Kamis, 27 Januari 2011

Kangen Koreaaa !!!

Rasa kangen Korea tiba-tiba menyeruak ketika mendapati salah satu foto saya di tag di facebook oleh teman saya. Sebuah foto lama bersama sahabat-sahabat baru saya dulu dari Korea. Trus, law of attraction bekerja.. tak berapa lama kemudian, salah satu sahabat Korea saya SMS begini..

"Yogaaa!!... Im Jung Yoon!. Long time no see :D. How R U?"

Saya bales :
"Yeaah.. I Still remember U, I really miss u. Im Greaat, How R U?"

Dia jawab lagi :
"Yep, What R U Doing these day? Wont U go to Korea?.. I Miss All Of You"

Saya bales lagi.. berhubung lagi sibuk banget kerja, nggak sempet SMSan lama.. saya sudahi saja.

"Sooorrryy... Im still working rite now!, i really want too.. I wish i could.. im lil bit busy, today.. soorry"


Sudah.. Gara-gara SMS itu, saya lalu buka-buka lagi album foto kenangan. nemu foto ini :
coba tebak?!.. ini foto di mana hayo?..Gak tau sama sekali ato gak ada clue?
Oke, saya kasih pilihan : Mount Jeju... Mount Sorak... atau Mount Baitou (Paektu)??

Apa hayo?
hihihi... nggak ada yang bener jawabnya.. lha wong itu foto di Ketep, depan Gunung Merapi di Jawa Tengah jauh sebelum meletus kemarin..

Dari judul plus foto diatas itu saya kasih liat, tujuannya biar nyangka kalo saya pernah ke Korea. Yeaah, I wish i really could. Korea menjadi salah satu impian negara yang pengen saya sambangi. Kedatangan sepuluh sahabat-sahabat baru dari Seoul Women University (SWU) dalam rangka hosting di Universitas tempat saya kuliah dua tahun lalu membuat saya bener-bener ingin mengunjungi Korea.

Pertama kenal mereka, namanya susah-susah.. Jangankan bisa hapal, mukanya mereka aja mirip semua satu sama lain.. Ada Yun Jo, Jung Yoon, A Lim, Po Geun, Tae Yon, Kim Sung Ha, Chang Mi Hwa, Kim Jin, Yeong Jin, Ji Hye.. mampus lo ngapalinnya kek mana.. Jadilah, tiga hari bareng mereka kemana-mana kudu bawa name tag biar hapal namanya.

Program hosting ini emang rutin dilakuin oleh SWU sama UGM tiap tahunnya, intinya sih biar Orang Korea ini belajar tentang budaya Indonesia.. khususnya Jogjakarta. Selama dua minggu mereka berada di Dormitory kampus, dengan saya dan empat orang mahasiswa UGM lain dari berbagai jurusan sebagai host. Kami berlima terpilih lewat seleksi, jadi emang mensyaratkan bisa bahasa inggris supaya bisa guiding mereka-mereka jalan-jalan muter kota Jogja buat mengenal orang dan budaya Indonesia.


Asyik sih.. mulai dari ngajarin main gamelan, ngajarin membatik, mengenalkan macem-macem makanan khas Indonesia.. sate ayam, nasi goreng, kerupuk... sekaligus tuker-tukeran bahasa. Mereka ngajarin bahasa Korea, kami ngajarin bahasa Indonesia. Belom lagi ke tempat-tempat budaya dan iconic seperti di Borobudur, Prambanan, Keraton Jogja, Malioboro.. diajakin ke mal juga, Mampir Merapi dan agrowisata, Parangtritis, dan banyak tempat lain. Puncaknya pas Cultural Night, dimana masing-masing perwakilan mempertunjukkan budaya masing-masing.

