Kamis, 21 April 2011

Stasiun Tugu Jogja, Kesemprot Orang, dan Pamit

Sebelumnya saya mau ngucapin makasih banyak buat semua yang udah mendukung photo contest saya disini. Kereeen.. banyak banget yang kasih komentar, makasih banyak yaa.


Eniwei, hari ini saya mau cerita tentang Stasiun Tugu Jogja. Kalo ke Jogja naik kereta api minimal dengan kereta bisnis, pasti turunnya di Stasiun Tugu Jogja ini. Tahukah kamu kalo Stasiun Tugu ini adalah satu-satunya stasiun kereta api yang berada di tengah-tengah rel?. Yup, salah satu stasiun tertua di Indonesia ini memang terletak diantara rel kereta api. Ada dua jalur rel kereta api yang mengapit stasiun ini, jadi kalo lihat di foto Stasiun Tugu itu bisa kebayang di kiri dan di kanannya bakalan dilewati sama kereta api.

Kalo lihat sejarahnya, stasiun tugu ini mulai beroperasi semenjak 1887. Bisa dibayangin udah jenggotan dimana-mana kan?. Tapi yang pasti, nggak akan nemuin kesan kumuh disini. Begitu masuk ke dalam, sudah banyak sentuhan modernitas disini. Kalian akan nemuin vending machine, ATM, foodstall, bahkan information centre pun sudah menggunakan teknologi terpadu. Tetapi walaupun sudah banyak sentuhan teknologi dimana-mana, arsitektural Stasiun Tugu ini masih tetap terjaga dengan mempertahankan ciri khas bangunan kolonial belanda : warna putih abu-abu, dengan langit-langit tinggi.

Rasanya, tidak ada stasiun kereta api yang letaknya strategis seperti di Stasiun Tugu ini. Karena begitu keluar dari stasiun, langsung menuju ke pusat kota Jogja sendiri yaitu jalan Malioboro. Dan jangan pernah takut kelaparan karena di stasiun ini juga difungsikan sebagai tempat wisata. Hah? berwisata di stasiun? ngapain aja?.. Hehehe, banyak yang bisa dilakuin disini sebenernya. Selain menikmati arsitekturnya, juga bisa menikmati kulinernya. Ada banyak penjual makanan beraneka macam bentuknya di dalem. Bahkan ada juga restoran eksekutif yang terletak di lantai 2 berkonsep lounge bagi yang mementingkan kenyamanan. Trus, kalo mau pijit karena kelelahan, banyak yang nawarin jasa pijat pakai kursi elektrik dengan membayar sejumlah rupiah. Jadi, bisa buat alternatif wisata selama nunggu kereta dateng kan?.

Nah, pagi-pagi saya datang buat nyari tiket keberangkatan hari itu. Ternyata mbak-mbak penjaga loket bilang, KA eksekutif dan bisnis sama-sama penuh. Trus saya nanya, tiket tanpa tempat duduk ada?. Mbaknya bilang ntar dua jam sebelum berangkat baru akan dijual. Akhirnya saya pulang dulu. Sejam sebelum keberangkatan, saya diantar Adit ke stasiun tugu lagi buat beli tiketnya. Modalnya sih nekat walaupun udah dibilang nggak ada tempat duduk, karena udah kebiasaan naik kereta kalo pulang dari Jogja ke Surabaya. Eh, ternyata saya beruntung. Pas ngantri dan bilang mau beli tiket Sancaka, mbak penjaga loket nawarin tiket bisnis apa eksekutif?. Berarti kursinya masih ada, yeaah.. gerbong tambahan ternyata. Pilihan jatuh pada kereta eksekutif, karena bedanya sama yang bisnis 25 ribu doank!. Udah dapet kursi empuk, AC, sama steker listrik.

