Selasa, 14 September 2010

Di Bawah Matoa Itu Kami Kembali Dipersatukan

Tulisan ini khusus saya persembahkan untuk teman-teman kuliah seangkatan saya dulu, baik yang sudah tunai tugasnya atau belum, yang kemarin acara syawalan nggak bisa ikutan. Untuk yang di Belanda, atau di ujung timur, Manokwari-Papua.. Lampung atau Palembang yang nggak bisa pulang, Jakarta, Bandung, Kalimantan, Lombok, dan yang masih ada di sekitaran Jawa..


Akhirnya, dengan hanya berbekal undangan melalui facebook yang ditag ke temen-temen plus koar-koar sementara di milis angkatan, Kemarin kami dipersatukan lagi setelah kurang lebih dua tahun berpisah dari khusyunya belajar ilmu hayati di kampus UGM tercinta. Ya, ketemuan dalam rangka halal bi halal plus reunian ini akhirnya jadi juga dilaksanakan dengan cara yang amat sangat sederhana dengan berkumpul kembali di bawah pohon Matoa, parkiran kampus tercinta.

Sejenak, suasana kembali melayang beberapa tahun silam. Di tempat yang sama, di kursi dan meja POTMA, entah hanya mengobrol, belajar untuk pre-test praktikum, menyalin paper yang belom kelar, sampai lirik-lirik adik angkatan atau nge-cengin artis-artis kampus. Beberapa tidak banyak berubah, suasana yang masih tetap rindang.. namun sekarang tak lagi dirasakan beceknya tanah sehabis hujan, atau pak Gendut yang setia menyapa setiap pengendara yang memasuki wilayah kekuasaannya.. Karena sekarang, tanah itu sudah dibeton.. karena sekarang, masanya liburan.. kampus sepi. Tidak terdengar celotehan riang mahasiswa yang membicarakan dosennya.

Pagi dan sepi itu tak berlangsung lama. Memang undangan menyebutkan kalau kami harus berkumpul jam delapan pagi.. tapi sekitaran setengah sembilan, hanya terlihat 4 orang saja yang sudah datang. Menunggu.. mengobrol.. dan akhirnya satu persatu anggota muncul. Dengan wajah dan bentuk yang baru, dengan cerita baru. Wajah dan bentuk baru?.. ya, karena banyak yang sudah berbeda. Dulu cewek-cewek yang polos, sekarang sudah ber make-up.. meski natural. Dulu yang cuek menggunakan sepatu flat, kets dan sneakers.. sekarang stylish menggunakan heels, dan lebih fashionable. Yang dulu kurus.. sekarang gemuk.. (terkecuali saya).



Cerita pun mengalir... *maaf kalo mbocorin rahasia... maklum, biar temen yang lain pada update juga

Anjar dengan cerita kuliahnya di KAUST - Saudi Arabia.. yang sudah melamar gadis pujaannya, yang melakukan penelitiannya di Oxford UK, yang nambah gemuk beberapa kilogram, dan berencana menyelesaikan S2-nya bulan Mei mendatang.. Makasih oleh-oleh kurma lapis coklatnya yak!.

Danang, yang rela datang jauh-jauh dari Padang.. Yang berkorban tiga jutaan lebih untuk sekedar pulang walaupun ia tak dapat cuti, yang hari itu.. buru-buru pulang karena harus packing sore harinya segera cabut ke Padang lagi. Nggak heran, bukti cintanya pada sang kekasih, Anggun, yang datang menemani walaupun mereka hanya sempat bertemu beberapa hari saja.. Ah kalian, memang pasutri legendaris angkatan..

Dega, yang pulang dari Lampung.. mudik membawa Canon DSLR nya.. dengan ceritanya melakukan riset dibawah bendera Depkes.. meneliti nyamuk-nyamuk malaria.. meyakinkan kami betapa susahnya memasang transmitter pada nyamuk.. yang sekarang juga nambah gendut..

Setyorini dan Luky.. datang berdua, buru-buru ngacir ke dalam kampus sekedar nostalgia, namun nggak lama langsung pulang karena harus syawalan keluarga..

