Selasa, 05 April 2011

Pantai Ngrenehan : Harta Tersembunyi di Gunung Kidul

Sebutkan nama wisata pantai di Jogja!. Kalau jawaban kamu berkisar pada Parangtritis, Parangkusumo, Glagah, Depok, Siung, Kwaru, Baron, Krakal, Kukup, maka referensi kamu akan saya tambah melalui postingan yang ini. Satu wisata pantai yang benar-benar masih perawan (setidaknya menurut saya), belom terjamah oleh banyak manusia. Namanya Pantai Ngrenehan. Pernah dengar?.

pearl from south

Wajar koq kalo belom pernah denger, apalagi tahu. Soalnya saya yang asli Jogja aja, setelah segede gini juga baru tahu ada “harta karun” tersembunyi di pesisir selatan kabupaten Gunung Kidul. Saya tahu Pantai Ngrenehan pun setelah diajak sama mantan teman sekampus dulu yang aktif di kelompok studi kelautan. Semuanya berdelapan, naik 4 motor. Jadi, kalo nggak diajakin mungkin saya nggak akan pernah tahu ada Pantai Ngrenehan ini. Selain karena letaknya terpencil, sekitar 65 kilometer arah selatan Kota Jogjakarta dan berada di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, juga nggak ada angkutan umum untuk mencapainya.

Perjalanan dari kota Jogja saja ditempuh selama 3 jam menggunakan sepeda motor. Berangkat pukul setengah dua siang, nyampe sana jam setengah lima sore. Sukses bikin pantat tepos dan rambut lepek. #kibasponi. Rutenya sih, kalo dari arah Jogja menuju pusat kota Wonosari (ibukota kabupaten Gunung Kidul) melewati Jalan Raya Jogja-Wonosari. Dari pusat kota Wonosari, masih ke arah selatan 30 kilometer lagi lewat Paliyan, lalu Ngrenehan. Kalo nggak tahu, nanya aja. Toh waktu 3 jam itu termasuk berhenti sejenak, isi bensin, dan nanya sana-sini. Tapi semua kecapekan dan perjuangan naik motor itu terbayar ketika udah nyampe di Pantai Ngrenehan yang terletak di balik perbukitan kapur, khasnya Gunung Kidul. Jalan menanjak berliku, plus naik turunan yang ekstrem yang kalo ngebut naik motor ke turunannya berasa terbang… winngg *plaak ditambah dengan pemandangan hijau-hijauan diantara kapur-kapur putih pastinya sayang banget buat dilewatkan.

Ada sejarah dibalik Pantai Ngrenehan. Konon dulu nama Ngrenehan ini dikasih sama Raja Demak abad 15 yaitu Raden Fatah. Ngrenehan berasal dari kata dalam bahasa Jawa “rene” (seperti baca ikan ‘lele’) yang artinya panggilan kemari (kesini). Berawal dari keinginan Raden Fatah untuk bermusyawarah dengan pejabat Demak saat itu untuk mencari ayahnya yang menghilang karena tidak mau memeluk agama Islam, maka Raden Fatah memanggil pejabatnya ke tempat ini. Jadilah orang sekitar menambahkan kata “Rene” dengan awalan Ng- dan akhiran -An, untuk menunjuk nama tempat yang memiliki arti “ayo kesini”.

Jangan berharap ada resort mewah, atau pusat perbelanjaan disini. Yang ada hanyalah beberapa rumah penduduk dan beberapa pura untuk sembahyang orang beragama Hindu. Sepi banget, meskipun hari itu hari minggu. Untuk parkir saja nitip di salah satu rumah penduduk yang buka warung, sambil dipeseni kalo malam nanti warungnya tutup dan yang punya juga mau pulang. Maksudnya apaan nih, rumahnya koq ditinggal??.. ternyata rumah penduduk disini kebanyakan semi permanen, dan difungsikan cuman siang aja buat cari nafkah. Kalo malem, si pemilik akan pulang ke rumah yang sebenarnya yang cukup jauh dari pantai karena listrik belum masuk daerah sini. Jadi bisa kebayang gimana sepinya kalo malem kan?.

