Jumat, 08 Oktober 2010

Penting Nggak Penting

Kayaknya ini emang gara-gara kerjaan deh, soalnya temen kantor saya yang sekaligus blogger..sebut saja filomispico, mbak Auliadriani, mbak Rifka..juga nggak pada update postingan.. apalagi didukung sama jaringan internet saya yang loadingnya kayak keong racun.. yaa maklum aja kenapa temen-temen kantor juga jarang update, soalnya kantor saya lagi hajatan besar alias menggelar trainning besar-besaran yang melibatkan semua staff. Nggak cuman kroco-kroco tingkat bawah kek saya aja yang ikutan, tapi General Manager yang notabene juragan kami pun ikutan. Bahkan sampe ngundang tamu dari negaranya si juragan buat ikutan trainning.. lebih tepatnya, melihat dan mengomentari cara kami training. doh!.

Gara-gara training tiga hari berturut-turut itu, semua pikiran tenaga terkuras abis. Bayangin kalo dari pagi jam kantor buka sampe jam kantor tutup selama tiga hari berturut-turut isinya duduk, mikir, diskusi, argumentasi..sampe role play. Untung saya nggak menderita ambeien, jadinya tahan duduk lama-lama.. meskipun secara pribadi saya nggak terlalu seneng kerja yang cuman duduuk aja sepanjang waktu. Gara-gara waktu training yang menyita semuanya ini juga banyak komplain datang dari klien, mendin satu dua.. lah ini banyak.. duh.. trus, banyak kerjaan saya yang deadlinenya mefet dan mencekik leher juga jadi terbengkalai.. ujung-ujungnya kena marah sana-sini. hadeeeh ..stop-stop..sebaiknya saya berhenti mengomentari training ini sebelum saya yang diberhentikan dari pekerjaan.. hahahaa..

Tapi ada satu hal yang saya suka dari training yang dilakukan, yaitu tentang tagline-nya yang selalu diulang sama project managernya tiap kali mau mulai yaitu OPEN. OPEN ini ada singkatannya, yaitu One Presentation, Encourage, No criticism.. itulah rule yang harus kita semua taati selama training. One Presentation means setiap staff harus minimal sekali mengungkapkan pendapat, alias presentasi, atau berargumentasi. Encourage, berarti tiap-tiap kita kudu memotivasi yang lain biar mau melakukan dan berbuat yang terbaik.. minimal kasih tepuk tangan setiap habis presentasi. Dan yang terakhir, No criticism.. alias tanpa kritik!. Nggak boleh ngritik apapun pendapat yang disampaikan.. Ah, seandainya yaa slogan ini bisa diterapin ke semua aspek kehidupan.. *lama-lama saya ngelantur*

Oke, balik ke judul.. lah, trus hubungannya training sama penting nggak penting?.. saya enggak bilang kalo training ini nggak penting yaa.. *bisa dipecat ntar saya* tapi emang yang namanya kerja atau melakukan sesuatu itu pasti selalu ada yang harus diprioritaskan. Sebenernya nggak cuman kerja aja ya, Apapun itu jenis dan pelakunya apalagi menyangkut sama waktu pasti butuh yang namanya prioritas.. bahkan pemulung pun punya prioritas mana yang penting mana yang enggak penting kan?.. misal nih, mulung di tempat sampah.. pasti prioritasin yang penting-penting dan bisa dijual dulu kan sebelum milihin yang enggak-enggak.. heemm *ngelantur lagi*..

Saya sadar banget kalo yang namanya prioritas ini emang jadi salah satu kecakapan yang wajib dimiliki oleh semua yang mengaku pengen berkembang. Semakin bisa memprioritaskan mana yang penting terlebih dahulu, sebenernya makin mudah juga hidup kita. Nah, balik ke kerjaan.. kalo ditanya mana yang lebih penting nih?.. semua penting deh jawabannya. Paling sebel kalo dikatain : yaa itu tergantung elu pinter-pinter ngaturnya!. Anak SD saja juga tauuk kalee.. Problemnya sih sebenernya bukan pada bisa nggak bisanya ngatur prioritas!, hanya saja balik ke jenis dan beban kerjaan itu wajar apa nggak.. *jadi inget legenda roro jonggrang minta 1000 candi dalam semalam..

Kalo inget matakuliah Manajemen pas jamannya potongan rambut saya masih belah pantat dulu, dalam memprioritaskan sesuatu itu ada 4 sisi. Sisi yang pertama, sangat penting dan sangat mendesak.. misalnya kebelet boker apalagi pas mencret *sori, contohnya ekstrim*. Ini penting banget dan mendesak banget! nggak ada yang meragukan lah.. Trus sisi kedua :sangat penting tetapi tidak mendesak.. contohnya apa yaa.. hemm.. seperti : Merencanakan Masa Depan!. *jiaaagh...sok dewasa banget saya*. Trus sisi yang ketiga, nggak penting tapi mendesak.. misal : dapet telepon dari mantan..krang-kringnya itu kan mendesak kudu diangkat..begitu diangkat, eh ternyata sang mantan ngajak balikan lagi.. nggak penting amat.. Nah sisi yang keempat adalah nggak penting dan nggak mendesak contohnya sih tidur siang, nonton tivi, jalan ke mall.. bisa dilakuin kapan saja dimana saja nggak harus diprioritaskan kan?..

