Senin, 03 Januari 2011

Ayam Goreng Ninit, Ayam Goreng Klangenan

Sulit untuk menemukan padanan kata klangenan dalam bahasa indonesia. Dibilang Nostalgia, enggak juga.. intinya sih klangenan adalah sesuatu hal yang bisa membuat kangen. Salah satu klangenan di Jogja adalah Ayam Goreng Ninit.

Banyak yang tak heran kalau Jogja memang penghasil legenda ayam goreng. Sebut saja merek-merek legendaris yang udah terkenal dari Jogja, kayak Ayam Goreng Ny. Suharti, Ayam Goreng Mbok Berek, Ayam Goreng Bu Tini, dan salah satunya ayam Goreng Ninit. Saya tidak tahu persis kapan berdirinya warung makan yang bertempat di Jalan C. Simanjuntak, belakang SMA N 6 Yogya ini. Yang jelas, warung makan Ninit ini adalah langganan saya sejak saya masuk kuliah.

Gimana enggak?.. tiap kali berangkat kuliah dan pulang, Sangat sering saya lewat di depan warungnya. Bahkan, perayaan kelulusan wisuda bareng keluarga saya dulu makan-makannya juga di warung Ninit ini. Makanya kenapa saya sebut ayam goreng Ninit sebagai ayam goreng klangenan.. ayam gorengnya emang ngangenin sih.


Ada banyak yang membedakan ayam goreng Ninit dengan yang lain. Pertama, ayam gorengnya adalah ayam presto. Daging, bahkan sampai tulang-tulangnya empuk. Renyah, bisa dimakan. Mungkin hanya tulang utamanya saja yang masih agak keras, tapi tetep bisa dikunyah. Rasanya gurih, tidak berbeda semenjak saya makan pertama kalinya dulu.

Kedua, tentang nasinya.. Disini dikasih free bakulan. Artinya dikasih sebakul nasi, boleh nambah asal di bakul itu masih ada. Ketika jaman saya mahasiswa dulu, tentu aja hal ini yang paling banyak dicari.. makan enak, banyak, dan murah!. Ada cerita lucu tentang nasi Ninit ini semasa saya kuliah.. karena pernah nyobain rame-rame dateng berlima sama sahabat-sahabat saya ke warung makan ini, ternyata dikasih 2 bakul nasi. 2 bakul penuh itu ternyata kurang memenuhi hasrat perut kita-kita.. usut punya usut, ketika dateng sendiri.. biasanya dikasih nasinya sebakul, dan banyak.. Belajar dari situ, kalo mau ke Ninit rame-rame, biasanya datengnya mengalir..satu-satu.. jadi setiap orang dapet nasinya banyak. hihhi curang yaah.. namanya juga jaman mahasiswa. Ngirit is number one!

Yang jadi klangenan ketiga, dan nggak banyak dimiliki warung makan lain adalah sambalnya. Sambal Ninit ini sangat terkenal. Bukan rasanya, tapi gara-gara bentuknya yang super encer. Lebih pantas disebut sebagai jus cabe atau kuah cabe, daripada disebut sebagai sambal. Dan sambal encer ini disediakan di dalam botol-botol saos.. coba lihat foto di pojokan itu. Nah, sambal ini rasanya enggak pedas. Hmm.. nggak bisa dideskripsikan sih, yang jelas enak. Nasi kuah sambal aja udah enak, apalagi nasinya disajikan selalu panas.. Kalo enggak suka sama sambal yang bentuk kayak gini, sebenernya Ninit pinter juga.. mereka juga jualan sambal per porsi yang diuleg.. macem sambal bajak, sambal bawang, sambal tomat..

Terakhir.. bila dibandingkan sama banyak ayam goreng, harganya termasuk merakyat. Emang sih, pas saya kesana kemarin udah naik harganya.. kalo dulu saya makan seporsi ayam, sebakul nasi, sama es teh biasanya habis sekitar 8500 rupiah.. kemarin, saya makan seporsi ayam, nasi, es jeruk, plus sepotong mendoan habis 11000 rupiah aja. Masih murah banget kan?. Sebenernya enggak jual ayam aja sih warung Ninit ini, ada masakan rumahan lainnya macam sayur asem, kangkung, tahu tempe, ikan dan lain-lain. Bahkan kalo malem, Ninit juga jualan nasi goreng sama mie goreng.

