Senin, 30 Mei 2011

5 Elements On Surabaya Fashion Parade 2011

Hal yang paling menyenangkan dalam perjalanan adalah : menemukan!

Kalau jeli, terkadang kita akan banyak menemukan sesuatu dalam perjalanan. Walaupun perjalanan itu hanya singkat, pendek, atau dekat tempatnya pasti akan ada hal baru yang akan selalu ditemukan. Nyalakan niatmu, dan nikmati kejutannya!. Seperti minggu malam kemarin ketika saya jalan-jalan ke Mal Tunjungan Plaza, salah satu mal terbesar di Surabaya. Saya menemukan sebuah event tahunan yaitu : Surabaya Fashion Parade 2011.

Bagi para pecinta mode, terutama fashion, event ini merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Event yang diadakan mulai tanggal 24 Mei 2011 hingga 29 Mei 2011 ini menggandeng APPMI (Asosiasi Pengusaha dan Perancang Mode Indonesia) dan Marketing Organizer Tunjungan Plaza. Yah, setidaknya itu informasi yang saya peroleh dari emcee yang ngomong di depan pas hari terakhir kemarin, acara penutupannya.


Meriah, tentu saja. Karena memang segi pengemasannya nggak main-main, atrium central Tunjungan Plaza disulap menjadi arena kucing berjalan alias catwalk tempat peragaan busana. Semenjak empat hari sebelumnya, berbagai acara telah digelar baik itu pemilihan model Surabaya 2011, illustration and fashion contest, peragaan busana dari berbagai desainer, sampai pada puncaknya kemarin adalah penutupan sekaligus pengumuman pemenang lomba.

Dengan mengusung tema 5 elements, fashion parade yang sudah keempat kalinya digelar ini membawa warna yang berbeda. Setiap busana yang ditampilkan, terinspirasi dari warna-warna 5 elemen yaitu Tanah, Air, Udara, Logam, dan Api. Beberapa unsur warna cokelat, hitam, krem, merah putih biru, bahkan hingga metalik dan abu-abu dipergunakan sebagai komponen rancangan busana.

Sebetulnya saya tidak terlalu interest dengan fashion, karena jujur saya mengakui saya tidak fashionable. Dalam urusan satu ini, ketidaksengajaan datang ke acara ini setidaknya membuka mata saya bahwa modis itu perlu. *plaaak.. Jadi, saya nggak bisa komentar banyak soal adibusana satu ini mengingat keterbatasan ilmu saya dalam dunia per-fashion-an. Saya cuman bisa cerita dikit soal rangkaian acaranya.

Acara dibuka dengan tarian sepasang muda-mudi dengan membawa api. Mereka melakukan atraksi dengan menggunakan komponen api, seperti tongkat api, rantai dan obor, sampai hola-hop yang dikasih obor. Pesen sponsornya : dont try this at home, karena adegan yang dilakukan beberapa ada yang berbahaya seperti menyembur api, atau mematikan obor dengan mengulumnya. Yang paling spektakuler adalah pada saat penari pria menggunakan gergaji keramik berusaha menggergaji metal yang diikat di perut sehingga menimbulkan percikan api. Heboh, secara musiknya juga menghentak.


Acara dilanjut dengan peragaan busana oleh APPMI Jawa Barat, yang diwakilkan oleh desainer Harry Ibrahim. Mengambil konsep yang berjudul : Ilumination, Harry Ibrahim membawa warna-warna gradasi mulai dari hijau, jingga, cokelat, sampai ke ungu, (sekali lagi maafkan saya kalau warna yang saya sebut tidak sesuai aslinya -secara saya orang awam tentang nama-nama warna) ke dalam karyanya. Harry Ibrahim menekankan pada detail yang menakjubkan pada setiap karyanya. Beberapa kristal swarovski, dengan list warna gold di beberapa pinggiran, mampu membawa mata tak beranjak untuk menikmati detailnya. Belum selesai takjubnya ke satu busana, segera disusul dengan busana yang lainnya. Keren!.



Setelah hentakan api, dan warna-warna kalem ditampilkan.. pertunjukan selanjutnya adalah tarian balet. Disajikan oleh 4 penari wanita berpakaian biru berselendang, menari balet dengan konsep tarian di bawah air. Paling nggak, itu yang saya tangkap ketika hembusan asap CO2 keluar dari belakang panggung mengiringi denting piano.

Lanjut lagi ke peragaan busana APPMI cabang Jakarta yang diwakilkan oleh Jazz Pasay, merupakan peragaan busana penutup dengan menampilkan tema utama Fashion Parade kali ini : 5 Elements. Elemen pertama, Api. Jazz Pasay membawa konsep gaun mini dengan warna merah menyala, ditambah beberapa elemen bulu tanpa detail warna lain.

