Selasa, 22 Februari 2011

Pallu Basa Serigala

Mumpung lagi di Makassar, bikin ngiler lagi ah..

Nggak ke Makassar kalo nggak makan-makan. Kenapa begitu?, yah soalnya yang namanya orang asli Makassar tuh doyan banget sama makan-makan. Bukan cuman dalam hal porsi, tapi juga variasi makanannya yang banyak. Sebenernya udah banyak makanan Makassar yang pernah saya cobain, dan kalo penasaran apa aja.. ini saya kasih daftarnya. Klik aja, disitu bisa dibaca review saya tentang makanan apa aja yang bisa dinikmati kalo ke Makassar

Sop Ubi, Bassang dan Barongko, Konro Karebosi, Mie Kuah, Sop Sodara, Bubur Manado, Pisang Ijo, dan Jalangkote, Seafood, Mie Titi dan Pisang Epe, sama yang wajib Coto Makassar!

Nah, barusan ini tadi saya bener-bener kesampaian nyobain Pallu Basa Serigala. Mungkin buat yang baru pertama kali denger langsung pada mengernyitkan dahi, Pallu Basa Serigala?..

Pallu itu artinya masakan berkuah. udah pernah denger es Pallu Butung?. Atau Pallu Mara?.. pada pake kuah kan yak?. Sama, pallu basa juga pake kuah gitu.

Tapi eits, tunggu dulu. Pallu basa serigala tuh bukan pake daging serigala loh!. Emangnya saya kanibal?, mau makan sodara sendiri.. #laah. Dinamain begono gara-gara yang jual makanan yang namanya pak Udhin itu buka kios di Jalan Serigala. Tempatnya masuk-masuk jalan kecil sih, ditengah pemukiman penduduk. Tapi saking terkenalnya makanya banyak yang dah pada tau kalo di Jalan Serigala itu ada makanan namanya Pallu Basa.


Saking terkenalnya, kalo ke Makassar sepertinya ini jadi menu wajib. Dan di awal saya bilang, baru kali ini kesampaian nyobain dahsyatnya si pallu basa ini. Sebenernya rukonya sih biasa aja, tapi ramenya minta ampun. Untung sih pas dateng, lagi agak sepi. Soalnya denger ceritanya terkadang saking ramenya, pengunjung keseringan nggak dapet tempat duduk, dan kalo makan kudu sambil berdiri ngantri. kebayang nggak tuh ramenya?

Pallu basa sendiri lebih mirip soto daripada sop. Yeah, kalo ditanya bedanya soto ama sop apaan.. kayaknya kudu saya trainning dulu sehari semalem buat bener-bener tau yang namanya soto sama sop apa bedanya!. hahaha. Isinya daging kerbau!. Yeph, nggak salah.. palbas serigala pake daging kerbau dan diwarungnya ditulis 100% daging lokal. Ketika mesen, ditanya daging aja atau campur. Trus ditanya pake alas atau nggak.. mulanya mikir, oke kalo daging aja berarti isinya cuman daging thok, kalo campur pasti pake jeroan.. nah kalo ditanya alas??

Masak iya makan nggak pake alas?? langsung dikokop gitu dari atas kompor??.. dengan mantab saya bilang make alas.. well, ternyata usut punya usut yang namanya alas itu adalah tambahan kuning telur mentah. Jangan merasa jijik dulu, kuning telur mentah ini disiram pake kuah pallu basa yang panas jadi berasa setengah mateng. Nggak amis pula, apalagi karena kuahnya bener-bener rasa rempahnya kuat banget.



Udah gitu, panasnya kepul-kepul disajikan dalam porsi yang kecil pake mangkok yang mirip sama soto kudus. Soal rasa : Mantab Mentong Kabbulampe!!.. ahahah, itu bahasa Makassar buat manteb banget alias Yumilah Yumiwati. Rasa rempahnya gurih, hangat begitu masuk ke kerongkongan. Terus, taburan kelapa goreng alias serundengnya bikin kuahnya berasa renyah. Enak lah pokoknya. Saya kan makan dianterin sama temen saya, dia sih nggak mesen makan.. tapi pas saya bilang : nyesel kamu nggak nyobain!, eh dia langsung mesen dan licin tandas seketika. Beneran cocok banget kalo pas cuaca dingin-dingin, tapi ati-ati sama kolesterol. Udah campur, isinya daging, jerohan dan otak, masih pake kuning telur lagi.. surganya kolesterol lah pastinya!.

