Minggu, 31 Oktober 2010

Google Doodle Hari Ini

Udah lama nggak nulis blog, rasanya kangeen berat.. udah gitu, lagi ngerasa blank juga. Bingung pengen cerita apaan. Sempet ngilang juga beberapa hari gara-gara sakit (baca: masuk angin), kecapekan wira-wiri.. eh hari ini baru sempet buka internet lagi di kamar kos tercinta..

Ada yang beda ketika akhir bulan Oktober ini saya ngeklik halaman Mbah Dukun Abad 21 alias mbah Google, ternyata gambar latar di situs search engine itu atau yang bahasa gawulnya disebut Doodle, menampilkan gambar tematik sesuai dengan hari ini. Halloween.

Saya sih nggak pernah kenal sama yang namanya Halloween, nggak pernah ngerayain juga. Lagian kalo ikutan ngerayain di Indonesia malah kayak orang gila.. dateng ke rumah-rumah minta permen sambil bilang : Trick or Treat?.. Ya kalo mau tahu sejarahnya kayak gimana, tanya aja sama embah ya.. ato klik aja Doodle-nya.


Balik ke tema. Doodle hari ini menampilkan banyak gambar Scooby Doo, sama kelompok detektifnya Mystery Inc. Kayaknya sih disusun semacam cerita gitu, diakhiri dengan berhasil ditangkapnya semua monster jadi-jadian. Enggak tahu alasannya kenapa si Embah milih anjing penakut Scooby Doo sebagai tokoh Doodlenya hari ini, apakah karena tema Halloween itu identik dengan misteri, keseraman, teka-teki, yang biasanya si Scooby pecahkan?.. Kan kalo emang Halloween identik dengan serem, setan de el el, stok setan Indonesia kan juga banyak. Kenapa enggak pake mereka-mereka aja.. sebut aja, Hantu Puncak Datang Bulan, Si Manis Jembatan Ancol, Hantu Jeruk Purut, Jaelangkung, Pocong I sampe III.. lah koq malah jadi judul pilem.. yaa bisa jadi karena si embah menilai kalo setan lokal punya kita tuh belum bisa Go Internasional.. belum bisa bahasa Inggris mungkin.. Ada yang bersedia kasih kursus Inggris gratis buat mereka?.

Tapi lucu juga yak kalo ngebandingin antara setan lokal sama interlokal, kalo berandai-andai nih semisal kamu ketemu sama setan.. pilih mana?. Ketemu sama Kuntilanak, Genderuwo, Pocong, Tuyul ato pilih ketemu Vampir (syukur-syukur kayak Edward Cullen), Werewolf, Frankenstein (bener nggak sih nulisnya?), Zombie?.. banyak yang pada takut ketemu setan lokal kan?. Hayo tanya kenapaa?. bisa jadi kalo orang luar juga gitu, mereka lebih takut ketemu sama vampir dkk dibanding sama tuyul. Malahan jangan-jangan mereka bilang tuyul itu lucu, kecil imut-imut, botak lagi.. hahaha..

Balik ke Doodle lagi nih, dari 5 gambar doodle yang saya tampilin di atas.. iseng-iseng bisa buat mainan juga loh.. Coba tebak, gambar mana yang mewakili huruf G, O, O, G, L, dan E-nya... lumayan loh, bisa ngusir setres.. ato malah dibilang setres gara-gara main-mainan yang nggak penting kayak gitu.

*termasuk saya yang lagi setres, kayak beginian aja dijadiin postingan

Rabu, 27 Oktober 2010

Application Jejaring Aneh-Aneh

Pernah make application di Facebook?

Saya nggak ngerti kenapa akhir-akhir ini banyak application aneh-aneh yang nangkring di wall saya. Mungkin pembaca udah sering make application semacam : Mengetahui siapa yang membaca profil anda, Seberapa ganteng/cantikkah kamu, mengetahui apa pekerjaan yang cocok menurut fengshui, dan semacamnya. Okelah itu sih wajar..

Pernah kepikiran juga nggak make application : mengetahui kepribadian kamu dari cara dudukmu, atau dari cara tidurmu. Masih mending juga. udah pernah juga make apllication kepribadian berdasarkan golongan darah. Soalnya memang menurut penelitian, banyak data dan fakta yang juga masih bisa diterima hasilnya. Meskipun nggak selalu akurat 100%

Banyak yang ngeklik application kayak-kayak gitu juga macem-macem tujuannya. Bisa jadi karena udah bingung nunggu komentar nggak dibales-bales, ato bengong statusnya nggak ada yang nge-like, makanya iseng-iseng ngeklik application mulai dari sekedar ngegame biasa sampe mempercayai banget hasilnya plus dipublikasikan dengan bangga. Seringnya ditambahi embel-embel komentar yang menyetujui, ato menolak. Setuju kalo dirasa bagus, tapi menolak kalo dirasa jelek. hehehe.. ya kan?. Saya sendiri juga sering koq iseng make application kayak gitu. Sekedar iseng aja sih.

Cuman beberapa hal yang bikin kaget buat saya adalah kadang application biasanya kan kita klik tombol allow sebelum kita gunain. Artinya kita setuju kalo hasil application itu dipublikasikan, data pribadi setuju digunakan untuk sumber informasi, dan pemilik/pencipta apllication berhak menggunakan data pribadi pengguna untuk keperluannya. Malahan sering, application itu muncul tiba-tiba di jam tertentu di wall kita tanpa ada konfirmasi dari kita..

Nah, ini serunya!. Kita jadi tahu bener-bener gimana sifat seseorang liat dari apa jenis application yang dia pake. Bukan hanya dari hasilnya, karena jelas hasil dari application itu udah terpampang dengan jelas.. berapa persen kegantengan dia, sifat dia dll. Hanya saja, dari jenis application yang dipake bisa menunjukkan jati diri seseorang yang sebenernya. Misal nih, sorry ini opini pribadi, seseorang langganan application apa auramu hari ini, fortune cookies, ramalan harian.. nah orang-orang kayak gini nih kadang moodnya main abis. Kebanyakan terpengaruh sama hasil applicationnya menyebutkan apa, dan secara tidak sadar sering nyama-nyamain kondisi sama hasilnya..

Terus ada satu yang bikin shock. Saya punya teman SMA, cowok, dulu saya kenal aliim banget. Bahkan dalam image saya sekarang dia juga masih alim, taat beragama, pokoknya tipikal orang yang agamis gitu deh. Koq tiba-tiba di wallnya dia nongol application yang dia pake : Posisi Sex Favoritmu.. Haduuuuh, gimana nggak kaget siih??. Saya sih positif thinking aja, paling ada yang mbajak akun Facebooknya... hahaha..

Hemm.. makanya sekarang saya sih pilih-pilih kalo mau pake application. Terakhir saya pake application apa pekerjaan yang cocok buatmu?.. jawabannya : Nelayan.. Saya diketawain abis-abisan sama klien saya yang kebetulan masuk friend list. Kebawa di dunia nyata pula.. gimana nggak malu coba?.

untung deh, saya nggak make application : Apa bentuk lipstik yang cocok buatmu?