Lanjut elemen selanjutnya adalah elemen tanah. Cokelat bercampur warna-warna tembaga dan perunggu, memberikan kesan sedikit metalik. Disini, Jazz Pasay membangun konsep lebih elegan dan anggun.

Elemen selanjutnya adalah elemen batu, mungkin itu yang saya tangkap ketika melihat warna hitam yang keseluruhan dipakai secara dominan dalam rancangannya. Mengambil konsep gaun malam, klasik, abad pertengahan dengan hiasan bulu-bulu dan topi kecil di kepala, membawa sedikit kesan bahwa hitam tidak selalu menyeramkan.

Kalau dari gambar prolognya, elemen yang selanjutnya ditampilkan adalah air. Namun, warna-warna yang dipakai adalah putih. Kesan yang ingin ditampilkan mungkin lebih ke arah saint, suci. Dari pakaian pria, konsep sandal gladiator dipadu dengan celana panjang, atau untuk wanita ada gaun malam dan gaun potongan pendek dengan asesoris bulu-bulu.


Terakhir yang keluar adalah elemen metal atau logam. Dibuka dengan pria berjas, dengan rantai-rantai menutup dadanya. Disusul dengan wanita yang menggunakan baju metalik, berwarna abu-abu, dengan asesoris yang futuristik, mengingatkan kesannya seperti di masa depan. Keren!


Jujur, sebenernya saya lebih suka rancangan Harry Ibrahim sih, secara lebih detail dan kaya warna. Itu pendapat saya. Kalo kamu, mana yang paling kamu suka?

PS: Foto dokumentasi pribadi, diambil dengan menggunakan Nikon DSLR D5000 lensa Nikkor 18-55 mm.

67 komentar:

lidya mengatakan...

postingannya gaphe lagi seputar fashion show ya

Claude C Kenni mengatakan...

Gua rada buta soal fashion, so kalo lu tanya fashion mana yg paling bagus menurut gua, gua ga bisa jawab. Tapi kalo lu tanya model cewe mana yg paling seksi, mungkin gua bisa memperhatikan lebih seksama...hehehe

Fiction's World mengatakan...

woaaah ... iya setuju yang karya Harry Ibrahim lebih berwarna, mengingatkan pada kostum karakter game, imajinatif *pendapat saya hhehhe*

Renaldy mengatakan...

Wah, kali ini tentang fashion ya, bukan yang bikin ngiler :p
Wah, saya buta ma fashion, tapi 5 elemennya ko' gak ada udara ya? bukannya elemen juga penting?

Ude Baha mengatakan...

jepretanya oke banget.

Wawank mengatakan...

Mantap nih.., lagi suka fashion nih..!!

ghost writer mengatakan...

aku belum punya kesempatan untuk berada dan melihat fashion show di mana-mana jua..pasti aku rasa rugi kalau tidak berhasil membawa pulang photo yang keren gitu..malah seksi yuk!

Arman mengatakan...

wah sekarang jadi fashion photographer nih? :D

hilsya mengatakan...

om, duduknya di tribun kiri ya? apa naik bangku? hihi..

*baca dslr, jd inget kameraku yg malang..huhuhu*

Siti Nurul Falah mengatakan...

bagus ya ngambil tema dari 5 elemen. Saya suka yang elemen batu, keliatannya elegant, hehe
*padahal nggak ngerti fashion*

dey mengatakan...

bisa jadi pengamat mode nih .. foto2nya juga ok ..

Miss Nea Muslimovic mengatakan...

I love fashion..I love fashion..
nea sukanya elemen batu:DD

ria haya mengatakan...

hmmmm..aq suka yg elemen batu dan tanah, kalem aja :)
Jadi pengin punya kamera DSLR nich, nabung brp taun ya buat beli?

Hariyanti Sukma mengatakan...

tumben nih nulis ttg seputar fashion show seputar fashion show....!!??
hasil liputannya OK banget tuh ....

Nyla Baker mengatakan...

wah aku suka banget tuh baju yang elemen tanah..keren banget, hahaa..meski gak mungkin aku pake,hhee

Djangan Pakies mengatakan...

wah jepretannya manteb tuh, walo saya kurang suka fashion, tapi kalo urusan jeprat-jepret tingkah laku manusia sangat suka sekali.

Lyliana Thia mengatakan...

*buta fashion*

tapi liputannya lengkap & menarik, Phe!

