Rabu, 15 Desember 2010

Anak Kos Dodol Menafsirkan Puisi

Liat ada sayembara tafsir puisi dari Sang Cerpenis Bercerita jadi pengen ikutan deh..

Sebenernya, saya bukan seorang yang berbakat menulis puisi. Jangankan menulis, membaca saja sulit (inget iklan jadullll). Paling banter saya bilang bagus doank. Enggak ngerti apa dulu guru bahasa dan sastra Indonesia pas SMP - SMA gagal mengajar saya, tapi beneran saya tuh bodoh banget buat masalah yang kayak gini. Makanya pas Inge ngajakin buat nulis puisi dalam rangka #30harimenulispuisi, saya cuman bisa kasih cheer doank!. hehehe.. inget nge-cheer gini inget sama Ferdinand yang suka nge-cheer glek-glek-glek sebelum posting. Cheer ginian juga ngingetin game IONOPOLIS, aplikasi fesbuk dari salah satu minuman ber-ion, yang kalo kita menang bisa jalan-jalan ke Jepang.

Halah.. malah mbahas kemana-mana.. Nah, berhubung sayembara tafsir puisi dari Mbak Fanny itu enggak dinilai dan berhadiah, makanya saya beranikan diri buat menafsirkan a la anak kos dodol!. Dan ini dia puisi dari sang Pangeran-nya Mbak Fanny..

PUISIMU, PUISIKU

Betapa sulitnya Merayu
Ketika Jempol Kaki Terantuk Batu

Amboi nyut ..nyut...
nyut nyut ...
Hati siapa tak berdenyut

Amboi Nyut Nyut...
Hati Siapa Tak Terajut

Kita Rajut Ikan Paus
dengan Benang Merah Muda
Sambil menyanyi penuh mesra
"Menanam Jagung di Kebun Kita "

Hai ambilkan jarum dong...
Oke..oke...dang ding dong....

Waktu Berjalan Tak terasa
Seperti memang seharusnya

Yes Oh Yes..
Selesai juga akhirnya

Kau ambil ember
.....untuk Paus Berenang

Hoiii...dia melompat...
ke kolam

Astaga Paus itu membesar
Membesar ..
membesar........
membesar............
.......memenuhi ...
Samudra

Setelah baca primbon dan buku tafsir mimpi *gaknyambung*, dengan susah payah itu puisi saya artikan begini :


Bait pertama sampe ketiga, bisa jadi Si Pangeran lagi enggak ada ide buat membuka puisinya..nah, gara-gara siangnya kakinya terantuk batu.. *trus berdasar pengalaman, kaki kena batu tuh sakitnya sampe ke hati* makanya nyut-nyutan. #halah.. Trus gara-gara itu, saya jadi pengen nyanyi.. lebih baik sakit terantuk batu dari pada sakiit hatiii..... #glodhak


Bait selanjutnya, ikan paus disini menggambarkan sesuatu yang besar.. apalagi ikan paus biru, gede banget kan?.. belon kalo ikan pausnya kesengat lebah.. pasti lebih gede! dirajut pake benang merah muda, maksudnya tuh romantis.. sambil nyanyi menanam jagung dikebun kita maksudnya sambil ngisi waktu luang sama kegiatan yang nggak penting. Kesimpulan bait ini adalah : Si Pangeran punya Cinta yang gueedeee banget sama Mbak Fanny, so dia bersedia melakukan sesuatu yang romantis walaupun enggak penting.


kalo ambilin jarum itu.. mau ngejahit tapi lupa taruhnya dimana.. maksudnya mungkin kalo jatuh cinta tuh sampe bikin lupa apa aja. Ya lupa waktu, ya lupa biaya... hehehe.. pokoknya apapun demi cintaa! :D
Selesai juga akhirnya menunjukkan perjuangan sang pangeran nyampe pada kondisi yang sekarang... *semoga lanjut ke jenjang berikutnya yaa*


Kau ambil ember untuk paus berenang dst.. itu artinya, kalo udah cintanya besaar apapun mungkin deh! Nggak ada yang nggak mungkin, asal dijalani berdua... tapi cinta tuh akan lebih besar lagi kalo ketemu pasangan yang cocok. Seperti ikan paus yang memenuhi samudera. Kan emang ikan paus tuh hidupnya cocok di samudera?.