Kunto.. dengan cerita tentang pekerjaannya menguber-uber komodo, bekerja sebagai relawan LSM di NTT, dua bulan penuh di lapangan, dua bulan lagi di kantoran.. hidup di alam liar, melakukan CMRR (Capture, Mark, Release, Recapture -kalo nggak salah inget singkatannya).. berpetualang dalam buasnya alam liar berpadu dengan indahnya pemandangan Bali - NTT.

Sidiq a.k.a Telo yang sekarang melanjutkan S2 nya di UGM.. juga nanti bulan Mei berencana lulus..

Risnu.. dengan ceritanya sebagai karyawan salah satu BUMN di kota Gresik, deket dari kantor saya di Surabaya sih.. tapi baru sekali ketemuan buat rafting bareng yang dulu udah pernah saya tulis di sini..

Idha.. pegawai bank di Jogja yang sekarang sudah memutuskan untuk berhijab..

Dewi... yang datang sekedar absen dan nengok plus mengabarkan dirinya yang sekarang mengajar di SD di kota Jogja..

Desti.. peneliti Lipi di kebun raya Purwodadi Malang.. yang tetep setia dengan kehebohannya..

Natalia.. karyawan PTPN 11..yang tinggal di Surabaya.. tapi meskipun dia di Surabaya, kami hanya baru sempat bertemu sekali di kota ini. Makin stylish dan modis.. dan jomblo *ups*

Ulfa.. setia dengan ke-medhok-annya, meskipun sudah cukup lama bekerja di Jakarta sebagai peneliti BPPT..

dan terakhir, Dhama..datang terlambat bawa adiknya... sempet nyusulin pas makan, dan bercerita tentang kegiatannya sebagai konsultan di Bogor..

Cerita tentang teman yang lain pun mengalir... Ada yang sudah menikah diam-diam tanpa bilang-bilang dan tiba-tiba muncul foto pernikahannya di facebook tanpa ada satupun dari kami yang diundang (Sorry Mul, ke publish juga akhirnya)... ada yang sudah nikah, tapi walimahannya baru nanti (buat yang belom dapet undangannya Ariyani?). Ada yang sudah mempunyai baby.. (untuk Amaroh, Sinta -Cutek-, Rony) selamat yak.. makasih sudah memberi kami-kami keponakan... dan banyak lagi lainnya..

Buat yang nggak pada dateng.. semoga tulisan ini mengobati kekangenan kalian akan serunya dunia kuliah dulu, mengetahui kabar satu sama lain meski tak bertemu. Semoga kebersamaan ini nggak hanya berakhir disini saja, tetapi justru makin menguatkan jalinan kebersamaan kita.. pertemanan kita..

Saya teringat satu quotes : Orang paling miskin adalah orang yang tak punya apa-apa lagi selain harta.. ah, semoga silaturahmi kita ini memperkaya diri kita.. memperpanjang umur kita.. dan kelak, kekal sampai nanti..

semoga...


25 komentar:

John Terro mengatakan...

tapi kug cuma dikit orangnya?
atau memang ga semuanya kumpul yah?
setahuku kan angkatan itu kan minimal 40an orang :D

Gaphe mengatakan...

#John : kebetulan yang kepotret cuman dikit..emang pada nggak bisa kumpul semua sih John. Udah sibuk dengan urusannya masing-masing... jauh juga kemana-mana

auliadriani mengatakan...

hidupmu mang rame ya ga... seseruan teruuss :D

Gaphe mengatakan...

#Mbak Aulia.. Rame?.. kayak pasar malem donk.. hahahaa

ReBorn mengatakan...

jaman gw kuliah jg tempat nongkrongnya di bawah pohon, tapi pohon jambu. nama tempatnya "dibawah puun" ghahah... tempat paling strategis untuk ngegodain cewek-cewek sekampus dikuasai oleh jurusan gw. ghahahah... *songong*

Mamisinga mengatakan...

senangnya teman-teman tercinta sukses.. salam buat teman-temannya.. uhui!

TRIMATRA mengatakan...

yuhuuu,,,kesan meriah banget reunionnya eyyy!!!

-rif mengatakan...