NuellubiS mengatakan...

gw setuju sama keven... kalo soal seksian mana, gw juga bisa dimintain pendapatnya. huahahahaa

btw gw suka kalimat lo yang Hal yang paling menyenangkan dalam perjalanan adalah : menemukan!
gw juga sering menemukan banyak hal menarik dan aneh selama gw pergi2. dan itu menyenangkan. :D

I-one mengatakan...

wah,gaphe udah beralih profesi nih...
hehe,kok gue gak tertarik ma semua rancangannya,berasa aneh aja

miwwa mengatakan...

Eh aku selalu mikir deh. Baju-baju aneh yang dipamerkan di fashion show itu buat dipake kemana ya??

Mia Herminingtyas mengatakan...

jadi ingat jaman smp,pernah ikutan lomba fashion eh stoking-nya ada yg jebol,malu-malu.. postingannya bagus fotone apik-apik,tetep sampeyan iku jalan2 teruuuuuuussss!!

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

fotonya keren, Phe. kamu ambil gambarnya jago ya.

Elsa mengatakan...

wah seumur umur belom pernah menyaksikan pagelaran busana...
pingiiin deh

ichsan mengatakan...

wah cantik-catik banget T.T

saptriyawati mengatakan...

apalagi jika perjalanan tersebut kita lakukan di alam yang sarat dengan ilmu pengetahuan. betapa banyak ibrah yang bisa kita dapatkan

Neyna Naya mengatakan...

wah mas Gaphe udah mantap banget ni ngambil gambarnya#terusin dan semangat

Muhammad A Vip mengatakan...

saya kalo lihat begini biasanya nggak lihat bajunya, tapi lihat yang make . hahaha

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

hal yang paling menyenangkan dalam perjalanan adalah menemukan!(betul!) *think found money* hahaha

saya malahan kalaw liat ginian, pasti mikir "nih baju mo pake dimana/kemana/sama siapa/lagi ngapain??? lhoo???" -.-'

Bayu Hidayat mengatakan...

kalo gw sukanya yang warna milenium itu broo. tapi lebih suka lagi kalo model nya gw sendiri. hihihi.

eh ada nasi pake api. wihhh udah kayak debus aja tuh. mantap

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wuihh gaphe menjamah dunia fashion hehehe
aku blum pernah liat fashion show
pasti keren2 ya liat design2 bajunya
liat difoto aja udah keren apalagi aslinya :D

puteriamirillis mengatakan...

keren yah konsepnya kembali ke alam...
gue suka yang warna item...tapi dipanjangi tangannya...
bikin lomba hadiahnya ginian dong phe...*plakk///

IbuDzakyFai mengatakan...

wah fashion show..keren...

AuL Howler mengatakan...

Welldone!
nice report!

kok gak jadi reporter koran kek Aul aja sih bang?

lol

Btw itu pada mirip satria-satria elemen gitu yah. kayak di film avatar dan semacamnya. keren bgt!

Aul ga nyangka lo, bang yoga ternyata paham banget soal fashion...

*smile

Nyitnyit mengatakan...

lagi ngelindur jalan² di mall sambil lihat fashion show ya kang...kwkkwkwkw
BTW oke deh....liputannya banyak banget foto²nya....

Irly mengatakan...

Hwaa..selalu punya bahan buat diceritain, dan kali ini tentang fashion :D

Warna pakaiannya cerah-cerah ya..yang berwarna netralpun tetap hidup..Suka sama warna-warnanya, kalo modelnya nggak deh.hihi...

rizkimufty mengatakan...

wah kali ini ga ada makanan sedikit pun 0.0 *shock wkwk

Free Download mengatakan...

keren ya sob...

ita mengatakan...

walah aku yang dari lahir disurabaya, malah kagak ngarti ada acara beginian.
malu aku malu padamu...

SOFYAN mengatakan...

hmm,,ini yang bagus mah fotografernya,,kalau fashion yang penting fotonya,,,hehehe

Mama Kinan mengatakan...

Mantep photo photonya..phe dah pantes jadi photographer fashion professional neh...:)

Ami mengatakan...

Komentar ke 41, Kamu nyatet apa dihafalin tuh... Ckckckck...

melly mengatakan...

Mas Gaphe itu busananya keren2 banget.

hoedz mengatakan...

itu yg mainan api mirip Zelda yg di tipi ..
jadi pengamat fashion nih .. ?

owalah .. padahal aku minggu malam lewat depan TP lho om .. napa gak sms ..

IbuDini mengatakan...

Ini salah satu cita2 saya dulu ketika 3 tahun di tata busana, dan dengan beriringnya waktu cita2 itu memudar hingga sekarang saya sudah sulit lagi utk menyemangati diri saya tentang fashion.
Soalnya udah keenakan kerja kantoran.