Eniweii, saya dapet award dari sahabat blogger saya Nova M. Ini award hasil kreasinya dia, ditujukan untuk sahabat-sahabatnya. Saya terima dengan senang hati ya Nov.. ini saya pasang awardnya, makasih udah naroh saya di nomor tujuh - nomor favorit saya. Thanks yaaa buat Nova.. buat temen-temen kunjungin aja blognya Nova.. Banyak kisahnya sebagai ibu guru loo..

this is it... I like it... Goood Joob!.. *a la Farah Quinn plus Rianti*

Minggu, 24 Oktober 2010

Yang Sabar Ya

Apa yang akan anda lakukan bila dalam suatu kondisi ekstrim, jatuh, sedang ditimpa musibah, lalu dengan mudahnya seseorang berkata pada kita "Yang Sabar yaa" ?.


Contoh ini mungkin terlalu ekstrim.
Misal gini, anda dan pasangan anda sudah pacaran dalam jangka waktu yang lama. Anggap saja anda cinta mati sama pasangan anda, sudah tunangan, dan sudah menentukan tanggal pernikahan. Katakan undangan sudah disebar, dan momen pernikahan itu tinggal 2 minggu lagi. Ternyata, dalam waktu 2 minggu itu ada sesuatu yang menyebabkan pernikahan itu batal. Saya tidak bilang alasannya kenapa, tapi katakanlah bahwa pasangan anda tiba-tiba pergi meninggalkan anda. Entah tidak siap menikah, kecantol sama cowok/cewek lain, atau yang parah : diguna-guna. Jangan anggap casenya seperti apa, tapi bagaimana respon anda jika ada seseorang bilang "yang sabar yaa"?.


Saya bisa bilang 80 % pasti muncul pemikiran "ya itu kan elu nggak ngerasain.. enak aja bilang sabar-sabar.. coba kalo elu ngerasain*. Ya kan?. Ayo jujur?.. Kadang mengalami sendiri itu tidak sama dengan tidak mengalami (yaiyalaah), maksud saya.. tidak sama rasanya ketika benar-benar berada dalam posisi orang yang terkena kejadian tersebut. Dalam kondisi yang ekstrim itu tadi, jika anda yang mengalami, pasti kebanyakan sudah tidak menggunakan logika yang jernih. Perasaan pasti mengambil porsi terbesar untuk menguasai anda, dan terjadi baik pada pria atau wanita. Akan terbersit pikiran bahwa hidup ini tidak adil, kenapa rumput tetangga lebih hijau, kenapa saya dipilih-kasihin..


Jelas, emosi pasti juga bermain disitu. Sebagian orang meluapkan dengan menangis, sebagian yang lain marah, sebagian lagi menutupi. Pura-pura tidak ada apa-apa. Disaat itulah memang kesabaran kita diuji. Ada yang bilang sabar itu ada batasnya, ada yang bilang lagi kalo dibatasin berarti namanya ya nggak sabar. Entahlah, mana yang benar.


Balik ke kasus si orang yang bilang "yang sabar ya" tadi, apakah kadang kita juga mikir kenapa orang lain itu bilang kayak gitu dengan enaknya ke kita?. Bisa jadi, kita harusnya berterima kasih setidaknya dia nggak bilang sukurin lo, derita lo, atau minimal dia kasih perhatian ke kita. Setidaknya disaat kita berpikir bahwa tidak ada lagi yang peduli, dia datang dengan mengucapkan kata "yang sabar ya".

blank.

saya nggak bisa mikir lagi. Oke, kalo sekarang saya nanya ke pembaca semua. Enaknya diapain ya itu orang yang bilang "yang sabar ya" ke kita?


*ditulis dalam kesendirian, di kota yang jauh, hasil dari kontemplasi antara capek fisik dan capek pikiran..tiba-tiba ada seseorang yang bilang : yang sabar ya.

Jumat, 22 Oktober 2010

Merayakan Postingan Ke 100

Nggak kerasa yah, blog Gaphe Bercerita udah posting ke 100. Nggak mudah juga buat bercuap-cuap cerita selama 100 kali. Suka duka tentu dirasakan selama ini, tapi lebih banyak senengnya sih.. Mulai dari sepi komentar pas awal-awal bikin blog, pengunjung rutin cuman saya - saya -dan saya lagi, sampai akhirnya memfollow beberapa blog dan difollow balik, mulai banyak pengunjung berdatangan, plus nemuin temen sekaligus sahabat blogger yang kocak abis. Seru-seru.. hehehe...

Mengingat kembali dulu, mengapa saya bikin blog karena saya suka menulis. Saya suka bercerita, dan blog ini sebenernya juga merupakan album perjalanan saya ke beberapa tempat seperti Singapore, Surabaya, Makassar, Yogyakarta dan beberapa tempat lain. Atau referensi tentang Kuliner enak di banyak tempat yang akhirnya malah justru posting paling banyak adalah tentang Kulinernya. Gara-gara Yumilah Yumiwati yang bikin ngiler, sampe kena kritik... dan beberapa cerita-cerita dodol ala anak kos, pemikiran sampai ke opini-opini nggak jelas.

Sebagai apresiasi untuk pengunjung blog ini, saya menghadiahkan Award Postingan ke 100 Gaphe Bercerita kepada 100 sahabat blogger yang setia mengunjungi dan memberikan komentar di blog saya. Maaf, saya nggak ngerti cara bikin award yang bagus kayak gimana, dan berhubung software di notebook saya cuman seadanya yaa.. ini dia award untuk postingan ke 100 kali ini.


Dan, berikut ini 100 penerima award dari Gaphe Bercerita. Terurut abjad dari A sampai Z, saya mengucapkan banyak banget terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di blog saya yang sederhana ini. Mohon maaf bila ada nama yang belum tercantum, karena keterbatasan saya. Namanya juga masih manusia :D

Adi Budi Yulianto
Aguestri
Aishi Lely
Akane D'Sila
Akoey
Alamendah
Anggi Zahriyan
Ata Notoo
Atha Andriana
Attayaya
Audrey
Aul Owl
Aulia Adriani
Awaluddin Jamal
Bachgeur
Bekti
Bliyan Bayem
Call Me Batz
Cermin Community
Chikarei
Cipta Nirmala
Cipu
Combrok
Dapur Punyaku
Darin
Dees
Dhee
Diah
Djangan Pakies
Djeng Widz
Elsa
Emperor dragon
Fai
Fajar Mufti
Fanny Fredlina
Felicia Putri
Ferdinand
Filomispico
Firaun Ngeblog
Fitri Anita
Four Dreams
Genial
Gusti
Harun
Huda Tula
Ica Puspita
Imtikhan
Indri Hutapea
Inge/Cyber Dreamer
Joe
John Terro
Kakve Santi
Kebokyuut
Keseharian Ra-kun
Kholil Aziz
Laston M
Lombok Guide
M Mursyid
Mami Singa
Mayyadah
Mbak Reni
Media Kesehatan
Meina Hafs
Mixed Fresh
Muhammad A Vip
Muza Elbanaf
NgePas
NicetobeOKI
Nissa
Nova M.
Nuy
Nyayu amibae
Ocky Fajzar
Om Rame
Popi
Rahma
Rana Rasuna
Rawins
ReBorn
Renaldy
Rezky Pratama
Ria Nugroho
Riesta
Rifka Nida
Rizka Mbem
Rossa Indah
Rubiyanto
Sukadi
Svqrawan Madi
Tito Heyziputra
Tiwi
Todi Saja
Waroeng Coffe Kemanx
Wina
Word Together
Wuri Meyliza
Yan Restu Freski
Yayan
Yulinda
Zen Muhammad Alfaruq

Huaah..capek juga ngelink 100 blog penerima award ini..
Mohon diterima dengan lapang dada, ikhlasin aja dapet award dari saya.. nambah koleksi juga kan yaak.. Sorry, saya nggak bisa ngasih apa-apa lagi selain award ini.. teriring doa supaya tali silaturahmi dan persahabatan kita semakin erat.. Bagi nama yang belum tercantum, mohon maaf banget.. langsung diambil aja juga nggak apa-apa.