Dari program ini membuka mata saya tentang kebiasaan, adat dan bagaimana cara orang Korea bersahabat dengan yang lain. Ada banyak hal lucu yang saya temuin sih, misal mereka tuh ternyata jaraang banget mandi. Sehari sekali, itupun menjelang tidur.. makanya baunya kayak kim chi. Ups... hehehe semoga kalo mereka baca tulisan ini nggak langsung diterjemahin pake google translator. Tapi herannya mereka mulus-mulus, cantik-cantik.. Putih juga.. Trus, mereka juga kadang nggak bisa makan kalo nggak pake sambel khas Korea (Ko Chu Jang).. mereka bawa sachetan gitu, dan ketika saya nyoba rasanya.. HUEEEEEKKK... bukan lidah saya banget.

Foto bareng si Cantik Kim Sung Ha, kalo di Indonesia udah jadi model tuh barangkali... Para Cowok, Jangan Ngiri Yaaa!!!

Saya juga belajar tentang betapa mereka sangat bangga terhadap produk buatan Korea. Sebut saja Samsung (cara baca yang bener versi Korea dibaca "SemSang"). Semua barang elektronik yang mereka bawa merknya Samsung, ya hape ya kamera.. Saya juga liat hape dan kamera mereka tuh nggak ada di Indonesia.. Belom lagi pas naik bus trans Jogja, Bis yang dipake tuh ternyata mereknya Hyundai (Bacanya "Yande"). Jelas aja mereka langsung ngebanggain itu.. eh, tiba-tiba bus itu di tengah jalan mogok.. jadilah giliran kita yang ngejek-ngejek mereka.. Busnya gampang rusak.. Dasarnya mereka pinter ngeles, dibilang : Aahh.. ini bis bajakan. Indonesia kan banyak bajakannya.. hahaha *glek, serasa ditampar.

Aah.. keinget itu semua saya jadi pengen banget pergi ke Korea. Sepertinya saya harus tetap bermimpi kesana, siapa tahu beberapa bulan lagi memang ada kesempatan untuk ke Korea.. Yes, I Wish.. Setidaknya, saya udah punya sahabat-sahabat yang nanti akan gantian guiding saya di Korea..

55 komentar:

joe mengatakan...

wah salam dong buat kim sung ha ....

John Terro mengatakan...

gila ... gue kalah
gue udah menikmati tapi ga pernah LIVE kayak om nih

Gaphe mengatakan...

#Joe.. Waalaikum salam katanya :D

#John.. hahaha.. ini mah live, bisa ngobrol anyeong haseo juga mah!

rezkaocta mengatakan...

amiin..mg bs k k0rea ny,

kalo ksana,ajak2 ya.hehe

Gaphe mengatakan...

#Rezkaocta... iyee.. saya ajakin plus minta bayarin koq.. tenaang! :D

Ellious Grinsant mengatakan...

Hahaha... saya mah ke korea nanti suatu saat... pas pengen operasi plastik, wuakakakakak...

btw, link blog dirimu sudah saya pasang di blog saya ya, teman. I hope you do the same... : )

biskut mengatakan...

ya cantik banget itu kim sung ha phe...kenalin donk.haha...

terus kamu juga pake batik bawa mereka jalan-jalan serata indonesia.Pasti sangat hepi ya kan...

dunia kecil indi mengatakan...

hahaha, lucky you! aku doain deh kamu bs beneran ke korea someday :)

-rif mengatakan...

Ga, gmn rasanya poto bareng cewek cantik kayak kim sung ha? gemeteran ga? =p

Huda Tula mengatakan...

loh? iya po? mereka jarang mandi? hahahahah....

Gaphe mengatakan...

@ellious.. nanti kalo jaringanya oke saya pasang linknya deh.. maklum, ini lagi lemot cm bisa update doank..
@biskut.. hihihi.. iya pake batik aseli indonesia..
@indi.. amien..amien... thanks ndi..
@mb rifka... biasa aja tuh mbak, pantes kaan cowok ganteng bersanding ma cewek cantik?.. sayang, die dah punya pacar..seleranya bule..

f4dLy :) mengatakan...

teruslah bermimpi sobat karea impian itu adalah suatu semangat yang akan berikan kejutan indah untukmu
mampir ya di blogku

http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

Ami mengatakan...

Law of attraction itu memang ajaib. Aku menggabungkan Law of attraction dengan compac disc gelombang alpha dari Quantum Ikhlas.

