Minggu, 29 Agustus 2010

Transport Tycoon Deluxe : Game Nostalgia Jaman SMP

Banyak yang bilang kalo yang namanya cowok itu suka banget ama game. Entah game komputer, Play Station, Game Boy, Nintendo wii, Game Online, atau game-game klasik kek ding dong atau apapun yang ada di Timezone. Coba deh diliat di rental-rentalan PS, konsumen terbesarnya adalah laki-laki segala usia.
Termasuk saya, saya juga suka banget sama game. Terutama game komputer sih, soalnya kalo Play Station, atau game konsol gitu dari jaman saya kecil sampe gede gini nggak dibolehin sama ayah bunda. Katanya sih bikin males belajar. Makdarit, saya nggak pernah punya game kayak PS atau Nintendo Wii.. walaupun sekarang sebenernya udah bisa beli sendiri pun keknya juga nggak terlalu butuh buat itu.
Tapiiii... kalo yang namanya game komputer, waduh.. jangan ditanya. Semenjak saya punya komputer pertama kalinya isinya cuman game aja. Saya selalu melting sama yang namanya game strategi, apapun bentuknya. Mulai dari Age of Empire I, II, III trus Age of Mythology, Battle Realms, Warcraft, Stronghold, dan banyak banget lainnya. Termasuk game-game Tycoon series dan Sim City. Nah, kemarin pas pulang Jogja, Adit -Adik saya ngopyin game Transport Tycoon Deluxe (TTD). Game ini pertama kali saya kenal kelas satu SMP tahun 1998. jamannya game komputer berbasis DOS masih ngetrend. Saya tahu game ini pas SMP dulu dikenalin sama temen saya namanya Irfan, jaman itu saya belon punya komputer plus yang namanya komputer itu masuk barang super mewah.. Pas dikenalin pun saya cuman bisa melongo, hebat banget Irfan mainnya, bisa bangun kota supermegah kayak gitu. Nah, giliran saya punya komputer, game ini termasuk permainan wajib dalam desktop saya. Saya bisa ngabisin waktu berjam-jam buat mainin TTD.
Gambar salah satu scene Transport Tycoon Deluxe.. ngambil dari sini

Sudah 12 tahun berlalu semenjak saya kenalan dengan game ini dan saya juga lupa kapan terakhir kali memainkannya. Namun begitu dikasih copyan game ini lagi, langsung deh.. nostalgia masa-masa jaya dulu ketika SMP - SMA main game TTD kembali berulang. Konsepnya masih sama, berbasis DOS, nggak butuh waktu lama juga buat saya beradaptasi menggunakan mouse untuk membangun kota dan transportasinya. Nah, di TTD ini, kita berperan sebagai pengusaha transportasi. Kita dikasih sejumlah modal, untuk ngebangun sarana transportasi yang bisa menghubungkan satu tempat ke tempat lain dengan berbagai macam barang yang diangkut. Mulai dari kayu glondongan (ini ngehubungin antara hutan ke sawmill), Iron Ore (ke pabrik baja), Coal (untuk power station), Valuables (antar bank ke bank), dan banyak hal termasuk menghubungkan penumpang antar kota. Ada 4 moda transportasi yang dipake, yaitu kereta, angkutan darat, kapal laut, dan pesawat terbang. Terus, ada juga 4 land mode yang bisa dipilih yaitu negara tropis, snow city, gurun pasir, atau candy land. Dengan masing-masing komoditas yang ditransport berbeda-beda pula pastinya.
Di game ini, kita dilatih bagaimana kita memanage duit supaya dapet untung. Mulai dari milih alat transportnya, ada banyak pertimbangan misal kecepatannya, kapasitasnya, masa berlakunya dan sebagainya. Semakin canggih tentu semakin mahal. Selain itu, persis seperti kondisi nyata, ada juga inflasi ekonomi, disaster, perkembangan teknologi yang tentu saja semakin pesat. Berawal dari tahun 1950, kereta-kereta yang digunakan masih berupa kereta uap, trus diesel, trus jadi elektrik.. masuk tahun 90an jadi kereta monorail..trus 2000 ke atas udah jadi kereta magnet.
Walaupun game ini game jadul.. tapi seneng banget bisa ngerasain lagi menjadi seorang pengusaha transportasi. Seneng ketika punya banyak duit, bisa bikin apapun yang kita mau. Yang jelas, bisa mengalihkan sejenak dari penatnya rutinitas bekerja. Nah, buat para pembaca yang juga mau main game TTD ini, gamenya bisa didownload juga secara gratis di sini. Ikuti petunjuk instalasinya, dan mainkan!

28 komentar:

riesta mengatakan...

Kalo game komputer gtu aku suka yg gambarnya lucu2...kaya diner dash,,,pizza frenzy,,,pokoknya game nya anak kecil gtu...kadang maen the sims...
Kalo game PS aku suka maen Harvest Moon...dulu pas SMP aku inget banget suka maen PS lawan bapakku,,,maeninnya tetris gtu...bapakku paling suka maen tetris soalnya...hehehehe

Gaphe mengatakan...

@riesta.. kalo yang dinner dash ama frenzy gitu masuk game2 kecil.. nggak pake mikir berat2 plus nggak pake lama. harvest moon saya juga suka.. itu bisa ampe jam jaman mainannya.. tapi itu masuk adventure games..

inge / cyber dreamer mengatakan...

kalo game online nggak pernah sie...
palingan game kecil kaya' yang disebut riesta ^^
dan dulu suka juga kaya' sims city *bener nggak yah tulisannya*

Gaphe mengatakan...

haha.. penyuka game kecil2 juga ternyata. hemm tapi Sims city asik juga koq!

