Minggu, 17 April 2011

Antara Beverly Hills dan Malioboro

Kalo baca judulnya, jangan dibayangkan saya akan membahas Beverly Hills yang ada di Amerika sono yak, atau jangan bayangkan acara sitkom TV 90210. Beverly Hills yang satu ini tempatnya ada di Jogja, dan merupakan satu penjual roti bakar yang lumayan terkenal di Jogja. Gara-gara dari kemarin saya ngidam roti bakar, nggak tau kenapa koq nggak biasanya saya kepingiin banget makan roti bakar. Bukan roti bakar Bandung yang kotak itu tapi, yang simple berupa roti tawar biasa yang dibakar trus pake aneka topping.

Nah, kalo di Bandung mah enak.. bisa langsung ke Madtari, yang khasnya kalo ngasih keju sama susu sampe tumpah-tumpah. Kalo di Jogja, walaupun nggak sespesial Madtari, tapi ada Beverly Hills yang udah cukup ngobatin kepengenan saya sama roti bakar. Sebenernya saya pengen menyingkat Beverly Hills biar enak nulisnya, tapi daripada ntar singkatannya menimbulkan ketawaan nggak berhenti-berhenti, meding saya tulis utuh aja deh. Hehehe..

Beverly Hills ini punya banyak cabang di Jogja. Salah satunya ada di Sagan, tepatnya di jalan professor Herman Yohannes. Kalo dari Mall Galeria Jogja ke arah utara, di kiri jalan. Ada plang gede warna merah, dengan tulisan Roti Bakar Beverly Hills warna putih. Jualannya kalo malem aja. Kalo siang tutup, digantiin jadi studio foto kalo nggak salah.



Yang dijual disini emang roti bakar, tapi nggak cuman khusus itu aja. Ada pipilan jagung bakar/rebus (mirip sama kalo beli corn cup di mal-mal itu), ada mie instan (rebus, goreng, polos, keju), sama pisang bakar. Yah, intinya sih jualan jajanan yang biasanya dipinggiran jalan. Cuman konsepnya agak dibikin beda, nggak pake warung tenda tapi berupa foodstall. Jadi lebih modern dikit. Jualan minumannya juga banyak, mulai dari es sirop sampe susu murni.

Saya milih roti bakar coklat keju spesial satu porsi. Roti bakarnya sebenernya biasaa banget, hanya roti tawar tiga lembar, dibakar pake arang, diisi meises dan ditaburi keju sama susu kental manis. Tapi karena kepengenannya udah lama, jadi berasa enaak banget pas makannya. hehehe. Nggak cuman ada rasa coklat keju koq, ada banyak pilihan. Mau savory atau sweet juga ada. Misal roti bakar omelete spesial, isinya telur dadar dan taburan abon. Makannya pake saos sambel. Ada juga roti bakar isi selai nanas, blueberry, strawberry, dan macem-macem. Ada isi coklat kacang, daging, dan sosis juga. Terserah sih, kalau mau mix sendiri pun juga bisa. Isi daging dengan selai blueberry misalnya!.

Seporsi kecil, dihargai berkisar antara 5000 - 9000 rupiah. Tergantung sama topping dan isiannya atau jenis roti yang dipake, karena ada juga roti gandum. Jadi kalo milih roti gandum (untuk mengganti roti tawarnya) harganya jatuhnya lebih mahal. Beda seribuan sih. Kalo minuman, antara 2000 sampe 7000 untuk STMJ (susu telor madu jahe). Lumayan murmer buat ngobrol, nongkrong, dan makan-makan. Mau sampe malem juga gak papa kayaknya, karena disediain tempat lesehan juga.

