Sabtu, 29 Januari 2011

Sabtu : Saatnya Merawat Motor

Buat saya, motor adalah salah satu kebutuhan primer. Betapa tidak, setiap hari saya berangkat ngantor selalu butuh motor. Banyak yang bilang manja, kenapa nggak naik angkot aja.. lebih deket, ngirit polusi lagi. Atau lebih ekstrim buat ngurangin polusi disaranin jalan kaki aja, lebih sehat..

Hemm.. Buat saya, naik motor jatuhnya lebih hemat daripada dua hal itu. Sekali ngangkot, dari kos saya ke kantor saya harus ngeluarin duit minim 2500. Kalo PP berarti 5000. Sebulan.. kalikan aja sama hari kerja. Belon kalo mau kemana-mana setelah ngantor, misal kayak cari makan.. butuh biaya lagi kan. Nggak cuman itu sih, angkot di Surabaya yang lazimnya disebut Lyn (baca : len) keseringan lama banget lewatnya. Jalannya pelan kayak keong lari sambil cari penumpang, ato kalo nggak ngetemnya lama. Waktu yang bisa ditempuh naik motor sekitar 5 menit, bisa jadi molor sampe 15 menitan sama kayak jalan kaki dari kos ke kantor.

Lalu, kalo sama-sama 15 menit kenapa nggak jalan kaki?. Sebulan pertama saya di kantor, saya emang jalan kaki. Tapi, nyampe kantor keringetan abis.. baju basah semua. Belon lagi, di kantor saya restroomnya kering, nggak ada shower buat mandi. Jadi dulu saya ngakali pake kaos dulu pas berangkat, begitu nyampe.. baru ganti baju. Masalahnya adalah saya tipikal orang yang nggak suka ribet. Lagian, kaos basah oleh keringat itu ujung-ujungnya bakalan bau kalo disimpen seharian di dalem tas.. kalo saya tiap hari nyuci, jelas pasti ngabisin banyak deterjen dan aer kan?.. nggak ramah lingkungan juga ujungnya.

Jadi.. koq malah ngomong kemana-mana??.. intinya sih, motor buat saya adalah pilihan yang sampai sekarang ini paling tepat untuk mengakomodasinya. Berhubung motor saya tuh tipikal motor sport (motor cowok) yang gede, kadang emang butuh perawatan yang nggak biasa. Hemm, hari dan jam kerja saya nggak memungkinkan untuk melakukan perawatan motor. Berangkat menjelang siang, dan pulang menjelang malam. Jadinya, cuman punya waktu aja pas hari libur yaitu sabtu ato minggu kayak sekarang.

Sebulan sekali kudu masuk bengkel minimal buat servis sama ganti oli. Dasarnya emang motor sport tuh banyak yang perlu dicek, makanya biaya servisnya juga jatuhnya lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek ato skutik. Selisihnya bisa sampe 10-15 ribuan untuk biaya servis. Untuk setting-setting juga kena biaya tambahan, misal setel rantai, ngebenerin rem, kopling. Buat servis sama ganti oli ini sih emang dah dianggarkan per bulannya.

Biasanya juga setelah diservis kan motor kotor banget, kena sisa-sisa oli ato bensin. Makanya, tadi sepulang servis langsung masuk ke londrean. Jangan dibayangin tuh motor dimasukin mesin cuci yaah, karena londrean ini khusus buat cuci motor. Cuman bayar 8000 aja, motor udah bersih dicuci plus dipoles. Jadinya koncling deeh..

seger abis mandii.. tinggal dipoles..

