Minggu, 29 Mei 2011

Dibalik Cerita Perjalanan Para Pencerita

Beberapa teman blogger penasaran sama buku yang saya beli minggu lalu. Bisa jadi karena saking larisnya, saya menceritakan kalo saya sempat kehabisan buku ini di Gramedia Tunjungan Plasa. Beruntung, ketika di Gramedia Grand City saya menemukan buku ini dengan stok kurang dari 10 buku. Khawatir akan kejadian lagi kehabisan kalo saya nggak segera beli, maka saya langsung menebusnya dengan harga Rp. 48.500. Nggak tau alangkah tidak beruntungnya saya atau emang karena momennya nggak tepat, semalem ketika saya jalan-jalan di Royal Plasa, Buku ini berada pada jajaran rak yang didiskon 15%. Alamaak, coba saya nunggu seminggu. Setidaknya bisa sedikit ngirit tujuh ribu perak. *plaak

Apa sih bukunya?. Judulnya THE JOURNEYS. Ditulis oleh 12 orang dari berbagai macam profesi, mayoritas adalah penulis buku. Bisa dibayangkan, 12 orang penulis, masing-masing menyumbang satu tulisan, semua disatukan dalam tema yang sama : Perjalanan.


Sebut saja Adhitya Mulya, Trinity, Raditya Dika, Valiant Budi, Alexander Thian, Farida Susanty, Windy Ariestanty, dan Ferdiriva Hamzah. Beberapa diantara penulis yang cukup terkenal. Dengan gaya bertuturnya masing-masing, Dika, Adhitya Mulya, dan Riva yang kocak abis, atau Trinity yang serius tapi santai. Atau Farida, dengan gaya bercerita a la mahasiswanya. Mereka semua mengisahkan perjalanan masing-masing yang paling berkesan.

Dua kisah dari Indonesia, lainnya tentang kejadian yang mereka alami di Luar Negeri. Dika, bercerita tentang kasih ibu yang-super-lebay-khawatirnya-pada-anak-cowoknya ketika dia dua minggu di Belanda, Adhitya Mulya bercerita ketika dia ditugaskan di Abidjan - menjadi ekspatriat, bersama istrinya Ninit Yunita melihat Afrika dari sisi yang berbeda. Winna Effendi, bercerita tentang pengalamannya di Shuili (ada yang pernah dengar daerah ini??), Windy yang dianggap aneh ketika mengendus-endus buah di Lucerne, dan Trinity yang mengisahkan cerita dibalik Free Traveling.

Rasanya, nggak bosen buat ngebaca berulang kali. Setiap penuturnya mampu membawa pembacanya merasakan sendiri bahwa tidak selamanya perjalanan itu menyenangkan, ada banyak hal yang baru yang akan ditemukan, dan bahwa hal kecil sederhana pun mampu membangkitkan kembali semangat dalam diri. Buku setebal 240 halaman ini nggak sampai 3 jam saya baca dalam perjalanan dari Surabaya menuju Makassar minggu lalu. Dan satu quotes yang saya suka dari prolog dalam buku ini : Hal yang paling menarik dari melakukan perjalanan adalah menemukan.

53 komentar:

iffa hoet mengatakan...

Assalamu'alaikum...
wew...seeppp...dapat referensi buku bagus, masih adakah di Royal?

Prolognya juga bgus dan setuju banged, dalam perjalanan ato berpetualang sering kita temukan hal-hal baru ato tak ditemukan di buku bahkan ada pengalaman tersendiri yang hanya kita yang tahu.

lidya mengatakan...

penasaran juga sama bukunya nih, yaa baru kemarin dari gramed padahal

Djangan Pakies mengatakan...

sepertinya ada banyak inspirasi di dalamnya untuk kita yang suka jalan jalan

Call me Batz mengatakan...

seprtinya buku yang sangat menarik.. membaca pengalaman-2 orang lain memang sangat menarik n bisa memberikan inspirasi

wawank mengatakan...

Mudahan2 aku bisa beli buku itu.., sepertinya memang menarik bukunya.., kemarin mau beli tp di kantong tinggal seribu..!!

