Sabtu, 05 Februari 2011

Penyetan Bu Kris : Bukan Sembarang Penyetan

Heloo..heloo... kapalan nih tangan pengen update blog, apa daya jaringan tak mendukung. Udah sejak kemarin malam kecepatan internet saya bermasalah. Masa cuman 10 kbps... ya mana muat buat browsing-uplot-dan blogwalking. Anyway, Alhamdulillah siang ini udah lumayan normal, jadi bisa balik nulis lagi. #alesan padahal emang lagi males.. hahaha

Yak, kalo saya nggak lagi jalan-jalan yaa biasanya sih saya nyari tempat makan enak. Dan kebetulan, beberapa hari lalu nemu warung penyetan yang ajiib banget. Kalo lagi jalan-jalan ke arah Delta Plasa Surabaya, sempatkan mampir ke warung Bu Kris di jalan Taman Kayoon. Enggak jauh dari Delta Plasa, ke arah selatan, tepatnya di taman ruko kayoon nomor 6 C depan POM bensin. Warung yang buka dari senin sampai sabtu jam 9 pagi - 9 malem ini emang patut dijajal menu penyetannya.


Menu macam ayam goreng, ayam penyet, tempe penyet, empal penyet, ayam kalasan, tahu-tempe-telur penyet, disini sudah menjadi menu wajib. Nggak cuman itu, pernah denger bakwan penyet?.. yeah, saya pikir tadinya bakwan itu semacam gorengan tepung yang isinya sayur-sayuran trus dipenyet. Ternyata, bakwan penyet itu adalah menu bakso goreng yang dikasih sambal. Orang Jawa Timur menggunakan kata "bakwan" sebagai pengganti bakso.. entah apa bedanya dengan pentol?.. Sedangkan bakwan yang saya maksud, disebutnya sebagai ote-ote.

Masih ada juga ayam kalasan, sayur asem, babat suwir, ayam suwir, iga sapi, dan berbagai jenis ikan goreng. Menunya buanyak banget. Tapi yang jelas, dari semuanya itu yang membedakan penyetan Bu Kris dengan yang lain adalah (lagi-lagi) sambelnya. Sambel yang ditumbuk langsung dalam cobek, dan menu lauk yang dipilih diletakkan diatasnya, mengundang terbitnya air liur. Pasalnya, nasi anget plus sambel penyetan emang menu makanan yang sederhana tapi memuaskan.

Berhubung saya dateng pas makan siang, terus terang warung dua lantai ini lagi penuh-penuhnya. Harus menunggu beberapa waktu dulu sampai dapet tempat duduk, dan biasanya sambil nunggu dapet tempat duduk para pelayannya nulis pesenan kita. Begitu dapet tempat duduk, nggak nunggu lama menunya langsung datang.Untuk porsi, lumayan banyak dan mengenyangkan. Soal rasa juga nggak perlu ditanya, kalo enggak enak pasti warung Bu Kris ini nggak bakal rame. Apalagi sebenernya cabangnya juga dimana-mana. Bahkan menurut saya, ini adalah salah satu penyetan ter-enak yang pernah saya makan. Ayam penyetnya jago!. Empuk, dada goreng yang gampang dipisah-pisahin pake garpu dan sendok, Sambelnya juga kita ditawarin tingkat kepedasannya. Sambal yang saya pilih rasa pedasnya sedang - menengah, itu aja udah enaaak banget. Cocok sama ayam penyetnya.

Soal harga, nggak mahal-mahal amat. Apalagi didukung dengan tempat ber AC, dan pelayanan yang Oke. Seporsi ayam penyetdihargai 10.500 belom termasuk nasinya. Empal, bakwan, dan lain-lain juga berkisar di harga itu. Ada juga sih yang menu paketan, plus telur rebus, lalapan, sayur dll antara 20-25 ribu rupiah. Kalo ada yang lagi di Surabaya dan pengen, ayook saya ajakin.. tapi bayar sendiri yah!. #nggakmaurugi

57 komentar:

Djangan Pakies mengatakan...

tak kiro menyet apa nih Kang, ternyata ehmms siang-siang gini belum makan makin tambah lapar nih.apalagi liat sambelnya ... nggaak tahhaaannn

Todi saja mengatakan...

bener kang..jadi inget dulu sempet makan disni juga ma temen2 kampus..suasananya lumayan oke, makanannnyua jg maknyuss (menurut saya sih..)..kapan kesana lagi ya?

hoedz mengatakan...

Saia sudah pernah nyobain di Jl. Jemursari Surabaya .. sambalnya .. wuaduuhh .. mantab bgt ....

pedes .. tapi pengen nyolek aja .. hahahaha ...

Noeel-Loebis mengatakan...

jadi ngileeeeerrr bang ... #ngelapences.

sayang di jogja.... kalo di tangerang udah saya datengin.. hhehehee

ghost writer mengatakan...

di malaysia juga ada ayam penyet malah dibawa langsung dari indonesia,jadi tetap merasa yang aslinya kan..sekalipun ngga sama dengan penyetan bu kriss..

nama aja aku ini darah indonesia,tapi makan pedes2 udah ngga betah..ngga tahan.hihi

Ami mengatakan...

