Senin, 16 Mei 2011

It's Glad To Be Home



Its glad to be home..

Selalu saja ada alasan untuk pulang kembali ke Jogjakarta. Meskipun mungkin hanya sekedar melepas rindu dengan keluarga, atau sekedar leyeh-leyeh menyelonjorkan kaki di depan televisi. Yup, liburan 4 hari ini saya manfaatkan untuk bener-bener berlibur.

Maksud saya dengan benar-benar berlibur adalah saatnya off dari berbagai kegiatan yang menyita pikiran. Tidak harus pergi ke tempat wisata, tidak harus menjelajah tempat baru, cukup menggelar karpet dan tidur siang sambil menikmati acara TV.. buat saya itu sudah termasuk liburan. hahaha.. *alasan, padahal nggak ada rencana mau jalan kemana dan sama siapa.

Itulah kenapa karena saking keasyikannya berlibur, sampe lupa kalo punya blog yang kudu diurusin. Well, hari ini saya mau cerita apaan ya?. umm.. nggak jauh-jauh dari kuliner aja sih.

Udah pernah tau oseng-oseng mercon?. Masakan super pedas dengan isi daging, kikil, dan tentu saja cabe ini udah lumayan terkenal di Jogjakarta. Semalam saya menyempatkan diri bareng bunda dan adik saya paling kecil buat makan-makan a la lesehan jogja di warung Bu Narti di Jalan Achmad Dahlan, wilayah Ngabean Jogjakarta.





Nggak cuman oseng mercon yang dijual disini, ada juga ayam goreng atau bakar, burung dara, dan burung puyuh. Ada juga bebek, jerohan semacam ati rempela, iso atau babat, yang semuanya bisa digoreng atau dibabat. Menu pilihan saya adalah burung puyuh. Satu ekor burung puyuh, dibumbuin bacem-manis kemudian dibakar, disajikan dengan nasi pulen yang anget menggoda. Uuh, nggak bakalan tahan dengan bentuknya deh!.



Belom lagi, ditambahin sama seporsi oseng mercon yang aduhai bikin liur netes duluan sebelum nyicipin. Gimana enggak, bau cabenya bener-bener kerasa dan menandai kalo itu beneran bakalan meledak di mulut seketika. Tersaji berwarna coklat keemasan, berminyak, dan humm... yumilah yumiwati.


Soal rasa, burung puyuhnya jago!. Kalo buat yang nggak pinter masaknya, burung puyuh tuh bakalan bau amis saat dimasak. Tapi ini enggak, enak banget. Manis, legit, dan kenyal melebihi daging ayam. Mungkin karena tipikal burung puyuh yang ukurannya cuman segenggaman tangan, dan lebih lincah bergerak makanya ototnya jadi lebih liat dibanding ayam kali ya?. Tapi beneran deh, jago puyuhnya!.

Oseng merconnya jangan ditanya, di spanduknya aja tertulis pelopor nomor 1 di Jogja.. jadi beneran puedes minta ampun. Cuman enak, nggak kerasa pedes aja tapi bumbu gurih dan manisnya masih berasa. Yaa namanya juga yang jual orang Jogja basic makanannya selalu manis kan?. Enak laah pokoknya.

Kalo soal harga, tentu aja di Jogja terkenal murahnya. Seporsi oseng mercon dihargai 10 ribu rupiah, dan burung puyuh bakar yang saya pesen cuman 9 ribu rupiah. Murah kan?. Ayoo makanya ke Jogja, trus cobain Oseng-oseng mercon yang dijamin bikin idung meler!!..

108 komentar:

warsito mengatakan...

memang yogya istimewa makanannya juga istimewa ada-ada aja oseng-oseng mercon apa ga meledak tuh mulut kalau makan bang hehehehe

ita mengatakan...

kagak bakal berani nyoba oseng2 mercon.bisa bahayaaaa...
diare seminggu deh:))

malah penasaran sama burung daranya.kayanya enak tuuhh

Ervina Lutfi mengatakan...

jogjaaa... <---- pengen terbang ke sana

niQue mengatakan...

ntar ke Jogja deh,
kudu nyobain emang tuh oseng mercon
secara gw ma suami doyan sama yang pedez pedez :D

atau mau bawain oleh2 oseng ke jakarta? :D *ngarep*

dee mengatakan...

lebih lincah bergerak makanya ototnya jadi lebih liat dibanding ayam kali ya? ==> bahasanya itu loh... :)

narti mengatakan...

loh adik berapa sih? kirain adit aja ^_^
*sok tau

sda mengatakan...

yg suka pedes, manis, gurih silakan datang.
ayo buruan!!

Arman mengatakan...

menarik banget oseng2 mercon... walaupun gua gak yakin bisa kuat pedesnya. hahaha.

btw burung puyuh emangnya bisa dimakan ya? kayaknya dagingnya dikit banget kan ya? hehe

Vivieck mengatakan...

dari semua makanan diatas...
yg menantang adalah oseng2 mercon...
jadi pengen nyobain nich.........