Moga-moga kesampaian bisa ke Korea...

Denuzz BURUNG HANTU mengatakan...

Wih enak ya dikerumini sama 10 cewek korea... :D
Jadi iri seiri-irinya nih...!!!

Btw, gak ada ya yang namanya Park Ji Sung atau Park Chou Yong???

Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

tiwi mengatakan...

senengnya....ya ak doain spy bisa ke Korea, jgn lupa oleh2nya ya...heehehe

Noeel-Loebis mengatakan...

kapan yah saya bisa punya temen orang asing??

ngiri mas sama sampeyan....

hehheehee

Todi saja mengatakan...

seleranya Korea ya kang? calonnya jangan2 orang korea juga tuh :p

catatan kecilku mengatakan...

Emang cantik2 dan mukanya mirip2 banget ya..? Aku sendiri pasti juga akan kesulitan membedakan mereka kalau ketemu.

the other mengatakan...

Emang mau ke Korea..? Jangan lupa ajak2 aku ya..? hehehe

Place to Study mengatakan...

Om... teman dari Korea-nya banyak ya..?

Adi Chimenk mengatakan...

kemajuan neh foto bareng cewek cantik..:p

Hariyanti Sukma mengatakan...

yg dikangen sebenarnya cewek cantik yg disebelah khan ..???!!!???

Ferdinand mengatakan...

Setelah baca sampe abis... mendadak speechless gw haha... jadi tambah semangat dan tambah pengen ke KOrea haha... gak tau kpn tapi gw pasti kesana :P negara yg paling pengen gw liat haha... :P

Oiya Brow, nie komentarnya knp sih? tiap koment koQ 404 mulu, mesti 3-4 kali baru beres????

hoedz mengatakan...

saya bisa lho lagu korea .

saranghae saranghae sesang nuguboda deo
neo hanaman isseojumyeon naneun haengbokhae
sesange sesange gajang bitnaneun saram
haneuri jun ojik han saram

hahahaha .. lagu favorit saya .. facebooknya Kim Sung Ha ada gak Yog .. ?
hihihihihi ..

sansun mengatakan...

keren..tuh mas skrng dah jalan blm k korea...kenalin ane sansun

IbuDzakyFai mengatakan...

Kim Sung ha Cantik..cocok bgt dech xi xi xi

TUKANG CoLoNG mengatakan...

mimpi apa kamu bro bisa deket banget ama cewek korea gt.. *ngiri

Thomas mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Thomas mengatakan...

Korea kayak apa ya??belum pernah kesana

ReBorn mengatakan...

nocan nya dia dong phe... buahahahaha. ayolah bantuin temenmu yang jomblo nan tampan ini.

lagi, ini kunjungan basbisbus aja. engga, gue ga kangen. hih, situ ok? :p

@helgaindra mengatakan...

aaa jadi iri ngebaca tulisan abang
enak yah bisa kepilih buat nemenin mahasiswa korea

ah andai saya bisa fasih berbahasa inggris

Hamadzi mengatakan...

hmm..
kayaknya nanti sya harus masuk UGM nih.. :D

kok namanya yg ada marga cmn 2 org sih?(cuman Kim Sung Ha n Chang Mi Hwa) :/

Kim chi tu enak loh..
pas pertama aja rasanya aneh.. lama2 enak jg.. ^^

ah.. irinyaaaa

YeN mengatakan...

Huwiii..enaknyo punya temen orang korea..!! >.<

ngomong2 pengen ikutan ke korea juga nih, tapi tetep negara impian ku Jepang.hehehe :p

Meutia Halida Khairani mengatakan...

cantik bgt ya cewek2nya.. beneran deh, kirain lagi di korea. kemaren saya nanya2 ngurusin visa ke korea susah bgt. harus ada tabungan sejumlah sekian lah.. ah ribet. tp pengen kesana. taun ini pengen backpackeran kesana tp kalo duit mencukupi.