John Terro mengatakan...

asal bukan sebatas imajinasi saja :D

funnie mengatakan...

seru kalau baca buku travelling...jadi pengen ikutan baca nih.. :D

Huda Tula mengatakan...

keren neh kayanya...
jadi ga sabar nuggu gajian

*nuggu seminggu buat 7000 perak? itungannya sehari hemat seribu gitu?

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

ahaa..akhirnya dirifiuw jugah!makasi-makasi.. ^^
kemaren nnton kick andy ttg para backpacker, yg akhirnya pada nulis buku juga. keren,
kata salah satu bekpekers nya, "hidup adalah perjalanan".

IndahJuli mengatakan...

Saya sudah punya bukunya, tapi belum baca :)
Berkat review ini jadi semangat lagi mau membaca The Journey.

Nice sharing, dan salam kenal dari saya, yang sedang blogwalking dan terpesona di blog ini :)

Brigadir Kopi mengatakan...

hemmm jadi mupeng saya , okelah kalo begitu minta cariin sama adikku

I-one mengatakan...

ada 3 pengarang idola saya disana...tapi kok gak pernah nemu buku ini ya..

Insanitis 37 mengatakan...

Waah, buku ini pasti masuk wish list ku deh, hehehe
Btw, topik posting kita sama lo Sob ttg buku :)
Nice review...

ghost writer mengatakan...

cerita-cerita yang dikombinasikan dari berbagai gaya penulisan sememangnya sangat menarik untuk dibaca.maka sudah pasti tidak ada kebosanan yang menyelit selama dalam pembacaan dan kalau saja kebetulan sedang dalam perjalanan,alangkah enaknya..

riestabacil mengatakan...

wew,,,bagus ya bukunya???
kmaren itu pengen beli tapi agak2 ragu....
ntar langsung pesen ke bang adhit aja deh,,,biar dapet ttd skalian....hehehehehe

Nchie mengatakan...

seep.. setuju sama kata-kata yang terakhir..
merasa ke sindir bangget nih Phe..hahaa..

Boleh donk pinjem bukunya,ga jadi denk..mo minta pakdhe aja wkwkwkk..

Tambah penasaran nih isi ceritanya..

Tiffa mengatakan...

Sy kurang suka bc buku ttg traveling, sy lbh suka melakukan travelingnya.

Udah selesai baca? pinjam donk #ditoyor

Fiction's World mengatakan...

hohho fotonya lucu bang ^^
jadi inget Barcelona, belok kiri karangan empat penulis tentang perjalanan juga cuma fiksi sih

Claude C Kenni mengatakan...

Itu buku yg gua cari2 untuk gua bawa sebagai bekal ke Cina dulu tapi ternyata hari2 sebelum berangkat sibuk banget samoe gua ga sempet mampir ke gramed >_<

dv mengatakan...

kayanya bagus itu bukunya..yg bikin saia tertarik sih ada si raditya krna baru buku dy yg pernah saia baca hahahah *ketauan ga suka baca buku :p*

wew sadis ga nyampe 3 jam..ckckcck..

.:diah:. mengatakan...

huaaahhh Gaphe, keren keknyaaa *pinjem dunk, hihih

btw kamu jg dunk Gaphe, buat buku kuliner para pecinta makanan, dan patenkanlah yumilah yumiwati kamu itu :D

entik mengatakan...

hmm... jadi penasaran sama nih buku. Kamu dah selesai bacanya to phe? pinjem dunk.. (aih, dasar ga mau modal hehe..)

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wah kayaknya bukunya cocok bgt nih sama kamu phe yg suka jalan-jalan
tp aku jg jadi mupeng mau baca :'(

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hmm penasaran deh jadinya

IbuDzakyFai mengatakan...

very nice books terutama buat penggemar jalan2 yach...

ichsan mengatakan...

Wah jadi penasaran nih mas, btw salam kenal yah :)

dey mengatakan...

di togamas ada gak ya ... soalnya sedang ada disc 35% di togamas bdg .. bisa dapet lebih murah lagi tuh ..

btw, dulu aku suka baca blog-nya adhitya mulya (silent reader aja sih), termasuk saat dia di Abidjan. Gaya bahasanya emang asik.

Meutia Halida Khairani mengatakan...

kayaknya ini buku wajib buat para traveller ya.. hmm, berhubung saya lagi nggak kemana2, diam aja di kosan, mending baca buku ini biar berasa jalan2... :D

Rose mengatakan...

wah baru nangkring lagi nih di blognya Gapheeee, hoaak ketinggalan.

