Kamis, 25 November 2010

Happy Teachers Day!

Yeaaah.. hari ini hampir berakhir, dan jujur saya nggak tau kalo tanggal 25 November itu diperingati sebagai hari guru nasional. Saya mah tahunya hari ini waktunya saya gajian :D. Kalo nggak buka facebook, nggak liat doodlenya google yang theme-nya memperingati hari guru nasional, dan kalo nggak buka blog temen-temen yang ngebahas tentang hari ini..paling saya beneran nggak ngerti.

So sorry banget soalnya saya nggak terlalu peduli sama hari-harian gitu, emang dasarnya sayanya yang cuek sih.. soalnya saking banyaknya hari yang diperingati, sampe kadang bingung sendiri. Saya tahunya mah hari kemerdekaan, sumpah pemuda, sama hari kartini doank... hehehe. Kalo pada nanya saya, kapan hari bumi?.. kapan hari batik nasional ?.. kapan saya nikah? (-.-")... saya pasti enggak bisa jawab. Lupaaa... tanya aja ama simbah google. hehehe..

Saking parahnya kebiasaan pelupa saya, ato emang sifat saya yang cuek bebek termehek-mehek, kadang kalo libur tanggal merah pun saya juga nggak ngerti itu libur apaan. Yang penting libur gitu aja... hemm kalo diinget-inget sih, saya jadi cuek sama tanggal-tanggal kayak gini semenjak kerja deh... pasalnya namanya time schedule di tempat saya tuh ketat banget. Udah jelas jadwal-jadwalnya sehari-harinya. Minim sebulan kedepan sudah diplotting kemana aja. Bahkan kemarin, saya sudah terima jadwal setahun kedepan. Praktis, kehidupan saya tahun 2011 sudah keliatan.. tanggal berapa, mau kemana, ngapain aja.. tapi masih ada untungnya sih, jadwal kapan cukur rambut belon ada..jadi bisa kapan aja.. hahaha. Gak nyambung yah?.. emang!! :D

Hemm.. balik ke hari guru, kalo ngomongin guru.. coba saya nanya deh.. bisa sebutin nama guru TK kamu?. masih inget kah?.. kalo saya sih masih inget banget. Saya dulu TK di TK Pertiwi 56. Enggak tahu kenapa dinamain Pertiwi 56. Apa masih satu yayasan namanya yayasan Pertiwi ato gimana, yang jelas di wilayah kecamatan tempat saya tinggal dulu ada banyak TK Pertiwi.. nomor 56 yang tersemat dibelakang nama TK saya mungkin urutan berdirinya atau gimana, saya nggak jelas.. Saya sewaktu TK diajar sama 3 ibu guru. namanya Ibu Marman (ini nama suaminya - Sumarman, nama asli ibunya saya nggak tahu), Ibu Suti, sama Ibu Trini. Bu Marman ini orangnya paling senior, kalo nggak boleh dibilang tua.. setelah saya SD, bu Marman pindah kerja jadi pegawai di kelurahan. Gak tau asal mulanya gimana sampe bu guru pindah ke kelurahan, yang jelas TK saya itu dulu (sampai sekarang) letaknya dibelakang kantor kelurahan. Bahkan ketika saya ngurus KTP pas umur saya 17 tahun kemaren (:P), saya masih ketemu sama beliau. Yang saya inget dari bu Marman adalah nyanyian Tempurung Berdetak-Detak. Pernah tahu? kalo sekarang saya disuruh nyanyi lengkapnya udah nggak inget.. tapi lagu tempurung berdetak-detak ini ternyata juga diajarkan ke kakak sepupu saya dan tante saya sama Bu Marman.. maklum, keluarga besar saya dari jaman adiknya ibu saya sampe cucu-cucu eyang saya disekolahinnya di TK Pertiwi 56 ini..

Trus Bu Suti.. bu Suti ini ibu guru yang gendut, dan paling lucu. Dandanannya tiap hari nggak pernah berubah, pake setelan blazer dan rok span, dengan rambut selalu digelung keatas membentuk konde. Nggaak pernah berubah!. Tapi saya nggak tahu keberadaan beliau sekarang, soalnya saya udah nggak dapet kabarnya seperti apa. Semoga aja sih beliau masih sehat. Yang saya inget dari bu Suti ini adalah pelajaran mencocoknya. Tahu pelajaran mencocok? kita dikasih kertas bergambar macem-macem, trus dikasih paku sama bantalan gabus. Tepian gambar itu kita cocok pake paku, sampe semuanya bolong. Trus, bolongan-bolongan itu kita sobek macem kita nyobek tiket nonton bioskop yang udah ada bolong-bolongnya itu... nah, abis itu hasil gambarnya ditempel trus diwarnai...

