Jumat, 03 Desember 2010

Mengomentari Komentar

Sambil nulis tulisan nggak penting ini..sambil ditemani martabak telor isi daging ayam :D


Narablog pasti seneng banget kalo abis posting trus banyak komentar yang masuk. Yah, paling nggak menandakan kalo postingan yang barusan tuh udah ada yang ngebaca trus ngerespon. Entah cuman bilang salam, kunjungan perdana.. sampe ke kategori komentator yang superserius ngebaca detail tulisan yang kita posting dan kasih komen yang panjang lebar nyaingin tulisan postingannya.

Saya jadi inget beberapa postingan awal saya yang masih sepi komentar.. sampe sekarang yah, paling nggak satu dua sahabat blogger yang rutin nanggepin postingan-postingan saya yang nggak penting. Mungkin beberapa sobat blogger merasa wajib membalas komentar yang masuk satu-persatu ke tulisannya. Dan pastilah bagi yang ninggalin komentar juga seneng kalo komentar yang ditinggalin tadi direspon komentar balik oleh si empunya blog (<--- Nggak efektif banget kalimatnya ! --").

Buat saya pribadi, terus terang saya tidak 24/7 terkoneksi dengan internet. Atau kalopun pas terkoneksi, kadang jaringannya suka lemot dan akhirnya mengacak-acak mood buat blogging. Nah kalo udah kayak gitu, kadang komentar yang masuk ke postingan banyak yang akhirnya tidak sempat saya beri tanggapan. Apalagi kalo pas buka, ternyata banyak komentar baru-baru yang masuk. Biasanya sih suka baca aja sambil senyum-senyum sendiri.. tapi ujungnya ya gitu.. enggak kasih komen balasan.

Tapi jujur selalu seneng koq kalo tulisan kita ada yang ngerespon, bagaimanapun caranya. Terus terang ngasih komentar pun juga kadang butuh perjuangan yang nggak mudah. Apalagi kalo ngeblog pake hape (kayak saya kalo siang hari -kalo malem mangkal.red :D). Berkunjung ke blog sahabat, yang ngebuka-nya aja udah setengah mati.. loading sekian ratus kilobyte.. belon lagi ternyata udah ngetik komentar pake acara nulisin verification word. Udah gitu ditambah kalo salah ketik.. hmm kadang jadi ngerasa koq nyusahin diri sendiri yaa.. padahal niatnya baik buat ngasih respon, apresiasi sama yang nulis. berkaca dari situ, makanya blog saya nggak pake moderasi komentar.. soalnya ngebuka blog saya sendiri lumayan berat. Banyak gambar dan foto siih..

Makanya nih, sebenernya saya mau nanya kalo menurut kamu gimana sih "hukum"nya nggak ngebales komentar yang udah masuk?.. maklum, saya kan ngeblog baru setengah tahunan.. pengen banyak belajar. hehehe.. Tapi bener deh *janjisamadirisendiri*, kalo pas sempet, ada waktu, dan koneksi mendukung saya sih ngusahain banget buat mbales komentar.. Jadi buat posting-posting terakhir.. so sorry yaa kalo beberapa komen belom sempat saya tanggepin :D

Trus, saya juga mau bilang makasih lagi buat Noel yang serrriiiiing banget ngasih saya award. jadi terharu nih!. Tiap dia dapet pasti nggak lupa ngasih saya.. padahal seinget saya, kayaknya saya belon ngasih award satupun ke dia deh :D. Makasih ya Noel, saya doain sukses selalu.. cepet kelar skripsinya. hehehe.. ini awardnya.. Mirip punya Nova dulu, tapi dah dimodif sama Noel




29 komentar:

inge / cyber dreamer mengatakan...

dulu, setiap komentar aku tanggepin di kotak komentarku, terus nggak blas, beberapa waktu lalu kembali keselera asal, dan sekarang cuman yang memang perlu ditanggepi ya ditanggepi...

tapi kalau maksud dari menanggapi komentar dengan kunjungan balik, erm... kebanyakan yg komentar di tempat aku udah ada link di blogroll aku, jadi aku ndak mengunjungi blog sahabat karena dah komentar tapi begitu ada yg update di blogroll...

jadi kadang kalau lagi nggak didepan PC ya nunggu didepan PC, dan alhamdulillah sebagai ibu rumah tangga sama boss aku *bapak rumah tangga -_-"* dikasih fasilitas :))

jadi yah... selama bisa mengunjungi pasti aku kunjungi dan kalau nggak ya ndak dipaksain, karena aku mengunjungi bukan semata-mata karena mereka mengunjungi blog aku, tapi karena mereka dah update ^^

tapi kalo ada yg namanya belum ada diblogroll dan pas aku di depan PC langsung disamperin... kalaupun nggak komentar kadang cuman baca aja dan kemudian jadi followersnya ^^

**weh, koq panjang yah komentarnya >.< bisa jadi bahan posting nie -_-"*

Her Long and Winding Road mengatakan...

kalo buat gue , WAJIB , KUDU , HARUS , hukumnya buat bales komentar ...its a must ! to show how we really appreciate those comments ,no matter betapapun menyakitkan komen yang kita baca ...(ini gimana sih gue ngomongnya campur2 inggris indonesia )

Dwi mengatakan...

ijin balas komentar.. :D

kalau menurut saya sih mas, respon komentar yang kita terima itu ada yang bener-bener karena tertarik dengan tulisan kita (tanpa mengharap balasan)dan ada yang cuma sekedar ninggalin jejak (yang ini mengharap kunjungan balik biasanya).