Sepertinya klo kemana-mana saya g bisa ngandelin memory doang, harus di catet.

SOFYAN mengatakan...

kumpulan pengalaman traveling toh,,oya kemarin² di tipi² lagi gembar-gembor seorang anak muda dari lumajang yang mengadakan packbacker keluar Negeri mirip gitu ya mazz ceritanya,,,hehehe (gak nyambung ya)

Rawins mengatakan...

baca buku gtu emang ga bikin bosen kok
tapi bikin sebel dan panas ati
kapan aku bisa gitu yo..?
hehehe

IbuDini mengatakan...

Gayamu membaca buku keren juga Om..., meskipun saya bukan pecinta buku tetapi saya suka juga dengan baca..apalagi baca resep masakan..lebih suka ...

Elsa mengatakan...

para penceritanya beken beken gitu!!!
pantesan kalo isi bukunya baguuussss
dan layak baca pastinya

Amy mengatakan...

tambah penasaran nich hehehehe :)

Insanitis 37 mengatakan...

Kunjungan siang mas...:))
Komentar relevannya udah ya di atas, hehe

Nia mengatakan...

wah gaphe cocok banget...tukang jalan baca buku ttg perjalanan penulis terkenal....bisa jadi inspirasi pastinya....jadi pengen baca juga bukunya...aku paling seneng baca buku2 kayak gini

TUKANG CoLoNG mengatakan...

mirip bukunya Djenar Maesayu, 1 wanita 14 laki2. cuma ini tentang perjalanan. :)

Muhammad A Vip mengatakan...

akan makin menarik sebuah perjalanan kalau tak jua menemukan, percaya deh. hehehe
sampul bukunya bagus Phe, saya cari nanti di toko buku deh. tapi buat dibaca di sana aja.

Noeel-Loebis mengatakan...

di gramed tangerang udah ada belom yah?? pengen beli phe... :(

Riska mbem mengatakan...

di gramedia masih ada kan om? ada di jajaran rak golongan buku apa? Beli....!!! Beli ah belii...!!! *emang lo punya uang mbem?*

Gedubrak.

Dzikrillah mengatakan...

Wah kayakx bkx bagus tu mas, harus beli ni,ngumpulin diut dlu dri skrng *maklum lg cekak.

Renaldy mengatakan...

Wah, dari penulisnya aja kayaknya seru tuh, judulnya juga cocok untuk mas yang hobby kemana-mana...

samuel mengatakan...

Wah kya-nya seru tuh bukunya!!

kudu nyari nih :D

Nyach mengatakan...

Klo resensi ini dimuat di koran harian minggu, dapat diskon lebih dari Rp. 7000

ais ariani mengatakan...

mas gaphe... keren yah bukunya? ih tahu banget ceritanya Adhitya Mulya yang di Abidjan, pernah baca di somewhere aku lupa. hehehehe.
betul, aku juga penasaran ama buku itu. bentar lagi kan tanggal satu,
hihihihihi..

Siti Nurul Falah mengatakan...

penasaran, beli ahhh haha

sichandra mengatakan...

wah sepertianya saya harus segera mendapatkan buku ini nih , soalnya ada raditya dika , salah satu penulis kesukaan saya :)

Bayu Hidayat mengatakan...

"Hal yang paling menarik dari melakukan perjalanan adalah menemukan." pantesan postingan terakhir ada kata kata menemukannya. pasti dari buku ini dapat kata kata nya. hihihi mantap.

Mama kinan mengatakan...

Hmmmmm...jadi teracuni dah pingin mbaca bukunya...Phe pinjam dong * plakkkkkkkkkkkkkkkkk....

Andri Edisi Terbatas mengatakan...

jadi ingin punya tuh buku nih saya...^_^

YeN mengatakan...

buku ini mas Gaphe banget deh kayaknya :D

Orin mengatakan...

wuih...pilihan quote-nya keren. Nanti hunting buku ini jg ah, tengkyu reviewnya mas Phe ;)

yuni cute mengatakan...

Jadi, sudah selesai kan baca bukunya Phe, aku boleh ngantri penjem ga? *Plak..* gara-gara Gaphe tuh suka nulis begituan, jadi niru deh...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...