Jumat, 24 September 2010

Supirnya Taksinya 'Anang'

Ada-ada saja kelakuan supir taksi di Makassar. Sudah hampir seminggu disini, masih sering ngikik sendiri kalo dengerin celotehan para supir taksi di kota ini. Seperti tadi siang, saya naik taksi metro, taksinya warna putih, logonya merah..salah satu brand taksi yang mobilnya bagus-bagus. Maksudnya mobilnya bagus adalah mulus, interiornya juga masih bagus.. beda dengan beberapa nama taksi disini yang udah golongan uzur alias udah harus dipensiunkan. Nah, kebetulan nomer taksi yang saya tumpangi ini adalah nomor 164.

Pas lagi asik-asiknya ndengerin radio, tiba-tiba si supir meraih microphone (yang biasanya buat komunikasi sama operator taksi di pusat, semacam pesawat radio gitu) trus bilang :


Satu anang ampak.. satu anang ampak..
meluncur menuju Singgasana.


Saya koq agak geli ya ndengernya.. makanya trus konsentrasi saya beralih ke bapak supir.. eh tiba-tiba bilang lagi.

Satu anang ampak..

Operator pun bilang : Ya, satu enam empat masuk..

Ada yan melambai di depang KFC..

Nah looo.. saya menemukan beberapa keganjilan disini..

Pertama...
Si supir bilang 164 dengan : Satu Anang Ampak.. maksudnya Anang?.. kan udah cerai ama Krisdayanti?.. mana bilangnya agak-agak bindeng gitu, lucu deh!.

Kedua...
Supirnya janggal ngucapin kata "yang" jadi "yan".. dan kata "depan" menjadi "depang".. duuh.

dan yang ketiga...
maksudnya melambai apa nih???
Asosiasi saya kalo denger kata melambai adalah saya ngebayangin cowok yang agak-agak flamboyan, bergaya seperti perempuan, dengan tangan lentur membentuk angka 0 pake telunjuk dan ibu jarinya..

Hemm.. ternyata oh ternyata, usut punya usut.. yang namanya anang itu adalah enam.. trus ampak itu adalah empat. Ada yang lain juga, beberapa kosakata yang mengandung "N" itu diucapkan "NG" atau sebaliknya.. kalo kata Cipu yang lahir di Makassar sih, ini namanya OKKOTS.. sebuah kesalahan pengejaan atau penyebutan yang menghilangkan atau menambah suku kata jadinya terdengar janggal. wakakaa..

Makanya, kalo saya ngomong sama supirnya kadang nggak nyambung..


Supir : Mau kemana pak?
Saya : Jalan Talasalapang..
Supir : Oh, ke Talasalapan?.. lewat AlaudiNG atau Pettarani?
Saya : hee ???


Trus, yang disebut melambai itu ternyata adalah calon penumpang yang mencoba menyetop taksi dengan cara melambaikan tangannya. Parah....

beberapa menit kemudian, terdengar suara dari operator :
diinformasikan, ada rambut panjang melambai di depan hartaco.

Nah looo.... kakinya ngambang nggak tuh?

26 komentar:

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

hahaha..
yang terakhir matap!

John Terro mengatakan...

mungkin tukang taksinya kalo bilang mantap jadi "mangtap" :D

riesta mengatakan...

Hahaha,,,aku uda 2x naek taksi di makassar...tapi gak pernah ngalamin kejadian kocak kaya gtu...hehehehehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ha ha ha..waduh kalo kakinyangambang bisa kencing di celana nih.hehee..

Renaldy mengatakan...

Hakakakakaka....
apa berani tu supir taksi ngelayani pelanggan berambut panjang yg kakinya ngambang??

ReBorn mengatakan...

ghahaha.. jeli banget lu ya. ke sikiater gih. ghahaha...

.:diah:. mengatakan...

hahhahah, klo yg namanya okkots udah gak baru lagi ditelinga saya, hihihih..

just enjoy it aja Gaphe, Indonesia kan ragam budaya, ragam bahasa dan ragam dialek pula :D

-rif mengatakan...

hahaha...emang masalah bahasa tuh unik, Ga!
Aku jg pernah ngalamin hal serupa di sana.

Her Long and Winding Road mengatakan...

orang sana kalo ngomong gitu ...ive been there before ...ikan jadi ikang (ikang fauzi kali !)

Aris Munandar mengatakan...

huahahahaha serem bener ya melambai lambai :)

salam kenal hehe

tiwi mengatakan...

he3.....ak jd ketawa sndr bacanya..yah namany jg logat mas,msg2 drh tentu beda...salam,btw lempernya dh hbs ya?...he3....nyumm

tiwi mengatakan...

he3.....ak jd ketawa sndr bacanya..yah namany jg logat mas,msg2 drh tentu beda...salam,btw lempernya dh hbs ya?...he3....nyumm

fanny mengatakan...

bahsanya membingungkan juga ya

filomispico mengatakan...

wakakka. butul pak. pertama kali dulu naik taksi di makassar nemuin hal yang sama. alhasil aku ketawa ketiwi sendiri di dalem taksi. wikikikikikik...

Her Long and Winding Road mengatakan...

cuman mo bilang udah gue follow balik ...dapet salam dari alauding ! hehehehe

mixedfresh mengatakan...

hahaha....ga nyambung dah tu ngobrol....kalau orang lagi stress ke sana pengin liburan trs ketemu taksi bakalan gimana ya??

pelangi anak mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pelangi anak mengatakan...

Kwak,,kak,,kakkak.. miss komunikasi jadinya. Saya juga pernah baca dan masih inget blognya Cipu tentang "OKKOTS". Apalagi miss komunikasinya sampai menyinggung-nyinggung mantan suami Krisdayanti. Trus ada-ada saja tuh asosiasinya tentang cowok yang melambai. Rambut yang melambai perlu dipertanyakan tuh? Siapa dia? saya jadi ikut penasaran, ada kakinya ngambang nggak ya? Atau mungkin ketutupan sama bajunya yang panjang, he..he..hehe,,,,

Elsa mengatakan...

yup. aku baca Okkots nya Cipu ngakak ngakak gak karuan..
kalo aku kesana, pasti stress duluan karena gak ngerti bahasanya yaa

LIB mengatakan...

hebat ya Indonesia...
begitu bermacam macam...

BABY DIJA mengatakan...

halo Om..
Dija dataaaang

Huda Tula mengatakan...

Jiaaaah....
wakakakakakakak!!

combrok mengatakan...

Hahaha..!
Jangan jangan kalo mereka kejawa,ketawakan mas Gaphe juga ya.?!

IbuDzakyFai mengatakan...

he he kirain supir taksinya abis bawa anang

Adi Budi Yulianto mengatakan...

untungnyang saya cuma mampir di Makassar. Lebih lama di Palopo.


jangan salah Phe, orang jawa klo mau bilang Bandung, Bogor, Banten, dan segala sesuatu yang di awali huruf "B"

akan berubah menjadi, Mbandung, Mbogor, Mbanten, Mbonteeenn..:)))

Audrey R. Subrata mengatakan...

wakakakak!!! kaki ngambang XD

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...