Tapi bagaimanapun itu akan lebih baik kalau kita respon balik, hitung-hitung sambil mempererat silaturahmi (walau suka ada yang terlewatkan juga.. :D)

Kimi mengatakan...

Bagi saya sih sah2 aja klo ga ngebales komentar yg masuk. Apalagi klo komentarnya komen sampah, OOT, or simply short comment that makes me confused what to reply. Hehehe...

Jujur aja, saya juga bukan tipe blogger yang rajin bolak-balik mampir ke postingan blogger yang saya kasih komen, dengan tujuan untuk ngecek apakah si blogger membalas komentar saya atau tidak. Saya baru akan kembali lagi ke postingan itu klo saya memang meninggalkan komentar yang saya butuh jawabannya. :D

Nah, perihal soal word verification itu sih untuk melindungi tulisan dari komen2 spam. Saya pernah tuh gak ada moderasi komentar dan ga ada word verification, eh gak taunya banyak banget dapet komentar spam. Dan memang sih, menurut saya, blogspot ini kolom komentarnya gak user-friendly. Tidak seperti di wordpress atau di tempat-tempat lain.

Gaphe mengatakan...

#Inge.. berarti masuk ke yang saya sebut di awal yak, kasih komentar nyaingin tulisannya (panjangnya). Tapi seneng juga sih kalo dikomen balik.. apalagi kadang ada yang ngasih pertanyaan yang sama, nah kalo dijawab di komen balasan kan nggak perlu nanyain juga. Untuk blog list, sama kayak kamu.. saya juga biasanya langsung ke update-an terbaru

#Wuri.. lah, problemnya kan itu Wur, saya kadang nggak koneksi ma internet all day long. Begitu sign in lagi eeh komennya udah banyak. Makanya diusahain pas kalo masih bisa ya dibales laah

Gaphe mengatakan...

#Dwi.. Bener Dwi, kalo emang sobat blogger setia biasanya akan saling berkunjung koq. walaupun nggak selalu dapet balasan komentar..

tapi kadang secara pribadi nyesek juga, kalo udah follow..trus bolak-balik kasih komen.. eh, yang difollow tuh juaaraang banget mampir ke blog kita.

#Kimi..kalo untuk masalah moderasi komentar sih emang hak masing-masing blogger yaa.. kalo saya sih pilih nggak pake, sekarang SPAM kan udah kedetect sama blogspot. kalo ada komen yang nggak ngenakin, bisa aja didelete. Ato kalo saya malah bisa jadi bahan postingan :D

Her Long and Winding Road mengatakan...

iya , itu buat gue sendiri ...gue wajib bales komen orang ...nah , kalo yoga kan masalahnya di situ ...i got it , bisa dipahami ...roger !

Teras Info mengatakan...

waduh....martabak telornya bagi-bagi dong...he..he..

Ian De Ragazzo mengatakan...

hahaha..
trnyata bgtu..
dikirain komen sya sblomnya (yg dipostingan sya tntang pantun) g dblas krn ga bsa blas pantun.. wkwkwk ^^
baiklah~

tapi sebagai orang yang senggang diwaktu malam, kalo ada komen aku usahain langsung dibalas. Entah si pemberi datang lagi atau tidak. Kan ga ada salahnya. menyenangkan hati sendiri dan pembaca :D

siip~ ^^b

John Terro mengatakan...

emang sih ... kalo lagi ga mood semua bakal ditinggalin ...
apalagi kalo komennya banyak, semakin males untuk membalas satu per satu :D
btw. martabaknya enak tuh :D
beli di mana?

Huda Tula mengatakan...

kalau emang komennya dah banyak banget... ya ga apa-apa juga si. but kalau ada komen yang kelihatannya serius dan perlu dibalas..ya dibalas aja.

but, aku ga pernah dapat komen ampe 30-an gitu juga si. semisal dblog ini kan banyak banget tuh komennya. (kadang saya ga ninggalin komen juga, hee, atau cman niggalin komen ga penting).

ga wajib dibales deh...

Gaphe mengatakan...

@Wuri.. woke, roger 86 ganti.
@teras info.. sok atuh dicomot
@ian..saya emang gak ngerti pantun2an, makanya gak mbales pake pantun.
@john.. iya john, ngebales komen yg banyak tu capek. martabak beli di depan gang. hehehe
@huda.. brarti yg perlu dibales aja yak?.. wokelah kalo begitu

MeiNa Hafs mengatakan...

