Senin, 13 September 2010

Jakarta Pindah Jogja

Eits, baca judulnya jangan langsung kebayang isu pidato Presiden kalo ibukota Indonesia bakalan pindah ke Jogja loh. Ini adalah cerita tentang betapa penuhnya Jogjakarta saat liburan lebaran sama kendaraan bermotor terutama yang beroda empat. Dan kebanyakan, memang berplat nomor non AB alias bukan mobil orang Jogja. Iseng-iseng saya amati, kebanyakan plat mobil bertanda wilayah B alias dari Jakarta.. Walaupun memang banyak juga plat mobil lain seperti H, AD, T, yang juga banyak berseliweran memadati jalan-jalan Jogja yang memang udah sempit dari dulu.


Saya aja, yang orang asli Jogja kadang males keluar rumah gara-gara banyaknya kendaraan yang bikin macet. Bahkan buat perempatan jalan yang kalo bukan pas liburan itu super lancar, giliran liburan kayak sekarang ini pasti macet. Masuk kota, apalagi jalan mau ke Malioboro, Mangkubumi - Tugu, Jalan Solo, Jalan Kaliurang, atau jalan-jalan yang menuju ke arah sana. Macetnya menjijikkan lah.. bener-bener udah kayak Jakarta, cuman bedanya jalannya lebih sempit.

Fenomena masuknya banyak kendaraan non lokal pas liburan kali ini hampir selalu terjadi. Libur sekolah, libur lebaran, natal dan tahun baru, atau libur panjang pasti jalan raya di Jogja dipastikan bakal penuh. Kalo di Jakarta pas lebaran jalanannya malah sepi.. kalo di daerah, malah jutru jadi rame. Hmm.. wajar sih, soalnya kalo liat sendiri banyak keluarga saya juga yang merantau dan mencari nafkah di Jakarta.. Nggak heran, mereka pada pulang ke Jogja membawa hasil yang mereka dapat dari bekerja di Jakarta. Jadilah, makanya kegiatan pulang kampung juga jadi ajang pamer kekayaan.. sudah dapet apa dari Jakarta, Sudah bisa bawa apa dari Jakarta.. Semakin wah, maka semakin tinggi pula derajat sosialnya..

Tapi nggak boleh berprasangka buruk gitu donk.. bisa jadi juga mobil-mobil plat non AB itu juga cuman mampir ke Jogja buat wisata aja, kek misal mereka mau ke Solo tapi lewat Jogja.. sekalian mampir dan menginap untuk wisata. Atau mungkin yang dari Semarang, Magelang, Klaten.. mereka juga menyempatkan mampir ke Jogja karena dekatnya. Yah, apapun alasannya.. yang jelas efeknya Jogja jadi macet.. padat dimana-mana dan bikin nggak nyaman. Ada yang mengalami kejadian serupa?

27 komentar:

harto mengatakan...

jakarta pindah jogya...? nambah parah lagi dong macetnya.

Hartohadi dot com mengucapkan :
Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

ReBorn mengatakan...

tempat gw, bandung, juga macet. tapi bukan karena mobilnya padet, tapi karena banjir. ghehehe. bandung ujan mulu. ujan es batu segala.

"om rame" mengatakan...

rupanya macet udah membudaya yah, kota2 besar seLain di jakarta pun udah pada ikutan macet.
mungkin karena popuLasi kendaraan yg sudah semakin meningkat drastis, sehingga kondisi jaLan sudah enggak bisa menampung Lg.
yg duLu jogja terkenaL dgn kendaraan tradisionaLnya yg ramah poLusi, kini carur-marut kemacetanpun sudah menghinggapinya. hmmm...

Gaphe mengatakan...

@harto.. iya, macet gilaa.. parah.. beberapa jalan akhirnya dibikin satu arah..
@raja... enak donk ujan es batu.. tinggal nadahin cendol, jadi es dawet deh!. hehehe.
@om rame.. ah budaya koq sesekali om... cuman pas liburan aja sih.

John Terro mengatakan...

biasa aja gan ... di madura juga banyak plat nomor non-M :D

Gaphe mengatakan...

@john. hahaha.. banyak L yak..

