Jumat, 29 April 2011

Mengganti Ion Tubuh Sambil Belajar Sejarah

Udah baca donk ya cerita perjalanan mendaki Gunung Mahameru disini, disini dan disini?. Bisa kebayang bagaimana letihnya lima jam berjalan kaki sepanjang 10 kilometer dengan posisi menanjak, pasti keluar banyak energi dan keringat. Tanpa disadari, meskipun udara dingin, karena tubuh tetap melakukan pembakaran maka keringat pun juga keluar. Baru ketahuan pas baju basah, padahal udah pake mantel anti air. Nah, pas saat-saat begini tanpa disadari ion-ion tubuh juga keluar bersama keringat dan uap air. Kalo nggak segera direcharge, maka besar kemungkinan tubuh akan mengalami dehidrasi. Nah, kalo udah dehidrasi bisa bahaya tuh.. tubuh bisa kehilangan keseimbangan, kadang berasa pusing. Nggak enak banget kalo pas lagi mendaki gunung tiba-tiba jatuh karena nggak seimbang. Dan ini penting diketahui, tau nggak kalo hanya sekedar minum air biasa tuh nggak cukup untuk menggantikan ion tubuh yang hilang?. Makanya, salah satu bekal wajib kami semua kemarin pas mendaki Mahameru ini niih :

snap!.. model ganteng berpose.. Please, jangan muntah!

Yes, Pocari Sweat. Saya seneng sama produk yang satu ini soalnya rasanya enak, unik dan menyegarkan. Selain itu, karena kandungan ion dalam minuman ini juga gampang banget diserap tubuh makanya Pocari Sweat dengan cepat akan menggantikan ion tubuh yang hilang. Ngomong-ngomong tentang Pocari Sweat, ternyata minuman kesehatan yang satu ini udah ada sejak lama. Pernah tahu sejarahnya nggak?. Kalo belom pernah, nonton barengan yuk disini.




Udah nonton?. Lumayan lama sih, sekitar setengah jam. Cumaan buat kamu yang ngerasa berat banget bufferingnya, saya ceritakan singkat deh sejarah Pocari Sweat.

Berawal dari pimpinan generasi ketiga Otsuka Pharmaceutical; sebuah perusahaan farmasi terkemuka di Jepang, Akihito Otsuka memiliki ide untuk mengembangkan produk yang sukses dari tangannya sendiri. Ini terinspirasi dari ayahnya, Masahito Otsuka yang sudah terlebih dahulu sukses membuat minuman terkenal Oronamin C. Akihito akhirnya meminta Rokuro Harima, seorang penanggung jawab pengembangan minuman perusahaan tersebut untuk memikirkan satu produk yang baru yang belum pernah ada.

Rokuro Harima terinspirasi dari kejadian di Meksiko, ketika pada saat itu Harima Diare tetapi hanya diberikan obat dan soda. Tetapi dia bertanya, kenapa air soda?. Dokter yang merawat saat itu bilang air di Meksiko sedang dalam kondisi tidak layak minum. Berdasaran pengalaman, Harima pernah melihat ada seorang dokter yang meminum cairan infus banyak-banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang seusai operasi. Jadi, Harima berpikiran bahwa cairan infus itu dapat diminum. Tapi pada saat itu, usulan Harima kepada Mr Tokushima Akihiko (kepala pabrik) tentang memproduksi infus sebagai minuman ditolak karena belum saatnya. Namun, atas restu Akihito Otsuka, pada tahun 1976 beliau mengajak Harima dan Akihisa Takahichi yang merupakan anak buahnya untuk bersama-sama mengembangkan minuman dari cairan infus ini. Petunjuk dari pimpinannya cuman sederhana : kembangkan minuman kesehatan, dengan rasa yang tidak membosankan walaupun diminum setiap hari.

Lalu, berangkatlah Akihisa Takahichi untuk melakukan riset, mulai dari mengumpulkan sampel keringat pada dua kondisi yang berbeda, melakukan pengukuran kadar ion natrium dan magnesium pada keringat, sampe pada akhirnya terciptalah minuman kesehatan yang komposisinya mirip dengan keringat. Sampel produk minuman pertama Takaichi dicoba oleh Harima, ternyata terlalu pahit. Kemudian ditambahkan pemanis buatan, tetapi rasanya malah menjadi terlalu manis.

