Senin, 27 Desember 2010

Kepedesan Di Pondok Cabe

Sebenernya rumah makan Pondok Cabe ini udah ada dimana-mana. Franchise masakan rumahan berlambang lombok abang alias cabe merah ini banyak ditemui di kota-kota besar. Cuman, saya baru ngerti kalo ada juga cabangnya di Jogja, pas kebetulan lewat di deket mantan SMA saya 2 hari yang lalu. Karena penasaran, makanya sore kemarin akhirnya makan malem di Pondok Cabe cabang Jalan HOS Cokroaminoto.

Sekitaran jam 5-an gitu suasananya nggak begitu rame. Selain ujan deras, bisa jadi orang-orang pada males keluar rumah plus juga lagi nongkrongin timnas yang mau tanding lawan Malaysia. Sebenernya di Pondok Cabe ini juga ngadain nobar final piala AFF juga koq. Lewat tivi 32 inch di depan restonya. Yaah, walaupun hasilnya mengecewakan, timnas di KO 3-0 pas babak kedua. Tapi udah keliatan banget dari babak pertama kalo kita mainnya enggak fokus. Kalah banyak nyerang sama Malaysia yang agresif, dan kecenderungannya bola selalu berada di sisi lawan. Terlepas dari ulah petasan sama laser ijo yang kata Anang bilang : “itu, enggak banget deh!”, harus diakui kalo timnas mau menang kudu ekstra berjuangnya deh.

Lah, koq ngomongin bola?.. makannya kapan?. Sabar… yang jelas, di Pondok Cabe ini emang suasananya oke banget. Dari segi luas rumah makannya emang nggak terlalu besar, cuman dari depan plus penataan meja kursinya bener-bener cozy. Nyaman banget. Standar pondok cabe emang selalu gitu kan, kerasa di rumah sendiri. Plus, begitu masuk langsung berhadapan dengan buffet berisi pilihan makanan yang bisa dipilih sendiri.

Kalo saya sih mending langsung duduk, nunggu dilayani. Menu milih sendiri. Nggak ada yang spesial, karena Pondok Cabe ini mengusung makanan rumahan, maka menu yang disajikan juga nggak jauh-jauh dari daging, ayam, ikan, tahu-tempe, dan telor. Ada empal gepuk panggang, tahu-tempe-telor goreng, ayam bakar/goreng, ikan-ikan bakar/pepes/goreng. Standar sih pilihan menunya. Terus, yang beda disini tuh ada banyak pilihan sambalnya. Namanya juga Pondok Cabe, makanya nggak pas kalo makan nggak ada pedes-pedesnya.

Saya sih enggak terlalu suka pedes, makanya milih sambel yang tingkat kepedesannya sedang –ringan. Kayak sambel tomat, sambel bajak, atau sambel kecap. Kalo mau makan dengan sambel yang super pedes, bisa dicobain sambel mercon (pake kikil sapi) atau sambel ijo. Bener deh, ibu saya mesen itu dan saya sedikit nyobain..pedesnya nggak ilang-ilang!. Terus juga, disini nasinya bisa ngambil sepuasnya. Alias kalo mau nambah nasi, tinggal bilang aja ntar diambilin sama mbaknya. Murah lagi, perorang cuman kena IDR 2,5 K sepuasnya makan nasi!. Mau ngirit?.. pesen aja nasi sama sambel.. makan sepuasnya tuh!.

Kalo minum, ada banyak pilihan juga. Es jus buah juga macem-macem pilihannya. Mau panas ato dingin terserah. Nah, karena ujan makanya saya milih minum teh tarik.. nggak ada maksud apa-apa pas milih teh khasnya Malaysia ini, lagi pengen aja.. eh, lah koq malah Malaysia yang menang di leg 1 piala AFF kemarin (lah, nyambung ke bola lagi… ini ngomongin bola apa makanan sih?). Oh iya, disini teh pocinya juga enak! Wangi bangeet..

Soal harga, saya nggak ngerti apa ini karena Pondok Cabe di Jogja makanya harganya ngikutin murahnya Jogja atau gimana.. Soalnya rata-rata menunya murah-murah banget. Tahu tempe per porsi cuman 2 ribu, telur juga. Terus ayam/daging/ikan rata-rata mulai 4 ribu sampe 20 ribu (ikan ukuran gede buat ber 5). Minum juga murah-murah, 2 ribu – 8 ribuan. Bawa aja duit 20 ribu, disini udah kenyang banget!. Dapet kembalian pulak.. hehehe

28 komentar:

fan mengatakan...

sambal mercon..udah sambal pedes, pake mercon pula. hi hihi...ampun deh rasanya.

John Terro mengatakan...

sekali-kali saya toh ditraktir mas :P

Rahman Raden mengatakan...

pedes bangt, air-air c4

MeiNa Hafs mengatakan...

