trus, pawitikra ini juga dilambangkan dengan ganesha yang sedang membuka buku diatas bola dunia. Kalo dalam bahasa jawa, lambang ini bernama sengkalan "Raja Liman Ambuka Jagad". Sengkalan atau sengkolo itu adalah deretan kata bukan kalimat yang melambangkan atau menandai suatu tahun yang penting. Dalam hal ini, sengkalan Raja Liman Ambuka Jagad melambangkan angka 1951, tahun berdirinya SMP Negeri 5. Kebetulan banget, saat saya SMP saya termasuk saksi hidup atas hadirnya logo baru ini, yaitu saat SMP berulang tahun emas pada 2001, saat saya kelas 3.

Jaman dulu, logonya bukan yang seperti terlihat di gambar, tapi berbentuk 2 buah gerbang. Bahkan saat pergantian logo, seisi sekolah diadain lomba mewarnai logo gajah ini dengan hanya menggunakan 5 komponen warna saja. Logo dengan gambar dan makna paling bagus, karyanya diabadikan sebagai warna logo yang seperti terlihat sekarang ini. Entah siapa yang menang saat itu. Yang jelas, setelah 2001 semuanya berubah termasuk seragam kebesaran setiap jumat dan sabtu. Nggak lagi berwarna coklat-coklat, tapi menjadi khaki/krem untuk bawahan dan putih untuk atasan. Seneng sih rasanya punya seragam baru. Tapi kudu ngeluarin ekstra budget lagi, padahal cuman dipake nggak sampe setahun *soalnya keburu lulus*. Beruntung setelah itu adik saya mengikuti jejak saya masuk ke SMP N 5, jadinya itu baju dipake buat referensi jahitan. hehehe

Kenangan lain tentang SMP yang masih kuat saya ingat juga adalah tentang kegiatannya. Saat menjelang peringatan ulang tahun SMP yang jatuh tiap tanggal 23 Juli, selalu ada banyak kegiatan yang dilaksanain. Sewaktu kelas satu SMP, kegiatannya adalah Sepeda Djoeang. Setiap kelas kudu kompakan menghias sepeda masing-masing, pake kostum seragam, trus bikin yel-yel sepanjang perjalanan sepedaan napak tilas perjuangan pahlawan yang berakhir di makam pahlawan Imogiri Bantul. Sepertinya sekarang sudah nggak ada tradisi Sepeda Djoeang itu lagi.. yang bikin saya ngakak kalo inget kejadian Sepeda Djoeang itu adalah pada saat perjalanan pulang saya nggak naik sepeda saya itu lagi, tapi naik mobil darurat. Soalnya kecapekan ngayuh. Bayangin aja, SMP 5 ke Imogiri tuh lebih dari 30 kilometer. Harus ditempuh dengan sepedaan pulang balik.. terang aja capek.

Kelas Dua.. yang saya inget adalah pas upacara benderanya. Dulu ada lomba kebersihan antar kelas. dan kami berhasil menggondol juara tiga sebagai kelas terbersih. Dapet taplak meja. Nah, kelas yang dapet predikat kelas terkotor dikasih hadiah sapu ijuk. Penyerahan hadiahnya pada saat upacara bendera. Jadi bisa kebayang senengnya jadi kelas terkenal dalam sehari. Sebagai informasi, SMP Negeri 5 adalah satu dari dua SMP favorit dengan jumlah siswa per penerimaan siswa baru paling banyak. Jumlah kelas per tingkatan adalah 10 dari A sampe J tambah kelas akselerasi, dengan rata-rata perkelas 40 siswa. Jadi, dari kelas satu sampe kelas tiga total jumlah siswanya ada 1200an. Dari kelas satu sampe kelas tiga, saya masuk di kelas G.

Terus kelas Tiga.. Kegiatan yang berkesan adalah Bazaar. Sekelas rame-rame ngumpulin baju-baju bekas layak pake trus dijualin seharga 200 rupiah sampai 1000 rupiah. Sasarannya adalah masyarakat kurang mampu di sekitaran kali Code. Jadi, ada PICnya bikin kupon untuk dikasihin ke masyarakat yang gak mampu. Nah, pake kupon itu mereka berhak beli dan milih baju-baju bekas. Trus duit hasil penjualannya dipake buat kas kelas. Pas Bazar juga latihan jualan macem-macem. Mulai dari es juice, ice cream, makanan kecil yang dibikin sendiri, apapun yang bisa dijual dipampangin deh.. Saya inget serunya menamai hasil karya minuman kita dengan nama aneh-aneh kayak Cola Kentul (Coca Cola pake susu kental manis dan eskrim). Tema bazar kita juga paling aneh.. namanya Wutu-wutu, pake lambang pantat gajah dan desain interior berwarna abu-abu. Aneh dan menjijikkan memang.. tapi terkenang!

