Sabtu, 09 April 2011

Bebek Goreng (ASLI) Haji Slamet

Ini oleh-oleh dari pulang Jogja kemarin yang belom sempat saya posting. Saya masih ingat ketika artikel saya tentang waroeng steak kemarin, Ami kasih komentar bahwa pemilik waroeng steak itu masih temen ngaji sama Haji Slamet, pemilik bebek goreng asli cabang Kartosuro. Entahlah, karena saya sendiri nggak tahu tentang hal itu.

Sebenernya, banyak juga di Surabaya orang pada jualan bebek goreng. Beberapa kali saya juga posting tentang bego (singkatan saya untuk bebek goreng) di blog ini. Tapi, berhubung di Jogja ada juga yang jualan bego, dan pas itu saya lagi ngidam makan bego, yaa akhirnya mampir ke outlet bego yang ada di Jalan Mangkubumi 117 Yogya ini. Mudah koq nemuin outlet yang berwarna ngejreng Ijo khas bego H Slamet ini, toh jalan Mangkubumi tuh jalan gede searah yang lazim dilewati kalo mau ke Malioboro. Dari Tugu Pal Putih Jogja, ke arah selatan beberapa blok di kanan jalan.


Nggak ada yang spesial sama bego yang satu ini, karena nyatanya selama saya di Surabaya banyak nemuin bego yang rasanya lebih enak. Tapi yang membuat outlet ini laris, kalo menurut saya adalah karena ciri khasnya make sambel korek. Jangan bayangin itu sambel make pentol korek api dimana-mana yak!, secara maksudnya sambel korek tuh langsung diulek di cobek trus trus baru "dikorek" buat disajikan. Yak, unik memang karena sambel korek ini biasanya disajikan dengan cobek tanah liat. Entah emang beneran diulek disana, atau yang udah jadi langsung ditaruh di cobek saya nggak tahu. Tapi, kalo lihat dari isinya sambel korek ini terdiri dari cabe rawit, bawang, garem, diulek jadi satu trus ditambahin jelantah hasil gorengan bebek itu. Pede mampus!. Asli, saya makan sampe berair di hidung dan mata.

Makanya, kenapa bego yang ASLI-nya dari Kertosuro-Solo ini punya cabang dimana-mana di Jogja. Minimal ada 4 tempat, selain disini ada juga di Gejayan, Ringroad Utara, sama di Kolonel Sugiono Jogjakarta. Saya sih penasaran aja, kenapa kudu diembel-embeli dengan kata ASLI di label namanya, apakah emang se-ngetop itukah sampe takut dibajak orang atau takut ada yang ngaku-ngaku?. Setelah saya tanya dukunnya abad 21 alias mbah Google, saya nemu satu informasi di Jalan Sutra yang bikin terkejut : "Bebek Goreng H Slamet yang di Kertosuro, buka pukul setengah tujuh pagi dan habis jam sepuluh siang". Wow, segitu larisnya kah?.

Trus soal bebeknya sendiri, agak beda sih sama bego di Surabaya. Bedanya, bego H Slamet ini sebelumnya diungkep pake bumbu, trus digoreng kering dan renyah. Kalo di Surabaya, biasanya juga diungkep, tapi bumbunya bumbu kuning (gurih). Khasnya bebek kan emang warna dagingnya yang "buthek". Hmm, soal rasa sih menurut saya standard aja. Tapi emang sih, sambelnya itu bikin kangen hidung berair karena saking pedesnya. Soal minum, ada banyak pilihan juga, tapi yang khas disini adalah Gulas (gula asem), Beras kencur, kunir asem, sama es degan. Paling mantebh (pake BH), adalah es degannya.

Soal harga, agak mahal dibanding kalo bego di emperan sekitaran Surabaya. Ya maklum, selain terkenal dan udah jualan di outlet, di jalan strategis, pasti butuh lebih banyak cost. Seekor bebek goreng utuh dihargai 64 ribu. Kalo dada aja 14.500, paha 13.000, kepala 4.000, rempelo ati 5000, cakar 4000.. haduh.. udah kayak mas-masnya yang jualan deh!. Belom termasuk nasi 2500 seporsi. Yaa bawa aja 20 ribu udah sama minum, dapet kembalian seribu buat parkir kalo dateng sendirian. Ohya, kalo nggak suka bego ada juga ayam goreng koq. Tapi, saya saranin datengnya jangan malem-malem, karena walaupun buka dari pagi sampe sore biasanya kalo udah malem nggak banyak pilihan.

71 komentar:

Ami mengatakan...

Maksud aku WS satu grup sama bego H Slamet. Dulu awal buka di Gejayan, antriannnya ampun panjangnya.... Sedang di Bogor di jalan Sudirman sepi...

Aku gak suka pedes jadi gak dimakan tuh sambelnya.

