Sabtu, 19 Maret 2011

Jalan, Jajan Dan Makan di KL - Downtown!

KL Downtown, alias pusat Kota KL. Ada apa aja disini?.. Check it out!

Jalan - Jalan

1. Central Market

Pasar Sentral alias Central Market ini sudah berdiri semenjak tahun 1888. Tetapi, resmi beroperasi sebagai pusat dagang pada tahun 1936. Didalam central market, terdapat Pasar Seni yaitu pusat belanja oleh-oleh Malaysia. Walaupun namanya pasar, tetapi jauh dari kesan kumuh karena didalam serba modern. Gerai-gerai yang menjual oleh-oleh ditata sedemikian rupa sehingga terkesan menyenangkan apalagi ditambah dengan pendingin udara. Selain itu, rata-rata harga disini adalah fixed price. Nggak bisa ditawar, tapi cukup murah. Yang bikin gondok adalah, musik yang diputar disini hasil colongan lagu "Anak Kambing Saya" dari NTT-Indonesia yang diganti judulnya jadi "Jalan Marica" kalo nggak salah.


How to get there : Naik LRT turun di stesen Pasar Seni. Tinggal jalan, langsung ketemu sama Central Market

Best Found : Pashmina, Beryls Chocolate, Magnet kulkas 3 for RM10, Kaos gambar Petronas RM 10.

2. Kasturi Walk

Sebuah jalan disamping Central Market persis, tinggal loncat aja udah nyampe. Yang unik adalah gerbang masuknya yang berbentuk layang-layang khas Malaysia. Dengan mengusung tagline : A covered walkway of exciting kiosk and eateries, Kasturi Walk ini mirip di Bugis Street di Singapore. Disini, banyak kios penjual makanan, minuman dan barang-barang yang dijual pake gubug-gubug kayu beratap jerami. Unik, lucu, dan murah-murah juga. Soal makanan, banyak yang jual Indian Fruit Rojak (rujak buah), Chinese Dim Sum baik yang basah atau goreng, ada brewery juga, jual macem-macem teh dan kopi.

How to get there : LRT turun di Stesen Pasar Seni, dari Central Market tinggal loncat.

Best Found : Sendal Jepit tulisan Facebook for only 10 RM sepasang!!

3. Mesjid Jamek

Terletak di deket hotel kami menginap, mesjid ini pertama dibina (dibangun maksudnya) pada tahun 1909 di tepi pertemuan Sungai Gombak dan Sungai Kelang. Termasuk dalam jajaran mesjid terlama yang masih berdiri dan difungsikan sebagai tempat ibadah. Dibangun oleh arstitek Inggris bernama A B Hubbock, mesjid Jamek ini tetap mempertahankan arsitekturnya yang bergaya melayu India. Bangunan ini memiliki tiga buah kubah masjid (satu kubah utama) dan dua menara. Ciri khas yang menonjol disini adalah arsitektur dari bata merah yang masih tetap dipertahankan. Sebenernya masjid ini biasa aja, tapi oleh pemerintah Malaysia mesjid ini dijadikan tempat wisata. Untuk masuk, harus mengenakan baju tertutup. Untuk cowok, minimal celana panjang nutupin lutut, sedangkan untuk cewek harus berkerudung. Tapi tenang, karena emang diset untuk tempat wisata disini akan dipinjami jubah, gamis, dan krudung gratis sebelum masuk.. dengan terlebih dahulu nulis di buku tamu.

How to get there : Naik LRT turun di Stesen Mesjid Jamek. Tinggal tengok kiri, udah ketemu.

Best Found : Mesjid ini hanya dibuka untuk umum pada waktu-waktu shalat saja, banyak penjual emperan kalo pas jam rame. Nemu penjual buah keliling!

4. Stesen Kereta Api Tanah Melayu (KTM)

Stesen KTM mulai dibangun 1886 dan beroperasi penuh setelah 1910, oleh arsitek yang sama dengan Masjid Jamek : AB Hubbock. Saat ini adalah stesen kereta api tertua yang masih beroperasi, dan merupakan satu tempat pemberhentian Kommuter. Di dalam stesen ber AC, karena selain sebagai stesen juga sebagai satu destinasi wisata arsitektural. Ciri khas utama stesen ini adalah gaya Maroko-nya yang terlihat pada tower dan pintu-pintu yang berbentuk kubah dengan warna dominan putih gading.

How to get there : naik Kommuter, berhenti di stesen KTM langsung. Atau, naik LRT berhenti di stesen Pasar Seni turun dan nyeberang.