Dari tempat parkiran itu, untuk mencapai pantai harus sedikit mendaki kemudian baru turun ke bawah. Tapi baru nyampe atas aja pengen teriaak.. DAMN!!.. What a Paradise!!. KEREN BANGET.. jadi pantai Ngrenehan itu berupa satu teluk kecil, yang diapit oleh dua perbukitan kapur dengan karang-karang yang menjorok ke laut. Pantainya berpasir warna krem, dan lumayan halus. Ombaknya nggak besar karena terhalang oleh karang yang melingkupinya, jadi aman buat berenang asal nggak ketengah. Subhanallah, beneran deh.. this is a piece of paradise on earth!. Alami, jarang ada sampah bekas manusia disini.. kalopun sampah biasanya sisa ganggang mati atau ranting kayu yang berserakan.

I do love B.E.A.C.H!! Do You?

Kalau kata temen saya, sebenernya Pantai Ngrenehan itu lumayan panjang. Bagian yang bareng-bareng kami kunjungi ini hanya potongan kecil saja. Karena setelah saya baca-baca di web, di bagian Pantai Ngrenehan yang lain ada tempat pelelangan ikan, perahu-perahu nelayan bersandar, warung-warung makan, yang kondisinya jauh lebih ramai daripada disini. Tapi ini beneran, sepotongan aja indah banget. Pas kami datang hanya ada beberapa pengunjung aja. Berasa private beach pokoknya mah!. Buat mendapatkan keindahan ini semua, all free.. tidak ada tiket masuk yang harus kami bayar, tidak ada retribusi kendaraan. Hanya ngasih beberapa lembar seribuan buat ucapan makasih nitipin sepeda motor disini plus nggunain fasilitas kamar mandi penduduk buat berbilas.

Lalu ngapain aja di Pantai Ngrenehan?. Mending jangan nanya deh kalo ini.. soalnya itu suka-suka kamu mau ngapain. Jungkir balik, mancing, berenang sampe tangan dan kaki keriput, syuting ala-ala film Cast Away, atau meditasi. Semuanya boleh kamu lakuin disini.. asal jangan berbuat mesum yak. Karena dateng sorean, maka sekalian sunsetan. Cuman sayang banget karena cuacanya kan lagi nggak bersahabat, liatnya hanya warna-warna jingga aja. Jadi, kalo kamu penyuka pantai tempat satu ini wajib dikunjungi!

93 komentar:

cho mengatakan...

berarti bukan lewat jalan yg mau ke baron ato kukup itu ya? kamu dikasih tau siapa ada pantai yang namanya ngrenehan? wah, ini mah mesti dicoba. kapan2 aku mau bikin tenda di tepi pantai, trus bawa kompor, masak-masak, maen bola, bakar jagung. pokoknya banyaaaaaak! XD

Gaphe mengatakan...

#Cho.. Beda arah Cho. Jauh, kalo suruh kesana lagi kayaknya bakalan nyasar deh. Enakan dari arah Parangtritis (belok ke arah gua cerme). Ngikutin itu lurus aja lebih gampang mencapainya. Iyaa.. biasanya buat kemping, nginep pake tenda. Suara ombaknya enak didenger cho!

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

hmmm... ini pantai ngerenehan beneran bukan ya? soalnya dulu pernah ke pantai ngerenehan itu rame, tempat nelayan melaut, ada TPI-nya juga. nah kalau liat di foto-foto ini kok menurut saya lebih mirip dengan pantai nguyahan. mengingat pantai nguyahan dan ngobaran berada di sebelah pantai ngerenehan..

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

keren.. jadi pengen ke sana deh.. :)

Nufri L Sang Nila mengatakan...