Ngurangin gorengan Phe, jadi tempat yang jarang aku kunjungi, hehehe....

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

bener tuh dulu yang pertama buka di gejayan ramenya gila-gilaan sampe ngantri-ngantri. padahal rasanya juga biasa aja.

mas gaphe udah pernah nyobain yang di surabaya blm? di surabaya kan ada di semolowaru, HR Muhammad, sama jalan kayun kalo nggak salah. aku juga udah pernah nyoba yang di bali, itupun karena temen2 yang ngajakin. tapi di bali harganya lebih mahal yak kayaknya.. :D

insan mengatakan...

lum pernah nyoba tp lw pedass itu pasti kesukaan

Masbro mengatakan...

Haduh Mas, barusan saya baca baca artikel tentang makanan juga. Tapi asli, ini yang paling bikin saya ngiler. Langsung pengen bebek goreng haha....

Bunda Loving mengatakan...

pagi gaphe....
sayang sekali...bunda skrng gak boleh lagi makan bebek...krn klosterolnya tinggi....

ria haya mengatakan...

iya bener klo bego H.Slamet sambelnya mantabz pedaaaaassss...
saia yg doyan pedas aj ampe mo nangis

klo bebeknya sich empuk, cm pas saia beli kok menurut lidah saia asin ya...???
pokoknya pedasnya sambel itu bikin saya tobat makan sambal, perut saia sakit semalaman abis mkn sambal itu

tealovecoffee mengatakan...

-____-" jelek amat yakk singkatannya bego...

eh di Sby juga ada ya kayaknya bego H. Slamet? kl ga salah di nginden..
*aih ketularan pake "bego"

bikin laper aja nih postingan...wkwk

rinz mengatakan...

terakhir aku makan bebek goreng H. Slamet awal bulan feb sebelum balik ke melb, rasanya dah ga seenak dulu pas aku makan bulan juni tahun lalu. huhuhuhuhuhuhuhuhuhu.... #lebay

tiwi mengatakan...

slurppp.....*ngeces...blm sarapan, bego adlh slh satu makanan fave bapaknya anak2 and anak2 jg, meski kl maem ga pk sambel tp anakku suka banget...hihi. Kayaknya kl ke jogja mampir ahh....

John Terro mengatakan...

ah, bikin laper nih postingan

joe mengatakan...

terkenal banget dan cabangnya ada di kota saya, tapi sayang saya lebih suka ayam bakar he he

Rahman Raden mengatakan...

jika boleh memilih, sy lebih baik pilih ayam dari pada bebek. hehehe

Itik Bali mengatakan...

wowowoww....aku digoreng...hwaaaaa..
aku ngga mau jadi kanibal mending pilih ayam aja..
:D

Huda Tula mengatakan...

bebek?? jadi inget masa kecil. dulu kami pelihara bebek. terus kalau lebaran, orang2 bikin opor ayam ayam, sirumah bikin opor bebek... #hhhh... emaaaaak pengen pulaaaaang....T_T

asuransioke mengatakan...

mantap nih gan jadi lapar gan

ajenkthree mengatakan...

yeiii.. makan-makan lagi,
kayaknya enak itu sambel :D

sri wijayanti mengatakan...

hhhmmmm jadi pengggggeeeeennnn... :D
beliin dong kak. :D bawain juga ke bandung dong. hahaha.

nuansa efek samping facebook mengatakan...

mana aku makan! puasti enak tenan!

6 bulan baru tahu isterinya laki-laki mengatakan...

Pas dipagi hari, lapar nih pesan 3 porsi, buat anda 1 saya 2 ...cepetan lapaaaar!

Noeel-Loebis mengatakan...

dah lama ga makan bebek.. hehehe

Baby Dija mengatakan...

kalo cabang Jombang nya, di sebelh rumahnya Dija lho Om...

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

Sambelnya bikin ngiler euy...
Tapi kalo bebeknya di ganti ayam ada ga?
hehehhehehe

OPI mengatakan...

oh man, oh man..postingan lu bikin gue brnapsu..#liurnetesnetes

Ayi mengatakan...

sayang, aku bukan penikmat bebek. g tw juga kenapa, yg jelas seumur2 mkn bebek br sekali, dan itu langsung bikin janji "g mw nyoba lagi". heheheee

miwwa mengatakan...

Saya kurang suka bebek, alot.. Baru pernah makan dua kali sih, di Riau sini gak banyak yang jual bebek..

kira mengatakan...

wah, mulai makan2 lagi nih. hehehehe
aku belum pernah tuh nyobainya, kalo dideket tempatku yg rame tu bebek kaleyo, buseyt, antriannya panjaaaang banget.