Renaldy mengatakan...

Hakakaka... saya game online cuma pernah Point Blank doang... Gua juga suka tuh game strategi... Sayangnya udah gak pernah maen lagi karena kesibukan...

Gaphe mengatakan...

@Renaldy.. point blank itu yang tembak2an itu bukan?.. iya, sibuk trus jadi gak sempet maen2 juga

merry go round mengatakan...

Hmmm.....
game kaya gini kan tipenya merancang sesuatu ya...
Agak sedikit malas siiihh...yah, paling maen game2 cewe aja yg memorinya kecil, maennya juga ngga ribet.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

saya aja suka main game online di fesbuk. tapi game yg gampang2

ReBorn mengatakan...

lagi ketagihan game OL malah. atlantica. cakep bener nih game.
Transport Tycoon pernah nyobain. enak buat ngabisin waktu di bulan puasa... ghehehe...

anggar berkawand mengatakan...

koq saya malah blm prnah maininnya ya..
huuf..dasar katrok aku ne..hihihi..
kalo saya dulu suka bgt maen jowood neighbours from hell..
lucu berat tu..hehehe..

SALAM BERKAWAND

om rame mengatakan...

wah jadi memoriaL juga nih sama games jenis itu, bisa Lupa waktu kaLo udah maenan begonoan. tapi untuk sekarang kayaknya udah muLai tergeser dgn games2 Lainnya, udah Lama enggak pernah dengar dan Lihat Lagi.

Gaphe mengatakan...

#Ocha..iya, ini game merancang sarana transportasi.. yang bikin saya suka soalnya pake mikir, pake strategi kudu digimanain. yang jelas, ribet dan lama.. bisa jam2 an maennya.

#Mbak Fanny.. ya, saya juga suka gem fesbuk gitu.. mafia war..

#Raja.. lah, atlantica?. saya baru denger malah *kemana aja?*

#Anggar.. soalnya game ini udah lama banget Nggar, wajar nggak tau

#Om Rame.. iya om, bisa nginget masa lalu juga.. bener sih, sekarang game udah pada canggih2. susah ngikutinnya..

joha Zeroseven mengatakan...

duh, aq jadi orang kagak ada suka2nya sama geme ikh,,hehhe
pdhal sering liat temen asik bgt main game, tapi kog g tertarik ya..hehhe :)

Herdoni Wahyono mengatakan...

Amat menyenangkan bermain game di komputer dikala pikiran jenuh dan suntuk. Kita beristirahat sejenak untuk bermain game favorit. Rasanya fresh kembali. Tapi kadang kita keterusan dan menjadi lupa waktu. Transport Tycoon Deluxe, sebuah game yang banyak digemari sampai saat ini. Trims sharingnya sobat. Happy and enjoy selalu. Salam sukses.

mixedfresh mengatakan...

ga terlalu suka game ni kebetulan, tapi dulu waktu SD maen game tetris, hehehe.....

AkuInginPulangDiKalaSenja mengatakan...

kalau aku ga suka games... :)
memang dari kecil ga tertarik. Pengen sekali2 nyoba untuk main game, tapi tetep ga ada minat..hihi

Hidup Seorang Blogger mengatakan...

kalau aku paling suka dengan PointBlank...
mantap kalau mainin tu game aku biasa lupa tidur..

COMPLETE - ALL in One Blog mengatakan...

waktu SMP paling suka main game Age of Empire

darahbiroe mengatakan...

meski aku gak begitu suka game
tpi game ini juga pernah aku mainkan hehehe
:D

Agung Pushandaka mengatakan...

Saya suka game-game sejenis ini. Tapi waktu tahun 1998 itu, saya masih getol-getolnya main Championship Manager. Cuma masalahnya, game-game seperti ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi menengah ke atas biar bisa nyaman saat bermain. :)

genial mengatakan...

wahh.. saiia sii emangnya gag gtu suka sama yg namanya game jd iia gag tau dee tycoon ini... saiia taunya tyson :) huehehehe.. piss kang :p

auliadriani mengatakan...

game... cuma suka sama mario bros... hehe jadul yak...

gayuh mengatakan...

aku baru tau game itu bro... game kesukaanku tetep tetris hehehe

wirasanubari mengatakan...

waah...taon 98!
aku bahkan tidak mengenal komputer..heheh
sekarang game komputer itu, MW2..

dayoe's zone mengatakan...

aku ga bisa maen game...krna emg jarang bgt maen game.. :(

fanny mengatakan...

met malam...

rawins mengatakan...

aku juga maniak tuh sama game terutama tipe fps. kalo onlen memang sengaja menghindari sebelum dapat masalah. game simulasi macam sim suka juga kalo pas lagi santai. tapi hobi utama tetep perang perangan macam cod, arma atau gta. cuman menjelang puasa ini komputer game aku singkirin ke gudang dan aku ganti pake yang vganya onboard. pengen ngaso dulu dari game. kalo kebelet ya harus nrimo cuman bisa main empire II. hahaha...

om rame mengatakan...

apaLagi kaLo inget sama games dingdong yg pake koin itu Om, wah suka ngenes Lihat pengusahanya yg sudah banyak guLung tikar. enggak tau deh, sekarang masih ada gak yah games jenis tsb?.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...