Yang jelas.. Ayam Goreng Ninit emang ngangenin.. sekarang, atau nanti!.

39 komentar:

Fajar mengatakan...

wah jarang rono je om..ntar dach tak melu njajal...ngicipi...

Dwi mengatakan...

jadi puengiin..saya juga suka ayam goreng,, tapi kalo ayam goreng Ninit belom pernah nyobain,,

Gaphe mengatakan...

#Fajar.. humm emang kudu njajal deh :D

#Dwi.. iya makanya kalo ke Jogja, sempetin nyoba yak!

catatan kecilku mengatakan...

Wah rugi aku, selama aku di yogya dulu kok gak pernah ke Ninit ya..?
Kapan2 kalau aku ke Yogya jangan lupa traktir aku ke Ninit ya..? hahaha *ogahrugi.com*

the others.... mengatakan...

Kalau sambelnya gak pedas sih, pasti suamiku mau kuajak makan kesana.
Jadi pengen buru2 ke yogya lagi utk makan di Ninit...!
*ngiler.com*

-rif mengatakan...

Jadi pengen nyobain. Di jakarta ada ga?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah wah...jadi pengen nih..kalo saya ke sana, mau coba akh...

Gaphe mengatakan...

#Semuanya... wahahah..kualat saya posting kayak beginian, bikin mupeng semuaa.. hayoo yang mau ke jogja silakan silakaan... hehehe

Inge / CyberDreamer mengatakan...

jian... mampir malem2 kesini bikin nelen ludah doank nie.... >.< untung tadi udah mam >.<

zenma mengatakan...

kapan kapan mbok aku ditraktir ke ayam goreng ninit mas... (ngarep.com) :D

Gaphe mengatakan...

#Inge.. jangan nelen ludah doank nge.. sekali-kali nelen laptop gitu.. agak modal dikit :P

#ZenMa.. lah kowe gak tau ketemu aku Zen.. heheh.. Eh, kemaren pulang ketemu Rizka Bahar sama Pugo loo di SMA.

noersam mengatakan...

maknyusss

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

murah banget ya?! hwaaa >.<

pengen nyobain, kayaknya masalah kuliner gini Gaphe lebih banyak tahu ...bisa tuh ikutan pak Bondan Winarno :D

Azhia mengatakan...

wow...ayam goreng. haha...pertama liyat judul udah gempa aja nih perut...eh di solo juga segitu kok harganya....relatif lah....tapi kalo buat kantong mahasiswa, terutama aku...hh pemborosan kalo tiap hari kesitu....but...ayam is the best por eper....hahahahaha....kapan2 kesitu ahhhhh ....

ivan_theoptimusprime mengatakan...

eh, sakjane artine klangenan kie opo tho??
kok aq maleh bingung??

r10 mengatakan...

ayam greng Ninit murah yah... lebih murah dari CFC paket 10 ribu tapi ayamnya kecil banget +_+

ReBorn mengatakan...

gue yang belom tau aja udah kangen ini... :p
ah, tak sabar aku ke jogja... :)

Noeel-Loebis mengatakan...

thanks nih bang buat masukannya. Kelak kalo ke jogja, gw bakal inget buat datengin nih tempat. Ayam goreng ninit.

#ngiler.com

:p

nita mengatakan...

Kayanya patut dicoba murah soalnya he..he.. kalo dijakarta sebenarnya juga ada ayam goreng presto didaerah rawasari tapi untuk ayamnya tok Rp.12.000- blm termasuk nasi,tempe dan es jeruk, jadi total bisa Rp.20.000-an :)

Rawins mengatakan...

belom pernah dab. langganan di bu tini doang. kalo suharti wegah, larang.

eh, lama-lama iso nyaingi butet ki posting kuliner terus.

TUKANG CoLoNG mengatakan...

bersahabat dengan anak kos. :)

rahma mengatakan...

wahaaa murahnyooo..
boleh deeh dicoba besok, beneran jadi kangen jogja ini ~~

Ian De Ragazzo mengatakan...

