Kamis, 14 April 2011

My Dreamplace : Derawan Archipelago!!

I Do Love Beach!!.
Jadi, kalo ada yang nanya sama saya tempat apa yang ingin saya kunjungi, pasti dengan mantap saya akan jawab PANTAI. Saya lupa kapan tepatnya pertama kalinya jatuh cinta dengan pantai, pulau, atau yang berhubungan dengan itu. Saya juga lupa sudah berapa banyak pantai yang pernah saya singgahi. Namun yang pasti saya ingat adalah setiap pantai itu berbeda, setiap pantai menawarkan ciri khasnya sendiri, dan tidak ada satu pantai dengan pantai yang lain itu sama. Mirip?. Mungkin iya, tetapi kalau sama.. hemm.. nope!

Ada satu kawasan yang menjadi dreamplace saya selama ini. Derawan Archipelago!. Yak, kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau - Kalimantan Timur ini benar-benar menggoda saya untuk mengunjunginya. Bahkan saking besarnya impian saya untuk kesana, saya telah mempersiapkan itinerary (rencana perjalanan) jauh-jauh hari. Kalau ditanya, mengapa?. Please, let me tell you.. Its more than one thousand and one reason buat mengunjungi tempat ini. Check it out!


Derawan Archipelago, gambar minjem dari sini, sini, sini, dan sini

Derawan archipelago sebenernya adalah gugusan kepulauan yang terdiri dari setidaknya 31 pulau kecil-kecil. Ada 4 pulau yang terkenal, Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban. Karena terletak di khatulistiwa, iklim tropis dan keanekaragaman ekosistemnya baik di darat maupun di laut patut diperhitungkan mulai dari mangrove, corral, sampai padang lamun. Buat seorang yang pernah mengenyam ilmu biologi selama 4 tahun kayak saya, nggak akan ada hal yang lebih indah ketika bersentuhan langsung dengan ekosistem alami!.

Coba bayangkan, di Derawan Archipelago kalian akan bisa melihat langsung spesies hewan yang dilindungi di ekosistem aslinya. Sebut saja ketam kelapa, hewan mirip kepiting ini banyak tersebar di Kakaban. Ada Paus, yang keberadaannya bisa dilihat di sekitar Maratua. Lalu ada pygmy seahorse, The God amazing creatures yang bisa ditemui ketika menyelam di sekitar pulau Semana atau Derawan. Also, you can touch penyu hijau, penyu sisik di Pulau Panjang, Sangalaki, Derawan, dan kalo beruntung bisa menyaksikan langsung proses bertelurnya. Can you imagine, ketemu sama penyu yang berdiameter minimal 1 meter?. Nggak cuman sampe disitu, pengen liat Pari Manta (Manta Ray) tapi bukan di kotak akuarium semacam Sea World?.. bisa ketemu di Sangalaki.

Oke, im getting crazy when i talked my dream place.. Satu alasan terbesar saya kenapa saya pengen ke Derawan adalah karena di pulau Kakaban ada satu danau yang dihuni oleh satu makhluk hasil proses evolusi yaitu : Stingless Jellyfish!. Hanya ada dua tempat di dunia ini yang punya ubur-ubur tak beracun, yaitu di Republik Palau (di kawasan Mikronesia) dan pulau Kakaban. Tapi hanya Kakaban lah yang memiliki keanekaragaman stingless jellyfish ini lebih banyak. Setidaknya ada 4 spesies ubur-ubur di danau tengah pulau ini. Konon dulunya, ubur-ubur disini mengalami proses evolusi kehilangan daya sengatnya karena letaknya yang terisolasi. Berbagai macam ukuran ubur-ubur mulai dari sekelingking sampai seukuran telapak tangan berkeliaran, dan ketika nyemplung di dalamnya berasa berenang di kolam cendol raksasa!! What a Trip On Indonesia!!. Jadi keinget sama spongebob, menangkap ubur-ubuur.. yeaaayy.


Berasa berenang di kolam cendol raksasa, kenapa nggak??.
Gambar minjem dari sini, sini, sini, dan sini.

Oke, let me tell you my short itinerary.