Hampir putus asa, bahkan ketika minuman itu ditawarkan kepada mr Akihito, tak disangka ide baru kemudian muncul. Ada seorang karyawan bagian pengembangan minuman yang menawarkan produk minuman serbuk, yang rasanya masih belum sempurna. Mr Akihito lalu mempunyai ide mencampur minuman serbuk yang dibawa karyawan itu dengan minuman kesehatan ciptaan Takaichi. Ternyata, minuman serbuk berbahan dasar jeruk itu dapat menutupi rasa pahit dari minuman kesehatan yang diciptakan Takaichi.

Eksperimen dilanjutkan dengan menggunakan berbagai macam jeruk dan berbagai macam kadar gula. Pada akhirnya terciptalah 2 minuman kesehatan dengan kadar gula 6,2 % dan 7 %. Saat dicobakan kepada para peneliti, banyak yang memilih minuman berkadar gula 7%, tetapi pada saat dicobakan setelah mereka berolahraga, ternyata banyak yang memilih minuman dengan kadar gula 6,2%. Mr Akihiko akhirnya memutuskan untuk memproduksi minuman yang berkadar gula 6,2% tersebut walaupun sempat mendapat tanggapan negatif dari manajemen.

Tahun 1980, akhirnya penjualan Pocari Sweat dimulai. Nama Pocari Sweat dipakai berasal dari dua kata, Pocari yang berarti menyegarkan dan sweat yang berarti keringat. Reaksi konsumen pada awalnya negatif, dan menolak minuman tersebut. Jiro Tanaka, seorang kepala marketing, meninjau penjualan dilapangan dan melaporkan hasilnya pada Akihiko. Saat itu Akihiko mengambil keputusan mengejutkan dengan meminta agar Pocari Sweat dibagikan secara gratis dalam jumlah yang tidak terbatas. Alasannya adalah manfaat Pocari Sweat tidak akan dapat dirasakan kalau tidak diminum berulang-ulang. Walaupun pada awalnya merugi, dengan pemasaran yang disertai teknik edukasi kepada konsumen, pada tahun kedua setelah penjualannya Pocari Sweat mengalami lonjakan kenaikan yang drastis.

Saat ini, Pocari Sweat sudah tersebar di 16 negara termasuk Indonesia. Dan saking terkenalnya minuman ini, gampang banget ditemuin dimana-mana. Bahkan untuk kondisi Ranu Pani yang terpencil, seperti yang saya ceritakan kemarin, Pocari Sweat juga dapat ditemukan dipajang di etalase si empunya warung penjual nasi loh!. Jadi, sekarang saya tahu sejarah Pocari Sweat itu seperti apa... Susah juga ternyata menciptakan dan mengenalkan produk baru, perlu adanya trik marketing yang canggih disertai dengan edukasi kepada calon konsumen. Asal sudah tahu manfaatnya, maka konsumen yang loyal pun nggak susah diraih. Dan yang terpenting dari semuanya adalah, jangan pernah takut untuk melakukan apa yang menjadi impianmu!. Sama kayak Mr Akihito yang berani mewujudkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya kaan..

gambar ambil dari sini

57 komentar:

John Terro mengatakan...

kalo di Indonesia ada Ponari Sweat :P

YeN mengatakan...

kok jadi promosi pocari sweat mas phe?hehe

sepertinya strategi marketingnya masih dipake sampe sekarang. pas di sma dulu beberapa kali sales pocari sweat dateng ke sekolah buat mengenalkan produk ini. bagian terbaiknya adalah dapet pocari sweat gratis!!haha :D

lidya mengatakan...

Jjadi model iklan ya sekarang?:)

Rawins mengatakan...

ponari sweet...
jaman dulu mana ada yang begituan. \
munggah gunung yo ambil air dari kali
hhihihi

Fiction's World mengatakan...

wah ... hati-hati bang nanti orang pocari lewat bisa-bisa dikontrak dikontrak jadi ambasador tuh :D

Sampai sekarang juga katanya sih Pocari cuma mau mensponsori acara yang manfaatnya jangka panjang dan besar cakupannya, ktanya sih hhehhe

Dwi mengatakan...

Baru tahhu sejarahnya pocari sweat,, emang rasanya seger sih, kayak air kelapa..

choirul mengatakan...

teman Saya dulu waktu sakit DB disuruh sama dokternya minum pocari sweat yang banyak... mantap kan....

Ami mengatakan...

dibayar berapa sama Pocari (dasar ya akunya itungan banget)

rinz mengatakan...