Naah, berhubung Bunda menunggu di rumah, dan mesen suruh beli lauk sekalian di luar buat makan malem.. akhirnya saya pulang lewat Malioboro. Aduh, pilihan jalan yang salah sebenernya. Pas malam minggu, lewat Malioboro, bisa dipastikan macet total. Bisa jalan sih, tapi pelan-pelan. Malioboro sekarang udah ramee banget, masih khas kayak dulu sebenernya tapi sekarang lebih semrawut. Lampu-lampu, halte bus transjogja, warung tenda pinggir jalan, andong dan becak, kaki lima plus parkir sepeda motor yang kadang nggak sesuai aturan jadi nambah ruwet. Beruntung, kalo pas malem minggu banyak polisi lalu lintas disiagakan, jadi selain memperlancar pengguna jalan juga bisa membantu penyeberang jalan untuk lewat secara berkelompok. Maklum, kalo di Malioboro mata pengendara harus awas karena pejalan kaki sliwar-sliwer nyebrang dari satu sisi jalan ke jalan yang lain. Intinya, kalo mau ngetes skill ngerem motor yaa main aja ke Malioboro.


Namanya juga malam minggu, malamnya anak muda. Makanya public space di sekitaran Malioboro udah bisa dipastikan penuh sama lautan manusia. Banyak hobiis yang menyalurkan kegiatannya disini, kadang juga ada klub-klub motor yang nongkrong, atau klub sepeda onthel. Trus pas semalem, di depan monumen serangan oemoem 1 Maret, ada kayak festival band yang disponsori sama produk rokok. Makanya tambah rame gilaak.. Kalo dibilang bottleneck effect, yaa mirip kayak gini. Begitu lampu ijo nyala, bruulll... semuanya langsung lancar. Tapi tetep aja gimanapun ramenya dan nyusahinnya, kalo belom ke Malioboro berarti belom ke Jogja!. I'm Jogja, what about you?. *niru iklan Agnes Monica

73 komentar:

Pakde Cholik mengatakan...

Kalau di Surabaya dimana roti bakar yg nyusss mas ??

Buku sudah sampai atau belum mas ? Sudah saya kirim beberapa hari yg lalu lho...

Salam hangat dari Galaxi

deewahjoedi mengatakan...

sounds great... :D

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

hmm, saya ada peryataan dan pertanyaan(kudu dijawab ini mah).

*pernyataannya= postingannya keren, and saya pngen bilang tengkyu(ud buat laper banget,haha)

*pertanyaannya= singkatan baverly hills pa'an? haha kayaknya lucu yah?(penasaran), trus roti bakar isi blackbery ada gak? hihihi

Djangan Pakies mengatakan...

selalu menjadi menarik ketika sampean mendiskripsikan kuliner, termasuk roti bakar. Saya malah pingin gimana rasanya roti bakar gandum plus minuman STMJ pasti akan terasa banget nyusnya

Bayu Hidayat mengatakan...

cahhh di baverlyhills sendiri ngak ada yang jualan roti bakar. ahhh jogja emang paling top lah. hihi. pengen rasain roti ala sana

Ello Aristhosiyoga mengatakan...

Emang yang paling top tuh. jogjga....

Nova Miladyarti mengatakan...

jadi pingin roti bakar jugaaa....tar sore cari ah..*latah!

aku pernah merasakan suasana malam minggu di Jogja dulu, iya, rame banget.nget nget...

Daris Firzan mengatakan...

lihat dari fotonya aja udah pingin makan tuh roti, tapi saya jarang melihat roti yg seperti ini, sangat unik memang modelnya :)

Rahman Raden mengatakan...

roti bakar bermandikan keju, tak mengundang selera.... kejuny kebanyakn

narti mengatakan...

Gaphe memang special bikin pembaca jadi ngeces yak ^_^

sda mengatakan...

mau nyingkat ya nyingkat ajalah...hihi...
udah kebayang pada diprotes ntar :)

dee mengatakan...

Gaphe wajib tanggung jawab, kirim sini roti bakarnya!

yayack mengatakan...

wah ngomongin rota bakar jadinya kepingin makan gorengan roti hehe..
Alhamdulillah udah pernah ke malioboro yg mungkin ga rameh kaya sekarang. Inget aja naik becak di ceritain mengenai sejarah kota jogja oleh sopir becaknya sendiri. Hehe.... Ga biasanya tukang becak ngomel terus sepanjang perjalanan ;D

Hariyanti Sukma mengatakan...

Roti bakar adalah menu andalan ku utk sarapan pagi .... tq ya info ttg variasi roti bakar... bisa meng variasikan menu sarapan pagiku nich...