.:diah:. mengatakan...

yaaayy, hebaatt.. lulus seleksi jadi guide nya cewek2 Korea gitu, pasti yg lain pada ngiri ya wktu itu.. hehehh :p

ayoo Gaphe, gantian kunjungi mereka dsana :)

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

wah jadipengen ke korea :D

Lozz Akbar mengatakan...

hahaha jadi inget fotoku yang bareng cewek dari Tiongkok 'n banyak yang ngira dia pacar saya..

tapi Kim Sung Ha asli mengkilat loh.. nitip salam bisa enggak yo hehe

Elsa mengatakan...

wuih wuih wuih...
langsung pada iri semua sama foto itu ya..
emang tuh cewek cantik banget yaa

rahma mengatakan...

hedaaann. keren bang! gw doain dah kesampean ke koreanya :D

Manajemen Emosi mengatakan...

waaaaaaaaaaah ayune foto cewek korea tu mas,,,,ngiri aku

Dees mengatakan...

waaaahhhh orang korea emang cantik2 yaaa hehehehehehehehehe

merry go round mengatakan...

Nabuuung suapaya bisa berangkat. Airasia kan udah murah banget kesana, trus akomodasi juga bisa ngandelin mereka lagi. Aahh enaknya.

Gaphe mengatakan...

@All.. Thank You komentar2nya.. amiien..amieen..semoga doanya membantu saya untuk bisa ke Korea. hehehe...

maaf nggak bisa ngebales satu-satu komentarnya... ditunggu kunjungan balasannya aja yaa..

*nasib internetan dua hari sekali itupun kalo jaringan mendukung*

secangkir teh dan sekerat roti mengatakan...

jiaah.. !
temenannya sama cewe mata sipit. :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

jarang mandi? waduuh, gak kukuh deh. biarpun cantik juga. hehee...

ToM kuU mengatakan...

ahahahahhaa... seru2... klo dulu malah TK yang perannya jadi mahasiswa2 pertukaran itu.. dulu TK waktu di China juga di guide-in gt sama temen2... dan klo makan pun harus pake sambel khas indonesia.. TK bawa sachetan... hahahahahaha....

btw orang2 korea kan tukan minum... malem2 mereka nyari beer gak???

btw si Sung Ha cantikk yha!!! ^^

aaah TK juga jadi pengen ke Korea....

Eh btw klo TK ke Jogja.. mau dong di tour guide man bang Gaphe ^^

Gaphe mengatakan...

#KakVe Santi.. biariin.. daripada sama cowok-cowok kemayu, ntar dibilang maho lagi.. hahaha

#Mbak fanny.. tapi tetep cantik kan mbaak?..

#TomKuu.. seneng ya Tom, bisa ke China.. Iya, mereka kalo malem nyari beer.. saya bilang aja dijogja jarang yang jual plus alasannya.. mereka maklum sih.
mau ke Jogja?.. kabar2in aja, siapa tau saya pas pulang.

John Terro mengatakan...

tunggu saja pembalasanku ... haha
tapi kapan yah bisa terealisasi #instingpesimis
kalo rencana pengen punya cewek Jepang atau Korea sih ada
tapi, yang mau sama aku ada ga yah??? :D

Gaphe mengatakan...

#John... Curhat neeh??

seratusdua mengatakan...

ane juga pengen ke korea, ya soalnya kalo ane lewat di jalan ada tulisan"kerja di korea gaji 16 juta per bulan" entah bener apa ndak itu..
salam ye buat cewek-cewek cantik dari korea..

r10 mengatakan...

namanya mirip mirip, baru terasa saat kita berhadapan langsung dgn mereka (orang korea)

*sedih diledek orang korea, indonesia banyak bajakannya

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Ikut ya Phe kalau ke Korea :)

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

oh, gitu toh ceritanya..
kirain beneran pernah ke korea... :p

Bayu Hidayat mengatakan...

halo bro. kenapa ngak di gaet aja satu bangau ling ling nya. hihi kan lumayan siapa tau di ajak ke korea. uhuiii

cho mengatakan...

diliat dari postingan belakangan, kayaknya mimpi lu tetep belum kesampaian y, phe? hahaha, gud lak! gw juga pengen kapan2 maen ke sana. siapa tahu ketemu sama kim bum. kkkk.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...