Best Found : Sebelahan dengan tower mesjid negara, jadi satu kali dayung dua spot wisata arsitektur terlampaui. Mesjid negara yang khas adalah bentuk kubahnya berwarna biru & toska.

5. KL Tower

KL Tower, terletak di Bukit Nanas. Dapat ditempuh dengan Monorail, turun di Stesen Bukit Nanas. Jalan sepuluh menit, nemu tower setinggi 421 meter dan menjadi menara komunikasi tertinggi keempat di Dunia. Bisa nyoba naik ke atas, di ketinggian 335 meter diatas observation deck yang bisa berputar 360 derajat dengan pemandangan kota Kuala Lumpur. Dengan seharga 20 RM saja. Saya nggak sempet nyobain, cuman lewat aja.How to get there : Naik Monorail turun Stesen Bukit Nanas, atau naik LRT turun stesen Dang Wangi trus jalan (tapi jauh).

Best Found : Bungee jumping "The G Force X - Anti gravity" dari ketinggian 335 meter seharga 60 RM. Nggak nyoba, mahaal T_T

6. Dataran Merdeka & Abdul Samad Building

Di lapangan inilah saksi sejarah kemerdekaan Malaysia, ketika pertama kalinya bendera Inggris diturunkan. Area yang isinya cuman lapangan biasa ini dihiasi dengan Istana Sultan Abdul Samad yang biasanya muncul di banyak brosur-brosur pariwisata KL. Terdapat satu tiang bendera tertinggi di Dunia, berukuran 100 meter. Biasanya, pusat kegiatan acara peringatan kemerdekaan Malaysia diadakan di Dataran Merdeka ini. Panas kalo siang-siang, tapi walaupun cuman lapangan biasa tapi rame banyak turis-turis Asia Timur yang foto-foto disini. Maklum, pemerintah Malaysia pinter mengemas lapangan biasa jadi daya tarik pariwisata.. ckckck salutee..


How to get there : MetroBus nomor 11, atau LRT Turun di Stesen Mesjid Jamek tapi jalan lumayan jauh.

Best Found : Ada jembatan depan dataran merdeka yang asyik buat foto-foto.

Jajan-Jajan

Paling nggak bisa kalo jalan-jalan trus nemu sesuatu yang beda, bawaannya pengen nyobain. Di Jalan Mesjid India pas iseng
nyari oleh-oleh di emperan kaki lima nemu penjual minuman macem-macem hanya seharga 1 RM. Saya milih green melon, rasanya enak!. Geseran dikit, nemu tukang jual gorengan.. milih dimsum sama fried wonton.. seharga 1 RM setusuk. Enak juga!. Walaupun sekelas jajanan pinggiran, tapi rasanya nggak kalah kayak yang dijual di Genting (saya nyobain fish ball di genting 3 RM setusuk.. hiks, padahal disini cuman 1 RM). Terus, dapet minuman es teh tarik seharga 1,5 RM. Oh ya, disini nyebut sesuatu yang make es itu kudu ditambahin embel-embel "Sejuk". Misal, air es = air sejuk. Atau gampangnya sih, bilang aja "pakai ais".


Di Seven Eleven, waralaba toko serbaneka yang banyak ditemuin di surut-sudut KL saya juga nemu es krim Smarties dari Nestle. Disana, kayaknya Nestle jualan eskrim juga di ice box mirip walls atau campina disini. Tapi lebih menjamur aja sih. Dengan seharga 1 RM satu cups, esnya enak!. Kapan lagi nyoba eskrim smarties yang di Indonesia nggak ada kaan?

Makan-Makan


1. MeatBall Beef Noodle

Ini nemu di deket Chill Inn hotel, hanya seharga 5 RM untuk Big Bowl dan 4,5 untuk Small Bowl, Beef Noodle ini rada nggak cocok sama lidah. Nemunya sih gara-gara udah malem, trus kelaparan. Yang buka cuman satu toko ini sih. Yang jelas porsinya menyebalkan gedenya!. Soalnya hanya dengan RM 5, dapet 2 mangkok gede pisah : mie daging sapi (dagingnya yang item bikin nggak selera makan) plus semangkok bakso kuah isi 7 pentol. Nggak habis, karena kebanyakaan.. T_T


2. Nasi Goreng Ayam

Ohoho..jauh-jauh ke Malaysia nemunya nasi Goreng lagi?.. Eits, ini bukan sembarang nasi goreng. Soalnya aya goreng ukuran guede yang digoreng crispi (mirip di resto cepat saji) ditimbunin sama nasi goreng yang mantab. Soal rasa : lumayan cocok di lidah, soalnya yang masak kayaknya mas-mas India. Biasaa, kalo India kan banyak bumbunya.. berasa rempah. Mantab!. Nemu nasgoryam ini di restoran Yusoof dan Zakhir di Kasturi Walk hanya seharga 6 RM.