How to get there?
Dari Jakarta, bisa naik pesawat terbang menuju Berau. Landing di bandara Kalimarau, perjalanan dilanjutkan menuju ke dermaga laut untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Derawan. Mau pake angkot (orang sana bilang taksi) atau mobil sewa. Sewa speedboat untuk ke derawan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Akomodasi
Banyak hotel atau cottage di Pulau Derawan, dengan range harga bervariasi tergantung sama kualitas pelayanan. Ada juga cottage di tengah laut, yang mengingatkan saya seperti di Bora-Bora atau di Maldives.

Activity
Soal satu ini, jelas banyak buanget aktivitas yang bisa dilakuin. Hari pertama : Island Hopping. Dengan menyewa kapal seharga 900 ribu (untuk 15-20 orang) seharian, bisa berkeliling di keempat pulau yang terkenal itu. Hari kedua : Snorkeling, atau Diving bagi yang bisa. Ada banyak spot penyelaman untuk melihat how beautiful Indonesia under the sea, ketemu sama ragam spesies karang dan ekosistem bawah laut. Dan patut kita bangga adalah, ini semua kelasnya udah internasional. Sebut saja beberapa titik penyelaman seperti Barracuda point, The drift, Cabbage path, The Wall, Blue Light Cave, The Plateau, Ranbow Run, Diver's Delight, dan The North Face di sekitar Pulau Kakaban. Then, Sunbathing everyday! Ini bisa dilakuin kapan aja, buat ngegosongin kulit nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri kaan?. So, ini beneran mendukung program Visit Indonesia Year 2011, I Love Indonesia!!

Diving at Derawan, gambar minjem sini

Eating!
Hemm.. jelas banyak pilihan makanan lautnya disini. Kalo malem, bisa barbecue di pinggir pantai. Segala jenis ikan, kerang, atau cumi bisa diperoleh disini. Sekali makan, sekitar 30 ribuan per orang. Tapi jangan berharap banyak ada sayur!. Karena, kalaupun ada, harga sayur disini cukup mahal.

Nah kalo udah makan, jangan pernah berpikir buang sampah sembarangan yak!. Secara kawasan pantai disini bersih banget, dan kesadaran warga di Derawan tentang menjaga kebersihan cukup tinggi. Biasanya, pantai itu kotor karena aktivitas manusia yang buang sampah sembarangan, apalagi sampah plastik. Saya paling sebel nemuin sampah plastik di mana-mana, terlebih ketika mengotori tempat wisata. Tau donk, kalo sampah plastik tuh paling susah diuraikan, dan itu beneran mengganggu stabilitas ekosistem di laut. Bayangkan aja, lebih banyak penyu mati karena keselek sama tas plastik dibandingkan sama karena diburu manusia buat diambil dagingnya loh!. Makanya, saya inget banget satu quotes kalau sedang berada di alam.. jangan ambil apapun kecuali gambar (foto) dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak.


Soal sampah plastik, sebenernya bisa banget dikurangin. Apa yang udah saya lakuin untuk mengurangi sampah plastik ini sebenernya simple banget. Saya nggak pernah minta tas plastik ketika belanja di supermarket sekiranya bawaan itu muat di kedua tangan saya. Alternatif lain, saya selalu membawa backpack kalo belanja, jadi semua barang masuk di backpack (secara kalo belanja pasti sepulang kantor). See, simple banget kan?. Siapapun bisa lakuin, dan nggak harus nunggu orang lain memulainya. Something big starts from simple things, rite?.

Last, semua berawal dari impian. Bukan tidak mungkin saya akan menyambangi Derawan Archipelago kaan?. Wish me luck yak!.

69 komentar:

narti mengatakan...

ikutt....

sda mengatakan...

gambarnya minjem aja tulisannya begini, kalau udah kesana beneran bisa 5 postingan nih, hehe...

setuju kalimat ini:
"jangan ambil apapun kecuali gambar (foto) dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak".

dee mengatakan...

aku juga suka ke pantai
wisata alam juga ^_^

Lyliana Setianingsih mengatakan...

I looove Indonesiaaa... Duuuh kalo baca ceritanya Gaphe ini... gmana yah..? Asik banget... jadi pengen kesana... Penyu diameter 1 m? Jellyfish yang nggak beracun? Such a lovely place.. I wanna be spongebob too... Tapi kita nggak boleh nangkep jellyfish nya yah kayak spongebob..? hehe...