Pocari tuh emg produk minuman kesehatan pertama yang rasanya 'aneh'. Dan sekarang dah banyak pengikut dan penirunya, yg rasanya Jauh lebih aneh. Emg paling enak dari semua itu pocari sihh...

Djangan Pakies mengatakan...

tumben nih ngiklan Kang, tapi setahun terakhir ini penjualan pocari meningkat signifikan kok Kang. maklum pedagang, jadi sedikit ngerti tentang penjualan

Magic Paper mengatakan...

videonya udah pernah aku lihat d global tv bang,,,
aku salut dengan perjuangan mereka,, mereka menggratiskan produk itu selama setahun, sampai semua orang tau apa itu pocari sweat.... dan alhasil, produk pocari sweat laris manis....

narti mengatakan...

ngiklan ngiklan...

sda mengatakan...

koq aku gak kebagian waktu ada bagi2 gratisnya ya? tahun berapa tuh? hihi...

dee mengatakan...

aku nunggu pic sunrisenya, eh yg muncul pic model ganteng berpose. ^_^

Sugeng mengatakan...

Oh.... begitu kisah nya dan lebih mashur lagi setelah dia menemukan batu setelah ada petir yang menyambar. Dan sekarang si pocari sudah tidak buka praktek lagi :D
**gak nyambung blass

Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

yuni cute mengatakan...

hayoo.. dapat job-joban ngreview produk yah??? klo cair kopdar lagi yukk... *nyari gratisan* hehe..

SURI MEILANI mengatakan...

siip dah ntar di ajukan untuk jd bintang iklan pocari,..qkqkqkqkqk

ghost writer mengatakan...

aku belun rasanya lagi pocari sweat.ya,udah tentu aku tidak temuinya di sini.

ria haya mengatakan...

wah ada model iklan baru pocari sweat toch, saingan ma irfan bachdim donk wkwkwkwk :p

R. Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Lumayan bila upaya ini dapat booming seperti "Ponari Sweat" bocah kecil yan dapat menggemparkan negeri ini. He....x9

Sukses untuk dunia advertisingnya Sob !

Salam

Ejawantah's Blog

ninda~ mengatakan...

ini jobreview tah bang? hahahhaaa

Putri mengatakan...

Wah ini pasti ada apa-apanya,,.
:)
ada event maksudnya..

Salam Satu Spirit
Putri JRs

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

pernah, suatu hari dosen saya curhat, ktanya dia abis sakit trus yang buat dia sembuh itu karena minum minuman botol dengan rasa yang kecut2 gimanaaaaa gituuuuu. saya pun sibuk mencari jawabannya, lalu tiba2 dia berkata*sedikit teriak* POCARI SWEAT!

-jadi panjang banget yah komen saya?-

Desri mengatakan...

ckckck...proses menuju suksesnya panjang banget.
model baru pocari boljug tuh...

bundadontworry mengatakan...

Gaphe, cocok jadi iklan nya pocari tuh, keren....... :)
berkali2 gagal, bangkit lagi dan lagi, ternyata itulah yg membuat pocari sukses seperti sekarang ya Phe ...
salam

♥chika_rei♥ mengatakan...

chika baru sempat baca cerita pendakian nya yang awal hihii :D

wee ngiklan nih :D
tapi pocary emang mantep kok
chika jg kemana2 sering bawa itu

Kakaakin mengatakan...

Ckck... aku masih belum minat minum cairan infus yang ada banyak di tempat kerjaku :D

Renaldy mengatakan...

Hakakakakaka... Sepertinya anda dapat bayaran gede ya dari pocari Sweat?? *Berharap cipratan*

TUKANG CoLoNG mengatakan...

postingan berbayar? :)

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah kelihatan segernya ,,,hehehehe jangan2 jadi bintang iklannya samean ya..../hehehe

dey mengatakan...

bintang iklan Pocari Sweat udah ganti ya ? hehehe ..

Mila Said mengatakan...

Ini lomba ya? kmrn gw baru baca blog nya nengbiker juga nge-review pocari sweat. Yang jelas gw dah eneg ama ni minuman gegara kmrn demam berdarah di cekokin ginian *bleeeegh

rizkimufty mengatakan...

rizki curiga jangan-jangan pocari-man yang di TV itu Gaphee ya??

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wedeww sejak kapan jadi agen pocari hehee? marketing plus model ni yee.