Pantai Ngrenehan...gue hapalin phe...suatu saat gue kesana...ngeliat fotonya kereeenn....3 jam naik motor dari jogya ya....

ria haya mengatakan...

main ke pantai emang selalu menyenangkan....

mirip karang bolong atau pantai ayah ga ya???

i-one mengatakan...

wah,asli bagus banget..
apalagi pantainya...
sayang,belum ada uang buat ngunjungin,haha

rahma mengatakan...

huwaw! huwaaaww!! waaaaaaaaawwwww!!!!
baguuuuuussss.. cantik banget ya pantainya,

asiik dapet tempat maen baru, besok kl pas balik tinggal ngerengek2 bapak minta kesana haha..

Nchie mengatakan...

Yang aku tau dan pernah kesana cuma PAntai PArang tritis tho..
Malah baru tau dan ndenger tuh Phe pantai Ngerenehan
Indah juga,..
Tulisan yang dikotak biru tuh opo maksudne mas..mas..*polos* hahah...

armae mengatakan...

foto-fotonya bikin pengen

Rawins mengatakan...

wah belom nyampe sono e dab...
mentok wonosari cari tiwul doang
balik maning...

NINDAAA mengatakan...

wah pantai gunung kidul emang bagus2 kata si mbak

aqua mengatakan...

yeaayayy aku pernah ke sana. emang bagus tuh pantai :D

monda mengatakan...

banyak banget pantai bagus dekat Jogja ya,
baru ernah ke Parang Tritis aja, udah lamaaa banget, itupun tak terlalu berkesan, karena rame banget

tito Heyziputra mengatakan...

satu lagi nih pe' keren juga pantai di Gunung kidul, Must visit.. Mungkin lo tau pantai Sundak... keren dah, mirip d tanah lot. hahhaha. Tahun 2010 kmren gw ksana..
cek disini dah http://titopoenyacrita.blogspot.com/2010/02/trip-to-jogja.html

JOGJA MEMANG THE BEST DAH..

rinz mengatakan...

saya juga pernah ke sana diajak sobat-sobat. emang baguuuuuuuus bangetttt tempatnya buat ngobrol-ngbrol, maen-maen, foto-foto, dsb. tapi yaa itu, JAUH. saya pribadi lebih suka parangtritis karena deket, dan bisa nyewa kuda. hahaha. tujuan saya ke parangtritis cuma buat naik kuda sih, dari sana ke pantai depok. lumayan jauh lohh. tapi puas...

dv mengatakan...

huwaaa pantaiiiii.. >.< *histeris liat pantai seindah itu..subhanallah...

phe,kpn2 ajak saia kesitu dunkkk *narik2 baju gaphe sambil ngerengek :p

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

wah jalan-jalan mulu yah...
seru nya....

Orin mengatakan...

Yep, I do love beach, mas ;) *ngacung* Ngileeeer...
Mungkin setipe dg pantai Ujung Genteng di Sukabumi ya, ada karang agak ke tengah, jd anak kecil bisa berenang2 di pantai ga khawatir sama ombak. Tapi kalo ga ada hotel susah jg pgn visit kesana :(

Mas Odjie mengatakan...

hmmm selalu saja membuat saya jadi kepingin,... tinggal di jogja tapi belum sempat ke GUnung Kidul...
suatu saat pasti kesana!

Huda Tula mengatakan...

ooh, saya tahu tempat ini. cuman dneger doang tapi ga pernah ke sana...


>>fotomu yang terakhir suraaam....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

nama pantainya unik ya. aku sih lebih suka ke gunung karena adem

Fajar mengatakan...

wah..kok ora mampir..ki om..padahal yen arep nang ngrenehan lewat depan rumahku..je...

affie9 mengatakan...

walah mas.. kejogjanya aj aku belum pernah.. kapanya bisa ke sana?? hoaa.. pengenn..

ash mengatakan...

o.o
wow. itu keren banget mas.
tapi aman nggak ya perjalanan ke sana? jiwa petualang saya agak2 mlempem ni =.=;

aduh, ngrenehan ini seolah memanggil2 aku untuk datang.
makasih ceritanya :D

lidya mengatakan...

asyiiik jalan2 terus.aku jadi ikutan meskilewat blog:)

wulanmanjol mengatakan...

huaaaaa....kereeeeeenn
*sambil melototin foto.
aku pengennnn kesiituuu...
mau berenanang sampe kaki+tangan pada keriput.huahahha

Rahman Raden mengatakan...

wah lagi promosi ni "visit GK 2011" honor ny gede ya jadi icon wisata GK jigja

mon2 gowasa mengatakan...