Nufri L Sang Nila mengatakan...

woww...seperti kepulauan seribu gitu ya phee????...how to get there nya sudah terjawab...biaya nya belom pheee.....heheeee...low cost traveller nii...hihiii...

btw...kamu itu hobi banget jalan2 ya...kemaren sulawesi...trus jogya...terus sekarang kalimantan...(baca aja kebelakang kali nuf, jawab gaphe...hahaaa..iya nanti yaa...lagi sibuk niii :))...

joe mengatakan...

wah saya kok jadi ngiri deh, bisa berpergian terus ...

Dwi mengatakan...

Kalau wisata pantai saya gak begitu minat sih, soalnya rumah saya aja deket pantai. Tapi kalau berlibur ke kepulauan Derawan kayaknya asik juga.

Rahman Raden mengatakan...

kaya perairan natuna dekat kalbar. kern banget

gaelby mengatakan...

yuph .. me too. waah kren bgt ni pantai. tq sharingnya. maaf dah lama gak mampir.

Hariyanti Sukma mengatakan...

duh aku yg berada di propinsi yg sama ( Kaltim) belum pernah kesana...
emang sich pantainya cantik banget.

Eks mengatakan...

akomodasinya perlu diitung-itung nih...

itu ubur-ubur ngga nyetrum apa?

Orin mengatakan...

jadi pgn liburaaan. Ih mas gaphe hrs tanggung jawab neh *lho?*

Ferdinand mengatakan...

Sejujurnya gw juga Cinta ama Pantai haha.... biarpun Berenang gw gak gitu jago, cuma klo urusan Pantai yg paling ku tunggu2 adalah untuk Diving hhe.. :D soalnya gak bisa maen Selancar juga wkwkkwk...

Hem... aku denger Panasnya minta ampun disana Sob... :D tapi klo ng'liat gambar2 indak itu secara langsung kayanya panas seterik apapun langsung terobati hhe..

Semoga aku juga bisa kesana haha.. :D

Met aktivitas Sob,

Awaluddin Jamal mengatakan...

mantap sekali pantainya..

soal ubur-uburnya, kok bisa nyasar di danau ya ? he he

semoga Mas Gaphe bisa berkunjung kesana, Amin.

Isti mengatakan...

pengen deh ke Derawan..tapi gak bisa diving...kayaknya belajar dulu kali yaaaa.....

dv mengatakan...

pantaiii..aku juga sukaaa >.<

semoga impian ke sana bisa segera terwujud ya phe, dan jgn lupa ajak saia..haha :D

Bayu Hidayat mengatakan...

Kabupaten Berau Kalimantan Timur. banyak juga ya wisata indonesia. wahh jadi duta wisata nih gaphe lama lama. hihih bagus. mari dukung visit indonesia 2011. eh ngomong ngomong yang ada gambar ubur ubur banyak trus ada yang berenang. kalo gw kok malah geli yah liat nya. banyak ubur2 gitu

Nyitnyit mengatakan...

Duh..jadi tertegun baca postingan ini...jadi pengen..kepantai...

MJ mengatakan...

I do love beach too... paling ga dalam sebulan pasti ada kesana deh... menenangkan hati... jadi pengen kesana juga,,, kalo pergi ajak2 yach mas,, :D

Djangan Pakies mengatakan...

Assalamu'alaikum Kang,
seumur-umur belum pernah namanya nyelam dipantai atopun dilaut. Sebuah keingingan yang terpendam sampe sekarang. Paling dekat tempatku laut selatan, mo nyelem ombaknya guuedhe banget hhh.
Kayaknya kalo pantai utara termasuk yang di derawan seperti berada di surga bawah laut. Markanteb

blackdevil mengatakan...

keren bgt mas pulau na,.
subhanALLAH,.

pgn bgt k sna jd na,.
pgn ngerasain tidur semalem jha d sna.
tdr d atas pasir pantai na.
ehehehehehehe

tiwi mengatakan...

asswrwb.. kl jd kesana jgn lupa ajak aku ya..hehehhe

cho mengatakan...

pengeeeeen. btw, itu ubur2nya yg nyengat itu ngga sih?

hahah, jangan-jangan ga nyampe satu bulan tau-tau udah nongol foto kamu bareng kura2 satu meter itu.

good luck, phe! :)

rabest mengatakan...

ehehehehe.. *ketawa ala spongi*
ayo kita tangkap ubur-ubur!!!!