3. Chicken Curry

Di resto yang sama, nasi kare ayam dengan rempah yang kuat dihargai 5,5 RM. Mantab kuah karenya, enak banget. Mirip kuah Padang, tapi beda rasa. Ayamnya juga empuk, gede lagi.

4. Murtaba'

Sebenernya sama kayak martabak di Indonesia, yang ngebedain adalah isinya ada 3 macem (pilih) ayam, kambing, atau daging. Saya milih murtaba' daging seharga 6RM. Bentuknya bulat, dan bukan digoreng tapi dipanggang. Aseli, porsinya menyebalkan juga!. Guede banget, makan setengahnya aja udah kenyang.. Ada 3 macam kuah yang disajikan, kuah kare, kuah asam, sama kuah, asin pedas (tapi nggak pedes banget). Yang paling pas kalo dimakan sama kuah karenya. Nendaang!!

PS : Ayoo.. yang masih mau oleh-oleh gratisan dari saya, deadlinenya Besok Siang yak!. Minggu 20 Maret 2011 jam 12 teng, bakalan ditutup. Buat yang mau ikut giveaway ini, silahkan klik banner di sidebar kanan atas blog ini!. Nah, soal pengumuman pemenangnya.. akan saya umumin pas tanggal 21 Maret 2011. Ada yang ultah tanggal segitu? :P

53 komentar:

Daris Firzan mengatakan...

wow, lezatnya makanan2 di situ...

jadi ngiler nih..

dan 1 lagi , pingin baget naik ke KL tower, :)

thanks :)

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

fotonya bagus2, bikin iri aja >.<

Adi Chimenk mengatakan...

KL Tower sepintas mirip menara Stasiun Televisi TVRI, ya gak Phe?

Huda Tula mengatakan...

murtaba'?? qeqeqeqe..

entah kenapa kedengarannya ini makanan alim banget..

lidya mengatakan...

jalan-jalan. tidak jauh dari belanja dan makan

ria haya mengatakan...

makanannya ga jauh beda ma Indonesia yach

Mila Said mengatakan...

gw paling suka bagian jajan-jajan & makan-makannya hahahaa.... ga makan KFC lagi ? *ditimpuk

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

wah makanannya membuat saya kepingin ....hehehehe tapi gak jadi wes soalnya mas gaphe bilang malaysia nyaplok lagu daerah negri kita...... (gak nyambung jek)hehehehehe

Siti Nurul Falah mengatakan...

hohoho ketemu makanan lagi deh

Justmeilani mengatakan...

belum bs k malay lihat foto jadilah,...

Bunda Loving mengatakan...

Ghape..kayaknya mknan nya sama aja ya di negri kita...
Salut deh....berita di KL belum habis2 tu......

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ga ada sawah atau hutan gitu ya..? :(

Azhia mengatakan...

tergoda aku tergoda.....sama murtaba' nya...waaaahhh..boleh donk giveawaynya murtaba' daging kambing. *ngiler

Kumpulan Cerpen By: Faisal Amirul Firdaus mengatakan...

wow... asyik banget.... n makanannya yummy!!

Danil Edan mengatakan...

kapan ajak gw ksana

blackdevil mengatakan...

keren bgt mas,.
keliling MALAYSIA nhe mas !!!
pgn k sna,.
tp ttp lbh pgn k THAILAND,.
*bnyk" nabung dulu,.
hiks hiks hiks hiks

narti mengatakan...

met malem,
aku minta eclairs dari malaysia aja ga usah yg dari holland ^_^

sda mengatakan...

lah ini photo makanannya baru keluar, bikin laper aja :)

Zan Insurgent mengatakan...

uaaaa...lihatin gambar dan baca referensi tentang makanannya bikin laper...beneran sob jadi ngiler saya...

dee mengatakan...

Gaphe, kurs RM berapa sih?
kayanya suka nyari yg unik n murmer juga nih :)
asyik bakal kebagian oleh2 ^_^

YeN mengatakan...

wuiih murah2 ya jajannya..jadi pengen juga >.<

Hariyanti Sukma mengatakan...