Well, menurut ukuran anak kos, soal harga sih rada mahal. Pertama, maklum harganya lumayan mahal karena terkenal. Kedua, nggak apa-apa sekali-sekali nyobain makanan wajib di Makassar, mumpung langsung di kotanya. Semangkok pallu basa serigala, plus nasi putih sepiring dan es teh manis sekitaran 20 ribuan aja. Its Worth, secara enak banget dan hangatnya rempah itu masih kerasa sampe saya selesai nulis ini..

81 komentar:

mas pri mengatakan...

wahhh ehem ehem....ckckc jadi ngiler mas xxiiixi

YeN mengatakan...

hobi banget sih bikin orang ngiler..
makanya ga gemuk2.hehe :p

ghost writer mengatakan...

bener sih,lansung kerinyit dahinya bila membaca judul entrymu phe..kok makan serigala.haha

soal rasa Gaphe ngga bisa bohong...haha

Ami mengatakan...

Kolesterol? masih sempet ngebahas kolesterol yah?...

Daris Firzan mengatakan...

wah, jadi ngiler nih, btw masakan makasar enag gk ya??

pingin coba nih,, :)

Rose mengatakan...

ahaaaaaaa bikin ngiler ni Gap..

yay cpt cari cemilan lagii nii

Gaphe mengatakan...

#mas Pri.. emang itu tujuannya : bikin ngiler :P

#Yen.. iya donk! namanya juga jalan-jalan dan makan-makan

#Biskut.. asal jangan pikir saya kayak serigala aja yah

#Ami.. haha, soalnya abis itu mumet ini kebanyakan kolesterol..

#Daris.. enak kalo yang masak pinter

Djangan Pakies mengatakan...

itu telurnya pake ayam kampung atu telur yang biasa ya?
soalnya kalo telur setengah mateng lebih enak yang ayam kampung.

Fairysha mengatakan...

gpp phe, biar cepat gemuk, jangan mikirin kolesterol dulu...hehehehe...^_^ kalo aku ditawarin pake alas, jawabnya enggak..setengah mateng sihh...^_^

dhe_bie mengatakan...

yang paling maknyus tetep pempek palembang.. (lol)

Eks mengatakan...

kalo ada produser nyangsang ke blogmu, bakal dilirik buat bawain acara kuliner loe Phe...

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kayaknya anak kos ga berhak makan mewah ya.. :))

oia, itu template ku emang mirip punyanya Ata. wong dia yang ngedit kok. Huahaha

..:..Rez Iras ..:.. mengatakan...

dari judulnya kirain td es,,
ya semacam es palu butung,,
(sama2 ad kata palu,,hehe)
ternyta smacam soto yak,,,

jadi lapeeeeeerrrrrr :-/

joe mengatakan...

nitip ya bro, dibungkusin ha ha....

Dwi mengatakan...

Ngiler pengin nyobain selera Makassar, pesen sop sodara satu.. :D

Aby Tukang Download mengatakan...

benar2 dibuat ngiler ni aku

cho mengatakan...

pengennya c nanti bilang ga usah pake alas, tapi kalo ngga dikasih alas beneran (baca: mangkuk, piring, etc.) gimana, phe? :p

yayack mengatakan...

nih orang kalo gak jalan jalan ya kuliner, enak bener ya hehe...

Hariyanti Sukma mengatakan...

Gaphe .... eloe itu org yogja atau makasar sih ..???
Menu yg di link itu banyak juga loh di Balikpapan, kebetulan orang Makasar ternasuk mayoritas di Balikpapan.

Tip Trik Tip mengatakan...

berkunjung silahturrahmi kawan
terima kasih

☺☺☺ mengatakan...

phe, lo makan banyak. badan lo segitu gitu aja. cacingan lo ya? hahaha btw ada award tuh, ambil ya ☺

r10 mengatakan...

telur mentah dimakan? habis makan semua itu sakit perut ga? :D

*kidding

Rahman Raden mengatakan...

kaya pak bondan ja... nge-kuliner terus. asyik juga

Muhammad A Vip mengatakan...

gile nih, doyan makan banget tapi kurus. cobadeh banyakin makan tiwul, kali aja jadi gemuk. Makanan Pallu itu kalo namanya diganti martil bisa nggak ya?

villa orchid mengatakan...

Semoga tambah sukses selalu dalam karya nya, salam kenal dan terima kasih :)

Merliza mengatakan...

patut di coba nih kalau saya nanti backpack ke sana... hehehe...

sekalian ajak tukeran link nih mas.. link nya kebetulan sudah saya pasang di tempat saya.. terimakasih jika berkenan memasang link saya juga di sini :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

nah, ini sih saya ga makan sewaktu di makassar. bete deh, kemaren ke makassar lagi sakit dan hujan deraaaas melulu dari pagi sampe pagi lagi.. cm bisa maen2 indoor aja, hiks!