Oh no! i came at wrong time..
begitu liat gambarnya langsung tawuran cacing perutku.. ><
glek O_o"

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
hehehe jadi pingin nich ayang goreng hehehe maaf telat dah dah saya follow

Gaphe mengatakan...

#Noersam.. kalo bahasa saya : Yumilah Yumiwati

#Ajeng.. eerr.. ge er saya kalo dibilang banyak tau.. enggak juga ah, saya cuman seneng nyari tempat makan enak koq.

#Azhia.. hehe.. emang pmborosan kalo tiap hari... makanya ganti-ganti menunya.. sehari makan enak, sehari mie instan..

#Ivan.. lah, klangenan itu yaa yang membuat kangen

#r10.. ya jangan dibandingin laah.. tempatnya aja beda

#Raja.. makanya Ja, ke Jogja gih..tar kalo ketemu saya di JOgja saya beliin dah.. pake duit kamu tapi

#Noel.. siip sama-sama.. emang sengaja ngasih referensi koq.

#Nita.. iya, kalo ke Jogja kudu dicobain

#Rawins.. wah, nek aku mah tetep bu Tini wae..seneng manisnya.

#Tukang Colong..bersahabat Juga dengan Tukang coloong :P

#Rahma.. hehe.. murah yak?.. kalo mau lebih murah alias gratis, kawin aja sama anaknya yang punya :P

#Ian..heran saya, pengen tahu bentuk cacing tawuran tuh kayak apa

#Dhana.. gyahaha... telepon delivery deh kalo laper :D. Makasih dah mampir & Follow

richoyul mengatakan...

dulu pas tinggal d jogja belom tau tuh tempat, belom pernah nyoba jadine... di paketin sini aja bro :)

bluethunderheart mengatakan...

kapan kapan ajak blue kesana bang.heheh
salam hangat dari blue

berpikir positif mengatakan...

malam-malam berkunjung kesini jadi lapar banget baca artikelnya, sob mana istri lagi sakit kayaknya mesti keluar rumah nih cari warung soalnya belum ada delivery disini

Gaphe mengatakan...

#Bluethunderheart.. yok, saya ajak.. ke jogja dulu tapinya.. heheh.. ngajakin tanpa bayarin lo yaa :P

#berpikir positif... wah, sorry kalo malah menyengsarakan..hehehee.. buruan telpon delivery deh :D

rumah ide mengatakan...

whuaaaaaaaa.....ane jadi kangen ayam goreng ninit....huhuhuhu...

IbuDzakyFai mengatakan...

Ngiler..enak yach, menu yang harus dicoba pas ke Yogya nich

Rchymera mengatakan...

Wach jadi ngiler and laper nich sobat lihat menu ayam gorengnya,rasanya pasti bnr2 ngangenin tuch hehehe...:D

Klo saya pernah makan cuma diwarungnya mbik berek diwaktu study tour masa sekolah dulu xixixi...:D

sikucingbi mengatakan...

Wah jadi lapar.... :)
Kapan-kapan coba ah... :D

Ian De Ragazzo mengatakan...

@bang gaphe wkwkwk..
Cacing perut tawuran gak kalah heboh sma mhasiswa bang.. dah gtu sma2 mnyengsarakan.. hehehe ^^
bayangin aja mahasiswa tawuran.. lalu ganti mhasiswanya dngan cacing.. byangkan tawurannya didalam perut.. rasakan dampaknya *lapar..
kebayang gak tuh? haha ^^

Meutia Halida Khairani mengatakan...

wah,saya aja baru tau kalo legenda ayam goreng itu dari jogja..
muraaah 11rb.. di jakarta mana ada se komplit itu dan harga semurah itu..

WONG SIKAMPUH ngoceh mengatakan...

Wah ini dia warung makan yg bnyk di cari..Ntar aq mau maen ke jogja sekalian makan di situ.Tp km yg bayarin ya he..,He...

Elsa mengatakan...

sambelnya gimana???

mak nyus gak????

tiwi mengatakan...

gleekk slurp...ngintip blog kok isinya makanan melulu, jd ngiler khan...hehhehe, blh dung sekali2 dikirim 1 porsi..xixiix

Anonim mengatakan...

udah ada di magelang sejak dulu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...