Yah begitulah sekelumit tafsir puisi a la anak kos dodol.. dan karena diminta milih hadiah, makanya kalo boleh sih saya pilih keempat-empatnya.. hehehe #maruk!.. maksudnya, kalo memungkinkan nama saya dimasukkan ke undian ke empat buku itu.. gyahahaha... biar kesempatan menangnya banyaak. Lhah, kan enggak tercantum harus menuliskan SATU judul novel.. asal nyebutin aja judul novel yang diinginkan yaitu :

1. Rasa karya Bertahindara
2. Ghostgirl Homecoming karya Tonya Hurley
3. Hair-quake karya Mariskova
4. House of Dreams karya Anne Montgomery


tapi kalo enggak dimungkinkan yaa saya milih aja yang covernya paling bagus aja deh.. yang nomer 4. House of Dreams karya Anne Montgomery. heheheh... semoga dewi fortuna tersenyum ke saya. mohon bantuannya yaak..tolong dibantu yaaakk..bim salabim jadi apa?! #prok.prok.prok

#lagisetress


17 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

asli gue ngakak baca tulisanmu. kamu detail banget menjabarkan arti puisi itu. lha saya aja gak kepikir kalo itu artinya.

oke deh, Gaphe..aku catat ya permintaan novelmu. semoga kamu beruntung. prok prok...ayo gaphe di geprok. hi hihi..ntar saya kasih tau pangeran, agar dia baca tafsiranmu juga.

makasih ya udah ikut serta.

Ardy mengatakan...

wuih,,jd pengen nulis puisi jg ni,,,sayang gak punya talenta :)

Gaphe mengatakan...

#Mbak Fanny.. entar kalo pangerannya udah baca, suruh ninggalin komentar yaak... pengen tahu kalo puisi bikinannya ditafsirkan secara parah oleh anak kos dodol.. hahaha

#Ardy..Samaaa.. saya juga nggak bangeet kalo bikin puisi :D

masifud mengatakan...

sangar-sangar sob... :D


siapa lagi yang mau lihatberita Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia terbaru ?? :D he...

auliadriani mengatakan...

malem-malem baca tentang paus... pagi tadi baca tulisannya adek astrid di fesbuk ttg anak ayam... ahh, ada fenomena apakah ini?

Dwi mengatakan...

saya malah blank mas, baca puisinya itu. kayaknya artinya malah berputar-putar ga tau maksudnya.., emang ga bakat soal puisi. :D

Gaphe mengatakan...

#Masifud.. Jiaagh..dianya numpang promosii.. Bayar sini!

#Mbak Aul.. eh iyakah?.. tak mampir sono deh.. hahaha

#Dwi.. Bwakakak.. tanyalah pada yang bikin!.. itulah mungkin kenapa dilombain, karena maksudnya susah dimengerti

ReBorn mengatakan...

moga dapet deh phe bukunya. oh ya, ada satu pertanyaan buat lu: dimana?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hehe...kayaknya pangeran gak akan ninggalin jejak deh. soalnya, dia gak mau identitasnya terlihat di dunia blogging. katanya dia malu. fotonya aja gak boleh dipajang di blog. hi hi hi...

Bali Property mengatakan...

hemm.. bisa juga bikin puisi.
kalo saya malah blas belum bisa, hehe.. jadi lebih parah bahasa indonesianya dong hehe..
memahani isi puisi aja juga gak bisa, bisanya yang cuma sederhana-sederhana.
semangat ya semoga menang.
Bali Villas Bali Villa

Noeel-Loebis mengatakan...

mantab... semoga menang bang.....

Adi Chimenk mengatakan...

tafsiran lu ngehe! huahahaha... konyol abis..:)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kocak bro..

AkaneD'SiLa mengatakan...

haha
gokil nhe tafsirannya
moga menang ya kak

riesta mengatakan...

semoga menang aja deh...
aku bingung soal puisi....hehehehe

.:diah:. mengatakan...

yaaaayy, wktu kul ada matkul Poetry, ntah knapa saya bisa dapat nilai A, padahal yang namanya buat apalagi analisis puisi itu minta ampun kacawnya, hihihih

anyway moga menang yaa sayembaranya, kapan Gaphe buat puisi sendiri?? :D

awan_clickerz mengatakan...

semoga beruntung kawan,
besok bisa jadi ahli tafsir puisi nih..
ehhehee

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...