Hwaaaa.......bikin ngiri..
lum pernah ke jogja :(
*memelasgajelas

Elsa mengatakan...

pantesnya disitu jadi lokasi syuting video klip yaa
saking bagusnya!!!

Nova Miladyarti mengatakan...

wah, saya suka pantai bangeeeeeeeetttttttttt:)

TUKANG CoLoNG mengatakan...

tipe pantai yg gini ku suka. ga kayak kuta atau sanur, lapang tanpa dinding bebatuan. :(

blackdevil mengatakan...

mas,.
thu fto yg 1 mas ambil sendri pa(?)
keren bgt fto yg 1 thu,.
subhanallah,.
pantai na keren,.
seperti sebuah pulau kecil nampak dr gambar na.
:)

jd pgn k jogja gee nhe,.
tp ms" ujian nhe.,
abis ujian lha, klu da uang gelandangan gee d jogja.
asyik !!!
(^^")

Aina mengatakan...

aih...cwantik bwanget pantenya....
asyik ni wat pacaran #plak.
aku taunya cuma pante parang tritis ama Baron... kejogja bolak-balik ke pantenya itu2 mulu...terakhir ke parangtritis bulan agustusan lalu malah pas menjelang ada ubur2 naik...
untung gak kena, kalo kena katanya bikin gatel2...

miwwa mengatakan...

Yogyaaaa... *mimpi-mimpi ke Yogya*

Nyitnyit mengatakan...

ehmm...kayakna patut dikunjungin nich.....indahh pantainya.....duh...jadi pengen kesana..

AkaneD'SiLa mengatakan...

wah bearti sama aja kayak lagna helau pas akhir tahun kemaren aku kunjungin itu ya??
bedanya kalo LH udah dijadiin resort dan mesti bayar..

wah jadi pengen.. nunggu waktu yang tepat dulu nhe.. hmm

arieyanie mengatakan...

keren banget pantainya!!!

doain aja mudah-mudahan saya bisa kesana, hehehehe

mas -tony mengatakan...

ke ngrenehan pernah, kemaren habis ke Siung outbong bareng temen2 kerjaan.
Salam dari mbantul

dunia kecil indi mengatakan...

wah, indahnya :) aku belum pernah kesana, tp kayanya yg deket dulu deh. keliling bandung aja blom pernah :p

rabest mengatakan...

ow ow owww...masih ada lagi ya pantai di jogja??yang udah terkenal aja dah banyak bangett..tapi yang ini setuju deh kalo dibilang paradise on earth..baguuussss..kapn2 deh mau nyoba nyari2, hehehhe

#kapan ya????

Ayi mengatakan...

namanya susah di sebut, tapi fotonya asik2 tu.

mariellamerry mengatakan...

wiiidiih, mantap fotonya keren kereen yang di pantai :D jadi kpngen k pantai..

salam knl jga ya..

kira mengatakan...

eh, emang susah ya menggapai wanita cantik? hehehehe

IbuDzakyFai mengatakan...

Indah banget Pantainya, masih orisinil skali....

Fiction's World mengatakan...