Enjoy your day!!

Kamis, 21 Oktober 2010

Ada Juga Ternyata Yang Kayak Gini di Makassar

Sudah di Makassar lagi... T.T
Gak usah protes, koq bolak-balik Makassar - Surabaya.. soalnya memang wilayah kerja saya sebenernya di Makassar, kantornya aja di Surabaya. Hemm.. kondisi Makassar akhir-akhir ini lagi rawan, banyak kerusuhan terutama sih gara-gara anarkisme demo anak-anak siswa yang katanya Maha. Saya aja kemarin sempet ketemu demonstrasinya, macet parah!. Masih untung enggak kena lemparan batu ato nggak digelandang polisi gara-gara liat muka saya yang masih anak kuliahan abis.. :P

Oke, back to topic.. sebenernya kalo pembaca liat kondisi Makassar yang lagi rusuh dan kesannya Makassar tuh kotanya nggak aman.. ada satu tempat yang lumayan bisa menghapus image itu. Dimana?.. di titik nol kota Makassarnya yaitu di Lapangan Karebosi. Percaya deh, kalo ke Lapangan Karebosi dijamin menemukan suasana yang mirip dengan yang ada di luar negeri.. ini buktinya!.


Nunggu taksi aja ada zonanya.. mirip di New York :
gambar ngambil disini
berasa nongkrong di depan sidewalk restoran di San Fransisco.. mirip disini :

gambarnya ngambil dari sini

berasa nonton di open theatre Israel... kayak disini :

gambar ngambil disini


Berasa nunggu mekarnya bunga sakura.. mirip disini:

gambarnya ngambil disini


Sorry kalo emang nggak terlalu mirip.. anggap aja hampir mirip. hehehe... lagian, nggak usah jauh-jauh ke Luar Negeri buat ngerasain suasananya kan?.. di Makassar juga ada koq!

Selasa, 19 Oktober 2010

What is Your Dream?

What is your dream?
Kalau pertanyaan itu ditanyakan kepada saya, inilah jawabannya :

Seseorang bilang kepada saya, tak usah menggantung mimpi setinggi langit. Cukup letakkan mimpi sejengkal di atas dahi sehingga kamu bisa terus melihat & mengejar mimpi itu dan tetap menjaganya agar selalu berada di atasmu (adaptasi dari prolog novel 5cm). Mimpi bagi saya adalah bagaikan batu pijakan pertama, tak akan ada istana yang megah dan tak ada tangga yang tinggi tanpa batu pertama sebagai pondasinya. Semua hal besar berawal dari mimpi, dan hanya mimpi besarlah yang mampu mengantarkan seseorang menjadi besar. Apa yang menjadi impian tertinggi saya adalah : menjadi seorang pengusaha. Karena dengan begitu, saya bisa punya banyak waktu luang untuk keluarga dan sekitar, bermanfaat bagi banyak orang dengan membuka lapangan kerja, dan mempunyai banyak kesempatan beramal dengan harta yang dipunya..

udah kaya jawaban Putri Indonesia belum?..
Postingan tentang mimpi ini diikutsertakan dalam lomba Dream competition yang diselenggarain oleh Atanotoo. Linknya bisa dibaca di blognya Ata yang bertajuk Piacerre Sinyorin disini.
Doain menang yak?.. hadiahnya lumayan buat ngegantiin sepatu butut saya.


Senin, 18 Oktober 2010

Sego Sambel Ho Ha Dharmawangsa

Posting singkat ah..

Sebenarnya nggak ada yang spesial dengan menu sego sambel. Pembaca pun pasti sudah banyak yang tahu kalo sego sambel itu yaa nasi dikasih sambal plus menu lainnya yang enak dimakan pake sambal. Kali ini saya nemukan penjual nasi sambal yang katanya terkenal di jalan Dharmawangsa Surabaya. Namanya Sego sambel Ho Ha. Kata Ho Ha itu menunjukkan kalo sambal yang dijual disitu pedes banget.. persis ucapan seseorang yang kepedesan kan?.. hoh hah..hoh haah..sssshh.. halah..

Di jalan Dharmawangsa ini sebenernya banyak yang jual menu nasi sambal dan mengaku-ngaku Ho Ha juga..cuman kalo mau nyari aslinya, cari warung yang buka didepan AHASS Honda, alias tempat servis motor. Menu yang dijual selain nasi dan sambal tentunya aneka macem lauk goreng-gorengan. Kayak tempe, ayam, lele, gurameh, terong, telor dan lain-lain. Sebenernya lebih mirip pecel lele, ato ayam penyetan. Tapi yang khas adalah sambalnya. Rasa lauknya sih standar banget.. tapi sambelnya lumayan enak.. dan malah justru yang bikin nambah adalah sambelnya. Saya bukan penggemar sambal, gak terlalu suka pedes malahan.. tapi menu ayam dan tempe sambel ini lumayan membuat saya nagih. Pedes banget sih untuk ukuran saya, tapi enak. Murah lagi, seporsi ayam plus tempe dan es teh cuman bayar 12 ribu aja..

Liat ukuran cobeknya sama sambalnya... SUPER!!

Pilihan menunya..ada lele, ada ayam, ada telor, ada tempe..

Ini menu saya.. Nasi ayam plus tempe.. Mirip penyetan kan?. Liat cabe rawitnya masih utuh... puedessss pol!

Oh iya, ada yang unik juga ketika penjualnya ngasih pilihan menu. Misal bilang nasi pe. Itu artinya nasi sama tempe. Trus bilang nasi palsu.. itu artinya nasi tempe plus telor dadar. Menu komplit tuh tempe, telur, terong.. Bikin ngakak juga dengernya. Palsune siji, pe siji, komplit siji bungkus. pe-ne dobel!...

Minggu, 17 Oktober 2010

Jiaagh.. Tulisan Saya Dikritik

Awalnya saya nggak mau ngomentarin tentang komentar pedes yang mampir di tulisan saya terakhir yang bertajuk Malang kalo nggak jalan dan jajan di Malang. Tapi daripada saya pendam yang akhirnya saya yang makan ati..kalo kata Mbem sih makan ati lebih mahal dari harga cabe.. mendingan saya bikinin tulisan khusus nih, disini... lumayan buat saya ada bahan buat postingan. Buat yang mungkin belon tahu kritikannya kayak apa, saya tampilkan skrinsyutnya nih.. atau kalo mau berkunjung langsung.. klik aja tautan judul tulisan saya itu, trus liat komentar di bawah-bawah.


Pertama, saya mau ngucapin makasih (spesial pake banget) karena udah mau nyempetin mampir di blog saya yang alay bin lebay ini. Saya begitu tersanjung seorang sepenting anda mau mengotori tangan anda menggerakkan mouse, mengeklik halaman Gaphe Bercerita, dan mau dengan repot-repot membuat anda terkena najis dengan meninggalkan jejak komentar dengan link yang nggak bisa kelacak. Artinya, saya sadar anda memang benar-benar orang yang sangat penting bahkan seorang blogger amatiran, alay, bin lebay kayak saya nggak boleh kenal sama anda..