Awaluddin Jamal mengatakan...

entah ini kebetulan atau apa namanya, 2 blog yang saya kunjungi pagi ini membahas roti bakar semua, malahan semuanya menyebutkan satu tempat yang sama Madtari.

kayaknya keju disana rindu sama saya deh.. ha ha..

jadi penasaran kalau Beverly Hills disingkat jadi apa yak..

sepertinya kalau saya yang pesan akan di mix antara coklat dan sosis, pasti rasanya tak terlupakan !!!

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah roti bakar kesukaan ya tuch....:) dulu waktu smp pernah rekreasi sekolah disana mas... kalau malem emang rame banget malioboro......:)

Ami mengatakan...

Beli roti bakar di deket rumahku gak ajak-ajak... Hahaha... Kayaknya postinganku yang baru aku makan kemarin mesti segera diupload...

Tiffa mengatakan...

pantesan, pas malming kmrn, saya seperti ngliat gaphe di malioboro???

Sagan emang salah satu tempat kuliner yg lengkap, agak masuk2 dikit gang deket situ, ada yg jual seafood hrganya sktr 10rban, enak pula, cm tempatnya agak jelek.

posting nikahan tmnnya gaphe hr ini, trutama menu makan gratisnya phe :)

saptriyawati mengatakan...

Malioboro, tempat yang indah unruk dikunjungi apalagi malam hari, untuk pertama kali saya kesana , banyak cerita yang saya dapat, salam kenal :)

arie sshi mengatakan...

wah kayanya enak tuh....
emang kalau disingkat jadinya kenapa...??? *masang muka polos*

Henny mengatakan...

kalau roti bakar..disini emang nggak ada yang seenak di jogja ato bandung. jadi daripada kecewa sama rasanya, mending buat sendiri aja..ntar kalo liburan kesana baru nyicipin roti bakar yang asli ^^

Rosi Atmaja mengatakan...

hmm pengen nyoba, tapi sayangnya sy tinggal jauh di madiun, bisa pesan antarkota ngga ya ....hehe

aciid !!!!!! mengatakan...

y kk, q juga pesen klo bsa :D

Siti Nurul Falah mengatakan...

hmm, jasi kangen roti bakar Madtari

ToM kuU mengatakan...

jadi pengen ke Jogja lagi!! ^^

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat
Jadi pingin je malioboro yang kayaknya banyak perubahan
Oh iya pwrtanyaan mas jawabannya saya hanya pernah chat dg miss michelle , beliau menhafi top dan sukses ngeblognya memang dari latar belakang keahlian serta di apresiasikan melalui blog serta membangun bisnusnya gitu mas

cho mengatakan...

lantaran udah sering lewat situ bolak-balik, tahun-tahun belakangan ini, jadi hampir udah ga ngerasain lagi asiknya malioboro di mananya. :p

dulu waktu pertama kali dateng ke jogja, nyampenya di malioboro. dari stasiun tugu kan deket. uwaaaah, rame banget. bikin stress. tapi sekarang udah biasa. :)

Rin mengatakan...

Ya ya ya. Salahkan saya membuka postingan ini pas jam makan siang. *kriuk-kriuk-kriuk* *elus-elus perut*

Fiction's World mengatakan...

waaaah, nanti ke Yogya lagi pengen maen kesana deh, tapi bukanya malem aja yah T.T

Nufri L Sang Nila mengatakan...

cihuyyy kalo liat postingan ini...bikin dunia lebih hidup...maksudnya bikin hidup pengen jalan2 :p

tiwi mengatakan...

slurpp....*ngeces.com haduuh di saat cuaca dingin hbs hujan enaak banget kl mkn roti bakar n kopi susu+ginseng...endaangggg

Orin mengatakan...

Roti bakar isi daging dg selai blueberry?? hadeuuuh....ngebayanginnya tak terbayangkan :P

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

Pengen cepet2 ke jogja buat kuliner..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

pernah baca di blog siapa ya yg bahas tempat makan ini juga.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

kalo madtari di bandung sih bukan roti bakar berkeju, tapi keju ber-roti. saking banyaknya kejuuuuu..

saya belom pernah ke jogja apalagi malioboro.. what a pity T_T

Arkan Azis Kusuma mengatakan...