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

pokoknya kalo ke jogja lagi aku mau ke sana, makan bego.
nyidam banget ini Phe, huaaaaaa >.<

ReBorn mengatakan...

gue ga suka phe. jadi jangan ngajakin gue makan ini ya. kita makan yang laen aja. yuk cyinth.... :D

Hariyanti Sukma mengatakan...

ntar dech kalo aku mudik ke rumah suami, aku mampir ach.... penasaran nich

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ceker bebek juga dijual toh? kirain cuma ayam aja yg cekernya dijual. btw, iya kamu udah kayak yg punya warung bebek goreng aja. sayangnya, saya gak suka bebek. entahkenapa gak suka aja.

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah bebek goreng (ASLI) emang da yang palsu ya brade kok masih ditambahi ASLI...hehehhe:)

Adryan Nurdien mengatakan...

waww.. bebek. Jadi pengen makan bebek (goreng) lagi.

Muhammad A Vip mengatakan...

Phe, kalo aku senengnya daging blengong: peranakan bebek sama enthok. dan saya review kamu hari ini.

AkaneD'SiLa mengatakan...

aku gak suka bebek.. mau digoreng mau dibakar.. tetep gak suka.. tapi kalo sambel koreknya boleh juga tuh...

Blog Tutorial Blogger mengatakan...

makasih infonya kawan
sukses selalu ya

-rif mengatakan...

salut sama kamu yg masih konsisten ngeblog!

Nufri L Sang Nila mengatakan...

saya suka makan bebek....tapi kalo gak pedes kurang asik...nah masalahnya..perut saya gak cocok sama pedas...jadilah malam2 ga bisa tidur....hahahahaaaaaaaaa
nice post...
salam.....metal...... :)

Magic Paper mengatakan...

sllurrpp.....
enakk....

ghost writer mengatakan...

baru perasan kalau di indonesia itu tidak complete kalau tidak ada sambel pedenya...

udah lama ngga ngerasain sambel buatan ayah saya nih Phe..hihi

yayack mengatakan...

jarang jarang makan BEGO masalahnya kurang suka sih, di sini malah pedesan ENTOG yang lagi banyak di sukai para kuliner boke kaya macam saya. Hehe wuuih bsa ya mas gaphe sampai nyebutin bumbu bumbunya juga, kalo saya mah taunya tinggal makan, kalo pun ada yg kurang rasanya suka bingung kurang bumbu apanya ☺

blackdevil mengatakan...

sambel korek mas,.
lucu yha,.
ehehehehe

klu d medan da sambel belacan,.
pedas na poll,.
tp ane dr kecil uda makan kyk gt.
sampe lidah na uda biasa.
makan hrs da rs pedas na, klu ngk.
ngk enk rasa na,.
ehehehehehe

msh di jogja yha mas(?)
rncn na lbrn ne mau k jogja,.
tp klu da uang se,.
ehehehehehehehe

cerita dewasa mengatakan...

wah bikin laper aja neh... hehehehe
oiya mas, kalo dibuka dihape situs anda berat banget neh, saya menyarankan anda memasang widgets dari alkatro supaya enteng neh, ini alamat url nya http://alkatro.blogspot.com/2011/01/blogger-mobile-friendly-template.html
ntar tentu jadi enteng... heeheheh

putri ayuningtyas mengatakan...

widii bkin ngiler pagi2, saya blom prnh cobain bebek. abis katanya dagingnya alot :/

lidya mengatakan...

disini ada bebek slamet, sama juga ga ya? nanti deh aku fotoin pas makan disana

Ardian Bumi mengatakan...

hmmm... Bego upps... Bebek goreng.. Jadi sedikit netes nh... Kayaknya yummy th.

monda mengatakan...

sejak bego populer, seing juga jadinya nyoba di beberapa tempat,
harganya lebih mahal dari ayam goreng ya..

zasachi mengatakan...

Bebek ya.. Sebenarnya aku bisa makan daging bebek, tp jgn dikasi tau klo itu daging bebek, klo tau itu bebek bisa2 aku berhenti makan... gak tau napa agak geli2 gitu bayanginnya..
#gmn mo gak dikasitau, pamletnya super gede gitu ya Pe

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

wah, kayaknya ga mungkin nih nyobain bego-nya Haji Slamet, kejauhan! tapi bego emang enak, saya suka makan diemperan. Tapi nga tau darimana asal bebeknya, cabangnya Pak Haji Slamet atau bukan.

habis waktu saya tanya sama yang jual, "Bebeknya dari mana Mas?" dia cuma jawab, "Wah, saya nggak tau mas. tadi sebelum dipotong saya nggak tanya, asalnya dia darimana?"
hehehe....

DeYa mengatakan...