Dengan pedenya naik gerbong menuju ke tempat duduk 2 C. Buka laptop, pasang headset, setel film : Yes Man yang dibintangi sama Jim Carrey. Pas itu belom ada yang duduk di 2D, sebelah saya. Bahkan sampe di stasiun Klaten juga masih kosong. Batin saya mengatakan, alhamdulillah alamat kosong sampe perjalanan. Nah, nyampe di stasiun Solo Balapan tiba-tiba ada satu keluarga masuk. Saya sih cuek, masih asyik sama film yang saya tonton dan pura-pura nggak denger mereka ngomong apa. Trus ibu-ibu dari rombongan itu bilang "permisi mas..", yaudah saya geser kaki supaya maksudnya ibu itu bisa masuk ke 2 D. Tapi ooh ternyata, saya dipandangi sama semua keluarga dia. Trus ada mas-mas berbadan kekar berkepala botak (jangan tanya saya ganteng apa nggak, soalnya saya nggak liat mukanya), yang saya pikir itu anak si ibu itu bilang ke saya "masnya nomer berapa?. Yaa dengan tanpa rasa bersalah saya bilang 2C. Masnya bilang lagi : "Looh koq sama nomornya?". Jreeenkk... perasaan saya nggak enak. Saya copot headset saya dari kepala, masih dalam keadaan memangku laptop menyala trus saya ambil tiket saya dan saya sodorin : "ini mas kalo nggak percaya, gerbong tiga nomor 2C". Langsung deh, masnya bilang : "Ini gerbong dua mas!". ALAMAAAAKK.. saya salah gerbong!!. Trus mbak-mbaknya nyemprot, "Makanyaa pake kacamata!!".

Saat itu udah kacau banget rasanya, pengen marah tapi barusan nonton Yes Man yang filmnya ceritanya Jim Carrey nggak boleh marah-marah, belom lagi malunya, belom juga repotnya. Akhirnya, braak.. saya tutup laptop saya dalam keadaan masih nyala, HD eksternal dalam keadaan masih terpasang di USB saya copot, headset juga saya copot, saya kemasi barang saya dan saya masukin ke tas. Ibu di 2D bilang "ini kabel dicopot mas?" sambil nunjuk kabel charger yang nempel di dinding. "Iya bu, makasih banyak. Maaf ya buu, merepotkan". Daan dengan rasa malu, dongkol, saya seret koper ke belakang sambil diliatin penumpang lain yang udah pada duduk manis di couchnya masing-masing. Maaakk... saya sih berharap laptop saya masih bisa dipake ntar, gara-gara insiden ini. hahahahah..

Kejadian disorientasi tempat duduk ini sebenernya sering terjadi sama saya deh, nggak cuman sekali ini di kereta api. Tapi dulu pernah juga di pesawat. Udah enak-enak duduk, baca inflight magazine, mana duduk di pinggir jendela lagi. eeh.. ada pramugari nanya, masnya nomer berapa?. Daan ternyata saya seharusnya duduk di kursi depannya. Hahaha, maklum deh.. Om-Om sibuk kebanyakan mikir jadi sampe disorientasi tempat duduk. Yaah, salah sendiri antara gerbong dan tempat duduknya dibikin sama. Cobaa kalo tiap tempat duduk dinamain, pasti nggak bakal salah duduk kaan? #plaaak.. masih salah, ngeles pulak. hihihi.

Eniwei, liburan Paskah ini pada berencana kemana?. Saya sih berencana mau liburan juga sebenernya. Nggak jauh-jauh sih, masih di Indonesia koq. #halah. Hari Kamis ini saya ambil cuti tahunan sehari, jadi lumayan bisa 4 hari jalan-jalan. Hemm.. sekalian deh saya mau minta pamit kalo hari ini sampai nanti hari minggu saya off dulu dari peredaran. Mungkin nggak akan ada postingan di blog ini, atau kunjungan balik ke blog temen-temen. Doain lancar perjalananannya yah, dan pengalaman liburan kali ini sepertinya menjadi yang pertama kali saya lakukan. Terinspirasi dari Yes Man sih sebenernya, yang pas Jim Carrey dateng ke bandara, beli tiket satu lokasi tujuan penerbangan yang tersisa, lalu berangkat!. Nggak sama persis sih, tapi intinya pas temen saya nawarin rencana perjalanan satu ini saya langsung mengiyakan. Karena selain tempatnya belom pernah saya kunjungi, saya juga belom pernah melakukan perjalanan dengan cara yang seperti ini. Yeaaay.. penasaran saya mau kemana dan bagaimana? Tunggu sepulang saya nanti yaaak!!.. Ciaooo