Makanan di Surabaya ternyata seru ya. Ntar kalo ke Surabaya tinggal nagih tawarannya cari lokasi makan yang enak, hehehe...

ria haya mengatakan...

wah bikin ngiler.com nich semua makanannya...
pertama kali mengenal istilah penyet pas kul d jogja
makan tempe penyet di warung lesehan di dkt fak.kehutanan, masih ada ga ya skrg?

the others.... mengatakan...

Jadi pengen nyicip juga... :D

catatan kecilku mengatakan...

Beneran deh, tadi judulnya sempat membuatku salah persepsi, kirain tadi mau bicara tentang sesuatu yg ada sangkut pautnya dengan 'setan' tapi ternyata tentang 'penyet' to...? hahaha

jejak langkahku mengatakan...

Shasa sukanya ayam penyet, tapi sambelnya tidak pedas lho... hehehe

place to study mengatakan...

Om suka banget makan ya..? sama spt aku... hahaha

Gaphe mengatakan...

#Djangan Pakies... ayoo cari makan sore.. secara udah lewat jam makannya :P

#bang Todi..Ayo, kalo kesana lagi saya diajakin yah..hehehe *mintatraktir

#Hoedz.. emang cabangnya dimana2 Hoedz.. enak yah!

#Noell.. Ini di Surabaya Noell... hahaha

#Biskut.. namanya penyetan emang ngangenin sih

#Ami.. iya Mi, kamu bilang mau kesini tapi nggak jadi-jadi ah..

#Ria.. Penyetan di kehutanan masih banyak, menjamur dan banyak pilihannya sekarang malah

#Mbak Reni.. hahaa..setan apaan nih mbak?

#Shasa.. Toss dulu ah!!

tiwi mengatakan...

sore Yoga..., emang betul endaaang..penyetan di bu kris, anakku jg suka, tp lbh enak lg penyetan mbak tiwi..wkwkwkk(narsis gak dilarang..., huehehe)

ajenkthree mengatakan...

hahhaha.. lagi lagi makanan.. bikin ngiler mas-phe

Huda Tula mengatakan...

kira2 kapan ya, anda punya kesempatan nraktir saya.. hohoho..

saya sirik banget baca postingan-postingan kaya gini. Huh!

TUKANG CoLoNG mengatakan...

no komen bro. gue suka banget ama makanan yg satu ini. semuanya indah dah dari penyet ini. tapi aku baru tau tahu juga dipenyet, haha

Aby Tukang Download mengatakan...

yaaahhh sobat bikin laper aja ni, tanggung jawab loh, ajakin donk ke sana
hehehe

yayack mengatakan...

penyetan... Pernah denger tapi lom pernah ngrasain, pernah liat tapi lom pernah nyobain hehehe jadi ngeces...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

baru denger istilah bakwan penyet..
oo di Jawa bakwan itu bakso toh..

Awaluddin Jamal mengatakan...

wah sepertinya enak banget tuh menunya sob..

jadi lapar.. :D

NIT NOT mengatakan...

jadi inget makanan warung disini... ada yg ngejual tempe penyet juga...sambel bawangnya khas banget...ampe nangis2 kalo makan...heheheee...

Sugeng mengatakan...

Membaca ulasan tentang penyet mempenyet aku jadi pingin makan lagi nih. Hm..... enyak nya, ayam penyet :D

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

mauu tapi ongkos ke surabayanya mahal hehehe :p

Fairysha mengatakan...

makanan lagii,,,ck,,ck,,ck,,, :D bikin ngiler ajah phe,,,

sikucingbi mengatakan...

Wah, ngeliatnya perut saya sampai bunyi....
Slurrrp :|_

Hariyanti Sukma mengatakan...

mas .... asistennya Pak Bondan ya ...???
kalo kita berdekatan bisa rusak program diet ku nih, loh acaranya makan dan makan lagi...

mhya mengatakan...

wao,,, enak banget tempe penyetnya, jadi laper neh hehehe... makanan sederhana terkadang bisa menggugah selera makan, yang openting rasanya mantab.

Nova Miladyarti mengatakan...

*lap ences

Ellious Grinsant mengatakan...