Kedua, anda menuliskan Yumilah Yumiwati is banci sebagai nama anda. Sekali lagi saya merasa tersanjung juga dengan demikian anda turut mempopulerkan istilah yumilah yumiwati. Istilah ini memang sengaja saya bikin, untuk menggambarkan betapa enaknya rasa makanan, betapa seksinya penyajian, dan betapa nikmatnya makanan tersebut menggoyang lidah saya. Toh saya menciptakan istilah ini dengan sepenuh hati, dan satu yang jelas adalah saya tidak menjiplak!! sama sekali... Kalo Bondan Winarno terkenal dengan ucapannya mak nyuss, top markotop, endes gandhes, sip markusip atau endang bambang, Saya ingin menggunakan istilah saya sendiri untuk menggambarkan betapa saya menyukai makanan tersebut. Yumilah yumiwati adalah cara saya mengapresiasi makanan, baik dari penjual yang sudah susah payah menghadirkan cita rasa dalam lidah saya, sampai dengan rasa masakan yang lain daripada yang lain. Kalo memang yumilah yumiwati tidak layak disematkan dalam suatu masakan, saya juga tidak menghadirkannya koq. Jadi, maaf sekali kalo anda bilang yumilah yumiwati is banci.. karena yumilah yumiwati bukanlah jenis kelamin, bukan pula sebuah identitas.. tapi sebuah cara untuk mengapresiasi.

Ketiga.. anda menuduh saya tidak niat bikin tulisan.. masa sih?.. kalo saya nggak niat bikin tulisan, saya nggak bakal ngeblog juga kali.. dengan umur yang masih cukup muda, blog yang baru empat bulan berdiri ini sudah memuat 95 postingan. Original hasil pemikiran saya dan pengalaman saya sendiri.. Saya pikir anda memang benar-benar orang yang sangat penting, sangat terhormat, bahkan anda menetapkan standar yang tinggi untuk menilai seseorang memiliki niat dan tidak niat untuk menulis. Angka 95 buah postingan masih sangat kecil di mata anda, dan belum ada artinya.. saya jadi makin ingin berkenalan dengan anda, saya pengen lebih menimba ilmu bagaimana memposting sesuatu yang berkualitas, tidak hanya sekedar kuantitas.. namun sayang, saking pentingnya anda juga tidak mau meninggalkan link hanya sekedar supaya saya bisa berkunjung balik. Anda juga bilang anda muak dan pusing membaca tulisan saya.. baru kali ini loh, saya nemu komentar yang unik dari pembaca.. dari 1000an lebih komentar yang masuk, cuman anda yang bilang pusing dan muak.. ah, setidaknya perbandingan 1 : 1000 masih bisa ditiadakan kalo dalam statistika.. Sebenernya saya mau kasih uang 100 ribu rupiah buat anda, karena sudah menjadi the most unique komentator tulisan saya.. tapi sayang sekali lagi sayang, karena anda nggak ninggalin link saya jadi bingung dikemanakan uang ini.. yasudahlah, buat saya makan siang aja..

Terlepas dari itu semua, saya jadi ingat kalo Putri Indonesia 2010 yang sekarang.. Nadine Dewi Ames, pada waktu judging di podium ditanya kurang lebih begini : Bagaimana jika anda menghadapi suatu kontroversi. Jawaban Nadine kalo tidak salah, dia akan menghadapinya dengan hati yang tulus.. Jawaban itu yang menghantarkan Nadine menjuarai ajang pemilihan Putri Indonesia 2010 kemarin.. yah, setidaknya saya juga mau mengahturkan ucapan terima kasih yang begitu mendalam kepada anda, yang komentar.. karena dengan demikian anda menyadarkan saya kalo membuat semua orang suka terhadap diri kita adalah pekerjaan yang sia-sia. Oleh karena itu, blog ini memang dibuat saya sesuai dengan tagline Gaphe Bercerita : Inilah aku, dengan segala ceritaku. Anda nggak suka?? tinggalin aja!

Sabtu, 16 Oktober 2010

Malang kalo Nggak Jalan dan Jajan di Malang

Asyiikk.. untuk kedua kalinya saya ke Malang. Dalam rangka tugas sih, tapi tetep aja lumayan excited. Saya ke Malang pun sebenarnya juga nggak sengaja, gara-garanya saya ditukerin tugas oleh bos saya sama teman kantor saya. Teman saya ke Makassar, saya-nya yang ke Malang. Perjalanan kali ini diwarnai dengan sedikit hujan gerimis. Berangkat setengah sepuluh pagi, suasana masih mendung gimanaa gitu. Yang jelas nggak semendung hati saya..soalnya ini ocassionnya kerja.. bukan liburan!. Jadi ya nggak ke tempat wisata..tapi its ok.. menikmati suasana Malang saja sudah cukup koq..

Lewat tol ke arah Sidoarjo, saya nemuin pemandangan yang bagus.. lewat pegunungan apa namanya saya nggak tahu, yang jelas gunungnya berderet-deret gitu. Kata drivernya sih namanya Petanggungan (saya manut aja yang jelas daerah Pacet gitu deh) . Beliau yang sering lewat sini juga bilang kalo jarang-jarang Petanggungan bener-bener keliatan jelas.. apalagi di bawahnya berkabut banget, padahal udah hampir siang. Hemm... baguuusss ^_^.. gunungnya tuh kayak nyembul di atas awan gitu.. sempet motret juga, ini dia fotonya dari jalan tol. Yakin deh, aslinya jauh lebih bagus dibandingin di foto.



Aslinya lebih bagus... Coba hitung ada berapa puncak gunungnya!

Trus, keluar dari tol masuk wilayah Porong, Sidoarjo.. jelas, ngelewatin lokasi semburan lumpur lapindo tahun 2006 dulu itu. Maceet.. apalagi jalan porong tuh sering banget dilewatin sama truk-truk gede-gede dan padet sama kendaraan. Yang jelas, pamer susu laah.. alias padat merayap susul-susulan.. Miris juga, kalo lokasi bencana pun dijadiin tempat wisata. Ato malah justru kreatifnya orang-orang Indonesia??. Seperti kayak di bawah ini, saya sempet motret ada tempat parkir buat nonton semburan lumpurnya, ada yang jualan minuman juga.. kreatif bener dah.

Bukti kalo tukang parkir juga bisa multi tasking.. ngatur lalu lintas plus juga jualan minum.. hemm, di seberang sono tertutup gundukan tanah tuh lokasi semburan lumpur.

Satu setengah jam kemudian, berhubung udah masuk waktunya Shalat Jumat, mampir di salah satu masjid di pinggiran kota Malang. Di daerah Lawang tepatnya. Nyempetin sholat sambil berdoa minta jodoh yang cantik dan kaya, eh nemuin lagi kondisi yang unik juga pas khotbah salat Jumat. Khatibnya pake jubah, dan kasih khotbah jumat bawa tongkat panjang. Nggak ada mimbarnya, dia berdiri aja di depan. Hmm... beda wilayah beda cara juga. Saya nggak mempermasalahkan itu.

Terus abis sholat, lanjut masuk ke kota Malang.. dan satu kata yang bisa saya gambarkan tentang Malang adalah : DINGIN!!.. Selain emang habis diguyur hujan, tapi bener kotanya emang dingin suasananya. Apalagi banyak banget pohon-pohonnya, dan tata kotanya juga bagus. Hijau. Seru keliling-keliling di kota Malangnya. Bahkan di simpang empat jalan rame pun banyak pohon-pohon besar yang dirawat, dan rimbun-rimbun.. ini nih beberapa suasana kota yang berhasil saya tangkap lewat kamera..




