Jumat, 31 Desember 2010

Makan Makanan Aceh Tapi Di Jogja


Masih di Jogja, dan masih seputar kuliner.

Sebelumnya saya nggak sadar kalo ada warung makan khas Aceh di Jogja. Kebetulan kemaren  lewat di BoPlaz, alias Borobudur Plaza Jalan Magelang, liat ada warung makan bernuansa merah di belakangnya. Karena penasaran, saya langsung belokin motor dan parkir di depannya.

Warung makan khas Aceh ini judulnya (duh, kayak sinetron) Bungong Jeumpa. Tahu Bungong Jeumpa kan?. Sejenis bunga kenanga yang tumbuh di Aceh. Bahkan, ada lagu daerahnya dengan judul yang sama. Nah, warung yang tepatnya terletak di Jalan R.W Monginsidi belakang BoPlaz ini ukurannya emang nggak terlalu besar. Kalo kata yang jual, warung ini buka udah lama. Buka cabang juga di daerah Demangan.

Hemm.. lets go to the menu.. Yah, semuanya serba Aceh. Mulai dari Mie Aceh, Kari kambing, nasi goreng & nasi bakar, ada roti cane, teh susu, Pepes, rendang.. semuanya yang jelas : Bersantan, Berempah, dan Pedas!. Akhirnya pilihan saya jatuhkan pada (lagi-lagi) mie Aceh. Untuk apetizer, saya milih roti cane kuah kare. 

Sebenernya ada macam-macam pilihan mie Aceh. Pake daging kambing, ayam, udang, kepiting, atau cumi. Atau mie aceh polos juga ada. Harganya bervariasi tergantung pilihannya. Saya milih mie aceh udang. Trus, tau roti cane nggak?. Roti dari adonan tepung terigu yang digoreng tanpa minyak dibentuk jala-jala ini juga ada banyak pilihannya. Paling sederhana sih roti cane gula. Enggak tau bentuknya kayak gimana, apakah ditaburin gula pasir, atau dimakan pake sirup gula. Ada juga cane es krim. Ini diatasnya dikasih topping es krim. Lah, karena khasnya aceh kan kuah santan makanya saya pilih aja yang kuah kare. Sekaligus nyicip rasa karenya!.

Soal rasa.. bagi orang Aceh asli pasti bilang enaak. Mie Acehnya bener-bener berempah dan berminyak. Guriiih banget tanpa ada rasa manis-manisnya. Ditaburin sama kacang tanah goreng, kerupuk, emping, dan acar bawang, rasanya pedes. Cukup pedes menurut lidah saya. Mie Aceh ini sebenernya mie yang agak berkuah kental, jadi dibilang mie goreng ya nggak terlalu kering..dibilang mie rebus, kuahnya dikit banget dan kental.

Kalo untuk roti cane-nya, rasa kuah karenya emang juara. Kuahnya kayak dimasak nggak cuman sehari, bersantan, pedas dan berempah. Karee banget. Sedangkan rotinya sendiri sih biasa, mirip makan bakwan goreng malahan. Saya mikir pertamanya bakalan disuguhin roti jala, eh ternyata yang dateng bentuknya mirip orak-arik telor.. hihii.. untung kuah karinya enak, jadi kemakan semua deh.

Soal harga, hmm.. kalo ukuran Jogja saya bilang standar. Enggak terlalu murah, juga nggak terlalu mahal. Plus Es teh manis saya cuman bayar IDR 21 K aja. Mie berkisar dari 10 ribu – 14 ribu. Roti cane juga 6 ribu – 12 ribu tergantung toppingnya. Jadi, kalo orang Aceh kangen masakan daerahnya sok atuuh… langsung dateng aja ke Bungong Jeumpa.

37 komentar:

IbuDzakyFai mengatakan...

wah2 ..belum pernah nyobain maskan aceh ni, kapan2 kayaknya mesti coba.

chikarei mengatakan...

nah kalo yang ini chika pernah coba^^
di tempat asalnya
Aceh
emang kerasa bangett euyy bumbunya^^

Gaphe mengatakan...

#Ibu DzakyFai... ayuh.. dicoba.

#Chika.. akhirnya ada juga yang pernah dicoba ya Chik?.. mesti lebih manteb di tempat aslinya

AkaneD'SiLa mengatakan...

weh...
aku belum pernah ngerasain masakan aceh euy
kapan ya bisa ngerasain?
hm

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Kenapa pilihan selalu dijatuhkan pada mie?!

Roti cane yang pake toping es krim ...hwaaaaaa pengen ! >.<

Rahman Raden mengatakan...

klo ditekuni serius bisa menggurita kaya warung padang nih, bisa dicoba alnya penasaran

catatan kecilku mengatakan...

Duh, stiap di Yogya kerjaannya kuliner terus... bikin ngiler aja deh.
BTW Borobudur Plaza masih ada to..? Kirain udah gak ada lagi... hehehe

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kamu apanya pak bondan sih?

Ian De Ragazzo mengatakan...

ck.. makanan lagi..
aku jg hrs cri mkanan nih utk di ulas kyknya.. ^^

U inspired me~

Fania mengatakan...

