Minggu, 12 September 2010

Lebaran Tanpa Masak dan Mie Goreng Pojok Beteng

Waduh, menelantarkan blog ini selama Lebaran.. maklum lagi sok-sokan sibuk berkunjung kesana kemari silaturahmi dan minta angpao. Jadinya sampe nggak nyentuh blog ini deh.. dan maaf juga baru sempet ngucapin : Selamat Idul Fitri 1431 H. Mohon Maaf atas segala kata-kata, komentar, ataupun tulisan yang menyinggung perasaan, kurang berkenan, baik yang disengaja maupun tidak. Semoga dibulan syawal ini, makin meningkat aktivitas blogging kita.. dan makin memberi manfaat dengan tulisan-tulisan kita.. *ucapan Idul Fitri ala blogger*

Rutin, di keluarga saya kalo pas lebaran pasti nggak pernah masak. Soalnya, saya dan keluarga biasanya cari makan di rumah saudara.. kasian amat yak?. Eits tunggu dulu, maksudnya.. biasanya sih kami semua selalu ngumpul di tempat eyang, dan disitu baru makan bareng-bareng. Keluarga besar semua tumpah ruah disitu, dan biasanya juga kami masak rame-rame. Menu andalan kalo pas lebaran tentu saja ketupat dan opor ayam. Plus ditambah sambel krecek yang yumilah yumiwati, pasti menambah porsi lemak dalam tubuh.. Masalahnya, kadang kalo lebaran tuh masaknya nggak kira-kira, jadi buat sarapan, makan siang, sampe makan malem praktis menunya sama itu-itu saja.. mabok ketupat opor lah..

Makanya semalem, saya, bonyok, dan adik-adik keluar nyari makan bareng di daerah Pojok Beteng Barat. Ini yang unik, kalo lebaran di Jogja banyak toko-toko yang tutup tapi yang namanya warung makan tuh tetep buka. Para penjaja makanan ini mampu melihat peluang karena kalo lebaran biasanya banyak keluarga pada males masak.. Makanya, kadang juga mereka berani naikin harga kalo pas lebaran... nggak papa lah, toh itung-itung menebus dosa penjualnya karena nggak berlebaran bareng keluarganya.

Suasana pojok beteng barat sehabis ujan gerimis... JOGJAA EUY!!

Di Pojok Beteng Barat ini banyak banget yang jual makanan.. cuman, karena khasnya adalah Mie Goreng Jawa..maka kami memutuskan untuk memarkir kendaraan kami di penjual mie goreng jawa. Sebenernya banyak banget yang jual mie goreng jawa di sekitaran Pojok Beteng, dari tampilan dan cara masaknya semuanya sama. Cuman soal rasa emang beda-beda, tergantung keringat penjualnya.. hehe.. maksudnya, tergantung cara meraciknya. Saya nggak berani rekomendasikan mana yang enak mana yang enggak, soalnya sebelum-sebelumnya saya baru nyicip di 2 tempat saja.. dan kebetulan dua-duanya rasanya hampir mirip dan sama-sama enak.

Sebenernya mie goreng jawa yang dijual di Jogja itu adalah bihun (mie beras) yang dimasak bawang kecap.. cuman yang khas dari penjual mie goreng jawa itu adalah cara masaknya. Mie ini selalu dimasak pake anglo atau tungku tanah liat dengan bara dari arang. Yang lebih enak lagi kalo masaknya pake arang batok kelapa. Karena anglo ini biasanya cuman muat untuk satu tungku, makanya setiap kali masak cuman bisa untuk satu dua porsi dengan rasa yang sama (tingkat kepedasan, jenis dll). Nggak heran kalo di setiap penjual mie goreng jawa musti ngantri dulu buat nikmatin sepiring lezat mie ini. Kami semalem aja ngantri urutan ke 12, saking ramenya. Nah justru ini yang asyik, sambil ngantri biasanya air minum datang duluan.. yang khas adalah wedang teh tubruk gula batu.. teh biasa sih, tapi disajikan utuh sama ampasnya dan gulanya pake gula bongkahan (gula batu). Khas banget rasanya, berasa ndesoooo banget minum wasgitel-nya (Wangi-Panas-Legi-Kentel) teh jawa. Kenapa berasa ndeso?.. soalnya gula batu ini biasanya produk dari gula pasir afkiran yang biasa dijual murah. Gula batu ini sering banget dipake orang-orang desa (pegunungan) buat mempermanis teh mereka. Satu yang unik adalah, gula ini nggak langsung larut gitu aja, jadi bisa diisi ulang lagi begitu teh angetnya abis.. dan tetep manis.
Wedang teh gula batu... ndeso banget!


Mie goreng yang yumilah yumiwati... heemmm

ini mie rebus yang panas-panas maknyuss..