Slurp..slurp jadi kepengen maem martabak niih...apalagi yang kayak diceritakan Mas Gaphe ini..wah wah *ngelapiler*

monda mengatakan...

Roti bakar aja bisa seramai itu ya, salut sama inovasinya

Zan Insurgent mengatakan...

malioboro selalu menyisakan kenangan bagi yg pernah mengunjuinginya...duh kangen pengen kesana...

Happy weekend sobat...

miwwa mengatakan...

Jogjanese ya mas hehehe.. ROTI BAKARNYA SLURPIES BANGET ITUUUHH!!! >,<

Rose mengatakan...

wah mau makan jadinya ni sore2..

attayaya-mading mengatakan...

sebelumnya ada di sebuah tenda kecil di pojokan jalan kaliurang dengan ringroad.
enaaaak banget

deknada mengatakan...

berkali-kali ke jogja, nggak tahu kalo ada roti bakar enak.. :D

salam kenal yaaa.. main-main ke blog saya yaa.. :)

r10 mengatakan...

cuma main roti bakar saja bisa dijual.... pengusaha kreatif

soal blogspot musti pakai Gmail, kalau bukan gmail harus pindah ke gmail

http://buzz.blogger.com/2011/04/important-note-about-legacy-accounts.html

ais ariani mengatakan...

mas gaphe.. inget gak sih jaman dahulu kala si tukang jualan roti BH *ups* a.k.a Beverly Hills [hiahahahhaha..makin panjang aje malahan] itu jualannya di pojokan jalan gejayan? di trotoar depan UNY, inget gak sih?
nahh pas di situ itu mantaap banget. keknya roti bakar ternikmat sak jogja raya di situ. tapi semenjak gak di situ dan pisah-pisah, jadinya kurang 'nendang' gitu.
kalau soal malioboro dan malam minggu itu aku setujuuh. jangankan Malioboro, gejayan juga macet cet :(

lidya mengatakan...

kalau mau roti bakar yang keju nya tumpah, buatan mamanya CalVin aja :)

ghost writer mengatakan...

pasti di mana pun kamu berada,soal makannya tidak pernah lupa.dan saya bila ke mana-mana mengunjungi tempat makan yang baru dikunjungi pasti teringat bener sama kamu Phe..

joe mengatakan...

Yogyakarta jadi ingat sama lagunya Kla Project, hm, sudah lama tidak main ke malioboro. dan kalau roti bakar, pasti tidak ada bosennya he he

joe mengatakan...

Yogyakarta jadi ingat sama lagunya Kla Project, hm, sudah lama tidak main ke malioboro. dan kalau roti bakar, pasti tidak ada bosennya he he

Bunda Loving mengatakan...

Pagi gaphe....
roti bakarmu jd buat ngiler... dan jd pengin jg sarapan pagi dg roti bakar...hheehe

Mama Kinan mengatakan...

Wuihhhh asli jadi kangen yogyakarta..:)

Sekali lagi numpang yah phe:
Untuk Gaphe dan kawan kawan blogger semua Mohon bantuan doa nya ya untuk kesembuhan nanda Aisyah....cek di blog saya untuk postingan tentang nanda Aisyah
http://artyakinanthi.wordpress.com/2011/04/15/posting-luar-biasa-tentang-love-for-aisyah/

dv mengatakan...

hampir aja anaknya ileran yah phe gara2 ngidam roti bakar :p

saia uda pernah ke jogja (bantul) tp blm pernah ke malioboro..berarti blm ke jogja dnk namanya :(

cerita dewasa mengatakan...

aku mana ya... ya wis paris, pas ma is nnya.. hehehe

Lyliana Setianingsih mengatakan...

I love Jogja.. Tapi kalo udah jauh2 kesana makan roti bakar rasanya rugi, hehe... mending nasi gudeg asli sana... yummy...

Eh itu roti bakarnya mirip Roti Bakar Eddy yah... Enakan mana Phe..?

Dwi mengatakan...

