Kamis, 17 Februari 2011

Ngejajal Kuliner Thailand Langsung Dari Phuket

Kurang dari dua minggu yang lalu, saya pernah cerita kalo saya mau keluar negeri #halah, gaya!. Kalo baca sampe tuntas, pasti ngerti kalo pas itu saya masih ngerahasiain mau kemananya. Oke-oke, kayaknya baca judulnya disini udah ketebak deh kalo saya udah Nyampe Phukeeet!!!.. YEAAAY!!! >.<


Tapi tunggu!..tunggu... lah koq, di Phuket keterangan gambar plangnya ada tulisan Indonesianya??.. Warung Makan Khas Thailand Puket - Halal!.
Mana ada keterangan tempatnya lagi, Jalan HOS Cokroaminoto 240 - Jogja. hihihihi..

Padahal udah pada semangat yah, menantikan cerita saya keluar negerinya? #Dilempar Recehan. Pada ketipu ni yee... hihihii *ketawa puas*.

Yep, emang nggak lengkap pulang Jogja kalo nggak sekalian makan. Tenang, kali ini satu dulu yang dibahas.. yang lain besok, biar encesnya pada netes gak brenti-brenti. Bukan masakan khas Jogja sih, karena terang-terangan judulnya Kuliner Thailand..makanya ini makanannya jelas khasnya negara yang punya raja Bhumibol Adulyadej *bener gak sih nulisnya?

Buat yang pada protes kenapa nggak mengulas makanan Jogja, hadeeehh.. sepertinya masakan Jogja udah sering saya ulas. Lagian juga kalo pulang Jogja malah pengennya nyobain restoran-restoran baru atau yang saya belon pernah mampir kesono.

Nah, kalo ke phuket mendingan rame-rame atau minimal berdua. Soalnya, menu yang disediain disini emang biasanya buat rame-rame, alias rebutan. Satu porsi bisa buat berdua, bertiga, atau sekeluarga. Tapi toh, kalo mau nyobain menu yang single portion juga ada sih sebenernya.. cuman ya nggak sevariatif yang menu rame-rame.

Menunya ada banyak, minumnya juga. Kayaknya segala macam menu makanan di Thailand ada deh.. eh, nggak semuanya juga sih, soalnya saya pengen belalang goreng, kalajengking goreng, kepompong goreng kayak yang ngetren tuh dijual di Suan Lum nite bazaar, ternyata nggak ada disini.

Sebenernya saya dateng bareng keluarga, selain pas bokap saya juga pulang. Adek saya juga pas nggak ada acara. Jadi dateng berlima, rame-rame menikmati quality time!. Yak, urusan makan memakan, keluarga saya jagonya.. kapanpun ada resto baru atau pas lagi ngumpul semua, pasti ujungnya selalu diajakin ke tempat makan. Yang jelas, selalu minta ke tempat yang belom pernah nyobain sebelumnya..

Oke, back to menu.. sebenernya soal nama makanan, di menu udah memudahkan bagi yang mesen. Soalnya banyak yang udah diadaptasi ke bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hanya menu Thailand yang ngetren aja yang tetap dibiarkan pake bahasa aslinya, semacam Tom Yam dan Pad Thai. Tom Yam itu tuh kayak sup asam manis pedas, penuh rempah, dan biasanya isinya macem-macem seafood. Tom Yam di Phuket ini merupakan menu keluarga yang bisa disantap untuk 4-5 orang, datang seukuran wajan dalam kompor yang masih dinyalain. Jadi tetep panas!. Soal rasa, lumayan lah.. mirip sayur asem!. Sweger, dan cocok buat apetizer.