Nurul Imam mengatakan...

Kali ini bahas fashion yah buat jalan jalannya hehehhe

Aina mengatakan...

hmmm... setahu aku elemen itu cuma ada empat, ga termasuk elemen metal atau logam.
udah nambah tho berarti???hehe...
jujur bingung, aku bukan fashionista sih...

wawank mengatakan...

Berkunjung liat foto2 model dulu...,

Ferdinand mengatakan...

gaphe nyeritain fashion *mendadak Shok gw...

baru ini postingan gak ada gambar makanannya haha... lagi puasa toh sampean bozz? haha...

Hem... yg kuheran koQ selalu nemu moment kaya gini ya kamu itu? apa satu hari sebelum acara udah nyari jadwal acara ya haha...

Oiya Phe masalah kotak komentar gak tau kenapa tuh emank lagi bermasalah jadi banyak yg abis koment ilang, makanya aku ganti jadi kaya punyamu ini dulu sementara, sampe bener2 tuntas haha.. :)

Amy mengatakan...

Wow keren fotonya :)

yadiebaroos mengatakan...

ada bakat jadi fotographer nih....

Rose mengatakan...

Klo buat dipake, saya suka yang adem2 seperti tanah(keren bgt), air sama batuuu. Tapi setuju sama lo Gaphe, yang Illumination itu keren2, saya suka yang tiga terakhirnya krya Harry Ibrahim itu ya..

plok plok plok walau tidak mengerti fashion sama sekali

Blog Tutorial Bloger mengatakan...

met pagi masbro..

.:diah:. mengatakan...

mantap niih, gk cuma laporan kuliner tapi juga sekarang ada fashion. keren keren keren, idem ma kamu, suka liat karya Harry Ibrahim itu, full of color gitu :)

iam mengatakan...

Post ini menunjuk 2 fakta.
1. Mas Gaphe jago dalam memotret
2. Mas Gaphe pengamat fashion.
hehe :p

r10 mengatakan...

kebanyakan pakaian model2 tersebut ga bisa dipakai untuk umum....

Fairysha mengatakan...

hwaaa....gaphe melebarkan sayap.....^_^ hati-hati phe ntar ketinggian terbangnya....:)

Huda Tula mengatakan...

wew, this so Q!
wkwkwkwk

tapi ulasannya bagus! thumbs up!

t h y a mengatakan...

kalo boleh jujur.. salah satu cewe yg di foto itu saya loh *bohong tingkat nasional* :D

Dwi mengatakan...

Aku belum pernah jalan-jalan nemuin fashion show,, keren liputannya kayak wartawan. :D

TUKANG CoLoNG mengatakan...

kostumnya lebih ke cosplay ya..

YeN mengatakan...

aku juga buta fashion. miih warna kombinasi baju aja kadang tabrak lari, haha

tapi aku suka karya Harry Ibrahim yang kiri bawah sendiri. tumpuk2nya keren!!

btw foto2nya bagus2 :)

John Terro mengatakan...

wew ,,, pasti banyak cewek cantiknya
secara mereka kan model

Zippy mengatakan...

Weleh..pantesan daritadi foto2nya bagus2, wong fotonya aja pake kamera DSLR :D
Oh..ya, kurang zoom tu bro, cewek seksinya gak kelihatan jelas, hahaha...
Mupeng ah lihatnya :))

DewiFatma mengatakan...

Jangan tanya pendapatku, Phe. Aku sama sekali buta fashion. Dimataku semua pakaian itu aneh..hahahaha... Yang paling keren itu kaos oblong + jeans. Makanya gw jarang datang kondangan, bis ngak punya gaun :D (komen nggak penting)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

bisa jadi fotografer handal juga kamu phe.. hehehe.. saya suka kagum melihat ide2 para desainer. sempat merasa jurusan mereka lebih kreatif daripada IT kayak saya T_T..

jadi teringat jakarta fashion week dulu yg diselenggarakan 1 minggu di pasific place.

yuni cute mengatakan...

Kok Pameran Komputer di Grand City dari tanggal 1-5 Juni kemarin ga keliput Phe, ada sexy dancernya loh.. Wah aayang banget Phe...

Nia mengatakan...

setuju Phe...rancangan Harry ibarahim lebih keren....dilihat dari kacamata orang awam seperti saya yach heehhe....

jadi mau nanya nech Phe, waku lihat acara ini dicatat atau cuma di-inget2 aja....koq bisa yach bikin postingannya detail banget...hebat dechh...cocok jd reporter....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...