Jadi pengin langsung ke TKP, lama juga nih gak ke Malioboro, kalau roti bakarnya belum pernah nyobain..

kira mengatakan...

ada award dariku... silahkan diambil...
:)

Mia Herminingtyas mengatakan...

jadi kangen sama yogya,..dulu pas kuliah sering bgt maen sana tapi sejak kerja mulai jarang dan setelah nikah hampir 3thn aku g pernah kesana blas,..mas gaphe mau dong oleh2nya hehehe..

Mamisinga mengatakan...

yay! pas banget lagi leparrrr.. eh laper... *comot roti bakarnya*

IbuDzakyFai mengatakan...

wah jadi kangen malioboro ma kulinernya disana

wits mengatakan...

aduh..makan melulu y mas, ampe hafal full tempat2 kuliner pilihan, nyaingin pak bondan nih, hehehe..^-*V

Muhammad A Vip mengatakan...

roti dibakar pake areng, kayak sate? apa nggak berdebu itu? juga mahal banget harganya, disini roti bakar cuma seribu setangkep.

DeYa mengatakan...

mas gaphe mumpung masih di jogja cobain kalimilk di jalan Damai... wah susu and roti gorengnya maantaaap hehehe, gak nyambung ama postingan

rabest mengatakan...

so am I, I love Jogja!! hiyaaahh..

emang, parah banget kalo kejebak gak sengaja lewat malioboro pas malem minggu ato malem2 perayaan apa...gitu, tapi, tetep aja, suasananya jadi bagus gitu...hehehe

Mas Odjie mengatakan...

kayaknya referensi kulinernya lengkap banget nih, langsung di agendakan minggu ini kesana deh... siap santap roti bakarnya

Aina mengatakan...

iyah...malioboro kalo malem minggu rame banget... mau nyebrang aja susah....
tapi aku sempet agak keki ama kamar mandi umumnya yang gak berperikemanusiaan banget. buat jongkok aja susah...

Beverly Hills disingkat jadi onderdil daleman cewe ya??????? ngakngakngak

Yudi Darmawan mengatakan...

yaelah,
masa roti bakar namanya beverly hills, sekalian aja ground zero, hehe..

o iya mas, saya kan penasaran ama jogja, ada gak ya paket travel dibawah satu juta?

Irly mengatakan...

Kalo baca postingan di blog ini jujur saya suka nyesel!!

Nyesel karna jadi mupeng...mupeng abis!Sekarang makin nyesel dulu gak nyempatin diri ke Jogja.ckckck...

zone mengatakan...

jogja is never ending asia...!

mantabh gan...

Nchie mengatakan...

Jogja is never ending asia *tulisan di kaos dagaduku* mantabs malioboro mah..

PROTES Gaphe..!!
Malam minggu malamnya anak muda,nah loh kite emak2 piye..
Hmm..malem jumat malemnya emak2 dan abah2..hahhaa..whuahaa

isma mengatakan...

huwaaaa jogjaaaaa .... besok mudik, aku cobain deh, keren banget toping kejunya. ini berarti di dekat-dekat galeria ya kl gak salah ... thanks sharenya ya...

blackdevil mengatakan...

wha mas,.
makin bikin apis kgn bgt ma jogja.
smg jha minggu" nhe jd k jogja na.
amin

apis pgn jln" gee k jogja,.
kale nhe pgn sedikit lm d jogja.
tp kyk na ngk ngeGEMBLE d malioboro gee.
(kasihan bdn kurus nhe)
ehehehehehehehehe
(^^")

nnt klu d jogja,.
apis pgn k JAGUNG & ROTI BAKAR BEVERLY HILLS lha..
pgn cobaain makanan d sna..
:)

AS Budiman mengatakan...

Senin malam & malam Minggu di Malioboro..

Hanya selang beberapa hari tapi sangat berbeda, wkwkwk..

YeN mengatakan...

yeeee pamer Jogja...
jadi pengen ngerasain nih gimana rasanya tinggal di Jogja..

niee mengatakan...

ahhh jadi kangen jogja..
Tapi klo masalah roti bakar paling enak ada loh phe satu,, buatan aku deh, hahahahah...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...