Gaphe mengatakan...

@john. hahaha.. banyak L yak..

riesta mengatakan...

wah,,,kayanya di mana2 macet ya....

Gaphe mengatakan...

@riesta.. emang di pekanbaru macet juga ya?

John Terro mengatakan...

bener banget ... tapi aku juga tadi nemuin N ama S di sana :D

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

Jakarta malah sepi. asikkk

orange float mengatakan...

setidaknya ada hikmah yang diperoleh dari macetnya Jogja, para pedagang mendapatkan pendapatan lebih di musim liburan ini

Renaldy mengatakan...

Kalo kalimantan, khususnya tempat saya ,Tenggarong, malah tambah sepi boz... Tapi saya plat luar daerah dikit banget... Tapi saya nemuin ada mobil plat AB disini...

cipu mengatakan...

Sebenarnya bisa pake logika terbalik, bisa saja orang2 yang punya mobil pelat B, AB dan sejenisnya adalah orang asli Yogya dan sekitarnya yang menetap di Jakarta. Mereka kebetulan lagi mudik saja kan.... Toh ga ada salahnya kan macet sekali2.

Nah kira kira gimana yah perasaan Gaphe kalau nanti pas balik ke Jakarta dan orang Betawi nya bilang: ahhhh orang orang luar ini datang lagi ke Jakarta, bikin Jakarta penuh aja dan bikin macet.

So no person to blame; sebuah kota yang mau berekembang harus mau menerima tamu dan berani menerima konsekuensi "macet".

e-alkes blog mengatakan...

Diambil positifnya aja, Jika suatu daerah makin macet karena banyak plat B berkeliaran, artinya banyak penumpang plat B tersebut yang membelanjakan uangnya di daerah tersebut. Artinya perputaran uang di daerah akan makin bagus dan ekomoni juga tumbuh.

Gaphe mengatakan...

@orange float..bener banget, apalagi pedagang makanan dan resto2 legendaris. pasti rame banget..
@renaldy.. mungkin karena di Tenggarong agak susah dijangkau kendaraan darat kali yak..
@cipu.. iya sih, bener juga.. saya juga mikir itu orang jogja, kerja dijakarta, mudik lagi ke jogja.. emang cuman sementara koq. pas liburan aja.. semoga jogja makin berkembang deh.
@e-alkes... betul juga yak.. tapi jadi orang yang bisa memanfaatkan peluang aja yang bisa memetik keuntungan..

-rif mengatakan...

Phe, selamat idul fitri, maap lahir batin ya...

Gaphe mengatakan...

sama-sama mbak rifka... mohon maaf bila ada salah2 kata..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

boleh juga kalo Jakarta pindah ke Yogya, soalnya saya suka Yogya. penduduknya ramah.

Huda Tula mengatakan...

loh?

saya lebarannya di jogja sini malah sepi yah? warung makan pada tutup, dan terpaksa "nyedoh mi"

kebookyut mengatakan...

ato mungkin org jogja banyak yg kerja d jakarta..hehe

yah sekali2 macet gak apa.. momennya jg bagus -idul fitri-

Fajar mengatakan...

iya...om jogja macet parah lebaran ini...jangankan di kota di jalan wonosari...ampunn deh macetnya...salam kenal om....oh, ya om jogjanya dimana nih....kita orang

Camajuyas mengatakan...

met lebaran ya om...mohon maaf lahir dan batin...thanks telah berkunjung..jogja macet abis...

komunitas motor mengatakan...

kalo saya pulang ke banyuwangi dari surabaya, ga begitu macet bro...jadi pengen main ke jogja neh...hehehe

oiya mohon maaf lahir batin yah bro

om rame mengatakan...

yah itu dimaksud "budaya", budaya Liburan yg identik dgn kemacetan, hehehe...

mixedfresh mengatakan...

Moga2 aja sih ini cuma sesaat aja...terus habis lebaran kembali normal lagi....ga enak banget jogja jadi macet gitu...

IbuDzakyFai mengatakan...

gak cuma yogya ajah, tegal,brebes..sepanjang Pantura kmrn ..Plat B semuanya DECH

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...