Ke Malang, nggak jajan pasti rugi.. Apa sih yang terkenal dari kota Malang?.. jelas apelnya lah.. cuman susah juga nemuin apel di kota, lagian apel juga nggak bikin kenyang.. namanya orang jawa kan biasanya harus ketemu nasi. Hehehe.. ada siih, bakso malang juga ato bakwan kawi.. tapi nggak nampol. Pilihan jatuh pada nasi pecel.. tapi nyari yang khas Malang. Nemu satu kedai yang lumayan oldies di Jalan Kawi.

Pecelnya emang asli 1975.. tapi yang jual nggak asli 1975.. masih muda-muda soalnya!

Pecelnya namanya Pecel Kawi, asli sejak 1975. Wow, langsung deh nyobain menunya : PECEL TELOR!. Satu porsi nasi (nasinya cuman dikit) plus pecel disiram saus kacang (nggak pake Bunga Citra Lestari), tempe goreng sama telor.. GRATIS!!. Loh koq bisa?.. ya jelas laah, namanya juga dibayarin sama bos. hehehe... tapi kalo saya liat daftar harganya sih seporsi nasi pecel cuman 6000 rupiah aja. Trus telor ceplok 2000 aja.. yaa nggak sampe 10 ribu udah bisa makan enak plus teh anget deh!. Soal rasa, emang yang tua-tua tuh pasti enak.. Yumilah Yumiwati deh!!. Sayangnya cuman satu : DIKIIIT.. untuk porsi saya kurang (pake banget). Enggak nampol.. maunya nambah nggak enak sama bos.. masa udah dibayarin minta nambah?.. Eh, iya satu lagi.. ada minuman khas warung ini juga loh, STMJ nya uenak banget kata driver saya. Sayang, pas saya dateng siang itu STMJ nya lagi kosong.. keabisan susu segar. Hemm.. pokoknya Malang enak buat dikunjungin deh!. Ajak pacar ato pasangan yaa... dingin soalnya!.. *trus kenapa??


Ini dia Pecel Kawi.. Sayurnya seger banget.. bumbunya pas. Murah lagi.. Yumilah Yumiwati pokoknya..


Kamis, 14 Oktober 2010

Kopi Darat Sama Pemilik Hitam Putih

Sorry sebelumnya ini nggak tahu masuk dalam kategori kopi darat ato bukan, yang jelas hari ini tadi saya ketemu sama mbak Rifka.. pemilik blog Hitam Putih.. alias teman kantor saya sendiri.

Bingung maksudnya apaan nih??.. gini ceritanya..

Alkisah, tersebutlah cerita dimana seorang wanita dititahkan Juragannya untuk mengunjungi kota yang juga dijuluki sebagai kota rebung tua.. *bambu runcing maksudnya*.. halah..saya nggak pandai bikin cerita kayak gini, daripada kalo diterusin bakalan bikin goyang acha-acha septriasa.. langsung to the point aja deh (perasaan langsung itu sama dengan to the point ya?.. siapa yang aneh nih..).

Jadi gini.. Mbak Rifka ini ditugaskan dari head office kantor pusat saya yang berada di Jakarta buat ngasih training ke temen-temen part time logistik di kantor cabang Surabaya, tempat saya berada. Artinya, si embak memang sengaja dateng menemui saya jauh-jauh dari Jakarta karena tugas kantor. Terakhir saya ketemu si embak yang juga HCD saya, alias yang dulu memfasilitasi saya sampe dapet pekerjaan (bukan profesi) yang sekarang ini saya jalani adalah awal tahun 2010 ini. Udah lebih dari 8 bulan sih, walaupun sebenernya tiap minggu juga ketemuan lewat video conference. Hemm tapi ketemu langsung berasa beda aja.. tadi ketemu seruu!!. Dateng-dateng, mbak Rifka bawain banana cake.. Enak loh!.. Dan ngobrol seru pun berlangsung, untung aja trainingnya mbak Rifka sehabis makan siang jadinya kami punya cukup banyak waktu colongan buat nostalgila dulu jamannya saya masih kerja di head office. Cerita tentang makan siang di warung bohay, trus ngerjain mentor saya, mbahas anak, sampe ngomentarin meja kerja saya yang berantakan abis.. katanya sih, dulu Gaphe rapii sekarang koq berantakan?? betah emang?.. Hahahahaaaa.. maklum namanya juga kerja mbak!..

Kopi darat sambil makan siang di warteg seadanya.. hihihi. Mbak Rifka bilang, makanannya murah banget dibandingin sama di Jakarta.

Dan obrolan kami berlanjut pas jam makan siang di gang kelinci, tempat biasa karyawan gedung ini mengudap makan siangnya. Sayang sih, mbak Rifka cuman sehari doank di Surabaya.. malem ini sudah harus balik ke Jakarta lagi, nggak tega ninggal 2 anaknya soalnya.. hemm, ya sudah deh.. yang penting saya sudah memenuhi janji saya buat postingan kopi darat ini.. hayooo siapa mau nyusul kopi darat sama saya??.. *sok beken dan sok penting iih*

Rabu, 13 Oktober 2010

Get Lost in Grand City

Uuuuuhh... kangeeen banget nyentuh blog. Udah gatel ini tangan pengen nulis, apa daya koneksi internet dan waktu yang bener-bener enggak mendukung. Namanya juga anak kos, buat makan aja masih senin kamis, ngatur upah mpe nangis-nangis, apa daya kantong kembang kempis, yang penting yang nulis tetep manis.. stop-stop, maap saya terlalu narsis!..

Eniwei, saya kemaren sepulang kantor nyempetin buat nyambangin satu grand mall yang baru aja dibuka di Surabaya. Namanya Grand City. Mall ini resmi dibuka tanggal 10-10-10 kemaren. Beda setahun lebih dikit ama Central Park Jakarta yang dibuka tanggal 09-09-09 lalu.. sama-sama tanggal cantik. Sebenernya kemaren niatnya emang pengen nonton di XXI Grand City yang denger-denger ceritanya mewah abis!. Bukan singkatan mepet sawah yaa.. tapi bener-bener elite dan elegan.. halah. Nah, karena saking penasarannya akhirnya ujan-ujan bela-belain dateng ke Grand City ini..


Boleh dibilang, mall yang jadi satu sama convex ini emang jadi icon baru kebanggaan warga Surabaya terutama dalam dunia hedonisme. Buat yang nggak tau convex itu apa, convex itu singkatan dari convention centre and exhibition. Alias, mall yang memiliki fasilitas gedung pertemuan gitu. Kesan pertama dateng ke sini adalah : Im get lost!!.. alias saya nyasar.. Mulai dari nyari tempat parkir aja kudu muter-muter nggak jelas, dan akhirnya menemukan petunjuk yang menyatakan kalo roda dua parkir lewat gubeng kertajaya.. udah parkir, nyari pintu masuk mall dari basement.. nyasar lagi. Saya sama temen saya nyasar di convexnya, dan memang ternyata antara mall dan convex terpisah namun dihubungkan sama lorong panjang. Nah nyampe di mallnya, nyari XXI juga nyasar lagi.. aturan ke lantai empat belok kanan, eh kita ambil kiri.. alhasil, kudu muter balik lagi.. hem.. maklum orang udik masuk mall mewah..