Pengennn :O
tapi dari Yogya-nya aja jauh ya, Semarang-Yogya aja udah teposs ==a
bedewei, I like your quote :*

joe mengatakan...

kalau gunung kidul sih dekat dengan rumah saya gan, tapi kok belum pernah dengar nama itu ya? thanks atas infonya, referensi yang bagus deh

Muhammad A Vip mengatakan...

saya yang hidup di pantai utara memang gak terlalu bangga dengan keadaan yang ada, di pantai utara pasirnya item dan ombaknya kecil. pantai selatan walau saya belum pernah ke sana tapi sepertinya menggairahkan. kapan2 ke sana deh.

deewahjoedi mengatakan...

natural banget...,. TOP abis

YeN mengatakan...

heumhh bikin ngiri aja nih.. >.<

btw pas baca ini, gara2 abis baca postingan mbak ami, awalnya aku pikir lagi baca blog mbak ami.begitu sampe bagian "DAMN!!.. What a Paradise!!. KEREN BANGET.." baru deh nyadar, hahahaha *eror

Siti Nurul Falah mengatakan...

wahhhh, indah sekali pantainya, masih bersih pula. pengen ke sana -_-

rizkimufty mengatakan...

ada pantai di balik bukit (loh?)

ais ariani mengatakan...

sumpaaah mupeeeng. baru mau nanya arah ke baron yah? ternyata bukan toh. healaaaah.. kok belok di gua cerme? meneketehe arah situ.
tapi bikin penasaran deh.
besok coba ah nanya-nanya sama temen-temen sini. kali ajah ada yang tahu

Newbie mengatakan...

Sob.. laen kali kalok mo ke pantai ajak2 yach... :)

catatan kecilku mengatakan...

Kok namanya masih asing ya? Pantai ngrenehan? Kalau lihat fotonya sih bagus... Moga2 aja suatu saat bisa mampir kesana deh.

the others.... mengatakan...

Makan2... jalan2... alangkah indah hidup ini... hahaha.
Sering2 aja maen ya, supaya bisa bagi2 cerita ma kita2.

fizer0 mengatakan...

wah, saya jg baru denger tuh pantai...

ghost writer mengatakan...

lihat dari potonya ternyata hampir ada kesamaan dengan pantai Batu Ferenghi di Penang dan Pantai Merdeka di Kedah.Sangat menenangkan ya Phe..Kamu pasti tidak akan berasa puas di sana..

Zippy mengatakan...

Nama pantainya susah amat ya, ribet ngomongnya, hahaha...
Tapi emang keren kok, viewnya mantep!
Btw, udah di update tu mas :D
Kemarin lagi sbuk kuliah, jadi agak lama updatenya :D

Bayu Hidayat mengatakan...

asik pantai nya. bisa jadi tempat pre wedding gw nih. tapi kejauhan. hihi.

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

Wah jadi pengen ke sana, deket tempat simbahku mas, di Bantul.

auraman mengatakan...

saya masih belum bisa kemana-mana ni mas gaphe, masih nyangkut di sigli - aceh haha

Yan Restu Freski mengatakan...

ahahaha,,,,

aku suka dengan gambar terakhir....

NINDAAA mengatakan...

gaphe emang udah komen (kamu sering banget kliling2 ya pe? sering banget juga nulis kayaknya udah komen deh..) hmm aku emang naruh moderasi untuk bales berkunjung juga, yang udah sempet dikunjungi tak accept komentarnya jadi ngga bingung...

aryadevi sudut kelas mengatakan...

kalau dengar kata pantai,...laut...pasti pikiran sy ke..ikan..mancing atau masang jala..wah ^_^...kalau sudah begitu selain bisa menikmati keindahan pemandangan...dapat hasil lagi....

ferdivolutions mengatakan...

wow wow... pantainya bersih sekali, mas! aku jd ngiler... yep, that's right! that is a piece of paradise on earth! Nice post, mas! like this!

melly mengatakan...

wah tempatnya asik bgt yah mas..
pasir nya masih putih gitu.

Noeel-Loebis mengatakan...

liat fotonya jadi serasa disana deh

Mama Kinan mengatakan...