Saya inget kata temen cewek saya, kalo motor tuh juga harus dirawat kek kita ngerawat diri. Kalo nggak dirawat, motor juga bisa ngambek loh. Saya pernah membuktikan hal ini, dua bulan bahkan sampe tiga bulan motor saya nggak saya servisin. Selain karena pas sibuk nggak ada waktu, cuacanya juga sering ujan. Jadi kalo dicuci, jatuhnya entar kotor lagi.. Entah kenapa, setelah itu motor saya jadi sering banget jatuh. Nggak cuman emang saya-nya yang lagi ilang konsentrasi, atau kesalahan teknis belokin lupa angkat sandaran, ato hal-hal lain yang sebenernya nggak penting.. Pas saya bilang ke temen saya, dia cuman bilang : dah berapa lama nggak kamu servis??.. Pantesaan.. motor juga punya perasaan ternyata. Nah, makanya.. kalo punya motor dirawat yang bener. Butuh biaya, waktu, dan tenaga sih.. tapi setidaknya itu wujud syukur karena masih dikasih kesempatan buat naik motor kemana-mana. Tul nggak?.

Oh iya, dapet award kemarin dari Tom Kuu.. Awardnya lucuu... bikin ngiler, ada chocolate muffin-nya. TK tau banget kalo saya suka makan, makanya award di bawah ini didedikasikan buat saya si tukang makan. TK nitip pesen, kalo dia pengen banget kenalan sama temen-temen blogger lainnya. Kalo mau berkunjung ke blognya TK, sok atuh.. blognya asik. Banyak gambar2 desainnya.. maklum, dia pinter banget kalo urusan edit mengedit foto pake photoshop. Pengen deh kapan-kapan foto saya dieditin sama TK.

Friends Award




51 komentar:

Ami mengatakan...

Kapan-kapan kalo ke Surabaya ngojek sama Gaphe aja yah Apalagi kalo ada kopdar... Hehehe

Gaphe mengatakan...

#Ami.. Yaa nggak apa2 deh, asal bayarannya cocok.. hihihi.. tukang ojeknya kan ganteeng -.-''

biskut mengatakan...

Phe,motor kamu tuh bisa buat race ape ngga..?

motor meski kecil tapi keperluannya besar ya kan..sangat memudahkan apalagi saat traffic jam.mudah ke mana-mana..servisnya juga mudah.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

emang kalo gak ada kendaraan pribadi spt motor or mobil, susah mau kemana2.

apalagi angkot dan kendaraan umum lainnya di Indonesia masih gak teratur. jalan lemot, gak aman, dll.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

awardnya lucu tuh. bagus...selamat ya.

Gaphe mengatakan...

#biskut. ahaha.. kalo mau buat race bisa aja bisk.. tapi ogah kalo saya

Gaphe mengatakan...

#Mbak Fanny.. emang susah kalo mau kemana2 ngga ada motor mbak..

ToM kuU mengatakan...

ahahahhaa.... itu motor King yah! ^^ bener ga?

wah bang gaphe telaten yah rawat motornya!! good!!!

hehehe... thanks yah awardnya dah di pasang ^^
tar deh klo TK maen ke kotanya bang gaphe di photoin n editin ^^

Inge / CyberDreamer mengatakan...

weh.. jangan2 lebih terawat motornya daripada orangnya #dikeplak >,<

sepertinya ada satu yang tidak disebutkan dari guna motor >.< biasanya kamu ngojek juga toh pas bokek.... ngakuuuuu dech :p

SUKMA mengatakan...

duh .... itu motor senang banget dirawat sepenuh hati....

Hariyanti Sukma mengatakan...

selamat ya .... awardnya keren...
motornya mesti dirawat, kalo ndak ntar dia ngambek loh alis ngadat ndak mau kemana2... hahahhaha

ria haya mengatakan...

Yang rajin yach ngrawat motornya, biar awet hehehe

Di jalanan Jakarta sekarang jg banyak banget motornya,mungkin biar ga terlalu kena macet karena bisa nyelip-nyelip, tapi ya gitu dech nambah polusi

selamat ya dpt award, enak tuch kykx muffin :)

Gaphe mengatakan...

#TomKuu... asiik dah.. masalahnya, saya nggak menetap di satu kota Tom. hihihi...

