Kamis, 05 Agustus 2010

SALT = Karena Hidup Adalah Pilihan.

Ssst.. ini agak rahasia ya *rahasia koq diumbar*.. saya hari ini melarikan diri dari kerjaan bikin laporan bulanan yang deadlinenya hari ini. Aturan sih tiap tanggal 5 kudu lembur, tapi khusus hari ini hehehe, udah lembur sebentar trus cabut ke Tunjungan Plaza buat nonton. Itulah sebabnya bos saya nelponin berkali-kali nanyain saya nyimpen file rekap data di komputer saya ditaruh dimana.. hehe, maaf ya boss.
Hari ini nonton SALT, film tentang spionase yang dibintangi ama Angelina Jolie si bibir seksi. Sebetulnya, sebelum nonton film ini (agak ketinggalan siih), banyak temen-temen yang bilang di status facebooknya kalo film ini recomended buat ditonton. Saya pilih nonton film ini pun sebenernya karena ajakan teman saya, karena kalo boleh pilih saya lebih pengen nonton The Last Airbender alias The Legend of Aang.
Salt *bukan garem*, atau nama lengkapnya Evelyn Salt, adalah anggota agen rahasia CIA, namun sebenernya dia adalah produk dari proyek Rusia pada tahun 1970an untuk melaksanakan adu domba perang Nuklir antara Amerika dan Rusia. Jadi ceritanya berawal ketika Salt ditahan oleh Korea Utara, dan dipaksa untuk mengaku dia adalah mata-mata Amerika. Namun, Salt bungkam dan dengan privilege pertukaran tahanan antara Korsel (yang condong ke Amerika) dan Korut dan difasilitasi oleh suaminya, Mike seorang Ahli laba-laba, akhirnya Salt dibebaskan dan kembali ke CIA. Disitu dia ditugaskan untuk menginterogasi pembelot Amerika, yang ternyata adalah orang Rusia bernama Orlov, dan dia menceritakan sejarah panjang tentang proyek rahasia Rusia saat perang dingin dimana saat itu bayi-bayi diculik untuk ditanamkan kepada diri mereka ideologi Amerika sehingga suatu saat mereka mengemban misi untuk menghancurkan Amerika dari dalam. Salt adalah satu dari bayi itu, diungkapkan oleh Orlov. Sehingga Salt menjadi tertuduh, bahwa dirinya adalah pembelot dari CIA. Walaupun sebenernya, Salt sendiri sudah tahu tentang siapa dirinya, untuk apa dia masuk di CIA, bagaimana ia akan mengemban tugas, serta apa yang akan dia lakukan. Dan kapan tugas itu dilakukan, mereka menandainya dengan Day X, yaitu saat pemakaman wakil presiden Amerika yang tewas, Salt harus membunuh presiden Rusia yang menghadiri pemakamannya. Dengan begitu, timbul adu domba antara Rusia dan Amerika, sehingga puncaknya kedua negara tersebut disetting untuk perang nuklir. Di sepanjang misinya, Salt bertemu dengan orang-orang Rusia yang diprogram sama dengannya. Namun disinilah pada akhirnya Salt memilih untuk mengkhianati tugasnya, karena apa yang dia miliki ternyata diambil oleh orang-orang yang terlibat dalam tugas ini. Termasuk ketika ia dikhianati, Suami yang dicintainya ditembak di depan matanya.
Saya salut dengan bagaimana sang sutradara, Philip Noyce, membuat alur yang menegangkan. Mulai dari kejar-kejaran antara agen CIA dengan Salt, saat menjalankan misi membunuh presiden Rusia di Gereja yang ternyata Salt hanya melumpuhkannya dengan racun laba-laba, dan lebih cool lagi adalah kita tidak bisa menebak dengan pasti siapa yang menjadi agen CIA dan siapa yang menjadi anggota misi Rusia. Namun, satu hal yang saya tangkap dengan pasti dari film ini adalah, Salt dengan berani memilih apa yang menjadi keyakinan hatinya. Karena cintanya pada Suami, yang ternyata justru dia dibunuh oleh teman satu proyeknya, Salt rela mengkhianati tugasnya dan berusaha membersihkan namanya dari dugaan pembelotan. Bahkan hingga akhir film pun, endingnya dibuat menggantung. Saya pikir masih ada lanjutannya, ternyata sudah habis filmnya. What a movie laah..
Jika anda suka dengan film trilogi Bourne, saya yakin anda juga akan suka dengan Salt ini. Dari sepuluh skala, saya kasih nilai delapan deh.. layak untuk ditonton, aksi laganya lumayan ekstrem, cukup untuk membuat bergidik atau ikutan merasa nyeri. Apalagi kalo kakinya keinjek ama penonton sebelah. hehehe

*gambarnya ambil dari sini

11 komentar:

John Terro mengatakan...

ternyata Gaphe suka nonton yah
pasti uda nonton "Inception"?

Gaphe mengatakan...

Iyaaaaa... suka banget nonton. hehe.. Udah nonton Inception minggu lalu.. Bagus juga, Nggak serumit Shutter Island sih..

mixedfresh mengatakan...

suka nonton kartun ga ni?

Gaphe mengatakan...

@MixedFresh.. Tergantung judul dan ceritanya sih.. saya suka UP.. nggak suka Planet51. Suka juga Madagascar dan Toy Story..

Alena mengatakan...

filemnya seru banget yaa

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, kirain film apa...seru keliatannya

julie mengatakan...

aku gak suka nonton sih tapi biasanya kalo angelina jolie yang maen pilem rame pasti hehe

salam kenal gaphe
:)

Adi Budi Yulianto mengatakan...

Kampreeeettt...!! ane belum nonton ini pelem gan..!!

kemaren udh ngelewatin "eclipse", gara2 kagak ada temen.masak iya nonton ndirian di hari weekend. Mending mati deh gw drpada ngliatin org2 pada nonton bareng pasanganya..(baru jomblo soalnya..*curcol* masih anget2 telek pithik,hehe)

nice blog!
keep writing and tukeran link nyok gan! :) gak afdhol klo saling berkomen tapi tidak bertukeran dan tidak berfollow..:)

meliajani mengatakan...

ahh pengen nonton SALT tapi belum sempet. gaphe bikin sirik aja deh :P

Gaphe mengatakan...

#Alena.. iyaa seru abis.
#Mbak Fanny.. nonton aja mbaak.. suka action nggak?

#Julie.. dijamin habis nonton ini jadi suka nonton deeh :P

#Adi Budi Y.. Yaah, cari pasangan doonk.. temen kek, tante-tante kek, hehehe.. thanks 4 following

#Meliajani... segera ditonton deeh sebelum ditarik dari peredaran. wkwkwk

Sudinotakim mengatakan...

film yang keren..jadi penasaran...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...