eh, eh, jangan..kan itu cuma di kartun, kalo disini, dinikmati aja pemandangannya, iya kan mas gaphe?? ^^

Takuya mengatakan...

eeng.. ada ya penyu keselek plastik?
*ngebayangin* => *ngakak*

di buku diktatku, ada 3 prinsip..
jangan mengambil sesuatu kecuali mengambil gambar,
jangan meninggalkan sesuatu kecuali meninggalkan jejak,
jangan membunuh sesuatu kecuali membunuh waktu.

eng, itu buat di gua sih, buat penjelajahan.. halah. hehe ^^v

Mamisinga mengatakan...

wah satu lagi tempat masuk dalam list .. mau ke sana jujaaa waksssss ada penyuuu ada ubuuur ubuuur

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

aku kurang suka pantai, tapi untuk yang satu ini keliatannya menarik banget. pernah liat liputannya di stasiun tv lokal. hehe..

hmm.. kira-kira akomodasinya abis berapa tuh

Ami mengatakan...

Aku jadi ingat sama pecinta alam dari Australia yang dijuluki pemburu buaya. Dia tersengat ikan pari beracun. Ati-ati ya Phe. Kemampuan berenangmu sangat menunjang untuk menyelam. Di pantai emang seru, kalo gak pake sunblock, kulit ngelotok semua...

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Melu yo mas :p

hoedz mengatakan...

Busyet ... saya nemu istilah perjalanan di sini ..

keren ya pantainya .. kalo sama Karimun Jawa indah mana Phe ... ?

ubur-ubur nya dimasak enak tuh kayaknya .. hehehehehe ..

Ina mengatakan...

Aku ngga tahu kalo di kalimantan ada pulau2 cantik macam ini, yg kutahu kalo hutan lebat doang.

affie9 mengatakan...

karna aku tinggal di pulau yg di kelilingi pantai, jadi agak bosen sih sama yg namanya pantai, tapi kalo ngeliat pic2 di atas... alamak.... cantik kali ya pantainya... jadi pengen... hehe..

Siti Nurul Falah mengatakan...

saya suka pantai, tapi pantai juga bikin saya ngeri -_-

Nova Miladyarti mengatakan...

waaa....saya juga suka pantai mas....keren banget...

meliajani mengatakan...

Gaphe, kamu berhasil bikin aku ngiler! tanggung jawab, bawa aku ke sana juga, hehe :3

Aina mengatakan...

wew... ubur2nya so sweet.... bentuknya kayak lampu belajar gitu ya.... jadi pengen nyubit thu ubur2... ngokngok...
aku juga seneng pantai,,, tapi kalo lama2 dolanan di pantai jadi item... (padahal aslinya juga udah item).

zasachi mengatakan...

Aku udah jatuh cinta sama laut sejak masuk ilmu kelautan Pe :) Kamu gak salah klo cinta pantai dan laut krn di dalamnya ada surga (gak bermaksud lebay).

Subhanallah, cakep banget tuh pemandangannya, air lautnya juga bersih... ada penyu jugaaaa :D
#histeris, aslinya aku gk bisa diving :D :D

Huda Tula mengatakan...

kolam cendol?? (--")

jadi pengen ikutan trip on indonesia... hmmm...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

emang kagak ada matinye deh kamu kalo soal jalan2. hehee....

TUKANG CoLoNG mengatakan...

semangat terus merajut mimpi buat jalan2 ya? :D

Noeel-Loebis mengatakan...

indonesia emang kaya akan keindahan alam

:)

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah, kalo ngeliat air bening kayak gitu, Bang Pendi rasanye pengen nyebur aje...suueeger kayaknye! tapi tempat sebegitu indah kayaknya kurang afdol Bang, kalo kagak bawa gandengan. Kagak ada endah2nye pisan dah! hehe

Fiction's World mengatakan...

waw kerenn ... jadi pengen juga ^^

trip on indonesia mengatakan...

huahahaha! keren phe. lo sama ubur-ubur kan kaya pinang dibelah kampak :)) mirip bok.

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
wah jadi pingin visited on the beach mas hehehe maaf telat lagi

AuL Howler mengatakan...

Berenang sama ubur-ubur!!

MAAAAUUU!!!!