#Inge.. WAAHAHAHAAA... kaammmmuu!!! *bawa golok* buka rahasia saya aja Nge, pernah jadi pelanggan saya yaa?? :D

#Sukma.. yang sepenuh hati yaa yang nyuciin, saya mah tinggal bayar aja

#hariyanti Sukma.. ini beda sama sukma diatasnya yah?..iya pernah ngambek tuh soalnya

#Ria Haya. diusahakaan rutin laah.. emang Jakarta kemana2 enak naik motor. Tapi sayang mal besar nggak ada parkir motornya

TUKANG CoLoNG mengatakan...

sekalian dong cuciin aku..:)

YeN mengatakan...

iya om, repot kalo ga ada motor
kalo deket rumah banyak yg jual kebutuhan kita aja sih masih mending, kadang kn ada tuh rumah yg jauh dr mn2 jadinya susah kalo mau beli sesuatu, kayak rumahku huhu

baik-baik ya rawat motornya, jangan sampe ngambek lagi.. :D

Noeel-Loebis mengatakan...

Btw angkot emang kayak gitu. jangankan angkot, bus umum juga gitu.. lelet....

*akhirnya nemu juga temen yang sepandangan*

http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/01/ini-bukan-bus-biasa.html

Gaphe mengatakan...

#Tukang Colong... Kamu mau dicuci??.. sini, copot bajunya... :D

#Yen.. jiaaghh saya dipanggil Om...

#Noel.. hahaa.. senasib ya?.

Huda Tula mengatakan...

yah, anggep aja motornya istri jnengan. Jadi emang harus dirawat--biar ga' ngambek. Kan tiap hari dinaikin??

Ups, motornya cowok ya? hahahahaha #dikemplang

baby dija mengatakan...

om, kapan bonceng Dija???

Gaphe mengatakan...

#Huda... hahaha... belon pernah punya istri jadi belon ngerti cara merawat istri :P
Cowok naik motor cowok, enak looo :D


#Dija..uda gede dikit yaaa.. kalo udah bisa ngomong..

Elsa mengatakan...

ini dia pekerjaan yang males banget buat aku, cuci motor, cuci mobil...
hehehee

maunya tinggal pake aja
tapi males cuci

WONG SIKAMPUH ngoceh mengatakan...

Met mlm sob,wah dpt award ya,slmt deh mga tmbh smgt ngeblog nya,btw soal motor emang penting sob buat menunjang aktivitas kt sehari2

John Terro mengatakan...

no comment dah :D

Huda Tula mengatakan...

ya kan motornya cowok, ga bisa dijadiin istri tow? halah...intinya apa si? LOST

Felicia Putri mengatakan...

LOL
Motor adalah pilihan paling oye ^^

Aww awardnya lucu bangeeet :)

Fairysha mengatakan...

pengen punya motor tapi ga bisa bawanya,,,hehehe,,,^^

Saga Amelia mengatakan...

wah rajin banget.. semoga kelak punya usaha cuci motor.. :p

km di surabaya?? *ko' gak pernah ketemu yaa.. :D

adek mengatakan...

ngebayangin yoga yang kecil naik motor segede itu...kayanya kamu lebih pas naik mio deh ga...upppsss...wah..aku jadi kangen naik motor..jadi ingat motorku..di belakangnya aku kasih tulisan: bonceng yuk.. sama gambar tank tulisannya hukum ugm..norak ya????

Evet Hestara mengatakan...

waaahh..sedihnya motor saya sudah tiada :( jadi kangen..
enaknya punya motor T.T
rawat lah sebelum dia pergi ya, gan :D

aryadevi sudut kelas mengatakan...

sama phe...untuk sekarang itu jadi andalan...walau kondisi tua dan sedikit ada mogok tapi tetap disayang....scooter.
memang boros BMM, tapi dibanding naik angkot..sana sini...wah lebih boros lagi..

Dwi mengatakan...

memang motor menjadi pilihan paling praktis,, disaat macet pun motor masih bisa nyelip-nyelip..

Gaphe mengatakan...

