Minggu, 26 September 2010

Sarapan Pake Bassang dan Barongko

Banyak yang tanya kepada saya kalo sepulang dari Makassar, mana oleh-oleh Bassang-nya?. Ato ada yang minta : Phe, nitip beliin barongko doong!!. Gara-gara pertanyaan kayak gitu, makanya saya kalo ke Makassar lagi sering nyari tau, mana sih makhluk yang bernama bassang dan barongko itu?. Yang akhirnya perjalanan saya mencari jawaban pertanyaan saya pada rumput yang bergoyang ternyata yang namanya bassang itu adalah bubur jagung, dan barongko itu adalah sejenis masakan berbahan dasar pisang.

Sebenernya tahunya udah lama sih, dan dulu sudah pernah nyicipin. Beruntung, pagi ini pas saya sarapan saya nyicipin dua makhluk ini. Yeaaah..ngajak Yumilah Yumiwati doonk pastinya. haha..

Ini namanya bassang.. saya ngambilnya cuman dikit, takut nggak doyan :P


Sedikit dekripsi aja, yang namanya bassang memang bentuknya seperti bubur jagung sederhana. Satu yang khas, jagung yang dipakai itu warnanya putih, bukan kuning seperti yang kita kenal. Disini saya bingung, apakah karena jagung ini direbus terlalu lama jadi membengkak dan warnanya menjadi putih, atau dari sononya memang berbahan dasar jagung yang berwarna putih, atau karena kulit arinya dilepas jadinya berwarna putih. Entahlah, mau makan aja koq repot mikir kayak gitu. Yang jelas, jagung yang direbus dengan campuran santan, terigu, dan air ini disajikan dalam bentuk kental seperti bubur nasi tapi bentuk jagungnya masih terlihat utuh dan menggiurkan. Masaknya ditambahin sedikit garam, terus penyajiannya ditaburi gula pasir biar manis kayak yang nulis. Kalo masalah penyajian, menurut selera aja sih.. bagi yang nggak suka yang terlalu manis bisa dikit aja ngasih taburan gulanya.

Namanya bubur kan biasanya enak kalo disajikan panas yaa?. Bassang ini justru sebaliknya, disajikan dingin (walau nggak masuk kulkas dulu sih). Sepanjang saya di Makassar, saya belum nemuin tukang yang jual bassang di pinggir jalan, karena biasanya bassang ini adalah masakan rumahan yang gampang banget cara bikinnya. Hanya saja, kalo jalan-jalan di sekitaran somba opu, saya nemu bassang yang dijual plastikan alias bassang instan. Cukup diseduh air panas, sudah jadi. Nah, bagi orang Makassar asli, makanan ini bisa sangat membuat kangen loo.. apalagi kalo udah lama nggak makan. Kalo buat saya siih.. biasa aja.. hahaha *jumawa.com*

Terus, selain bassang, saya juga nyicipin Barongko. Kalo di Jawa, barongko ini mirip-mirip sama carang gesing walaupun beda dikit. Sama-sama berbahan dasar pisang, tapi kalo di barongko, pisangnya dihaluskan dengan lembut, kemudian dicampurin telur, gula, dll trus dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Pisang koq dibungkus daun pisang?.. aneh ya.. *yang nulis yang aneh maksudnya*

Ini namanya barongko... barongkoo yuuuk capcuuus...


Walaupun aneh, tapi rasanya mantebh.. empuk, lembut, bener-bener enaak. Manis rasanya, selain dari pisangnya yang emang udah manis, juga karena makannya sambil ngaca bikinnya dikasih gula. Kalo barongkonya saya bilang Yumilah Yumiwati.. enaak. Jadi, kalo ke Makassar, sempetin deh nyicipin dua makanan khas ini. Syukur-syukur bisa ketemu sama penjualnya, trus kawinin, jadi tiap hari bisa dimasakin bassang ama barongko.

26 komentar:

Her Long and Winding Road mengatakan...

es pisang ijo sama es palu butung udah nyobain belom ?