82 komentar:

Bayu Hidayat mengatakan...

wihhh asoy jalan jalan kemana tuh bro??? nanti ceritain lagi yah. uhui jangan jangan jalan bulan madu ya?? uww penasaran

d'zaro mengatakan...

hihhii... cerita lucu dan jujur.!!
maka nya mas gaphe kalau lain kali tanya dulu !! untuk tempat duduk anda masih kosong dan ada!!.. udah di usir eh tempat duduk kita ternyata digondol maling, atau di isi preman.. yang rame dulu tuh, sebelum duduk!! hihii... mas gap, balik commen ya!!

Djangan Pakies mengatakan...

hehehe salah gerbong, trus gimana tuh episode solo surabayanya lari ke gerbong dua ato bertahan di situ?
eh yang nganter ke KA Tugu itu Adit belantara Indonesia ya hhh.

selamat berlibur, hati-hati da semoga dimudahkan dalam urusannya

Siti Nurul Falah mengatakan...

enak ya kalo maen ke tempat berbau sejarah, apalagi tempatnya lengkap dengan segala macem.

yeayy, selamat liburan!!!

Fiction's World mengatakan...

wuaah ... malu abis dah itu hho

asik ... asik oleh-olehnya Bang Gaphe klo pulang *lempar pake sendal aja Bang hhohho*

tiwi mengatakan...

aku lum prnh naik kereta kl ke jogja, kayaknya menarik juga...*tuingg jd pengen nyoba.. btw selamat berlibur ya, ati2 di jalan,.... oleh2 postingan jgn lupa..*senyum manis kayak malaikat...huekss. xixi

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

wah asyik banget bradeku ini..., buah tangannya jangan lupa brade....hehehehe

armae mengatakan...

baru sadar keunikan stasiun tugu pas baca tulisan ini. dan ternyata emang cukup unik yahhh.. hehe.. tapi aku gak nemuin tuh yang namanya alternatif wisata. soalnya tiap kesana pasti beli tiket yang tengah malem. jadi udah tutup semua. hehe :D

Mamisinga mengatakan...

waaaaaaahhh kebayang ribetnya kudu pindah tempat duduk dadakan. Gaphe... saya turut berduka-cita atas kedisorientasianmu terhadap tempat duduk *lebay mode ON*

anugrha13 mengatakan...

udah salah nyolot pulak...klo sy yg jd penumpang itu langsung bilang :
"sopan donk tuh headset lepas dulu ngapa??" hehehe
etapi senengnya bisa jalan2...
long weekend :(
have a nice long weekend sob :)

♥chika_rei♥ mengatakan...

*waa malu2in hihiiiiii

ehh mau jalan2 lagi...
ikut donk :D

Huda Tula mengatakan...

loh loh loh... mau ke mana??
oke ditunggu ceritanya.

jadi penasaran sama film yes man. sehebat apa tuh film sampai bisa membuat si gaphe khilaf.
hmmm...........

SUKMA mengatakan...

wow.... asyik banget ya jalan2 trus nich... ngiri juga nich ... OK ditunggu oleh2nya dan hati2 dijalan, BTW ada award di SUKMA, maaf awardnya berbau perempuan banget ,

ita mengatakan...

sampai umur segini belum pernah naek kereta ke jogja. padahal kepengen banget loh ngerasain turun di stasiun tugu trus mbambung cari hotel. hihihi :P

riesta mengatakan...

aku jumat kmaren juga abis dari Tugu lho....hehehehehe

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

tumben gak majang foto makanan :D

narti mengatakan...

yuhuuu...pasti asyik liburannya...
gak salah lagi nama blognya 'Gaphe bercerita'
hehe...

sda mengatakan...

inimah yg ngambilin majalah di pesawat itu kan?
kalau di KA, ngambil apa? hihi...
*peace :)

dee mengatakan...

picnya keren!!
sapa yg moto?

Jeng Anna mengatakan...

ahahahhaahh....yang penting sama seatnya yah gak perduli gerbong berapa xixi..saya belum pernah naek kereta ke jogja, pengen juga sebenere

Nova Miladyarti mengatakan...

moga menyenangkan jalan2nya. ditunggu cerita selanjutnya. meski cuma bisa baca tapi tetap berharap suatu saat bisa jalan2 juga kaya mas gaphe:)
amin.