Trus Pad Thai itu adalah kwetiaw goreng atau mie goreng. Di negara aslinya emang nyebut mie goreng tuh Pad Thai. Ada dua pilihan Pad Thai disini yaitu Pad Thai Ayam (Pad Thai Sai Kai) dan Pad Thai Seafood (Pad Thai Sai Thalai). Saya pilih ayam, soalnya seafoodnya udah terwakili Tom Yam. Selain itu pesen juga Yam Pla Kraphong alias Filet ikan kakap goreng saus lemon sama Plamuk Phad Noei, atau cumi goreng mentega. Haiisssh..capek ngomong Plakgedungplakyapheeee begituan, yang jelas enak aja deh semuanya. hehehe..

Ada juga sayur-sayurnya, ca kangkung, cap cay (Phat Pak), tauge ikan asin, sawi sendok ikan asin, dan banyak lagi. Minum juga macem-macem. Mulai juice buah-buahan tropis, kayak juice tomat, melon dll.. ada juha Thai Coffee dan Thai Tea. Mau yang panas atau yang dingin, monggo dipilih!.


Soal harga,
Lumayan murah dibanding dengan kita harus nyicipin di negara aselinya!.. yang jelas, menu mulai dari 8000 rupiah untuk gurami per ons, sampe harga yang paling mahal yang saya tahu adalah Neau Aob Prao Aon atau Sapi dalam kelapa (NAH LOOO..gimana masukin tuh sapi?!) yang harganya 27 ribuan. Untuk Tom Yam, antara 22 ribu sampe 24 ribu tergantung isinya. Inget, ini untuk berlima yah!. Trus ikan kakap filetnya 22.000, cap cay 16.500, sama Pad Thai 14.500. Murah kan?.. iyap, berlima plus minum dan nasi putih (2500 sepiring) cuman habis nggak nyampe 150 ribu rupiah. Asyik deh!..

72 komentar:

Brigadir Kopi mengatakan...

waw waw yummyy .. pokoknya kalo aku nanti ke jogja minta di antar ke sana sama mas gaphe !! rencana bulan mei aku mau ke jogja mas hihihi ..

selain nyamperin menu itu pastinay wajib mampir ke angkringan !!

*Maaf OOT hehehe

(^,^)" ngiler mode on

Masbro mengatakan...

ternyata thailand pindah ke Jogja, hehe..
Saya ngamen nih mas, siapa tahu dapat phuket (padahal belum pernah ngrti ini makanannya gimana, hihi)
"Jreeeeng..."

k.o.s/Komunitas Online Sragen mengatakan...

waduh jadi ngiler,,,kayakmana makannya itu..

John Terro mengatakan...

kirain om jadi ke Thailand beneran
wah ... ane udah ngebayangin ente ketemu Kunatchaya Chairat :D
hahhaa

Awaluddin Jamal mengatakan...

ini salah satu alasan "malas" berkunjung ke blog ini, selalu bikin iri dengan wisata2 kulinernya Mas Gaphe.. semuanya maknyus2.. ha ha ha.. :D

ghost writer mengatakan...

kalau masakan versi Thailand itu aku sering merasanya.Di sini ia cukup disukai ramai.apalagi kalau tom yam nya atau bihun sup campurnya ya sangat pedes gitu.

dulu sering libur ke selatan Thai.cewek2nya ganteng Phe..haha

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah...mantab dah !! tapi ngomong2 makanannya sapa yg bayarin nih, klo bokap berarti uueenaknya dobel nih...hehe

Eks mengatakan...

sial, kirain ke thailand beneran :D

Fairysha mengatakan...

walaahhh....makan2 lagi.. T_T
jadi jln2 ke LNnya boongan?? fiuhh,,,diboongin nie... :p

Naila mengatakan...

hmmmmmmmmmmmmm..
yummy...

btw, tuh harga2nya kuk murah2 amat ya untuk ukuran keroyokan gitu, sayang jauh di yogya, kalo d malang pasti segera ke T.K.P

dhe_bie mengatakan...

tetep deh, gudeng jogja yang paling maknyuss.. jadi kangen jogja.. T_T

Rian mengatakan...

keliatannya asik ya :)

cho mengatakan...

gwe penasaran aja, phe. kok bisa c lo apal nama menunya? pdhl udah mbulet2 gitu nulisnya, plamuk krapong apalah itu, hehe ..

ngmg2 soal review tempat makan di jogja, jadi inget kalo dulu pernah nyasar ke sini waktu nyari info tempat jualan bakpia yg enak dan murah. tulisan lo bagus, dan yg paling penting bermanfaat.

kamal mengatakan...

thailand ma jogya ga jauh beda ya makanannya... hehehe

Huda Tula mengatakan...

ah, walaupun begitu aku lebih suka amsakan Indonesia.. Nasi kucing is the best!