Klo mnurut aku bls coment itu suatu hal yg *sdikit harus* (wah apa nih maksudx..?) yach klo emang sempat knapa tidak gitu loo...wong para folllower dah nyempetin diri coment dan baca postingan kt yg terkadang panjang lebar kt tentu seneng dunk, mreka menghargai tulisan kt dgn memberi coment so kt jg perlu menghargai comentx dgn memblsx...walo memang tidak ada UU di Blogger yg mewajibkan utk bls coment..Gitu aja sech bang GaPhe..__

chikarei mengatakan...

emang seneng sih kalo postingan kita dibalas banyak orang^^
jadi merasa dihargai
jadi tambah semangat juga hehe^^

kalo ngebalas komentar menurut chika sunnah hehee
lebih baik kalo dibalas^^

Rawins mengatakan...

aku bisa koman komen paling kalo pas di pc. kalo lagi di lapangan terus, dari hape paling banter cuman posting doang. ada yang nesu yoweslah pasrah...

Gaphe mengatakan...

@Meina Hafs.. betul juga sih, saya kalo pas bisa pasti saya bales koq.. ya maaf2 kalo ada ya kelewatan.
@chika.. kalo sunnah kan dapet pahala kalo dkerjakan... berarti sering2 aja dibales ah.. hehehe.
@rawins.. podo dab!. nek nggo hape ngeblog kie marai emosi je.. mending pake pc, baru bisa bales smuanya.

riesta mengatakan...

kalo aku,,,kadang aku bales,,,kadang nggak...
tapi kalo ada isinya pertanyaan,,,biasanya aku jawab dg kasih komen di blog nya...hehehe

fan mengatakan...

balas berkunjugn bagi saya wajib tapi emang sebel kalo blognya ada verifikasikata.bikin lama. belum lagi yg loadingnya aujubilllah susaah banget. udah lama, eh, ada verify kata pula. kalo salahketik, jadi bete deh.akhirnya saya cuma isikoment ala kadar. atau...saya tinggalin aja tanpa koment deh.

saya juga gak selalu ngenet. ada saatnya saya mesti kerja, mandi, makan, bab, baca novel,nulis,dll.

jadi santai aja kalo b elum bisa berkunjung balik ke blog teman2

stroberi mengatakan...

tapi saya gak sempet kalo mesti balasin semua koment temen2. kadang2 aja saya balas. terutama kl komentnya menarik dan butuh dijawab.

Kimi mengatakan...

tapi kadang secara pribadi nyesek juga, kalo udah follow..trus bolak-balik kasih komen.. eh, yang difollow tuh juaaraang banget mampir ke blog kita.

Eittss... Jangan salah. Belum tentu lho orang yang difollow jarang mampir ke blog kita. Bisa jadi dia adalah silent reader kita atau malah jadi pembaca setia blog kita. Soalnya saya termasuk silent reader. Jarang banget kasih komentar di postingan orang2. Kalau lagi niat aja ngasih komen. Kalo gak ya gak. Dibaca aja tulisannya, terus tinggal. =))

Ian De Ragazzo mengatakan...

@bang gaphe Oh.. wkwkwkwk ^^

anggar berkawand mengatakan...

hallo kawand...
:)
maaf kalo spam..
mau nyoba dapet HP gratis? ato mMP3 gratis? ato PS/OX gratis…??
Coba ini aja deh..ga rugi2 amat…ga ngeluarin duit juga, paling cuma listrik sama internet dikit..lumayan lah..namanya juga usaha..
SALAM BERKAWAND

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kalo aku sih ngebales komentar setelah posting blog pada hari itu. abis komentar balik orang yg udah komen ke blog kita. ya udah. besok posting lagi, terus komen balik lagi.

AkaneD'SiLa mengatakan...

dulu aku sering balesin komentar. tapi sekarang karna sibuk ya paling tidak aku berkunjung ke blognya terus balik komen. menurutku itu udah menghargai kok.
:D

Noeel-Loebis mengatakan...

selow aja bang..... kan ga semua komen mesti dibales..... yang perlu-perlu aja.....

Nama saya Mitra mengatakan...

wuuua..
bahas comment2an ini, saia juga baru nge blog, rasanya gimana gitu kalo dapet comment iaa..

martabak telornya itu menggugat selera *lap iler..
salam kenal :)

John Terro mengatakan...

menanggapi komentar Gaphe di postinganku
semua umur boleh ikut om
asalkan registrasi dulu :D

Hariyanti Sukma mengatakan...

makasih ya udah berkunjung diblogku yg sederhana banget, maklum pemula... dan sepi dari kunjungan.

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

oalag ini toh sebab akibat kalau koment udah ndak dibalesin :p xixixi...

bentar aah ngoprek lagi :p

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...