Selasa, 07 September 2010

Sate Klopo Ondomohen

Kemaren setelah sukses membuat pembaca ngiler dengan sajian mie kocok mang Uci, sekarang saatnya saya bikin ngiler lagi dengan makanan yang lain. Sebenernya ini ada hubungannya dengan tempat makan mie kocok kemaren, di seberang warung mie kocok ini ternyata juga ada yang jual kuliner khas Suroboyo-an yaitu sate klopo. Pernah denger sate klopo?. Ini terkenal banget koq, sampe diulas di tivi-tivi acara berita ato kuliner.

Sate klopo yang saya datangi ini katanya paling terkenal enak se-Surabaya. Namanya sate klopo Ondomohen Bu Asih. Warungnya terletak di Jalan Walikota Mustajab no 36, buka pagi-malem. Sate klopo ini adalah sate sapi, yang dibalut dengan kelapa parut (mentah) trus dipanggang. Bisa dibayangin, kelapa yang menyelimuti dagisng sapi ini akan mengering dan menimbulkan efek dramatis berserabut di sekelilingya. Disajikan masih dalam bentuk tusukan, dengan sambal kacang yang halus plus acar cabe dan bawang. Satu porsi berisi 10 tusuk sate, dan setiap tusuk rata-rata berisi 3-4 potongan daging sapi *diitungin bo!*.


Buat pelayanannya, kalo lagi pas rame seperti saya datang kemarin malem sih..pas waktunya buka puasa siap-siap aja menunggu agak lama. Tapi tenang, walaupun menunggu lama, di warung ini ada LCD TV 39'' yang menayangkan acara dari TV lokal atau interlokal *emang telepon?*. Yaa, pantes aja ada LCD TV nya soalnya pemiliknya udah kaya dari hasil jualan sate ini siih. hehehe. Kalo pas ramadhan gini, biasanya juga menjelang berbuka dikasih takjil es buah gratis. Sweger loo es buahnya.


Soal rasa, sate klopo Ondomohen emang jagonya. Satenya empuk, dagingnya mateng, dan nggak perlu berantem buat makannya. Trus, aroma kelapa terbakar yang keluar dari satenya ini juga enak. Ada yang beda dengan makan sate pada umumnya. Apalagi bumbu kacangnya.. sedep banget. Yumilah yumiwati deeh.. makanya, nggak heran kalo seporsi plus nasi dibanderol agak mahal untuk ukuran anak kos. Plus segelas es teh, saya kudu membayar Rp. 20.500. Beneran, kudu nyobain sate klopo ini kalo ke Surabaya!. Recomended lah..

23 komentar:

John Terro mengatakan...

kalo ga bayar ya pasti bertengkar dulu ama yang punya :D

Gaphe mengatakan...

#John..PAsti laah.. haha.

mixedfresh mengatakan...

gara2 yoga nih daftar listku nambah terus kalo mau maen ke surabaya, dari warung deket gubeng sampai ke walikota perlu dicicipi semua tu, ga sabar lagi mau ketemu ma Yumilah yumiwati, hahahaha.......

ReBorn mengatakan...

yumilah yumiwati, kata baru buat gw. seksi juga. ghahaha..

riesta mengatakan...

jadi lapeeeer...
salah niy pagi2 mampir ke sini....hehehehe

uda mudik mas???
mohon maaf lahir dan bathin ya...

IbuDzakyFai mengatakan...

ngiler nie liat satenya...makasih dah mampir..

-Gek- mengatakan...

ndak maem daging sapi saya mas..... :)

Ferdinand mengatakan...

jarang2 Sob klo dikotaku .. paling cuma satu 2 orang yg jualan sate klopo ini hhe... klo yg ini aku ndak ngiler soalnya gak pas juga pagi2 nyate hha........

wah kowe lama2 jadi kaya pak Bondan Sob haha....

Semangat N happy blogging!!!

neng rara mengatakan...

assalamualaikum..
hai,,.
wah nampaknya enak. pake kelapa lagi ya.
makin nambah kolesterol kali ya?
mhn maaf lahir batin
salam

Riska mbem mengatakan...

Om gaphe om gaphe, harganya kok ihwow banget yak? enak om gaphe udah kerja. jadi, punya penghasilan sendiri. lha aku?

mau beli es aja mesti ngais-ngais tanah dulu T-T

minta uang jajan dong om :-P *dijitak om

cipu mengatakan...

ngangkat Gaphe sebagai guide gratisan kalo gua main ke Surabaya ah hehehehehe, eh btw lu tinggal di jakarta yah (doh)

yui mengatakan...

salah saya baca postingan ini saat jam 11. 46..


ah laper,,, dan berbuka masih lama,,,

joe mengatakan...

jadi lapar gan....

pasti mak nyusss

oempak mengatakan...

pastinya ini enak banget nih bwt buka puasa... waah... msh lama nih bukanya

dwi wahyu arif nugroho mengatakan...

wah maknyuz ni,,
insyaAlloh kl k Sby mampir :D

salam bang :)

inge / cyber dreamer mengatakan...

aku udah pernah nyoba kesitu... dan memang maknyus... walau pas pertama kali nyoba dirasa aneh >.<

Renaldy mengatakan...

Kalo saya udah balik ke Surabaya apa mas mau bayarin saya makan disitu? :p

meliajani mengatakan...

yeah, postingan ini berhasil bikin saya ngiler (O.O)~

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hiks...jadi laparrr

dayoe's zone mengatakan...

ntar klo dayu ke surabaya....nyari tuh tempat ah tp klo ga tau temptnya n nyasar...abang gaphe hrus jd guide nya dayu.... :)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

warungnya tampak sederhana, tapi makanannya mantap..

om rame mengatakan...

nama satenya masih asing di mata saya, baru ini saya mengetahuinya.

mengenai rasa sudah dapat dibayangkan daLam merasakan empuknya daging sapi yg enggak bikin giginya repot2 untuk mengunyahnya, adapun harga itu reLatif yg terpenting adaLah kuaLitas peLayanan dan rasa yg ditawarkan dapat berbanding Lurus dgn niLai kocek yg harus dikeLuarkan.

Anonim mengatakan...

me : mampir... mengucapkan minal aidin wal faidzin ya
pemiliki blog : lho kan belum pernah kenal? gimana sih!? kok ujug-ujug minta maaf?
me : iya, makanya belum kenal ni minta maaf. sapa tau bisa kenal terus semakin kenal makin banyak frekuensi salah yang di hasilkan. makanya minta maaf duluan ^_^ lagi pula mumpung lebaran juga
pemilik blog : maksud tersembunyi lainnya?
me: ninggalin jejak kalau pernah mampir kesini hohohoho

happy blogging dan sukses selalu..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...