Wedew... jadi laper euy baca postingan yang ini, hahahah...

kalo ke surayabaya bakalan mampir kesini ah, hehehe...

dunia kecil indi mengatakan...

tadi sempet gak ngerti sama judulnya. "penyetan". aku pikir semacam pen-setan atau apa, lah, hahaha :) tengah malem baca beginian jd laper. tapi aku vegetarian, nih. kayanya paling pas maem tempe penyet, sayur asem sama sambal, ya (tidaaaaaak, aku kelaparan!!!). nice post. ulas dari kota lain juga, dong.. pernah jalan2 ke bandung ga? aku butuh rekomen makanan disana.
ps: aku baru up date, kunjungi blog'ku ya :)

Sakurai Ayumi mengatakan...

hallo-hallo, lama ngga berkunjung di blog ini :D, entah kenapa tiap berkunjung ke sini, yang punyablog pasti "menghidangkan" makanan, jadi laper. Makanya saya senantiasa antisipasi sebelumnya dengan membawa ketoka susu dan cemilan pas blogwalk ^_^

Related to post
Bakwan di kampung saya juga artinya semacam bakso lho... Duh jadi kangen masakan kampung, nyam nyammmm *iler netes sana-sini

Takuya mengatakan...

ajakiin, bayarin juga XD

bikin ngiler aja niihh.. lapeerr

mila mengatakan...

waaaah.... di Rumah makan ini kayaknya ga mengenal krisis Cabe yah? hahahaa...
Ngiler gw liatnya *slurp* tapi jauh banget :(

Miss Rinda mengatakan...

hwaaa pengen nyobainnnnn
btw ikut follow yaaqqqqq

t h y a mengatakan...

gak usah posting2 deh kalo gak mau beliin. hahhahaha *asah golok*

John Terro mengatakan...

gila, saya orang Surabaya tapi lum pernah coba :D
maklum, anak rumahan sih diriku ini :)

Rawins mengatakan...

hoalah dab..
penyet-an tho..? takkiro pe-nyetan. hahah... wes idem deh kalo lagi miskin bandith. aku wae dah sebulan cuma bisa modal hape bersinyal luplep. sampe males mau jalan jalan ke blog temen...

kira mengatakan...

wadoh mas,,, gak kuat aku, sebagai orang yg huobi banget makan, lihat aja udah ngiler nih, ajak2 donk...

AkaneD'SiLa mengatakan...

hhmmm yummy..
pengen...
kirim dunx kak ke lampung...
:P

nupost

SuryaPost mengatakan...

wah info yang mantap, thanks.. oh ya sekalian mau ajak temen-temen yang mau tukeran link, mau follow-followan, mau saling komentar, mau blogwalking, di persilahkan mampir ke blog tetangga di SuryaPost.com
salam persahabatan buat semua blogger Indonesia.

Dwi mengatakan...

jadi piengiinn...,, ngeliat gambarnya aja udah ngiler, kalau saya di Surabaya pasti udah tak sambangin.

auliadriani mengatakan...

bisa delivery ga, phe?...

dindasaurus mengatakan...

WAAAH....kayaknya ENAK tuh piringnya.

coba grattttiss pasti tambaah ENAK akakakka

TUKANG CoLoNG mengatakan...

bagi tips dong gimana caranya berwisata kuliner. kendalaku cuma satu, takutt nyoba. takut kalo mahal, takut kalo ga enak

lidya mengatakan...

awalnya salah baca, pe-nyetan hehehe. ternyata makanan penyet ya. thanks sudah mampir ya

Mood mengatakan...

Wew, mau dong.
Nanti kalo ada rejeki main kesana pasti disempatkan mampir, kebetulan juga ada teman kampung gw yang sekarang kerja diSurabaya.

marfinsyah mengatakan...

Biasanya kalau di jawa timur masalah makanan itu tidak mahal-mahal amat, ya ga kaya di jawa barat, eh tapi ma'af sobat-sobat yang dari jawa barat, bukan maksud utk banding-bandingin, cuma itulah kenyataan nya. Karena aku orang jawa timur dan berdomisili di tasikmalaya jawa barat.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

hmm, kira2 sama aja kali yah ayam penyet di jkt jg cuma 10500 belom nasi. baru tau ada bakwan penyet, telur penyet jg belom pernah makan..
dicatat nih sebagai kuliner yg perlu dicicipi.. :)

Pramudita Puspita mengatakan...

wooow..enak2 makanannya, jd lapeerr..
btw, thx for comment me =)
i have follow you, and waiting for your follow back =)

http://pramuditapuspitatemi.blogspot.com/

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
iya lama gak saling visited ya maaf telat dan oot

zasachi mengatakan...

Seru banget kalo gaphe ngomongin soal makanan heheheh udah makan jadi lapar lagi :)

moenas mengatakan...

jadi pengen mkan neh brow, abiz yg ngomong doyan makan sich ashahah..

MJ mengatakan...

Duuuu, pas kesini kok dapet makan2 mulu ceritanya,,, jd kelaperan terus J, :D sama nih kita suka makan, tapi kurus teteeepp ,:D

ica puspita mengatakan...

mas gaphe enak banget yah banyakan makan nggak ndut... dermawan sekali kau pada cacing2 perut... ;p

Yunna mengatakan...

laper banget jadinya...

abeng beng /arjopedal mengatakan...

selamat malm sbat
jadilapreni he he

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Ah Gapheeeeeeeeee, kulinermu iki lho..hadohhhhhhhhhhhhh! ngiler >.<


Nabung lagi ah, buat ongkos ngajakin kuliner dirimu :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...