Ladyulia mengatakan...

gapheee
(boleh kan ya dipanggil begitu?)
untung saya baca postingan ini sambil makan
klo enggak
hahahaha
gak tahu deh, langsung telpon emak minta beliin tiket ke makassar
sop ubi bikin penasaran :D

Henny Yarica mengatakan...

boro-boro ke makassar, makan coto makassar aja aku blom pernah. hahaha. kalo liat fotonya malah lebih kayak kuah semur tuh.

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

alasnya ternyata telor, kamu kira tatakan piring halus (lepek) kah Phe??

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
lagi lagi telat hehehe suka yang di mangkuk itu kayaknya lezat sekali mas hehehehe

Lidya mengatakan...

pingin pisang ijo nya

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, kalo saya pasti gak mo pake alas. apalagi kuning telur setengah matang gitu..hiiih...karena gak suka telur.

irul-green mengatakan...

wah enak tuh kayaknya..
bikin ngiler aja gan..

Mila Said mengatakan...

Hah?! Palu basa jl. serigala itu skrg udah di dlm bangunan gitu?
wkt gw kesana perasaan msh di tenda kaki lima gitu... berapa tahun lalu itu ya? *tepok jidat*
wuih maju bgt yak usahanya

Noeel-Loebis mengatakan...

situ sudah seperti mas bondan... ckckck.... bagi pengusaha rumah makan, hati-hati dengan kedatangan pria yang satu ini. Dijamin rumah makan anda bakal dkupas di blognya.... hehhehe

♥chika_rei♥ mengatakan...

ehh bentar gx mampir dsini dah di makasar aja -.-'
denger namanya dah ngeri
tapi liat makanannya jadi ngiler hihii

dilihat dri gambarnya kayaknya emang kaya rempah :D

deewahjoedi mengatakan...

wow...sounds great
pengen dot com :D

Rin mengatakan...

aaaah, postingan tentang makanan.. Bikin ngileeerrr!!!
Suka sama coto makasar. Palu butung dan es pisang ijo jugaa, rasanya unik! :)

Aby Tukang Download mengatakan...

wah, ternyata masih bikin ngiler...

MJ mengatakan...

dari banyak nama-nama bold yang diatas,,, cuma coto makasar yang pernah dimakan,,, :P

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ata,
sepertinya dugaan anda benar tentang gaphe.. :))

John Terro mengatakan...

foto2nya bikin menelan ludah sendiri

dery mengatakan...

hmm.. sedap makanannya mas.. mau tak cicipi nih..

btw,, mas mau pesen kaos blogger indonesia ndak? sekalian bisa untuk promosi offline.. hehe :D.. cek blogku ya.. postingnya disini

salam kenal..

tito Heyziputra mengatakan...

wahh lagi trend nih, maen kuliner2an..
tapi memang asik kan, berbagi informasi yg bikin mata melek dan perut jadi lapar. hahhaha

Todi saja mengatakan...

bener2 dah...setiap kali si akang release postingan berbau masak2an n makanan, mesti kudu harus nyediain tissu buat tatakan iler yang ngeces..sllruppp..**maaf jadi becek blognya kang***

☺☺☺ mengatakan...

phe makanannya kebanyakan santen tuh. ga sehat buat orang cantik yang lagi diet macem gue. btw update dong phe! gue udah 2x nih.

7 taman langit mengatakan...

sudah makan Pallu Basa ya Mas
memang enak sih
apalagi Pallu Basa di jalan serigala
saya juga suka dengan Barongko dari Makassar

batam room boy mengatakan...

kunjungan ke Makassar kelihatannya menyenangkan
Ditunggu cerita travelling selanjutnya

Fadly Furqon mengatakan...

ah ya ampun updatenya tentang makanan again .. please bang gaphe tentang cewek-cewek makasar atau jogja dong ..
gaga :D

Awaluddin Jamal mengatakan...

wuih.. lagi-lagi tentang makanan..

palbas serigal emang mantap banget bro, saya juga udah pernah nyoba..

nanti kalau ke makassar lagi, coba cari makanan yang namanya Kapurung sob.. itu juga patut di coba.. :D

*bubur manado bukannya khas manado yah ???

*kabbulampe itu bukannya konotasi negatif ???

hoedz mengatakan...

aku telat komeng nih ..
akhirnya Yumilah Yumiwati keluar juga di postingan ini ...
eh .. Phe .. gimana kalokamu jalan2 sama Mbak Mila si Turis Kere ... kayaknya bakal jadi seru banget tuh ..