Susindra mengatakan...

Udah pernah nyobain oseng mercon, tapi ga pedes ah. Mungkin karena selera pedsku ga normal, ya? sama seprti orangnya. Xixixi....
Tapi enak kok. Apalagi lomboknya banyak hmm... ngeces deh.

ghost writer mengatakan...

paling enak kalau makannya pake alas daun pisang...dijamin superb!malah lagi licin...

udah ngga bisa makan yang pedas2 Phe...gastrik!

I-one mengatakan...

phe,kira2 makanan apa yang gak loe doyan.Kok sepertinya semuanya diembat,hehe

f4dLy :) mengatakan...

Pedas yah? gawat kalau kayak gitu soalnya aku dikit anti dengan pedas...tapi kadang suka juga sih...

tiwi mengatakan...

tes..tes..tes...*ngiler..., aduhh kpn ke jogja lg, sll ngangenin kota ini...

Ardian Bumi mengatakan...

wah. Udah murah, menantang lagi ngebayangin pedesnya oseng mercon. Humm.
Rancak bana *versi padang.

Ami mengatakan...

Anti pedaaas, hehehe... Met liburan dan menikmati quality time dengan keluarga...

ningsyafitri mengatakan...

Mmmmm...
Yumilah Yumiwati...
*ngilerrr...

CORETAN HIDUP mengatakan...

Di Samarinda juga telah ada oseng2 mercon. Tapi sampai saat ini aku belum berani mencoba karena memang aku tidak terlalu suka makanan yang pedas

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

sungguh postingan yang sangat memotivasi saya,(salay=sangat labay!hehe) untuk melanjutkan S2 di jogja! \m/

r10 mengatakan...

kalau kuingat-ingat gaphe belum pernah review resto bintang 5 deh :D

kayanya inilah yg membedakan blog gaphe dgn meutia :D

Yudi Darmawan mengatakan...

weleh mas, kalo burung puyuhnya oke lha.. tapi kalo oseng merconnya saya gak yakin pengen cobain, soalnya saya gak tahan pedeees.. sukanya yg manis2 kayak gudeg, gtu.. :)

Siti Nurul Falah mengatakan...

ngiri pengen libur dari segala-gala, hehe

aduh ngga kebayang kalo saya makan burung puyuh -_-. harga makanannya boleh murah, tapi ongkos ke jogjanya gimana? hehe

ria haya mengatakan...

huwaaa...makanannya Jogja banget, ngileeerrrrr plus kangen Jogja

kayaknya yang ada burung puyuh plus oseng2 mercon cuma di Jogja aja ya???

hilsya mengatakan...

kok ga pernah kepikiran buat nyicipin ye? hehe..

John Terro mengatakan...

yang jelas lebih murah dibanding di Surabaya :P

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah murah tu oseng-oseng merconya...hehehe untung saya baca ini abis makan......hehehe

Pendar Bintang mengatakan...

Haikksss..."glek" oseng2 mercon saya pernah makan dan sukses bikin sakit perut...pingin ke Jogja lagi.....semoga rencana tahun baruan di Jogja ama anak-anak Blogger jadi...amin :)

riestabacil mengatakan...

ya ampuuun,,,dari dulu tuh aku penasaran banget ma oseng mercon,,,sampe skarang blum keturutan....

cma pernah dibikinin aja ma ibukku...hehehehe

Huda Tula mengatakan...

Sadis! burung puyuhnya masih utuh. seleraku langsung ilang..

Tiffa mengatakan...

ini mah deket bgt lokasinya dg kosku.sy prnh makan sekali oseng2 mercon sm temen, sy yg ngajakin, dan sy jg yg minta cepetan pulang, langsung ke toilet. Jd klo mau mkn oseng2 mercon sy lbh milih dibw pulang aja, ga mau mkn di tempat.

Tiffa mengatakan...

ini mah deket bgt lokasinya dg kosku.sy prnh makan sekali oseng2 mercon sm temen, sy yg ngajakin, dan sy jg yg minta cepetan pulang, langsung ke toilet. Jd klo mau mkn oseng2 mercon sy lbh milih dibw pulang aja, ga mau mkn di tempat.

Aina mengatakan...

kalo pedes-pedes... aku suka banget ni,,,, tapi kalo disuruh makan daging puyuh....kabuuuuuurrrrr

SURI MEILANI mengatakan...

wahh gawat neh jd ngiler dan pengen cobaain oseng2 merconnya,..

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

burung puyuh dibakar? aduh, gak tega...hiks..

kira mengatakan...

wah, kepngin mangan nang angkringan aku...

dey mengatakan...

murah meriah, tapi mantap di lidah ya ...