Walaupun kalo dibandingin sama Tunjungan Plaza, emang Grand City ini masih kalah gede. Maklumlah, soalnya Tunjungan Plaza aja ada 3. TP 1, TP2, TP3, yang semuanya berlantai 8. Sedangkan Grand City cuman sampai lantai 4. Tapi kalo masalah konsep, Grand City menang di modern sama futuristiknya. Nyampe di XXI lantai 4, saya juga masih terpesona.. soalnya atriumnya gede banget..plus XXI Grand City adalah satu-satunya bioskop yang punya The Premiere.. alias bioskop privat berkapasitas hanya 50 orang dengan jenis seat yang berbeda.. ada mejanya masing-masing.. hemm. Jadi makin melongo deh.. nah masalahnya adalah, saya dateng buat nonton kan abis pulang dari kantor.. alias kostum masih kemejaan bau kecut plus sendal jepit.. it is mean : SALTUM!!.. gilak, yang lain pada dandan abis dan wangi, sedangkan kami???.. untung nggak ketemu yang dikenal.. hmm, yang penting kan bukan bajunya!!..liat aja isi dompetnya : bon kantin semua.. hahaha..


Mejeng di Grand City lantai 4, depannya XXI dengan kondisi : Salah Kostum!

Saya milih nonton Street Dance, soalnya itu film yang paling mending menurut saya dibandingin pilihan film yang lainnya.. hmm, sedikit spoiler.. Street dance ini mengisahkan Carly, street dancer yang dikhianati pacarnya (yang juga street dancer) bersama teamnya berambisi untuk memenangkan kompetisi street dance se-UK. Carly dan teamnya nggak punya tempat buat latihan, nyari kesana kemari dapet kesempatan buat make studio balet yang digawangi Helena, dengan syarat murid baletnya harus ikut latihan street dance.. udah bisa ketebak akhirnya Carly menggabungkan koreo street dancenya dengan balet, dan mereka sampai di final Street Dance competition.. Secara menyeluruh enggak ada yang spesial, mirip banget sama Step Up yang pertama, sepanjang film disuguhi musik hip-hop yang ngebeat dan gerakan-gerakan a la Brandon IMB yang kemaren tereliminasi.. beberapa efek freezing dan cutting adegannya terlalu kasar, dan film ini banyak janggalnya. Selain itu, bumbu percintaan ala ababil pun banyak diselipkan. Dengan jalan cerita yang udah ketebak sebenernya saya bilang film ini enggak bagus-bagus amat. Boring malahan.. tapi yang saya suka dari Street Dance ini adalah latar belakangnya di London, pemainnya pun make bahasa ingris aksen british gitu.. berasa seksi deh ngeliatin si cantik Nichola Burley beraksen british.. saya suka senyumnya!!!.. *dan dari sini saya menyadari perkataan temen kos saya dulu kalo bahasa inggris itu seksi*.

Jumat, 08 Oktober 2010

Penting Nggak Penting

Kayaknya ini emang gara-gara kerjaan deh, soalnya temen kantor saya yang sekaligus blogger..sebut saja filomispico, mbak Auliadriani, mbak Rifka..juga nggak pada update postingan.. apalagi didukung sama jaringan internet saya yang loadingnya kayak keong racun.. yaa maklum aja kenapa temen-temen kantor juga jarang update, soalnya kantor saya lagi hajatan besar alias menggelar trainning besar-besaran yang melibatkan semua staff. Nggak cuman kroco-kroco tingkat bawah kek saya aja yang ikutan, tapi General Manager yang notabene juragan kami pun ikutan. Bahkan sampe ngundang tamu dari negaranya si juragan buat ikutan trainning.. lebih tepatnya, melihat dan mengomentari cara kami training. doh!.

Gara-gara training tiga hari berturut-turut itu, semua pikiran tenaga terkuras abis. Bayangin kalo dari pagi jam kantor buka sampe jam kantor tutup selama tiga hari berturut-turut isinya duduk, mikir, diskusi, argumentasi..sampe role play. Untung saya nggak menderita ambeien, jadinya tahan duduk lama-lama.. meskipun secara pribadi saya nggak terlalu seneng kerja yang cuman duduuk aja sepanjang waktu. Gara-gara waktu training yang menyita semuanya ini juga banyak komplain datang dari klien, mendin satu dua.. lah ini banyak.. duh.. trus, banyak kerjaan saya yang deadlinenya mefet dan mencekik leher juga jadi terbengkalai.. ujung-ujungnya kena marah sana-sini. hadeeeh ..stop-stop..sebaiknya saya berhenti mengomentari training ini sebelum saya yang diberhentikan dari pekerjaan.. hahahaa..

Tapi ada satu hal yang saya suka dari training yang dilakukan, yaitu tentang tagline-nya yang selalu diulang sama project managernya tiap kali mau mulai yaitu OPEN. OPEN ini ada singkatannya, yaitu One Presentation, Encourage, No criticism.. itulah rule yang harus kita semua taati selama training. One Presentation means setiap staff harus minimal sekali mengungkapkan pendapat, alias presentasi, atau berargumentasi. Encourage, berarti tiap-tiap kita kudu memotivasi yang lain biar mau melakukan dan berbuat yang terbaik.. minimal kasih tepuk tangan setiap habis presentasi. Dan yang terakhir, No criticism.. alias tanpa kritik!. Nggak boleh ngritik apapun pendapat yang disampaikan.. Ah, seandainya yaa slogan ini bisa diterapin ke semua aspek kehidupan.. *lama-lama saya ngelantur*

Oke, balik ke judul.. lah, trus hubungannya training sama penting nggak penting?.. saya enggak bilang kalo training ini nggak penting yaa.. *bisa dipecat ntar saya* tapi emang yang namanya kerja atau melakukan sesuatu itu pasti selalu ada yang harus diprioritaskan. Sebenernya nggak cuman kerja aja ya, Apapun itu jenis dan pelakunya apalagi menyangkut sama waktu pasti butuh yang namanya prioritas.. bahkan pemulung pun punya prioritas mana yang penting mana yang enggak penting kan?.. misal nih, mulung di tempat sampah.. pasti prioritasin yang penting-penting dan bisa dijual dulu kan sebelum milihin yang enggak-enggak.. heemm *ngelantur lagi*..

Saya sadar banget kalo yang namanya prioritas ini emang jadi salah satu kecakapan yang wajib dimiliki oleh semua yang mengaku pengen berkembang. Semakin bisa memprioritaskan mana yang penting terlebih dahulu, sebenernya makin mudah juga hidup kita. Nah, balik ke kerjaan.. kalo ditanya mana yang lebih penting nih?.. semua penting deh jawabannya. Paling sebel kalo dikatain : yaa itu tergantung elu pinter-pinter ngaturnya!. Anak SD saja juga tauuk kalee.. Problemnya sih sebenernya bukan pada bisa nggak bisanya ngatur prioritas!, hanya saja balik ke jenis dan beban kerjaan itu wajar apa nggak.. *jadi inget legenda roro jonggrang minta 1000 candi dalam semalam..

Kalo inget matakuliah Manajemen pas jamannya potongan rambut saya masih belah pantat dulu, dalam memprioritaskan sesuatu itu ada 4 sisi. Sisi yang pertama, sangat penting dan sangat mendesak.. misalnya kebelet boker apalagi pas mencret *sori, contohnya ekstrim*. Ini penting banget dan mendesak banget! nggak ada yang meragukan lah.. Trus sisi kedua :sangat penting tetapi tidak mendesak.. contohnya apa yaa.. hemm.. seperti : Merencanakan Masa Depan!. *jiaaagh...sok dewasa banget saya*. Trus sisi yang ketiga, nggak penting tapi mendesak.. misal : dapet telepon dari mantan..krang-kringnya itu kan mendesak kudu diangkat..begitu diangkat, eh ternyata sang mantan ngajak balikan lagi.. nggak penting amat.. Nah sisi yang keempat adalah nggak penting dan nggak mendesak contohnya sih tidur siang, nonton tivi, jalan ke mall.. bisa dilakuin kapan saja dimana saja nggak harus diprioritaskan kan?..