Suka banget ama sambelnya ni.. bisa sampe colek-colek sambal tetangga kalo makan disini, hahaha. wah yg disurabaya lebih enak? lbh murah pula? jadi pengeenn

wulanmanjol mengatakan...

hah? itu keknya cabangnya juga ada di purwokerto mas. aku sering beli, enak banget sih kalo menurutku.hehhe...
*ngeceeesssss

Siti Nurul Falah mengatakan...

yahh bebek. saya ngga suka makan bebek, hehehe

Nova Miladyarti mengatakan...

saya juga suka bebek goreng mas gaphe,hehhe....
yumilah yumiwati deh pokoknya..hhahha....

btw, mas gaphe suka makan gitu apa pinter masak juga??
sekali2 posting masakan yang dimasak mas gaphe donk,saya mau liat,hahhaha...:D

[L]ain mengatakan...

haduh bikin gniler aja sih mas.
Tapi klo malem enak, sepi ga terlalu banyak orang. Enak buat ngelamun juga XD

NINDAAA mengatakan...

tibatiba pengen bebek goreng T^T waroeng steak bukannya ada dimana2 ya?

baru ngeh lihat fotomu di pesawat... gaphe udah om2 ya sopan ngga ya saya manggil namanya doang hahahaa -..-

mas ichang mengatakan...

disini ada tapi kok ngga enak ya? ASLI apa ASPAL ya?

Miss Nea Muslimovic mengatakan...

kyaknya warung bego hrus byar k'gaphe nih wat advrtismnt nya:DD
owyaah,,dah pernah makan bebek bumbu rw blom??? asli yumilawati dehhh,nea jamin... hehhehehh;D

zone mengatakan...

wah enak nii.....
tp ngomomg2 ngiklannya dapet brp mas...??
hehehehe...........

YeN mengatakan...

di surabaya juga ada kok bebek haji slamet ini.di daerah semolowaru..
eh mas, sambel korek tuh bukannya sambel yg ga pake tomat yak??

TUKANG CoLoNG mengatakan...

jujur aja gue belon pernah beli bebek goyeng. kurang tertarik gue. kalo makan di rumah kebagian lehernya yg isinya tulang doang. kalo disantenin baru mantav!

tito Heyziputra mengatakan...

wah dan d bogor juga ada ternyata pe'
keren tuh haji slamat, punya bnyak cabang.. muahhahaha..

mantabg lah bebek goreng, kenyal dikit tapi ga alot,, lebih enak dr ayam kayaknya klo gw,, hehe

Mama Kinan mengatakan...

phe..kayaknya lupa bilang "Yumila Yumiwati" tuh dipostingan makan makannya hehehehe..tetep wisata kuliner yah phe.
btw pengalamanku selama disurabaya...nggak ada yang ngalahin bebek goreng khas surabaya apalagi yang didaerah perak yang pake sambel mangga, sambel mentah gitu juga..plus mangga muda hemmmmm...Yumilah Yumiwati..atau bebek goreng depan kantor walikota surabaya..walah walah..Mantap "Yumilah Yumiwati" pokokna...jadi kangen bebek goreng neh...:(

catatan kecilku mengatakan...

Di Madiun juga ada bebek haji slamet. Jadi pengen makan kesana malam ini... hehehe

#mumpung libur diklat, jadi bisa mampir nih.

place to study mengatakan...

Shasa sih gak suka.... ama sambelnya hahaha

ash mengatakan...

daridulu pengen nyobain tapi belum sempet2.
hmm.. jadi pengen..
makasih tipsnya, brarti datengnya siang aja *angguk-angguk*

Aina mengatakan...

enak ya phe???? lezat ya phe???? bikin ngiler potonya....
tapi kalo dideketin...disodorin ke mukaku.... hyaik, aku gak doyan daging bebek....= vegetarian nanggung yang masih doyan ayam, tapi enggak bebek

niee mengatakan...

ah,, ini ada2 aja lo phe buat pekendekannya jadi bego, haha..

Tapi aku gak suka sama bebek deh, soalnya 'katanya' dagingnya agak keras gimana gitu, aku belom pernah sama sekali makan seh, tapi sampe sekarang belom pernah kepingin nyicipin..

Andri Edisi Terbatas mengatakan...

aduh klo sambelnya sampe segitu pedesnya...jd mikir sepuluh kali mo nyobain...hehe ^_^

Bayu Hidayat mengatakan...

dari tadi ngakak aja ternyata bebek goreng tuh singkatannya bego yah. hhihihi baru tau. wihhh kalo pedes pedes gitu, gw suka banget. gw rajanya pedes

Meutia Halida Khairani mengatakan...

harga bebeknya sama aja kayak di jakarta loh phe.. ga beda2 amat..

jadi pengen makan BeGo deh. hhihihih

Zulfadhli's Family mengatakan...

Gile laris manis amith yah Say buka jam setengah tujuh pagi tutup jam 10 siang. Mantaaafff!!

spundbond mengatakan...

bebek goreng emng ngangenin hehe~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...