IbuDzakyFai mengatakan...

wah brarti hari kamis ini dah jalan2 yah, ditunggu dech critanya........hiks, pengalaman soal kursi itu juga pernah dialamin,mana lagi hamil pulaks ..salah kursi, baeaaan banyak...eh kok jadi curcol yach..xi xi xi, mey long weekend dan slamat berlibur dech

lidya mengatakan...

salah gerbong di kereta yang sama kan,untung aja ga salah kereta trus kebawa ke jakarta hehehe

waktu itu pernah ada cewe naik kereta salah hari,kebetulan no kursinya sama ditempat aku. jam 1 malem dibangunin bingung deh jadinya. untung aja yg betul aku hehehe

melly mengatakan...

Sering banget liat stasiun tugu jogja itu di tv, suka dipake di FTV gitu yah..
kapan y bsa ke Jogja lagi..

dv mengatakan...

wohohoho...mangkanya mbok yah diperhatiin itu karcis sebelum duduk :))

waah kyny asik nih liburannya, nggu ceritanya aahh

Audrey R. Subrata mengatakan...

dulu ke Yogya belom sempet liat Stasiun Tugu.. jadi penasaran kayak apa sih kok diapit 2 rel gitu

Bang Aswi mengatakan...

Stasiun Tugu mengingatkan saya pada loker penitipan jika saya mau jalan-jalan sebelum pemberangkatan hehehehe ... ^_^

Nyitnyit mengatakan...

ditunggu ya mz gaphe oleh² ceritanya habis jalan² menikmati libur panjang...

Muhammad A Vip mengatakan...

percayalah, seandainya saya yang tempat duduknya ditempatin kamu akan saya biarkan kamu duduk di sana dan kita tukeran tiket. bagaimana dengan keluarga saya, biar mereka ngobrol sama kamu saya cari tempat lain siapa tahu lebih menyenangkan. dan soal cerek yang tidak sopan omongannya itu, jangan pernah nikahi dia apalagi kalau sudah punya suami.

IbuDini mengatakan...

Kalau habis jalan2 jangan lupa oleh2nya Om..

Sayang sekali aku belum pernah namanya naik kereta api ( kasian kali ya ).
Temenku di Jogja udah sibuk suru aku datang....kapan ya, udah pengen banget kesana....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

lho emang kalo pake kacamata jadi gak salah gerbong ya? jawab aja gitu, hehee..kecuali matamu minus..

Rawins mengatakan...

sayangnya masih suka ada yang merokok sembarangan ya..
tugu pancen komplit tenan. po meneh neng dulsiyun. heheh

Bunda Loving mengatakan...

jd pengin naik kereta...maklum, aku naik kereta pernah sekali wktu dari bandung mo kejkt dan jkt ke jogya (18th yl)...kacian deh !!!!
di kotaku gak ada kereta sih...

dunia kecil indi mengatakan...

yah, kamu gak foto dalem keretanya. padahal aku pengen tau, nih :) btw, bagus juga terinspirasi dari film "yes man". aku juga suka film itu. have a nice trip ya. ditunggu foto2 terbarunya :D
paskah ini aku sekalian 3rd anniversary lho sama ray :)

Aina mengatakan...

hihi...untung laptopnya gak jatoh, ato saking gugupnya mpe kamu kelilit kabel...tyus gubraakkk!!!! jatoh deh...
btw, digerbong 3 jangan2 udah ditempati orang juga????? orang gila lagi....

Musyafak Timur Banua mengatakan...

bener2 accident yang merusak suasana.udah PW juga.

r10 mengatakan...

masak eksekutif sama bisnis beda 25 ribu doang?

benar juga tuh masa bangku ga diberi style yg beda antar gerbong? paling ga beda warna lha

Rahman Raden mengatakan...

jogja... aku ada cerita darimu

Adi Chimenk mengatakan...

disorientasi kursi sebenranya bisa terjadi pada siapa saja. Klo gw jadi lu, gw akan bilang "Bu, bisa agak sopanan dikit gak klo ngomong. Saya emang salah tempat duduk, tapi gak perlu pake emosi donk ngomongnya"

mungkin si ibu itu, korban disemprot orang yang kursinya dia dudukin terus.. jadi balas dendam ke lu..:D

have a nice vacation friend..!