*nasip-nasip....

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Namanya ribet banget, rasanya beneran enak nggak Phe buat lidah Jawa?! hehe

Belajar Photoshop mengatakan...

wahhh harusnya sekalian tuh nitip minta di bawain Natt chanapa sekalian kang :p

tito Heyziputra mengatakan...

Hahhaha kyak kena Jebakan batman dah, puketnya ada d Jogja. :D

wah makin lengkap aja jajanan d Jogja, jd klo blum bisa k thailand bs mampir k jogja aja dulu, hihi..

pengen nyobain Plameuk Pas Noei sm Yam Pla Kraphong deh, rasanya se aneh namanya g ya??

(:drool) ngences, ....

☺☺☺ mengatakan...

waaaaaaaah pernah makan di sini nih. eh ga makan deeh tapi ngebungkus hahahahaha kalo tau lo ke sini juga bakal gue paksa nraktir deh :D

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

jadi ngiler euy liat menu nya..
penasaran buat mencoba

Rika Willy mengatakan...

jiahhhhhh... kirain udh beneran di Phuket lo, dah ngiler duluan gw...

:)

mila mengatakan...

Tunggu reportase makanan thailand sesungguh nya bln dpn wkwkwkk,,,, *ga mo kalah*
Tp sbnrnya aku ga gitu suka sih makanan thailand kyk pad thai & tom yam gitu,,, asem -_-"
Btw, kapan sih pergi nya?

hoedz mengatakan...

Sialan .. kupikir di Thailand beneran .. eh .. pesen Phat Kai ada gak ? hahahaha .. namanya aneh ..
saya pernah makan Tom Yam .. tapi aneh rasanya .. masih enak sayur asem, tempe goreng pake Bajo (ikan asin bahasa Lombok kata Huda Tula) plus sambel terasi .. maknyuss ..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

baru tau sapi dlm kelapa. muat apa? hehee...heran kamu kok ga bisa ndut ya, doyan maakan gitu.

Adi Chimenk mengatakan...

gw rancu itu bukan makanan pesenan lu.. tapi pesenan orang, terus lu numpang foto doang..hehehe

Phe, gendutan dikit donk Phe.. *perhatian ceritanya* *muntah2 habis ngetik* :D

Fadly Furqon mengatakan...

asiik banget sih bang jalan2 mulu .. ikuuuttt dong ..

tiwi mengatakan...

cuman disuguhin gambarnya doang, huuuuuuu *cring2 kedip2 mata minta diajak....

ToM kuU mengatakan...

hhahahaha... tar TK kesini gak yah? (mikir) hahahaha... kayanya engga bakalan deh.. pasti tar TK lebih ke kuliner Jogja ^^.... ^^

IbuDzakyFai mengatakan...

Jadi mupeng ..pengen nyobain dech kalo kapan2 ke Yogya...

Daris Firzan mengatakan...

waduh, jadi ngiler ni ane, hahah :)

Muhammad A Vip mengatakan...

ada hiburan cewek-cewek bergoyang Thailand nggak? saya pernah baca semut rang-rang juga jadi makanan di sana, di situ ada ngga?

Neyna Naya mengatakan...

Ngenceees beneran dah...ngences pengen makan itu tuw, ngences pengen ke Jogja juga yang selalu belum tersampaikan hingga kini

Ladyulia mengatakan...

oke, yulia ketipu
hehehehhe
kirain kamu jalan2 ke thailand
soalnya aku pengen banget ke thailand
hehehhe
dan kayaknya mengawali ke thailand dengan mam makanan2 itt boleh juga dicoba
hehehe

Lidya mengatakan...