Itu sekelumit memoar masa-masa SMP saya dulu di SMP Negeri 5 Jogjakarta. Memang susah masuknya sih, karena butuh NEM tinggi dan biaya SPP yang nggak murah. Tapi apa yang diperoleh dari SMP Negeri 5 lebih dari sepadan dengan apa yang dikeluarkan. Saya bangga jadi alumnus SMP Negeri 5 Jogja!


Award partisipan dalam Gerakan SEO Positif

Saya menulis artikel tentang SMP ini untuk berpartisipasi dalam Gerakan SEO Positif yang didukung oleh Manajemen Emosi, atas tag dari Cherry dalam blognya CherryBlossom. Ngomong-ngomong soal SEO itu ada yang belon tahu artinya?.. itu singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu ketika kita menulis keyword di mesin pencari seperti Google, maka akan muncul web/kalimat/kata yang diurutkan berdasarkan peringkat kemunculan dan tag/rangking. Nah, kata SMP itu sekarang imagenya negatif jika kita mencarinya di SEO, maka dari itu, saya mengajak teman-teman saya Rifka, Astrid, Aulia, ReBorn, Ficki Ihsan, untuk mendukung gerakan SEO positif ini, yang syaratnya bisa dipelajari di sini. Nggak cuman itu, saya juga mengajak temen-temen pembaca untuk mengikuti gerakan SEO positif ini. Temen-temen yang menulis artikel positif tentang SMP berhak untuk membawa pulang awardnya dan memajang di blognya masing-masing.

Gambar logo ngambil dari sini

33 komentar:

Riska mbem mengatakan...

pertamax ya? yeheee...*gealgeol

mas gaphe ikutan juga yah?
ooh, jadi asalnya dari jogja tohh.. kirain org surabaya hihi :P

fai mengatakan...

hemmmmm.....SMP juara umum mulu sejak kelas satu ampe kelas tiga, jadi ketua osis, ikut Jambore Nasional tahun 1996, diajarin mesum ama kakak kelas dan berakhir kehilangan keperjakaan (Oppsssss!!!!!) pernah pacaran ama adek kelas gak lebih dari 1x24 jam, buanyak yah, wakakakakk

Any way baju yg pertama (King Bee 004) yg loe suka itu masih ada kok, yg habis cuma Size large (L) nya doang. jadi order?

Coretan Felix mengatakan...

saya mendukung gerakan ini...
berikan citra positif karena SMP merupakan jenjang pendidikan

John Terro mengatakan...

yang ku kenang saat SMP adalah aku pernah membuat sekumpulan orang yang suka ngelawak dan kami menyebutnya GuLa (Gudang Lawak)
selebihnya, hanya kegiatan rutinitas yang membosankan di sekolah .. hehehe

riesta mengatakan...

hwaaaa,,,,kalo aku lupa mars SMP ku gmana...
maklum uda lama....hehehehe

kebookyut (DiVe) mengatakan...

wah keboo buat postingan ttg SMP nih... huhuhu

Gaphe mengatakan...

@Riska mbem.. iya, saya orang jogja.. sekarang di surabaya.. asyik berhasil ngibulin ~gealgeoljuga~
@Fai... huaduh, koq ilang perjakanya segala?.. ditangan sendiri apa ditangan orang laen nih?... tapi hebat bisa juara umum terus, pinter donk.. buat bajunya, sebentar ~ngitung duit~...
@coretan Felix.. makasih dukungannya... ketik REG (spasi) GAPHE...
@John.. hei, tapi ada masa menyenangkannya kaan?..
@riesta.. gak papa, udah lama juga soalnya.. berarti udah tua yaa... ~dijitakin~
@keboo.. sip.sip.. bagus boo!

Felicia Putri mengatakan...

Setuju banget nih sama gerakannya...
Besok nulis tentang SMP ah...

cipu mengatakan...