YeN mengatakan...

saya doakan mas phe.. :pray:
dan semoga saya bisa ikutan juga..
ngebaca penjelasan sampeyan, rasanya kegilaan sampeyan reasonable banget. berenang sama ubur2..trus penyu..belum lagi pantainya..
jadi pengen nangis..

cerita dewasa mengatakan...

salute neh, tulisanya puwanjang tapi enda membosankan..
I lov derawan tu
he

wulanmanjol mengatakan...

tuh kan!
kalo kesini pasti bikin ngileerrr..entah itu makanannya atau tempat wisatanya.hikzz...
aku kan jadi kepengen liburan kesituuu...
*nangis sambil nggulung-nggulung baju...:(

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Pemandangan yang indah brade..... ada penyunya....heehehehehe:)

ToM kuU mengatakan...

waduh ini tempat juga bagus yah!!! ^^

mau ikut ahh!!!! hahahahaha

andriansyah s putra mengatakan...

yang saya penginin kak, berenang sama cendol cendol itu.
hahahahah.
terdengar sangat mengasyikkan deh itu pasti. :)

muhJrs mengatakan...

keren begete..!
keren begete..!
keren begete..!

Boku no Blog mengatakan...

Wahhindah sekali nich pemandanganya

niQue mengatakan...

pantai terjauh yang pernah saya sambangi adalah pantai di pulau Bangka, cantik banget.
seorang teman yang sudah ke Derawan bilang Derawan lebih indah daripada pantai yang di Bangka, tapi untuk sampai ke sana butuh perjuangan huaaaa ... mungkin satu hari nanti saya bisa sampai ke sana, amin!

lidya mengatakan...

suka banget lihat ubur2nya. Jadi ingat film2 anak2

rita asmara mengatakan...

kayaknya Pulau Derawan itu msh perawan dan eksotik sekali. Aku doakan mdh2an Gaphe bs secepatnya mewujudkan mimpi itu. Dan yg lebih sip lg tulisan2 ttg pengalaman menjelajah beberapa tempat yg pernah kamu kunjungi itu dibikin buku aja, siapa tau ada penerbit yg minat..

ra mengatakan...

kalau pantainya bersih, saya suka ^^

armae mengatakan...

cieee... ini toh salah satu wishlistnya mas Gaphe.. smoga cepat terwujud deh. tapi jangan lupa ajak2 yahh. hehe

eniwey,. aku juga pantaiHolic lhoh. :D

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

Emang Ga salah kalo indonesia disebut kaya akan keindahan alamnya..

tapi syg masih banyak yang belom tau..

r10 mengatakan...

sampah plasttik memang ganggu pemandangan, ga perlu jauh2, di kepulauan seribu seperti pulau tidung.... sampahnya bikin sakit mata >,<'

TUKANG CoLoNG mengatakan...

hm..gw mimpi bisa ke singapore. :q

sichandra mengatakan...

wah keren banget tuh jadi pengen kesana :D

Muhammad A Vip mengatakan...

pantai yang pernah saya kunjungi rata-rata kotor dan tidak menarik. saya ingat dulu waktu kecil nyebrang naik kapal ke madura bisa lihat dasar laut karena airnya bening seneng banget tapi naik prahu di laut jakarta sampai jauh dari pantai airnya butek terus, mana isinya sampah plastik bungkus mi instan. dan cara kamu peduli dengan tidak minta kantong plastik oke juga, saya belum melakuakan itu.

Ayi mengatakan...

Waaaaaa ini bener-bener keren.
semakin banyak catatan tempat yang ingin d kunjungi setelah bekungjung d blog mas gaphe

Bunda Loving mengatakan...

keren...pantainya cantik2 dan indah banget ya....
Gaphe itu penyu apa kura2 ya...gede amat...berapa ya umurnya..krn ical jg punya kura2 udh umur 8 th...tp kok gak segede itu...

Daris Firzan mengatakan...

phe kapan2 ke sabang ya phe, di jamin kok bagus banget lautnya dan coralnya.. :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

whoooa, kalo sampai sekeren bora2 di maldives???

wah, it's a one of great place in indonesia. lautnya biruuuuu bgt yaa. saya jg jadi pengen kesana. pengeeeen >_<

indrewbapaw mengatakan...

So Do I....

Trip Impian....

Derawan-maratua-sangalaki-kakaban...

i will go there someday!!!!
Amiiiin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...