Happy anniversary ya, langgeng selalu

Lidya mengatakan...

maaf salah komen, harusnya itu untuk blog sebelah hehehe.
mupeng sama tom yam nya

d3vy mengatakan...

wooww yummy....
maret besok gw ke jogja, kudu kemari kyknya ^^

Takuya mengatakan...

namanya aneh-aneh ya, hihihi.. maauu.. :D

YeN mengatakan...

mas gaphee..!!kau benar2 menyiksaku kali ini..huhu

lagi laper berat ini..tiga hari belum makaaan... *hiperbola
Upzz!!cuma belum makan siang ding :p

senengnya yah ngabisin waktu bareng keluarga.. :D

Mimi Taria mengatakan...

Aku pesen TOM YAM sifut ya mas,,,
Pedes + asam,,,cocok untuk cuaca yang dingin,,,,

.:diah:. mengatakan...

Gapheeeeeeee... perasaan belakangan bahas kuliner mulu *close this page ahhh* #ngences fufufuuh

ria haya mengatakan...

asem...tak kira ke Thailand beneran, dah semangat ngeklik judulnya,mo tau cerita di sana..ternyata masih di Jogja to..twewewengg...ketipu dech saya...

niee mengatakan...

itu - itu - itu sayah mau Tom Yam nya >.< *laper*
haduh, seandainya Pontianak ada resto Thailand, sepertinya enak2.
ini berlima 150? Wow, termasuk murah dong yak, daripada ke Pucketnya, hehehe

Meutia Halida Khairani mengatakan...

gile murah benerrr deh harganya.. di jkt saya makan di MieThai. paling murah menu paketan 20rb. Tomyam atau phad thai 20rb-an sampe 30rban.
duh enak bgt ya kuliner tp harga makanannya murah >_<

Dwi mengatakan...

Kirain beneran ke Thailand.

kalau tom yam aku juga udah sering makan, tiap sore malahan, disini juga banyak orang jualan masakan Thailand..

Rawins mengatakan...

whooo dudul... nek kui aku wis tauuuu...

hanyanulis mengatakan...

isi sertikel ini keren...saya suka gambar2nya...hehehe, saya cuma masih bisa prepared, kapan ya bisa segera nyusul libiran ke thailand :)

Ra-kun mengatakan...

hai Gaphe, thanx ya udah mamapir ke laman saya :)
eh, kapan itu Gaphe pernah survey tentang orang yang gak suka makan cabe? valid gak? :p

r10 mengatakan...

jadi berpikir, tidak perlu ke luar negeri untuk coba makanan khasnya

kan banyak resto LN dari banyak negara buka di indonesia, apalagi aku di jakarta

John Terro mengatakan...

yah ... narablognya males njawab komentar nih .... hahaha

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, wastafel aja ampe difoto. hehehe bisa dimakan gak ya? xi xi xi

Celotehan mengatakan...

ternyata untuk sekedar mencicipi makanan thailand ngga usah jauh2 datang ke negaranya yah, di indonesia pun ada :)

Rose mengatakan...

Juldulnya menarik bgt, kirain beneran ke Thailand eh ternyata Thaijogja,,yay...daro fotonya sepertinya enak mas Gaphe,,,murah lagiii,,kpn2 dah...aminnn kaki in bisa nyampe jogja,,

Ellious Grinsant mengatakan...

untung baca review ini pas abis makan malem, jadinya gak lapeeeer dan gak mupeeeeeng, wuakakakaak...

mbletek mbletuk mengatakan...

kyaknya mantep tuh makanan n minuman

Djangan Pakies mengatakan...

susahnya komentar yang paling bontot, semua udah ditulis di atas. Tapi yang jelas pakies kejebak ini, begitu baca judul langsung angan melayang ke tanah bergajah putih, seh nggak taunya di negeri sendiri. Btw enak nggak tuh rasanya?