Ellious Grinsant mengatakan...

Hahahaah, nasiiiib-nasib. salah tempat duduk kena semprot pula... wkwkwkwk...
yang tabah aja ya mbas gaphe, hehehe....

Celotehan mengatakan...

ahiihii malu bercampur gondok deh >,<

YeN mengatakan...

yaah, brarti ga di surabaya dong mas phe..

selamat menikmati liburan :D

blackdevil mengatakan...

met lbrn yha mas,.
d tunggu postingan tntg "petualangan baru" na..
jgn lp bw oleh" yha mas..
ehehehehehehehe
:)

Ami mengatakan...

emang kamu sukanya mengejutkan diri sendiri dan mengejutkan orang lain...

ningsyafitri mengatakan...

ckckckck...
Kk, kk...kk...
Betapa ribetnya saat itu, wktu tau salah seat...
Bs dibayangin deh...

Oh, iya...
Slmt lburan ya,kk...

Awaluddin Jamal mengatakan...

gak kebayang kalau di saya di posisi itu, mudah-mudahan tidak akan pernah mengalami kejadian seperti ini, he he..

selamat berlibur, di tunggu ceritanya..

Masdab mengatakan...

wuih....
salam kenal aja dari cah jogja..
kalo ada waktu silakan mampir baca2 soal jogja

zasachi mengatakan...

mau jalan2 lagi ya Pe..
Have a nice vacation dah :D
#klo dekat bisa todong olhe2 wkwkwkwk

Ngomongin soal jogja, aq br aja batalin tiket ke sana :(

attayaya-mading mengatakan...

sepertinya stasiun tugu abis dicat ulang lagi ya

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ditunggu giveway-nya..:D

ghost writer mengatakan...

kamu patut jadi tourist guide sebenarnya Phe..pantas buat kamu malah kalau ditawarin oleh MNC untuk sesi pagi cariin tempat wisatanya,kamu harus diberi peluang.

aku fikir itu stasiun untuk perlawanan sepakbola atau acara balapan...hihi

Puri Areta mengatakan...

Melihat foto-foto di sini saya jadi kangen Yogyakarta........

Salam kenal
Puri Areta
http://www.puriareta.co.cc

Yan Restu Freski mengatakan...

ahaha...

wah, saya sedang di Jakarta ini mas, mau pulang kehabisan tiket coba, kereta pesawat abis semua

mulai ada hari sabtu. doh...

Susindra mengatakan...

Hahahahaha.... kebanyakan didepan laptop, mas sampai ga perhatikan benar nomernya? Berkali-kali lagi. Xixixi....
Sebenarnya si ibu itu maklum kok, jadi ga perlu segitunya langsung pindah tanpa menutup laptod dsb dengan benar.
Met libur paskah, ya...

Foto XXX mengatakan...

mampier ajah mas gaphe... hehehe

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

ahahaha, kasiand!
*terharubiru*

love jim carrey!

Autocad mengatakan...

Mantaff, nich informasinya. salam kenal berkunjung balikya. thank's

catatan kecilku mengatakan...

Semoga setelah ini gak akan terjadi lagi kesalahan tempat duduk hehehe...
Sepertinya hobby salah kamar ya? :p

BTW..., jalan2 terus sih? Kemana sekarang? Ke Kalimantan?

Tiffa mengatakan...

ngakak baca postinganmu...
jalan2 lg??? sekalian cari cewek :p
#plaaaaak

jejak langkahku mengatakan...

Hahaha... aduh kasihan nih Om, terpaksa ngungsi karena salah duduk... :p

place to study mengatakan...

Om.., jalan2 kemana lagi Om? Bawa oleh2 lagi tidak...? hahaha

deewahjoedi mengatakan...

ditunggu cerita sehabis jalan-jalannya itu

f4dLy :) mengatakan...