#Elsa.. makanya mbak, saya nyuciin..ogah mah nyuci sendiri

#Wong Sikampuh.. thank youu.. bener itu mah

#John... kayak desy ratnasari nih

#Huda.. lambuh ngomong opo too?

#Felicia.. unyuu yaa awardnya

#Fairysha.. makanya pelihara yang bisa bawa motor.. hihih

#Saga.. oh ya?.. kamu SBY mana?

#adek.. Oohh.. jangan salaah.. ketiup angin!

#Evet.. Heee?.. maksudnya apa nih, bukan ngedoain ilang kan?..

#Aryadevi.. biar butut asal bermanfaat pasti harus dipiara kaan

#Dwi.. hu uh.. praktis banget.

Fonega mengatakan...

sepedaku juga donk haha

hoedz mengatakan...

hhmm .. apa ya .. emang males kalo musim hujan gini nyuci motor . percuma ..
salam buat motornya aja wis ...

Aby Tukang Download mengatakan...

motornya keren mas
kalo aku punya motor ky gitu, pasti ku rawat dg baik :D

Serba Ter mengatakan...

Saya juga jarang naik angkot bukan karena manja, tapi ngetemnya itu yang minta ampun lamanya...
Btw, selamat ya... dapat award tambah semangat dong

fan mengatakan...

perlu bantuan bersihin motornya? he he he

Takuya mengatakan...

ribet juga ya ngerawat motor sport ky gitu. aku punya motor bebek, saking ga pernahnya ku periksa, aku jadi sering kebocoran ban di tengah jalan =.="

Meutia Halida Khairani mengatakan...

dulu waktu SMA saya pake motor bebek dan rajin bgt di laundry. soalnya laundrynya dibelakang rumah sih. kalo di jkt laundry motor biasa kayaknya 15000-an deh. murah jg ya kalo disana cm 8000. kalo motor sport kayak gitu, saya lebih suka dibonceng daripada punya sendiri. hahaha

Fadly Furqon mengatakan...

tukeran motor bang gaphe ... hehe bosen saya pake mio -_- pingin keliatan sangar dikit pake motor gede :D hihihi

Mood mengatakan...

Jadi malu abis baca artikel ni, keingetan motor gw yang udah lama banget gag kenal bengkel.
Btw, awardnya emang keren.
Indah dan menggugah selera. *Lohh*

Salam.. .

TUKANG CoLoNG mengatakan...

motorku maksudnya..

tapi kalo mau nyuciin aku, boleh juga.. *bugil

Ellious Grinsant mengatakan...

Motornya keren mas, saya juga pengen punya motor, pengen beli Pulsar kalo gak Honda Ninja, cuma masih mahasiswa miskin, hihihihi...

rahma mengatakan...

setuju lah bang buat soal lebih simple kalo mau kemana2 dan lebiih hemat.

apalagi kl di bandung, angkotnya suka ga ngenakin ati.

suramadu mengatakan...

saya mau donk awardnya, kayaknya saya perlu malam dulu dech, laper nich gara-gara awardnya mas...

combrok mengatakan...

Motor memang sekarang jadi kebutuhan primer ya,
Gak ada motor paling susah..

YeN mengatakan...

hehehe.maklum sedang krisis identitas nih, bingung mo manggil sampeyan apa :p

jadi maunya dipanggil apa nih?kakanda??hahaha :D

r10 mengatakan...

motornya bensinnya apa? aku honda beat pakai premium, alhasil malah bikin mogok

jadilah aku sekarang pakai pertamax :D

tiwi mengatakan...

kenapa ga bilang kemaren waktu rawat motor?? tau gitu aku sekalian nitip mioku biar sekalian dicuciin...hehhehe, kaburrrr

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

badan boleh kurus, tapi motormu gedhe ya?! hhe, congratulation for your award :D

Muhammad Mishbah mengatakan...

Hey, bikers! :) sama-sama, ane juga senengnya motor, gan! :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...