Wah kenapa di list pantai di yogya Gaphe lupa menyebutkan pantai "SAMAS" ..yang ada dibantul, tapi nama pantai "SAMAS" Bantul, image-nya jelek karena dijadikan tempat yang berbau bau XXXX..btw aku penasaran pernah kesana sekali, emm..sebenarnya lumayan juga pantainya...walaupun tak sebagus Parangtritis..
Yogya emang indah dengan pantai pantainya :)

zasachi mengatakan...

wwoooowww lauuttt... :D
salam ama temannya yg anak kelautan ya Pe, satu jurusan sm aku wkwkwkw :D

keliatan, masih bersih banget.bukit2 nya itu yg bikin keren, Pe.
satu lagi Pe, aku suka banget baca tulisan putih dgn background biru itu hayhayhay...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dimana aja gaphe tetap narsis. hehee..mampir bentar nih meski lagi sakit

Muhammad A Vip mengatakan...

jelas tidak tepat dikatakan sebagai harta tersembunyi, yang tepat adalah keindahan yang tak dipedulikan.

Nyach MMS mengatakan...

pesisir selatan pulau jawa banyak pantai perawan yang begitu cantiknya mas, seperti daerahku malang selatan.

Mas Gaphe kusebut blogg menarik ini dipotinganku.

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

aku suka pantai juga Phe, Jogja oh Jogja...nanti aku kan kembali

Rose mengatakan...

wah pantai pantai pantai..














































































































































































`




































































































































mau pantai...si Gaphe lu fotonya bikin iri mulu deh,.










pantai

Mila Said mengatakan...

kemping asik tuh... hihihii....

zone mengatakan...

petanya bro....
baguus pantainya...
biasanya kalau ke pantai ya cuma sekitar parangtritis...

advertiyha mengatakan...

wedeeeeeewww,, mantab geelaaaaaa... :)
tapi bayangin turu naik bukitnya ituh.. nampaknya daku harus berojolan dulu deh phe sebelum nyoba kesono, hehehe...

keren... *tapi foto paling bawah itu kok, sosoknya agak mengganggu panorama yak.. ihiiiyyyy* :P

Rika Willy mengatakan...

keureeeeennnnnn euyy

Merliza mengatakan...

wahhh jadi pingin guling2an di pantai nih :(

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah pemandangan pantai yang diindah berpadu pasir putih.... eksotis banget mas Gaphe..... maaf baru bisa mampir mas

Takuya mengatakan...

keren bangeeett!! rasanya pengen nyemplung di sonoo..

bener-bener masih perawan..

andriansyah s putra mengatakan...

saya baru buka postingan kaka yang ini.
kereeeen bangeeet pantainya.
itu kalimat quote nya kereeen :P

tiwi mengatakan...

woowwww keyeennn pictnya bo'!.....asli, btw, mosok mau jungkir balik di pantai sih??....wkwkwkkw

Ervina Lutfi mengatakan...

jauh amat??? -_____-

Neyna Naya mengatakan...

Indah banget...Mudah-mudahan punya kesempatan ke pantai ini, dan keindahan tidak hanya sekedar gambar dan tulisan yang na baca dari postingan mas Gaphe ini...love beach, mount and water fall

fitr4y mengatakan...

gak mw kesono, bisa pinsan qu sebelum nyampe di pantai,, liat photo kamu aja y .. heheh :)

personal health care mengatakan...

keren pantai yg masih perawan,, .. :)

moonlite! mengatakan...

kampung gue tuh phe hahahahaha.

yayack mengatakan...

ngrenehan? Dengernya aja baru sekarang hehe tp okay jg buat alternatif wisata ke daerah jogja..

Ipah mengatakan...

dari deskripsinya, bukan sepertinya lagi tapi memang amat bagus pantainya. kyaaaaa kyaaaaaa jadi ingin ke sana >.<

terimakasih udh posting tentang keindahan nusantara :3

Zulfadhli's Family mengatakan...

denger namanya ajah baru sekarang. Jadi ngiler pengen kesono euy. tar dah kalo ada duit minta Ayahnya Zahia bulan madu ke-3 ke Jogja. Perasaan dah 5 abad kaga kesono, terakhir pas study tour jaman SMA :-)

Tiffa mengatakan...

Itu lokasinya Gunung Kidul (Panggang) bukan??? soalnya waktu saya kkn dulu ke pantai di gunung kidul dan memang indah sekali cuma ga inget nama pantainya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...