Wah asik ya di Jogja ada warung khas makanan Aceh gitu. Aku aja yang tinggal di Aceh udah jarang lho nemu warung yang makanan Aceh-nya bisa lengkap banget kayak gitu hehe..
Kapan-kapan kalo ke Jogja wajib nyoba juga nih :D

John Terro mengatakan...

lagi2 saya kepengen dan belum kesampean :(

Gaphe mengatakan...

Weutss, komennya numpukk belon dibalesin satu-satu

#Akane.. Coba kamu di Jogja Ne, tak traktiriin.. hehehe

#Ajeng.. kan kemaren saya dah bilang, always melting with noodle.. hehe

#Rahman Raden.. bisa tuh, bisa..asal ada yang mau

#Catatan kecilku.. masih mbak.. jadi pusat jualan hape sekarang.

#Tukang Colong.. penontonnya pak Bondan :p

#IAn.. iya donk.. kan tagline profil saya : suka nyobain makanan enak..

#FAnia.. hayuk ke Jogja ajaa.. hehehe... masa sih di Aceh jarang?

#John.. ah. tiap mampir sini kamu bawaannya kepinginan muluu.. kapan-kapan ketemu deh, saya beliin :P

takuya mengatakan...

kalo harganya 21K, brarti masih cukup buat kocek anak SMA nih.. tapi yaa, ongkos ke Bandung cuma buat beli makanan aceh itu, ehem, terlalu mahal kyaknya.. huhu

biskut mengatakan...

wah gap,ternyata kamu hebat dalam soal makan-makan.tulisan kamu bisa buat orang terinspirasi untuk makan..kayak dalam program tv MNC setiap sabtu seawal jam tujuh pagi gitu..

Adi Chimenk mengatakan...

dan ini yang membuat gw pengen noyor lu..!! karena sudah membuat gw ngiler.. ah! makanan itu akan kudatangi kelak..!

sapi mengatakan...

menjawab pertanyaan:

ngga harus yang udah jadi customer kok.. silakan ikut.. :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

lha, itu salah satu makanan kesukaanku. tapi bagiku gak pedes2 amat. hehee.karena suka pedes banget sih. jadi kadang malah aku pake rawit lagi kalo makan mie aceh. iiya, memang kuahnya dikit tapi asik. aku sukaaaa...

teh susunya juga suka...Gaphe..dikau bikin aku ngiler berat nih. hik

r10 mengatakan...

di jogya makan-makan terus.... :D

kuliner indonesia memang sangat kaya

fai mengatakan...

tar gw ke jogja traktri gw disana, awas kalau nggak.

oia tar gw beliin karpet bulu ukuran 20 x 20 cm. cukup kan yah? badan loe kan tipis! cukupla yah, wakakakakakakaka

met tahun baru sobat

Noeel-Loebis mengatakan...

buset dah... tiga kali bahas kuliner. Gw sih ga terlalu baca isi postingannya. udah ngiler duluan liat fotonya, mas. Hehehe....

Menginspirasi gw untuk mencoba bahas kayak begini juga. hehehe

reni mengatakan...

Selamat ya tuk kemenangannya di blognya mbak Fanny.

John Terro mengatakan...

kalo om Gaphe ke Surabaya kabari aku
nanti kopdar ... sudah pengen kopdar nih ma banyak blogger, cz dari dulu hubungan lwt maya saja tanpa ada realisasi nyata :)

gaelby mengatakan...

yummiiiii.... aq ngiler saat ngebahas mie aceh. heheeee.... mupeng (muka pengen)
Nice share, Salam sobat :

Ocky Fajzar mengatakan...

ini blog lo lama-lama jadi blog masakan nih om huaaa mie aceh paling top haha

noersam mengatakan...

pernah liat nie aku d jalan magelang

Manajemen Emosi mengatakan...

waduuh aku kok ndak nemuin yo....weleh-wleh

Dwi mengatakan...

makan-makan lagi ya mas, wah semakin ingin pulang ke Jogja.. selamat tahun baru 2011.

violetya mengatakan...

Waa...baru tau kalo di samping BOPlaz ada resto aceh, padahal udah 28 tahun tinggal di Jogja.... Mau nyobain ah, thx reviewnya ya :)

Ra-kun yang sendiRIAN mengatakan...

selamat tahun baru :D

fanny mengatakan...

roti cane pernah coba tapi gak gitu suka.

Fania mengatakan...

Iya lho, di Aceh udah jarang banget. Palingan cuma gerobak2 pinggir jalan yang jual 1 atau 2 macem makanan. Disini justru banyak warung atau restoran2 yang jual makanan khas daerah lain hehe

AuL OwL mengatakan...

Wwoww...
Another wisata kuliner...
:)

Realodix mengatakan...

Sepertinya masakan aceh mulai menjamur dimana-mana ya..

ReBorn mengatakan...

sekarang kalo buka blog lu gue ga load imagenya. bikin laper, sob! ghahahaha.

ada ga ya makanan sumatra yang ga pedes? aneh deh, phe. gue oada darah aceh tapi kok takut masakan pedas ya..

kira mengatakan...

berkunjung disin jadi laper.hehehe

Elsa mengatakan...

duuuh aku kepingin roti cane.....

Agen IBCBET mengatakan...

serasa di aceh y pastinya, hehehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...