Jadi kesimpulannya?.. mana yang paling penting?.. kalo dari contoh sih, menuntaskan kebutuhan hajat alias boker itu lebih penting dan mendesak daripada merencanakan masa depan!.

#Glodhak!!

Rabu, 06 Oktober 2010

Vote Komodo!

Kayaknya, udah nggak pada asing deh dengan kata-kata Vote Komodo!.. Gara-gara iseng baca-baca artikel ringan di salah satu situs newspaper, yang nyebutin kalo Pulau Komodo nangkring diposisi paling bawah dalam ajang pemilihan The New 7 Wonder kategori nature, tiba-tiba rasa sok nasionalis saya muncul.. Ngebuka situsnya di www.new7wonders.com pake internet dikantor pas jam istirahat, trus jeng jeng...iseng-iseng saya nge vote lagi..

Yak, lagi!.. pake email yang baru, soalnya dulu saya pernah ngevote tapi cuman sekali. Nah yang sekarang, saya ngajak juga temen-temen kantor pake email kantor mereka masing-masing buat ngevote juga.. caranya gampang koq, toh nggak bakal rugi juga.. Malahan keuntungannya kalo ternyata ntar Komodo memang ditunjuk jadi new 7 wonders alias keajaiban dunia terbaru, bisa dibayangkan kan aliran devisa akan masuk ke sektor pariwisata negeri kita?.. *berasa ngasih jawaban pertanyaan a la putri Indonesia banget*.

Oke, saya bilang gampang soalnya cuman ada 5 step saja.. buat yang belon tahu, pelajari nih baik-baik caranya :

Step 1
Jelas, kamu-kamu kudu masuk ke situsnya new 7 Wonders. Kalo bingung cara masuknya, elu deketin komputer.. nyalain dulu..tungguin booting-nya..dan yang penting : pastikan komputer itu terkoneksi dengan internet. Soalnya kalo nggak konek sama internet, ya sami mawon!. Udah booting, pilih internet explorer ato firefox ato google chrome ato opera ato apapun yang bisa buat masukin alamat situsnya.. lalu klik : www.new7wonders.com. Dari situ bakalan liat tampilan kayak gini nih

Step 2
Pilih tab new7wonders trus klik new7wonders for nature trus pilih vote!. Dari situ akan terbuka tampilan pilihan 28 wonders of nature kayak gini nih :


Nah, kalo udah gitu pilih 7 buah wonders yang tentu saja salah satunya adalah KOMODO. Pulau Komodo ini terletak di kolom kedua, nomer 7 dari atas.. pas banget nih angkanya bagus, nomor 7!!. klik duluan deh mendingan.. yang 6 wonders lainnya, pilih aja suka-suka kamu.. tapi sedikit tips nih : mendingan kalo milih 6 wonders yang lain sebaiknya beda-beda dan diacakadut.. alias jangan milih wonders yang udah terkenal, trus jangan milih yang nagkring di posisi 7 besar, sama satu lagi..kalo ngajak temen buat nge-vote : milih 6 wonders yang lain jangan sampe samaan.. ini tujuannya biar mecah nilai vote buat wonders yang lain.. asumsinya matematisnya gini :

10 orang milih 7 wonders : 10 x 7 = 70 vote
nilai tertinggi untuk masing-masing wonders adalah = 10 (asumsi 10 orang milih wonders sama semua).
Jadi kalo 10 orang tu ngevote buat komodo, maka Komodo akan mendapat 10 vote..
Sisa vote lain : 70-10 = 60.
Mendingan 60 vote ini dibagiin ke 27 pilihan wonders yang lain deh.. jadinya rata-rata tiap wonders cuman dapet 2 ato 3 kali vote.. gitu!!

Bingung??.. udaaah turutin aja kata saya. jangan milih yang samaan deh!

Step 3
Isi data-data kamu, alamat email plus password yang bisa kamu gunain untuk masuk ke situs ini.. ngisi verivication word, trus klik register. Inget ya, satu email cuman bisa buat satu kali vote. Jadi mendingan kalo punya banyak email gunain aja semuanya deh!!..

Step 4
Cek email kamu yang tadi kamu masukin. Disitu ntar kamu dikasih link, nah..link itu kamu klik aja. Langsung menuju ke situs New7wonders dan udah login otomatis. Oh iya, dengan login di situs ini kamu juga bisa iseng-iseng bikin campaign buat 7 things yang kamu concern. Apapun itu versi kamu.. misal nih mau bikin 7 orang tercakep sedunia trus kamu masukin nama kamu sendiri trus minta voting.. *ini saya ngasal*.. yaa coba aja deh di explore..

Step 5
Sering-sering aja buka situsnya untuk memantau rangking pilihan kita.. plus ajakin juga yang lain yaa, biar pada ngevote juga buat Komodo!.

gampang kan?.. awas yaa kalo nggak ikutan?.. *ngancem pake kemoceng!*

Ini tadi saya liat, rangking Komodo udah naik ke nomer 9. Ayooo... dukung lagi deh, biar naik lagi. Ajakin nyak babe, adik kakak, uda-uni, tetangga, sampe bencong kenalan... buat voting Pulau Komodo!.. sedikit berbakti buat negeri laah.. sebarin juga deh info ini ke yang lain..

terakhir, tagline saya buat kampanye ini adalah :

Saya aja bisa, Kamu?

Senin, 04 Oktober 2010

Anak Kos Dodol Return!

Doh, udah kayak sekuel superman binti superboy aja nih pake return return segala. Hahaa.. yak, jelas.. Im back to normal life.. alias kembali jadi anak kos dodol lagi. Gara-gara dari kamis lalu saya libur panjang, praktis hari senin ini saya harus menata ulang jam biologis saya lagi.. Ya maklum, empat hari libur adalah suatu kemewahan tersendiri buat pekerja lapangan kek saya.. langsung deh, merencanakan travelling ke pulau kapuk alias molor sepanjang waktu. Walhasil.. hari senin ini dibuka dengan kemalasan yang ruaarr binasaa..

Balik ke kos-kosan Poo setelah lebih dari 10 hari cabut ke Makassar, ternyata banyak temen kos yang kangen.. temen-temen blogger juga nih pada kangen.. hahaha.. buat yang belom sempat baca kisah-kisah anak kos dodol yang lain bisa ngintip di sini untuk versi pertama.. dan disini buat versi kedua.

Balik ke kosan lagi! pas begitu dateng, nyeret-nyeret koper menaiki tangga ke lantai 2, si penghuni kamar nomer 6 nanyain "baru balik mudik nih??". Saya mesam-mesem sambil mbatin, Gilaak.. enak banget mudik.. dan saya jawab aja "Gak, baru pulang dines... Makassar". Teteep..sebagai anak kos sejati yang suka gratisan dia trus nanyain mana oleh-olehnya... hahahaha.. saya ngakak, udah ketebak dari raut mukanya yang melas!. Sorry to say yaa.. oleh-olehnya buat ibu kos tersayang nih!.. Udah pada tahu kalo saya digosipin punya affair sama ibu kos.. bahkan temen kantor saya pada bilang gitu. Siaal..