Kalau seperti itu sih, pura2 saja tidak dengar kan lagi pakai headset...hati2 di perjalanannya dan aku tunggu ceritanya...

monda mengatakan...

lamanya dikau buat orang penasaran gaphe?
kemana sih?

srrriii mengatakan...

hahaha, aduh kak, makanya dibaca bener2 dong tiketnya, haha.

stasiun tugu emang bagus, top banget deh. jadi inget lebaran kemaren sama keluargaku kesana. abis itu jalan2 ke malioboro deh. mantap.
haha.
sukses ya travellingnya, smg selamat sampe tujuan kak. :D

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
maaf telat yach<
jadi ingin kesana mas semakin bagus aja ya tempatnya

Nufri L Sang Nila mengatakan...

waaa....rame ni...telat deh gue komennya...jangan di tinggal ya phe....

malu2in phe....kayak roy suryo dong kejadiannya...disorientasi tempat duduk :p ... hahaaaaaaaa.... tetap semangat !!!!

salam :)

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Stasiun Solo Balapan? apa itu yang dilagunya Didi Kempot Phe >.<

syukurlah kalau dirimu ndak sampek marahin balik tu ibu sekeluargaan :p

Jadi, Yes Man...apa ceritamu selanjutnya???eh tunggu, perasaan aku pernah deh nonton ni film :D

Noeel-Loebis mengatakan...

semoga ga semua adegan di yes man lo ikutin bang... kalo sampe iya, gilaaaa!!!!!!!!!

Lina Marliana mengatakan...

Wah.. malu yah ??? hahaha..
Klo aku sih ga pernah ada pengalaman salah tempat duduk, tp klo salah ketok pintu org pernah... :))

Met berlibur mas.. semoga selamat sampe pulang kembali dan mendapatkan perjalanan liburan yg menyenangkan (semoga ga salah ambil tempat duduk lagi sih..) :D

Btw, semoga harapannya tuk jadi lebih berisi bisa cepet terkabul deh.. hehehe

Ngoprek mengatakan...

Wah.. liburan kemana lagi tuh ? ditunggu postingan ttg liburannya segera yah.. :)

Ngoprek mengatakan...

Wah.. liburan kemana lagi tuh ? ditunggu postingan ttg liburannya segera yah.. :)

kira mengatakan...

lama g kesana... i like jogja....

monda mengatakan...

cek dan ricek dong phe

Mayyadah mengatakan...

baru aja Maya pulang abis nikmatin jogja dua hari doang :P

moga aja tahun ini bs kuliah di jogja, en kopdaran ama kamu:P

Amy mengatakan...

jd makin penasaran nich, ditunggu yo ceritanya :D

niee mengatakan...

Aku udah pernah ke stasiun tugu juga (tumben bener seorang irni pernah nyampe ditempat yang ditulis lo yak :P ), tapi gak meratiin juga ternyata banyak jual2an disana..

Tapi klo soal ketuker kursi aku juga pernah dink,, kursi bioskop tepatnya,, udah salah.. akunya gotot pula, hahaha

niee mengatakan...

Aku udah pernah ke stasiun tugu juga (tumben bener seorang irni pernah nyampe ditempat yang ditulis lo yak :P ), tapi gak meratiin juga ternyata banyak jual2an disana..

Tapi klo soal ketuker kursi aku juga pernah dink,, kursi bioskop tepatnya,, udah salah.. akunya gotot pula, hahaha

affie9 mengatakan...

hahaha... parah ni mas gaphe... :D

BunDit mengatakan...

Mas, pernah mampir di angkringan sebelah utaranya statsiun Tugu. Kalau dari pintu keluar itu, setelah patung kereta api belok kekiri sdkt trus ada gang disitu. Naah disitu ada berderet angkringan. Yang terkenal angkringan Lik Man yang rasanya joss :-)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

berarti phe, kamu bawa laptop kemana2 ya? saya sih kalo liburan ke luar kota ga akan bawa laptop.

belom pernah ke stasiun tugu.. ntar lah, semoga dalam waktu deket. amin

'Ne mengatakan...

hehehe ampun dah betapa malunya ya..
saya kalo dari Purwokerto ke Djokdja naiknya kereta ekonomi Logawa jadi turunnya gak di Stasiun Tugu tapi Lempuyangan :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...