Kalo Bu Trini, ini ibu guru paling berdedikasi buangeet-nget menurut saya. Dari dulu sampe sekarang masih ngajar di TK ini. Nggak berubah, termasuk kebiasaannya naik sepeda melewati depan rumah saya yang masih dilakukannya dari dulu sampe sekarang. Adik sepupu saya yang baru masuk TK tahun lalu pernah saya tanya, masih diajari sama bu Trini?.. dia bilang iya. Hebat banget ini ibu guru.. ya bisa dibayangin donk, berapa puluh tahun betah mengajar anak-anak TK. Dari jaman saya tahun 90an sampe sekarang 2010.. minimal dah 20 tahun lah *loh, katanya tadi umurnya 17?*. Salut deh.. Mungkin sekarang Ibu Trini aja yang paling senior, yang lain guru-gurunya baru yang saya nggak kenal. satu hal yang berubah dari ibu Trini adalah sekarang ibunya berkerudung.

Nah, pada kesempatan kali ini saya pengen ngucapin Selamat Hari Guru. Untuk semua guru-guruku, terima kasih banyak atas kerja keras dan perjuangannya. Khususnya untuk guru-guru TK ku, mungkin ucapan makasih aja nggak cukup.. entah ibu baca tulisanku ini atau tidak, entah ibu masih ingat saya atau tidak, yang jelas saya dengan tulus bilang kalo saya nggak pernah ketemu dan diajar sama ibu, mungkin saya bukanlah seperti saya yang sekarang. Makasih ya bu!..

21 komentar:

TUKANG CoLoNG mengatakan...

selamat hari guru juga deh.
gag cuma buat guru formal di sekolah. tapi juga semua orang yang memberi kita pelajaran hidup. moga hidup kita makin 'terdidik'.:)

Gaphe mengatakan...

@svqra... yeaa.. mari bersulang!

Adi Budi Yulianto mengatakan...

libur,itu yang penting.. gak penting mau libur apaan. intinya mah libur, tanggal merah gak masuk sekolah. beres. hehehe

.:diah:. mengatakan...

semoga gurunya baca yaa.. hihih, biar tau klo Gaphe seneng dan sayng ma tu guru2nya :D

IbuDzakyFai mengatakan...

Heubat nich masih mengingat guru2 TK dengan baik...ibunya Dzakyfai dah lupa nama2 guru TKnya...

AkaneD'SiLa mengatakan...

HAppy Teachers DAY!!!

Todi saja mengatakan...

semoga guru-guru di Indonesia kesehjateraanya bisa seperti para anggota DPR ya kang ...^_^

riesta mengatakan...

sampe skarang aku masih sering ktemu guru TK ku,,,coz ibu guruku temenan ma ibuku...hehehe

Huda Tula mengatakan...

saya malah baru tahu sekarang....

meski dah malaem, met hari guru deh.semoga guru indonesia tambah sejahtera

1412-X mengatakan...

stelah membaca postingan abang, baru sya mngenang masa tk dlu.. sya murid yg krang brbakti pda gru ya? :")
aku jg mw ngucapin slamat hr gru buat smuanya.. spa tau tman abang yg bca postingan ini jg ada yg brprofesi sbg guru.. :D
duh terharu deh mngingat gru2 ku :")

John Terro mengatakan...

apa sih istimewanya hari Guru? apa Guru dapat tunjangan ketika hari Guru?

ReBorn mengatakan...

wah, masih inget aja guru tk. gue aja dah lupa. eh, emang gue pernah tk ya?

selamat hari guru juga. :)

Noeel-Loebis mengatakan...

salut tuh sama bu Trini..... sekian taun gitu masih ngajar bocah-bocah yang kencingnya belo pada lurus. Hehehe....

Titip salam yah buat dia....

Ocky Fajzar mengatakan...

guru TK gue kayaknya super sabar deh nelponin gue yang kagak masuk2 3 bulan gara2 males sekolah :p

penghuni60 mengatakan...

mksh pak guru, mksh bu guru, berkat kalian aku bs sperti skrg ini...
:)
met hari guru semua...

TUKANG CoLoNG mengatakan...

cheeeerss..:)

Dees mengatakan...

selamat hari guru,,,,semoga gru2 di Indonesia semakin berkembang dalam banyak hal :)

tito Heyziputra mengatakan...

mantabh bgnet gan memorinya. Gw sih cuma inget nama2 guru mulai dari SD. Karena menuurut gw pas TK lebih bnyak maennya, dan masih ortu yg ikutan ngejaga d TK. Jadi SD lah baru berasa perannya ibu dan bapak guru.

Elsa mengatakan...

aku juga baru tau kalo ini hari guru
hehehee

BABY DIJA mengatakan...

Dija belom punya guru nih Om...

rita asmara mengatakan...

biar telat aku ucapkan met hari guru terutama kepada sahabat2 yang berprofesi guru atau pny kerabat guru..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...