Tutorial Blog mengatakan...

berkunjung silahturrahim kawan

Tip Trik Facebook mengatakan...

melihat gambarnya
rasanya ingin menikmatinya

Desy mengatakan...

itu yang di mangkuk bisa langsung dinikmati mas

cahayabali mengatakan...

waduuuhh...bikin ngiler ini

catatan kecilku mengatakan...

Emangnya di Makasar orang2nya suka daging kerbau daripada daging sapi ya?
Aku udah nyicipin coto makasarnya... emang enak kok. Rempahnya kerasa banget.

the other mengatakan...

Aku gak mau ah pake alas... Aku tuh gak bisa makan telur yg mentah ataupun setengah matang. Gak banget lah pokoknya.

Place to Study mengatakan...

Shasa seneng deh kalau udah bicara soal makanan... hehehe

jejak langkahku mengatakan...

Pengen sih... masalahnya gak tahu kapan Shasa bisa ke Makasar.. :(

moenas mengatakan...

brow blognya disuruh update tuh sama penggemarnya wkwkwk...
hebat kau brow ada yg perhatiin xoxo

hanya mengatakan...

saya sich gampang klo urusan makanan brow, yah klo ekonomi lg sulit cukup jengkol aje dagh... wjkwkwk

advertiyha mengatakan...

Tuh kan, gaphe bikin ngiler Bumil... heheh,, ayo, tanggung jawab,,!! kirim kemariiiiiiiiii,, gak pake alas ya, hehehe,,, :P

20rb?? ah, murah sangat itu Phe, kapan ya eikeh bisa nyoba langsung disono, sambil nonton PSM tanding, heheh

Muhammad Mishbah mengatakan...

aku makan coto, sama pisang epek, mas! muantaeeeppp! hahha..

Malam2 makan ikan bakar dan kepiting juga muantaapp! hehe

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ga update, awas ditegur Ata lagi.. :))

Lozz Akbar mengatakan...

tetep setia ma tempe penyet aja deh

Ocky Fajzar mengatakan...

gue seneng makan, tapi yang dimakan itu-itu aja. aah pingin juga :')

NINDAAA mengatakan...

coto makassar segerrr enak terutama kalo gratis hehe

☺☺☺ mengatakan...

tiap mau komen ini posting, pasti ngiler liat itu telor kuning mengambar. sruuuppss :9

Tip Trik Blogger mengatakan...

salam persahabatan
berkunjung pagi kawan
lum update ya

dawai mengatakan...

Coto makasar..wow aku suka itu..emmm, mantap..hehe

kira mengatakan...

walah, makanan apa aja gw suka deh. yg penting enak dn gratis. hohohoho :)

John Terro mengatakan...

gila ... udah 73 komentar sama komen ku ini

Realodix mengatakan...

Wah bikin ngiler nih..
Restorannya mantap, 100% daging lokal..

Elsa mengatakan...

kali ini kok aku gak ngiler yaaa
telurnya belom matang ya itu??

combrok mengatakan...

Huennnakk pasti,hehe..!
Rasanya krasa sampe di sini ni, Phe..

r10 mengatakan...

berkunjung lagi nih, hanya ingin bilang, CSI: Crime City itu game facebook jadi tdk perlu download :D

niee mengatakan...

wah ini Gaphe emang rajanya buat ngiler, jadi makin pingin ke makasar deh..
tapi itu kuning telurnya jadi buat gak selera :P

Adi Akmal mengatakan...

wow...nih anak mantap buanget naikin nafsu buat makan PALBAS...

ntar plg kantor terpaksa harus singgah lagi di jalan Serigala...

Gaphe emang mantap, tp Pallu Basa emang muantaap..

aplg klo dibikin pedas..pas banget ujan2 gini...

MANTAP MENTONG KABBULAMPE...

buat sahabat yg lain...let's coming to Anging Mammiri City,,''

Makassar
Centre Point of Indonesia...

NIT NOT mengatakan...

udah nyoba iga bakar lapangan karebosi ga...kayaknya wisata kulinernya emang maknyuss...

Mama Rani mengatakan...

Pallubasa Serigala emang no.1,mas!
Ini makanan favorit saya.
Udah belasan tahun tinggal di Makassar, tapi baru setahun yang lalu mulai nyobain Palbas Serigala.

Gak tau aja, pas hamil Rani..saya ngidam makan ini. Pagi, siang, malam..makan palbas melulu..eh tapi kayaknya bukan ngidam deh..soalnya sampai sekarang doyannya makin menjadi2..

Tiap minggu pasti aja makan palbas. Kayak udah terkenal dah saya disana..pesanannya daging+pipi+urat,alas ya! ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...