Gaphe mengatakan...

udah dooonkk.. coba tengok keyword kuliner saya :)

John Terro mengatakan...

wah .. wah ... ini mas gaphe lagi wisata kuliner yah ... membahas makanan terus ... jadi pengen makan :D

Her Long and Winding Road mengatakan...

jadi pengen makan orang ...

Gaphe mengatakan...

#John.. haha, enggak John!. cuman dapet sarapan gratis tadi.. hihihi

#Wuri.. weleh, doyan kah?.. ntar saya sumbang satu deh.. orang mati V^_^

filomispico mengatakan...

hahahha.. bayar royalti pak, itu kan sarapanku tadi pagi!! maknyuuus yah. sayang tadi keabisan dikau..

Gaphe mengatakan...

#Pak Yoven.. wakakakk.. sorry paak, tadi nyicip punya kamu. Besok deh, semoga ada lagi :)

.:diah:. mengatakan...

keknya banyak tu penjual bassang yg jualan klo pagi dari kompleks ke kompleks... hmm tapi saya gk suka bassang, klo barobbo (bahan dasar jagung campur sayur2n) saya suka, udah pernah nyoba barobbo blm??

klo yg barongko saya sukaaa :)

Gaphe mengatakan...

#Diah.. belon pernah tauu ada makanan namanya barobbo.. kalo sarabba tauu :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, ajak saya dong. jgn yumilah dan yumiwati aja. hehee

cipu mengatakan...

wakakakakakak gua suka gaya Gaphe bercerita disini, gaya nya Salon ABISSSSSSS...... serasa tata Dado yang menjajakan..... pake "yuk capcusss" dan "yumilah yumilawati" gitu, gua sampe ngakak.....

anyway, barongko is a must eat food kalo ke makassar. Bikinan mama gua enak lho

Nuy mengatakan...

waaaah pengen nyobain dua makanan ituuuu! kirimin ke rumahku dong kak? haha.. =D

Gaphe mengatakan...

#mbak Fanny.. ayok saya ajakin.. tapi bayar sendiri yaa :D

#Cipu.. jadi pengen ngerasain buatan mamanya Cipu. Boleh donk sekali2 dikenalin.. hahaa

#Nuy.. enggak enak kalo dikirim.. ini nggak tahan lama soalnya

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

ane tadi sarapannya apa ya..? hehe

Gaphe mengatakan...

#Secangkir teh dan sekerat roti.. la itu.. teh dan roti :P

inge / cyber dreamer mengatakan...

pertama liat gambar buburnya koq dikit banget ternyataaaaa... takut ndak suka toh... tapi setelah nyoba nambah lagi nggak tuch??? jangan2 malah ngabis2in lagi he he he...

Renaldy mengatakan...

Mas Gaphe selalu bikin orang ngiler...
Rupanya bisa gak doyan ya mulutnya? Akhirnya habis apa nambah tuh?

four dreams mengatakan...

woh apa itu ? baru kenal saya sob :)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kalo ke Makasar lagi, aku nitip ya..:p

dv mengatakan...

barongko = carang gesing ?? carang gesing aja saia gag tau gmn bentuknya o_O hehehe..

btw saia bukan asli bantul koq :D
tq ya uda mampir :)

Camajuyas mengatakan...

wah..bagi dunk om..oleh-oleh dari makassarnya..

fajar mengatakan...

weits...yang pulang dari makasar...kayaknya seger bener itu makanan...tahunya gitu ..nitip dunk..minyak tawon..khas makasar..he..he..

ReBorn mengatakan...

ntar-ntar pas makan liatin blog gw ya. pan ada poto muka gw tuh. pasti yummilah yumiwati makin lengket ama lu. ghehehe.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ada award ya. cek di http://gudang-award.blogspot.com/2010/09/award-dari-miss-fitness.html

rezKY p-RA-tama mengatakan...

makan2 took mas iki
mantap mas

fai mengatakan...

si barongko ini yang kemarin gak sempet gw makan waktu mudik, mama gak sempet buatin. tar oleh2in dari makassar ye

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...