Jadi kesimpulannya?.. mana yang paling penting?.. kalo dari contoh sih, menuntaskan kebutuhan hajat alias boker itu lebih penting dan mendesak daripada merencanakan masa depan!.

#Glodhak!!

25 komentar:

joe mengatakan...

kalau bisa sih dua-duanya merencanakan masa depan sambil b***r....

Gaphe mengatakan...

#Joe.. Setuju sob!.. daydreaming sambil b***r.. banyak ide keluar tuh..

John Terro mengatakan...

OPEN, um ... like this :D

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

kalo ngeblog itu sih prioritas dong. hehhee...

om rame mengatakan...

anatara penting dan tidak penting, kiranya adaLah memprioritaskan haL yang terpenting. yakni, di antara haL2 yang penting, tentunya ada haL yang Lebih penting untuk didahuLukan peLaksanaannya.

Gaphe mengatakan...

#John.. Open apa neh yang dilike this?..

#Mbak Fanny.. ahahaa.. diusahakan menjadi prioritas mbak!

#Om Rame.. okelah bos!.. bingung mau komenin apa.. hehehe

berita ala gw mengatakan...

gw suka filosofi open-nya. gw pake ya? :)

rasanya, manajemen berdasarkan kepentingan itu pernah gw denger juga deh. enak ni kalo ada yang ngingein ulang. jadi lebih waspada akan masa depan gw yang suram. :p

Mayyadah Or Maya mengatakan...

untung aja bos kamu gak punya blog. klo aku jd bosmu, sdh ta' pecat en bantai habis2an kwkwkkw
masa' training disejajarkan ama boker, kwkwk

Nyayu Amibae mengatakan...

hahahahahha...ngocol abis!!!

hmm... hidup ini harus dinikmati sob, aku juga sering dpt training atau klo bahasa kami coaching... (orang lapangan disuruh duduk dengan tenang di kelas, apa kata dunia!!!! ), tapi ambil hikmahnya sob, jadikan TRAINING ITU SEBUAH KEBUTUHAN BUKAN SEBUAH KEWAJIBAN... pasti deh aman dunia persilatan!!! hehehehe

auliadriani mengatakan...

Alhamdulillah dah kelar itu training... weekend tiduurrr... huehehehe

chikarei mengatakan...

wkekee
di atasnya serius banget

tapi baca yang kalimat terakhirnya jadi ngakak :))

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

singkatan OPEN nya keren juga.

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

boker aja dulu...

Adi Budi Yulianto mengatakan...

wahahahaha, postingan serius tp endingnya ngehe!

gw seh lebih mentingin boker, klo gak bisa boker. Masa depan juga gak akan ada..:)

NgePas mengatakan...

ya lebih baik menuntaskan dulu hajat hidup... sakit.. :D

Media Kesehatan mengatakan...

Hehehe... serius tapi santai... :)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

menurutku ngasi komen kesini adalah prioritas soalnya blog ini penting.:)

gaelby mengatakan...

Sy setuju bnget prinsip OPEN pd Job trainingnya. Terasa sya lagi ikut training jga.
Dapet tlpon dari mantan trus ngajak balikan, menurutku itu penting bnget, heehee :))

ra mengatakan...

setuju cui :D

Piacerre Sinyorin ☺ mengatakan...

heheheheeee semuanya pentiiiing ;p

Ferdinand mengatakan...

Klo udah menyangkut kerjaan mesti jadi prioritas tuh Sob.... soalnya aku juga baru Libur terpaksa 3 hari haha.... tapi klo urusan penting relatif kayanya haha, soalnya aku malah paling males ikut training gtuan klo gak terpaksa untuk mempertahankan kerjaan haha.... untungnya temenku gak ada yg blogger hhe....

semangat aja deh...

Muhammad A Vip mengatakan...

jadi pengin boker gue

-rif mengatakan...

Ga, respon dong komen2 yg ada...itu jg penting.
tgl 2-4 nop kita training lagi ya!!!
sampai ketemu di videoconference ya!!!

-rif mengatakan...

Ga, respon dong komen2 yg udah masuk, itu jg penting.
Oya, ngomong2, tgl 2-4 Nop kita training lagi ya...Sampe ketemu di vedeoconference!

mixedfresh mengatakan...

Penting atau ga penting itu tergantung pada diri kita sendiri bagaimana menyikapinya dan mana yang lebih prioritas...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...