Bang Gaphe ne cerita, promosi ato curhat...??
Tp aku juga pernah coba pas ke jogja...Mantepp en terjangkau...__
Kayakx Asyik ya klo makan sambil nonton bola, tp klo pas kalah takutx kebelet saking emosix...__

inge / cyber dreamer mengatakan...

waaaaah enak tuch... secara aku seneng pedeeees >.<

Gaphe mengatakan...

#Mbak Fanny.. iye mbak.. ampun rasanya

#John... yaa kamu sih, gak mau kopi daratan :D

#Rahmat.. apaan tuh?

#Meina.. apa yak. silakan diinterpretasi sendiri.. heheheh
ya kan ada toilet kalo kebelet mbak :P

#Inge.. sebenernya biasa aja sih..

Huda Tula mengatakan...

saya suka banget pedes..heheehhe

tapi demi Tuhan, ini kan akhir bulan. jangan posting yang kaya gini dong... :'(

hehehe

Meutia Halida Khairani mengatakan...

huaaaaaa, muraaah nyaaaaa...
enaknya kulineran di jogja kalo murah gitu.
aku suka pedas juga..
kapan2 ke jogja, mampir ahh

ReBorn mengatakan...

makanya gue pengen banget tinggal di jogja. kota yang tenang dan banyak makanan enak yang murah. tunggu aku darling, aku pasti datang... :p

Gaphe mengatakan...

#Huda... laah, apa hubungannya sama akhir bulan? :P

#Meutia.. hihii murah abis emang.. kesini ajaaa

#Raja.. bwahahah.. pinter2 aja milih tempatnya jaak.. yang mahal mah mahal ajaa..

Dwi mengatakan...

mungikn aku akan memilih sambal yang tingkat kepedasannya paling ringan aja, soalnya ga berani berpedas-pedas.. :D

pasti seru, kuliner di Pondok Cabe sambil nonton babak final AFF besok.

Audrey R. Subrata mengatakan...

*ngeceesssss*
ada iga penyet ga di situ hehe, kalo liat cabe jadi pengen makan iga penyet :P

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

wah jadi laper nih, tengah malem gini mau cari makan di mana ....

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Btw, Jogjane ning ndi mas?
Kebetulan liburan akhir semester saya mau ke Jogja :p


Di Jawa kan emang gitu, apa2 serba muuurah! >.<

Pgn plg ke Jawa..hikz :(

kira mengatakan...

wadoh, cabe lagi mahal nih. hehehe

Gaphe mengatakan...

#Dwi.. iyaa seru banget kalo rame2.

#Audrey.. eh, kayaknya nggak ada deh drey..

#Rubiyanto.. yaa beli di warung indomie 24 jam laaah

#Ajeng.. hihii..mBantul sakjane.

#Kira.. makanya, jangan disisakan.. sayang kan.

agito-chan mengatakan...

beuh, kayaknya lagi promosi nih. Kekekekeh...
POndok cabe, pedes dong. Kayaknya beda sama ikon Jogja yang seneng manis-manis,
*ngeliat timnas kalah, masih bisa ketelen kah tu makanan..?? wkwk*

Ferdinand mengatakan...

Siank Sob... wah maaf nie baru bisa kesini lagi hhe...

Lho tak kira Pondok Cae yg di jakarta hhe.. ternyata Rumah makan Pondok Cabe toh hhe... salah aku

tapi kayanya tempatnya bersih tuh Sob... harganya juga gak terlalu mahal ..

Pokok'y klo review yg beginian dari Blog ini aku gak ragu hhe.. :P

Semangat n Sukses slalu :P

AkaneD'SiLa mengatakan...

wih yummy bangetz

nupost

AkaneD'SiLa mengatakan...

wih yummy bangetz

nupost

pendarbintang mengatakan...

Iya Mas...di Malang juga ada dech kayanya......

Tapi di Bali ada nggak yah?NOnton sambil makan emang enak, tapi makannya habisin dulu karena bis anggak nafsu karena sedih karena kebobolan 3-0...

(ini mah kisahku sendiri...)

pendarbintang mengatakan...

Eh, salah bukan Pondok Cabe dech ding kayanya....

tapi lihat logony....kaya iya...huaaa, jadi pingin pulang ke Malang

BABY DIJA mengatakan...

Om... ada kerupuknya gak???

Elsa mengatakan...

wah, sebagai pecinta pedas, harus dicoba nih

tapi cabe sekarang mahal banget lho
60ribu perkilo

naik gak ya harga sambalnya???

TUKANG CoLoNG mengatakan...

turunkan harga cabe!

catatan kecilku mengatakan...

Suamiku pasti menolak nih kalau diajak ke Pondok Cabe. Soalnya dia gak doyan pedes sama sekali sih... hehehe

the others.... mengatakan...

Aku sih pengen juga nyobain...
HOS Cokroaminoto tuh sebelah mana ya?
Kok aku lupa ya jalan2 di Yogya.. hehehe
Udah lama banget gak kesana sih

takuya mengatakan...

ga bisa ngebayangin makan nasi sama sambel doang =.="

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...