Yudi Darmawan mengatakan...

saya udah nonton mas,
di global tv, kalo gak salah kemarin siang2 yak..

salut buat inovasi pemasaran mereka yang pada awalnya terlihat seperti langkah bunuh diri..!

Nufri L Sang Nila mengatakan...

hebatttt !!!!!! *duajempol*

mon2 gowasa mengatakan...

Owhhh....hhahaha...
ternyata begono tohhh...
ckckckckck...

Eh mas, saya saking terkejutnya liat foto model paling awal sampai saya ga tahan nich mo *****h,

hhaha...peace...

But memang semangat orang jepang itu patut banget diacungi 10 jempol!! :D

Ellious Grinsant mengatakan...

Ooooh begitu toh sejarahnya...
emang sih, saya pernah nyobain pocari sweat dan rasanya emang unik, hahaha...

Muhammad A Vip mengatakan...

ngomongin minuman ini saya jadi ingat dulu waktu jaman awal reformasi terjadi jarah-jarahan di jakarta. waktu itu sebuah toko grosir di daerah semper dibobol massa, saya yang nonton di depan toko sempat kebagian sekaleng dan rasanya itu pertama kali minum pocari. tapi kesukaan saya hingga kini tetap coca cola.

Adittya Regas mengatakan...

sambil ngiklan ya mas hha

zasachi mengatakan...

widiihhh... gaphe ngiklan :p

udah baca 5 cm Pe? cerita kamu ttg ranu kumbolo dan mahameru ngingatin aq ama novel keren itu..

Orin mengatakan...

Pernah nonton jg di ANTeve (apa Global ya?), emang salut buat orang Jepang yg pantang menyerah begitu ya *prok...prok...prok....

Lempar dunk 1 botol kesini mas hihihihi

Noeel-Loebis mengatakan...

yeah nice info, bro... hehehe betewe, nih dibayar brapa sama pocari swt??? haahhaha

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Hebat yah Orang Jepang sangat inovatif. Mulai dari teknologi canggih sampai produk kesehatan, seperti yakult... hampir semua mereka yang pelopori...

Mudah2an Indonesia bisa mencontoh semangat mereka ya

Fairysha mengatakan...

bentar lagi bukan irfan bachdim yang nongol di tipi, tapi gaphe...hehehe...^_&

Huda Tula mengatakan...

ooo gitu to sejarahnya?? hmmm....

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat
Maaf telat cuma bisa memberikan ungkapan bagus mas

Desy Noer mengatakan...

iklan nich... siap-siap teken kontrak ma pocari. kalo saya lebih suka air kelapa muda. buat pengganti ion jg. walopun lebih gak praktis, tapi rasanya bisa lebih menyegarkan dan lebih natural.

Hariyanti Sukma mengatakan...

Oo.... gitu toh asal usulnya .... tapi hati2 loh meskipun di katakan minuman kesehatan , jgn lupa lihat komposisinya, krn jika mengandung asparat ( gula buatan) membahayakan sumsum tulang belakang.

sebenarnya minuman pengganti ion alami itu ada pada air kelapa, tapi jangan langsung meminumnya dgn banyak sekaligus, harus bertahap2 ( dlm beberapa jam )... kalo gak efeknya malah kebalikannya.

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

bakalan di kontrak pocari neh mas gaphe mah..hehehehhe

Zulfadhli's Family mengatakan...

Huahahaha....modelnya keren banget dah. Pasti pihak Pocari ato Ponori (yey, itu mah Mpo Nori Jeng!) langsung tertarik untuk make tu model :-)

Bunda Loving mengatakan...

Wah...gaphe cepat banget ya buat postingan cerita ini...
hehehe..hbs nonton di TV ya < bunda jg nonton lho>...

nugroho mengatakan...

kayanya abis gini ada yang bagi2 rejeki di kontrak pocari deh :D

Elsa mengatakan...

setuju sama john tero
lebih berkhasiat mana ya, pocari sweet dengan ponari sweat?

r10 mengatakan...

jadi ternyata yg kita minum adalah cairan infus... ha ha mau saja dibohongin tim marketing pocari sweat :p

Sulaiman Syahrod mengatakan...

iri sama blognya, komennya banyak bgt hahaha (saya juga ikutan lomba ini :) , salam kenal ya

Asop mengatakan...

Yah, pokoknya jangan keseringan aja minum minuman isotonik macam ini, gunakan kalo kita sakit (dan butuh cairan tubuh banyak) atau habis olahraga berat macam maraton dan sepakbola.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...