Agak lama nunggu, sambil lesehan, ngobrol bareng keluarga, dateng pengamen, memperdendangkan lagu-lagu metal!. Melayu Total.. hehe. ini yang khas Jogja banget.. udah makan lesehan, ndengerin pengamen jalanan pula. Mantabh deh. Dan nggak lama kemudian, mbak-mbaknya dateng nganterin pesanan kami mie goreng jawa dan mie godhog (mie rebus). Soal rasa, hmm yumilah yumiwati dua-duanya.. saya pesen mie goreng, tapi saya nyesel kenapa nggak pesen mie rebus juga.. soalnya, porsinya ternyata cuman dikit dan yang rebus rasanya lebih menggiurkan. Apalagi Jogja habis diguyur ama ujan gerimis.. lebih cocok yang berkuah dan hangat sepertinya.. ketika mau pesen lagi, eh si mbaknya bilang kalo mau ngantri urutan ke 15.. waaaah udah keburu laper lagi deh. Soal harga, berlima plus minum cuman ngeluarin duit 50 ribu rupiah aja... aah, Jogja emang apa-apa murah.

19 komentar:

riesta mengatakan...

hwaaaaaaaaaaaaaa,,,kangen Jawa....

andi mengatakan...

walopun gw bukan orang jawa,,,tapi gw seneng banget ke Jogja,,,,
apa2 murah,,makanan enak2 juga....
gak sabar buat ke Jogja lagi....

Gaphe mengatakan...

#Riesta.. pulang doonk!

#Andi.. Betul banget, asal tau tempatnya pasti dapet yang murah meriah dan enak.

merry go round mengatakan...

Selamat hari raya Idul Fitri 1431H Gaphe....
Maaf lahir batin ya.

loh, bukannya kamu orang Padang? ngga pulang kesana?

addiehf mengatakan...

jadi ngiler neeh lidah (doh)

met lebaran, maaf lahir bathin :D

Gaphe mengatakan...

#Ocha... jiagh saya dibilang orang Padang... saya asli jogja koq. hahaha.. maaf lahir batin juga yaak

#addhiehf.. nggak apa-apa ngiler, udah nggak puaa koq.. eh, nggak puasa syawal kan?

ReBorn mengatakan...

klo dah ga puasa mah ga masalah tuh nampilin poto makanan :). wedang teh dengan gula batu ga ndeso kok ah. tapi udik. ghahhaha... tapi tiap gw bikin teh atau kopi pake gula batu kenapa rasanya lebih mantab y?

vocab baru: wasgitel. gut job...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

mantap...si yumilah dan yumiwati itu kembar ya? hehee...

harga handphone terbaru mengatakan...

Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin....

salam kenal ya gan...

cipu mengatakan...

yumila yumilawati itu siapa? pegawai salon yah wkwkwkwkwkwk

Happy Eid

"om rame" mengatakan...

pernah ke jogja juga sih, tapi beLum sempet wisata kuLiner untuk icip2 menu seperti di atas. maLah menu itu masih terasa asing bagi saya.

harganya juga reLatif terjangkau oLeh isi kocek saya yg Lumayan cekak, hakhakhak...

Gaphe mengatakan...

#Raja.. semakin banyak makanan semakin seneng lu ye.. hahaha. Eh, wasgitel tuh udah lama banget kale.. itu temennya nasgitel : panas-legi-kentel.. buat minuman yang nggak wangi..

#Mbak Fanny.. itu kembar siam, dempet di mulut gara-gara seneng makan. hahahaa.. ups!

#Harga Handphone Terbaru.. yep, sama-sama.. salam kenal juga

#Cipu.. jiah, pegawai saloon.. wah Cipu ngomong salon mulu nih.. jangan-jangan.. *tuing-tuing*

#Om Rame.. Masa sih om?.. hmm... om ini pasti sering banget ke luar negeri yaa... mpe menu udik gini nggak ngerti. hehehe

Adi Budi Yulianto mengatakan...

kenalin donk gw sama yumilah yumiwati..:)
jangan salah,makanan ndheso lebih nikmat dibanding makanan yg nyebutin namanya aja udah susah. Udah susah,harganya mahal.

klo makanan ndheso? simpel trus murah! mie godog,nasi liwet,sego kucing,,:)

Renaldy mengatakan...

Hakakakaka... Makanan ndeso itu selalu lebih nikmat dari pada makanan kota... Nikmat di rasa, nikmat di kantong...

Gaphe mengatakan...

#Adi.. Besok deh saya kenalin.. hahhaha.. mau yang makanan murah atau murahan nih?..

#Renaldy.. sip.sip.. apalagi kalo gratisan. nikmat dimana mana lah

mixedfresh mengatakan...

Wduh jadi ngiler nih pingin makan mie....Mie merupakan favoritku.....uenakkk tenan dah malam pas hujan makan mie....

joe mengatakan...

wah, pasti mak nyuss....

Gaphe mengatakan...

#mixedfresh.. iyap.. betul.. emang enak dimakan pas anget-anget

#Joe... nyuss banget laah

"om rame" mengatakan...

hakhakhak...
kaLo keLuar negeri sih beLum pernah, tapi keLuar masuk kamar sering. hakhakhak...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...