Gua hobi banget SMP (Sudah makan pulang) wakakakakak

-rif mengatakan...

makasih, Ga, ajarin dong caranya...

fanny mengatakan...

wha, ikut posting gerakan seo positif ya. sip deh

Gaphe mengatakan...

#Felicia.. iyaa, ayo ikutan.

#Cipu. whahaa, ternyata oh ternyata. Saya juga seneng gitu, tapi tetep aja badan gak gemuk-gemuk.

#Mbak Rifka.. ajarin caranya apa?.. tinggal posting konten tentang SMP aja koq mbak

#Mbak Fanny.. iya mbak, di tag temen soalnya.. tapi emang udah niatan ikut sih. :)

Gaphe mengatakan...

#Felicia.. iyaa, ayo ikutan.

#Cipu. whahaa, ternyata oh ternyata. Saya juga seneng gitu, tapi tetep aja badan gak gemuk-gemuk.

#Mbak Rifka.. ajarin caranya apa?.. tinggal posting konten tentang SMP aja koq mbak

#Mbak Fanny.. iya mbak, di tag temen soalnya.. tapi emang udah niatan ikut sih. :)

M. Helmi Akbar W. mengatakan...

Sekarang banyak yang posting tentang SMP ya... Kunjungan baliknya ditunggu ya

mixedfresh mengatakan...

saat SMP yang paling aku kenang ya saat hari pertama pelajaran bahasa inggris, semua murid kena damprat guru termasuk aku, hehehe.. wah parah dah pokoknya
O alumni smp 5 to, dulu aku mau masuk disana juga tapi ga jadi gara2 ogah naek bus,hehehe... padahal nile EBTANASku waktu SD bisa tembus

Fanda mengatakan...

Wah hebat. Masih ingat lirik mars SMP!

sofia mengatakan...

semangat bener :)

inuel mengatakan...

bersihkann!!
aku juag pasang di blogku hehe, tapi udah nulis, ga papa deh :)

Elvindinata mengatakan...

iya sob,,, jdi teringat masa SMp dulu,,, dukung SEO positif juga sob ^^... happy blogging,,salam kenal ^^

Itik Bali mengatakan...

SMP aku endut, culun, gak ada yang naksir
tapi temenku banyak
hehe

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

ada acara menghias sepeda, wah ditempatku anak2ny gak ada yg naek sepeda hehe
pada naek angkot kalo gak jalan kaki :p

Mamisinga mengatakan...

waktu SMP naksir guru biologi :P~~

Ferdinand mengatakan...

Siank Sob... waduh maaf aku telat nyampe sini hhe,,,

wah aku doank nie yg blum sempet bikin SMP haha...... weh ada mars segala toh Sob?? prasaan aku koQ gak pernah ada mars bgitu ya waktu Smp hhe....

Semangat n happy blogging Sob...

ReBorn mengatakan...

udah tuh...
ghehehe...
lu mang asli dan cinta jogja ya phe? dari kecil ampe sekarang kerja disana juga... hebat!
uh, pgn maen ksana...

catatan kecilku mengatakan...

Akhirnya ikutan juga... Semoga makin banyak blogger yang ikut dalam gerakan ini.

the others.... mengatakan...

Salut banget dg kegiatan bazaar yang telah dilakukan pada waktu SMP dulu. Bisa dilaksanakan lagi sekarang tuh kayaknya... :)

Manajemen Emosi mengatakan...

Tim manajemen emosi sangat berterima kasih..semangat selalu..salam hangat dari tim manajemen emosi....sobat udah ada dalam list pendukung GERAKAN SEO POSITIF...

" setiap kebaikan yang kita lakukan maka akan diikuti kebaikan yang lain"

julicavero mengatakan...

mantaf postingannya gan..silahkan dilanjut

Ummiega mengatakan...

Masa SMP paling menyenangkan adalah karena lokasi sekolah yang hanya beberapa meter dari rumah sehingga tidak harus terburu-buru bila berangkat sekolah.

yogi mengatakan...

loh alumni smp 5 juga to?yang ngangenin tu suka maem soto ayam belakang 1f.kalo ga gorengan timusnya..salam pawitikra!

Una mengatakan...

massss gapheeee, saya alumni smp lima jugaaaa hihi.
aku juga masih apal marsnya ituuu hihihi.

Obat asam urat mengatakan...

Mantap nie gan artikel nya sangat bagus banget ,,,,,,,

Obat asam urat mengatakan...

Mantap nie gan artikel nya sangat bagus banget ,,,,,,,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...