Pertama, Aulia bener, Ga, hidupmu rame ya?
Kedua, kalo jaman kuliah ReBorn nongkrong di bawah puun, aku nongkrong di tempat yang disebut Pakilun (pedagang kaki lima unpad). Kalo sekarang nongkrongnya di warteg bohai (warteg belakang kantor tuh, Ga).
Ketiga, ceritamu selalu menarik, Ga!

Gaphe mengatakan...

@Raja.. lah, kalo elu ngegodain cowoknya donk?..hehehe piss.. -kabur dilempar termos-
@Trimatra.. iyee meriah bener..
@mamisinga.. kadang yang dateng cuman yang ngerasa sukses aja mam, yang belum2 kelar kuliahnya juga males dateng ngumpul2... ntar kalo ketemu lagi disalamin..
@mbak rifka.. wah, kangen makan di bohai lagi..uhuhuhu.. ah, mbak rifka bisa aja, saya jadi tersapu milu nih..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ketahuan nih kamu gak bisa gemuk2. hehehe.padahalmakan banyak ya? lho?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ketahuan nih kamu gak bisa gemuk2. hehehe.padahalmakan banyak ya? lho?

Gaphe mengatakan...

@mbak fanny.. namanya juga nasib mbak. hahaha..

Renaldy mengatakan...

Wah, macem2 ya ceritanya... Jam karet itu udah jadi kebiasaan... Saya juga reunian SMA pas di Kaltim juga kayak gitu... Baru kumpul banyak jam 11, padahal jadwalnya jam setengah 10...

Ferdinand mengatakan...

Waduh persis banget kaya aku Sob. hahaa... bener tuh kadang FB berguna aku juga klo ngumpul gara2 tag di Fb wkwkwk.... wah jadi kangen nie sama temen2ku hhe.....

om rame mengatakan...

tercermin ketuLusannya yah, untuk berkumpuL kembaLi dengan teman2 harus reLa mengeLuarkan waktu, tenaga, biaya yg tidak sedikit.

bersyukur biLa rata2 para sahabat sudah memiLiki kemapanannya, waLaupun itu bersifat reLatif. namun kiranya sudah tercermin keberhasiLannya daLam meraih cita2 yg didambakannya.

mengenai quotes, saudara dan teman adaLah sebuah kekayaan teresndiri yang tidak dapat diniLai dgn materi. namun dibaLik itu ada berbagai makna yg bisa dirasakan untuk dapat dinikmati bersama, yg kiranya haL ini tercermin dLm tuLisan sobat Gaphe.

trims sudah bersedia untuk berbagi kebahagiaan, dan semoga dapat kita rasakan bersama kebahgiaan itu. sehingga satu sama Lainnya saLing mendoakan untuk kebahagian diantara kita semua.

how to forex mengatakan...

asiknya ngumpul ngumpul....

download naruto games mengatakan...

setahun ini teman saya hanya leptop saja...,

andai masih di zaman SMA dulu.... banyak sekali punya temen... hihihihihi...

sekarang.. temen online sudah cukup mengesi hari hari saya...

AkaneD'SiLa mengatakan...

serunya
ah aku jadi kangen ama temen²ku yang lebih tua dari aku
ya mereka kakak tingkat ku di SMA dan sekarang mereka dah kuliah
dah mencar²
kangen

meliajani mengatakan...

seru yaa bisa ngumpul ama temen-temen lama. kangen terobati :D
siapa tau nemu gadis idaman, kak ;P

John Terro mengatakan...

@gaphe; ternyat di mana-mana sama saja, saya juga sulit mengumpulkan temen2 saya, apalagi temen2 SD yang udah pada hilang entah ke mana :D

Anonim mengatakan...

aku kangen pada temen2 seangkatanku ini.... thanks dah di post... tapi fotonya kurang banyak bos....
ga makan2 pah?

bothek..

chikarei mengatakan...

seneng banget deh kayaknya tuh^^
heheee

Tentang alat kesehatan mengatakan...

reunian, asik banget kayaknya, angkatan saya belum ada yang ngadain siy :)

mixedfresh mengatakan...

Wah ada yang reunian nih???Jadi ingin nh ikutan reuni...kira2 pada kemana ya teman2ku???

.:diah:. mengatakan...

senengnya yg reunian... semoga pertemanan dan persaudaraannya itu kekal abadi selamanya ya... biar terus jadi orang kaya :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...