LONCATPAGAR mengatakan...

Nice review.. DI Jogja ada berapa cabang? (lupa)
Hehe!



-------------------------------------
Loncatpagar.blogspot.com

Majalah Masjid Kita mengatakan...

pagi pagi gini asli.. jadi bikin saya laper nih mas :(

noell_Vb mengatakan...

wah..jadi kepingin ke Thailand dech..hmm.
salam damai dari ambon

iam mengatakan...

masakan thailand ya? Hmmm.. Belum terlalu tertarik kayaknya :p

Ferdinand mengatakan...

Awal2 baca judulnya udah ngiler n'bayangin jalan2 di Thailand, masuk paragraf pertama makin ngena aja tuh jalan2 pas liat foto pertama lha koQ bahasa Indonesia pas masuk paragraf 2 ternyata yg dikunjungin Yogya2 juga haha.... aduh tertipu gw haha...

tp gw juga samaan sama lu Sob.. klo ke tempat yg itu lagi itu lagi dari pada ng'rasain makanan yg udah sering dicobain ya mending nyobain menu baru hhe... :D

Wah kayanya ntra sore udah ada postingan makan2 baru nie :P

gak jadi hiatus dah gw untuk kesini hha... serasa ada yg kurang klo blum mampir sini soalnya hha.. :D

Met liburan brow...

ciptanirmala mengatakan...

gilaaaa... kiraen beneran ke thailand... ternyata... cuman di bali belom ada yang gituan kali yax, he...
oya, follow nd komen balik yax! sankyuu...

☺☺☺ mengatakan...

setuju sama adi, GENDUTAN DIKIT dong phe. asli lo kurus banget. bikin muka lo keliatan lebih tua dari umur sebenernya. makanya waktu itu gue sempet ngira lo berumur 28 ke atas -.-"

TUKANG CoLoNG mengatakan...

semoga cepet bisa ke Thailand beneran.. :D

catatan kecilku mengatakan...

Ups... sorry ya, aku gak bakal ketipu. Soalnya aku tahu rencana pergi ke luarnegerinya masih bulan depan... hehehe

the other mengatakan...

Dah lama nih gak ke Yogya... ternyata udah ada rumah makan khas Thailand segala to sekarang..? Hebat... Jadi pengen ke Yogya lagi nih.

Place to Study mengatakan...

Shasa maunya makanan yg gak pedes aja deh.. :)

MJ mengatakan...

Pengeeeeennnnn,,, harganya juga standard yach... kapann bisa kesana,huhuuu..

Ferdinand mengatakan...

Met pageee Sob.....

biasa sebelum lanjut aktivitas aku mampir dulu buat ngasih semangat *cuih sok perhatian

Wah tumbenan nie blum dibalesin komentar hhe..

Oiya buat Dialog Mbak2 Gothic, itu justru aku kurangin sebagian biar gak panjang org ngobrolnya 10 menit haha... klo gak percaya ntar klo ke Jakarta gw ajak ke gandaria buat ketemu si mbak hhe... Sumpah Mall tersepi dan bioskop tersepi kayanya itu haha...

Okelah selamat aktivitas aja dan selamat makan2 lagi haha.. :D

♥chika_rei♥ mengatakan...

siang gaphee

waah2 chika kirain dah di thailand beneran
*kaget tadi

ni anak suka banget ya ngejajalin kuliner

-.-' bikin mupeng tau nggak
apalagi ntar ke thailand beneram
bisa ileran chika liatnya

*hahaa lebay

☺☺☺ mengatakan...

ahelah lo sama aja kaya adi -.-" 3x gue kesini belom ada update baru grr. gemes deh. buruan update phe sebelum gue lempar mercon ini blog.

Ria Manis mengatakan...

Duh... Buat Kepengen aja tu

Dmn tu ya??

oiya..
salam kenal semua!!!

Elsa mengatakan...

kalo di surabaya
dimana ya cari sup TOMYAM??
aku suka banget soalnyaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...