Pasalnya, saya dituduh gitu gara-gara saya cerita ke temen-temen kantor (selanjutnya disebut TK) gini :

Saya : Duh, malem minggu kemaren di kos saya ditanyain sama ibu.. (induk semang.red)
TK : Ditanyain apa, Phe?
Saya : gini.. "Malem minggu nggak keluar jalan mas?"
TK : Trus elu jawab apaan?
Saya : Ya saya bilang kagaak.. kagak ada acara, di kosan aja
TK : Whahahahaa... *ngakak abis*

Saya nggak tau dia ngakak abis itu ngetawain saya gara-gara saya jomblo kaya Raja ato Chimenk ato gara-gara cara saya cerita yang jelas dia trus nyeletuk gini :

TK : Wah Phe, elu nggak peka sih!
Saya : Nggak peka gimana?
TK : Nggak peka kalo ibu kos pengen ngajakin elu jalan.. hahahahaaaa....
Saya : Sial!.. pantesan saya bayar kos-kosan dikasih murah..

*buat ibu kos.. maaf buuukkk ini kejadian beneran dikantor... jangan diambil ati yaa. Ibu cantiik deh (wink..wink sambil ngarep digratisin kosannya). (^_^)V

habis kejadian gitu, kalo tiap malem minggu saya selalu menghindari ketemu sama ibu kos. Selain biar nggak ditagih bayaran, juga biar nggak diajakin jalan. hahahahaha...

Ssst cukup.. semoga anak ibu kos nggak baca... ditimpuk pake abu gosok entar saya!.

Yep.. balik ke cerita anak kos dodol.. Di kos ini dikenal istilah dengan barang milik bersama.. Ya setrika, ya dispenser, ya ember, ya sikat., sapu, pel... semua yang disediain di luar itu dianggap konsensus sebagai milik bersama. Artinya, kalo make ya harus gantian.. nggak boleh berebutan. Nah karena saking keblingernya istilah barang bersama buat nyebut semua barang yang ada di luar kamar, pernah suatu ketika saya keilangan sandal tracker saya yang mahal tapi awet. *sombong banget sih*. gilaak.. dibawa kabur kemana ini?.. gara-gara sandal yang ilang itu, saya kemana-mana nyeker.. untung saya punya cadangan sandal hotel yang kadang sering saya bawa pulang kalo pas nginep-nginep. Satu hari dua hari.. betah banget sih yang ngebawa.. mana nggak tau pelakunya lagi. Sial!.. gini nih mentang-mentang barang milik bersama. Dan akhirnya, sendal itu balik setelah : DUA MINGGU!!!.. usut punya usut, saya nanya.. koq ini sendal bisa balik, ternyata... ada temen satu penghuni kos ini yang dulu pernah maen, minjem sendal.. pas maen lagi ke sini mbalikin lagi sendalnya. Dipikir itu sendal kagak ada yang make.. karena banyak sendal nganggur makanya diambil aja.. enaaak aaja.. sendal mahal saya diambil, untung dibalikin!.

gara-gara kejadian itu, sekarang apa-apa punya saya saya namain.. bahkan kaos, celana, kalo pas nyuci-nyuci trus ngejerengin di luar biar nggak diambil.. semua barang saya kasih nama.. kayak yang satu ini nih, biar nggak ilang kalo dijemur!


Coba tebak.. barang apaan tuh!. Yang jelas, barang ini bisa bantu buat nyalurin hobi saya buat ngeriting rambut.. cara makenya gini nih..



Dijamin.. seminggu make, langsung keriting!. hahahaa

Sabtu, 02 Oktober 2010

Kebiasaan Ngutil di Pesawat

-Everything you do, do it with style!-
(Rachael Ray)

Ini artikel tentang ngutil yaa.. bukang ngupill.. walaupun keduanya sama-sama menyebalkan bagi orang yang ngeliat, tapi dua hal tersebut beda rasanya!. Kalo ngupil, asin rasanya.. kalo ngutil asyik rasanya. Buat yang ngangguk-angguk, berarti setuju dengan saya bahwa rasa upil itu asin, dan buat yang enggak percaya boleh koq dicobain.. gratis!.

Ngutil?..Asyik?.. enggak salah tuh?.. yaa minimal buat saya, ngutil sesuatu itu termasuk asyik.. bahkan salah satu hobi saya. Tapi eits tunggu dulu, sebelum nasi menjadi bubur atau sebelum pagi menjadi senja *opo tooh?*, saya akan jelaskan lebih detail tentang hobi ngutil saya ini. Ingat yaa, ini ngutil..bukan ngupil!!.. see?.. one alphabet, makes different meaning.

Kebiasaan ngutil ini sebenarnya dulu pernah saya tuangkan dalam tulisan-tulisan awal saya di blog ini.. ngebaca lagi tulisan itu, bikin ngakak haha hihi.. bukan karena artikelnya yang lucu.. tapi karena bahasa saya yang masih formil abis.. "Like and Dont Like" Saat Naik Pesawat tersebut mencantumkan kebiasaan favorit saya nomor lima : Koleksi Majalah Gratisan. daaan ini hasil perbuatan ngutil saya..


Salah satu layanan yang diberikan oleh armada penerbangan yang sering saya tumpangi ini adalah menyediakan bacaan gratis. Karena tertulis : your personal copy, saya mengasumsikan bahwa majalah ini dibagiin gratis kepada pengunjung. Yaa.. sering saya dibilangin sama temen-temen : ngawur kamu ngambilin majalah di pesawat. Dalih saya sih, ini kan bukan inflight magazine!.. yang berarti, hanya untuk dibacca dalam pesawat. Sah-sah aja doonk bawa pulang. Toh gratis ini.. Saya menganggap sih mereka cuman pengen aja tapi nggak punya keberanian buat ngambil.. hahaha..

Saking gemarnya saya koleksi majalah gratisan pesawat, bahkan saya punya koleksi tiap bulannya.. Kalo pas ternyata saya nggak kebagian jatah terbang dalam bulan tertentu misalnya, biasanya saya bela-belain nitip sama temen-temen saya yang pada terbang juga. Biarin, yang dititipin juga mau koq.. Lalu, apa yang menyebabkan saya sebegitunya sampe ngebela-belain nitip.. pertama : Saya suka baca!. Kedua, majalah yang disajikan oleh maskapai ini sangat sangat berkualitas. Artinya, nggak cuman asal bikin tapi bener-bener menghadirkan artikel-artikel berkualitas tinggi. Banyak disertai foto yang memiliki taste yang tinggi, plus.. informasi tentang travelling baik di dalam ato luar negerinya sangat menginspirasi. Bahkan dikasih jadwal-jadwal event tertentu per bulan loh!.. Ketiga, semua halaman majalah ini berwarna!. Saya berani bilang sekelas majalah National Geographic gitu deh, baik segi ketebalan maupun formatnya. Lalu, apa saya salah kalo ngutil sesuatu yang berkualitas?. Sesuai dengan kalimat di atas, saya ngutip kalimatnya Rachael Ray yang jago masak : apapun yang kamu lakukan, lakukan dengan gaya.. yaa.. ini hobi ngutil saya. Tapi apa yang saya kutil (KUTIIL??..penyakit kalee) adalah sesuatu yang benar-benar layak buat koleksi..


Pelakunya tertangkap kamera..sedang mengutil
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...