Hmmmm ... semua makananya yumilah yumiwati banget ya, phe... jadi ngiler nih,

Fairysha mengatakan...

oalah phe, jadi ya ke luar negerinya...hehehe...tapi knp ke malaysia sih...bikin sakit ati ajah...^^

Nova Miladyarti mengatakan...

mas gaphe brapa hari sih liburannya? banyak banget jalan2nya. kaya sebulan deh disana:D

ghost writer mengatakan...

satu masa nanti kamu pasti jadi seorang promoter khusus untuk tourist nih Phe..pasti lagi senang di samping info yang sudah kamu titipkan..

lagi kalau sapa2 yang mau nemuin tempat makan-makan,bisa saja rujuk sama kamu ya Phe..

kamu sudah pulang ke indonesia
?

Teras Info mengatakan...

Wah...saya pengen ke Masjid Jamek..

insani cita mengatakan...

aku pingin ke hutan..... HHHH

pututik mengatakan...

widiw mantap, penuh dengan warna dan sarat informasi. saya kalo ke MLY sering kebayang bakalan jadi warga yang di diskriminasi :)

Lily Kasim mengatakan...

bro, bikin iri aje sampeyan...

dunia kecil indi mengatakan...

halo gaphe, aku ikutan giveaway'mu, nih. ini link'nya (http://duniakecilindi.blogspot.com/2011/03/vegetarian-juga-bisa-punya-pipi-tembem.html), tolong dibaca dan semoga berkenan (amen..).

indi.
nb: aku sudah follow km.

Nyach MMS mengatakan...

makanan malaysia mirip Indo, rasanya apa sama ya??

met pagi Gaphe

aq sdh follow kok

Djangan Pakies mengatakan...

manteb nih panduan perjalanannya lengkap Kang, dengan membaca saja saya bsa membayangkan kondisinya

Nurul Imam mengatakan...

Makanan KL Kopas yah dari Indonesia ?

Nurul Imam mengatakan...

Makanan KL Kopas yah dari Indonesia ?

Nard4Reynard mengatakan...

Buset ini orang jalan-jalan udah kaya jadi wakilnya discovery channel aja... :P
btw tempat yang pertama ama ke-dua bagus tuh...

http://orangecakes.wordpress.com mengatakan...

Makanannya *nods*
best topic!

Aina mengatakan...

njeng-njeng tiyuuuusssss!!!!
btw, gw ultah lho...enam bulan lagi... haha

Bayu Hidayat mengatakan...

seru bro ceritanya. eh gimana cara tawar ala maysia. hmmm lagu nya kok dari indonesia tuh

NINDAAA mengatakan...

hmm coba kalau pedas bgt gitu saya iri deh

zasachi mengatakan...

seperti biasa.. liat2 dulu poto2nya baru baca ceritanya... :) emang pengalaman keren dan nyenangin ya Pe bisa jalan2 sepuasnya gitu.. #Ember!pake nanya lagi! :D

bikin kepengen juga. oiya mie daging sapi nya itu emang aneh ya, dr potonya keknya ditaburin tepung item.. tapi yang lainnya kereenn banget Pe.

i-one mengatakan...

wah,Gaphe kamu bikin aku ngondok setengah mati.Enak banget lo jalan2..Hehe...kapan nih maen2 keblog ane

Ami mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ami mengatakan...

ternyata perlu penyesuaian porsi yah...

Ami mengatakan...

ternyata perlu penyesuaian porsi yah...

Ami mengatakan...

ternyata perlu penyesuaian porsi yah...

r10 mengatakan...

nasi goreng diklaim malaysia ga, phe?

kalau iya kebangetan --"

TUKANG CoLoNG mengatakan...

wuih mbak AMI ngamuk nih komennya, banyak banget..:))

situsonline mengatakan...

bu ami lagi selera kali.

the others.... mengatakan...

Ya ampun, aku ketinggalan banyak sekali postingan Gaphe ya? maklum... sedang KO jadi milih istirahat aja. Apa kabar?

place to study mengatakan...

Kok postingan ini ceritanya borongan sih Om? Buru2 pengen dikelarin ya?

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

jalan2 trus makan2, wah mantap bener dah! oleh2 gratisannya masih ada nggak nih? hehe.

Eh, ngomong2 waktu denger lagu anak kambing saya, Bang Gaphe nggak nanya sama yg muterin lagu, anak kambing lu yang mana? hehe

Jubaida Janda Manis mengatakan...

Merdeka...merdeka... merdeka...
semoga sukses ya... tuk semua na..
Amin!!!

salam kenal mua na..

iskandar zulkarnain mengatakan...

ga penting banget mau klaim nasi goreng? tapi itu termasuk dalam warisan makanan malaysia. apa lagu indonesia yg malaysia caplok. menuduh mulu. ade bukti apa?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...