.:diah:. mengatakan...

gk suka daging kikil ma ayam, apalagi pedes gitu.. tapi keknya enak tu untuk dicoba :D

umiabie mengatakan...

waah mentep banget tuh, apalagi oseng merconya pedes, aku suka banget sama pedes.. bikin ngiler nih bang ghape kirimin dong..

AS Budiman mengatakan...

Udah nyoba nih, tapi di Monjali pas acara nikahan, hehe..

lidya mengatakan...

dimakan langsung meledak dimulut ga bebek mercon nya? :)

yayack mengatakan...

kata temen saya juga yang kuliah di jogja biaya hidup di jogja lbh murah di bandingkan daerah lain kaya di bandung jakarta dan cirebon sekalipun...

Makanan kaya ayam2 gitu enaknya pas malam malam di ubun ubunnya jogjakarta haha kaya nyanyian... Kalo di sini yg lagi di gandrungi anak muda itu 'pedesan entog' kaya di gulai tuh di jamin mantap tapi ga tau di daerah jogja namanya apa hehe...

Mila Said mengatakan...

persis kyk yang gw lakukan liburan sekarang nih.. makan, tidur siang, makan, tidur malem hahahaa...

oseng-oseng mercon lagi... gw dah berkali2 nih baca ttg oseng2 mercon, jd makin penasaran mo nyicipin :(

Fiction's World mengatakan...

wedeh ... bacanya aja sampe ngiler.
wah kapan2 kalau ke Yogya mau nyoba deh

Bayu Hidayat mengatakan...

uww makan mercon. uww takut ah gw. entr bibir jadi jontor. hehe. wihh asik juga tuh. dari foto nya mengiurkan.

nama unik emang bisa menarik orang

Hamadzi mengatakan...

Wah.. oseng2 merconnya bisa masuk dlm mnu favorit sya nih.. Sebgai penggila masakan pedas, pengen deh nyobain.. Umm... syuuup..*ngelap ngences

Dwi mengatakan...

Jogja lagi..., mantap..

puyuh bakarnya bikin ngiler tuh...

iffa hoet mengatakan...

Wuih....jadi kangen Jogja euy!!!

meski bukan orang Jogja tapi dulu sering main ke Jogja, tapi belum sempat menikmati oseng-oseng mercon ntu. hmmmm...mantaff pedesnya!!!!!

niee mengatakan...

Ahh,,, gak suka dengan makanan yang masih kelihatan bentuknya kayak gurung puyuh begituan >.< Jadi ngeri mau makannya..

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
bagus mas postingannya maaf telat ya

joe mengatakan...

kalau oseng mercon saya nyerah deh, paling gak tahan sama pedasnya ...

YeN mengatakan...

oseng mercon..oseng mercon..oseng mercon..
#mulai ngigau gara2 pengen oseng mercon :p

zasachi mengatakan...

Kok sama Pe, itu juga cara liburan versi aku yg sangat nyaman, leyeh2 sambil pegang remote tv :D

untuk kulinernya, no comment ah...
#telan ludah, lap ences :D

sichandra mengatakan...

jogja emng surganya kuliner , semua makanan ada.. komplit daaah
mau yang pedas , manis , semuanya ada . mantaaap

Amy mengatakan...

buat ngiler aja makanannya, mau donk ke Jogja he8...

Nyach MMS mengatakan...

klo ke Jogja saya pingn singgah di jampi jawi asli, kusus jamu cekok
enak ya di cekoki

Orin mengatakan...

Errrr...belom pernah makan burung puyuh. Jadi enak yah??

samuel mengatakan...

Weh kayanya seru tuh makanan, sebagai penikmat cabe gw merasa tertantang buat makan oseng-oseng mercon... AYO KE JOGJA, BUNG!! hehehe

Bunda Loving mengatakan...

Gaphe kirimin resep oseng2 merconnya dong....jadi kepingin nyicip....

M A Vip mengatakan...

siang begini lihat foto begituan gimana gak kruyuk2. makan dulu ah

7 taman langit mengatakan...

wah saya belum pernah makan oseng-oseng mercon.
kelihatannya enak bikin ngiler.
he he

maaf baru muncul lagi

Meutia Halida Khairani mengatakan...

rumah kamu tuh aslinya jogja ya? saking seringnya jalan2, saya jadi ga tau kamu aslinya orang mana.

seumur2 belom pernah makan burung puyuh.. jadi pengennn..

Noeel-Loebis mengatakan...

untung saya udah makan, jadi ga terlalu ngences... heehehe

agung rangga mengatakan...

wah, ngiler sama oseng-oseng mercon-nya... :D
kayaknya itu kuliner wajib nih...

affie9 mengatakan...

burung puyuhnya bikin ngiler mas gaphe.. haha

Inda Bunda Farrel mengatakan...

Begitu denger oseng mercon langsung kebayang, rasanya pasti pedas. Makan burung sambil cocol oseng mercon. Sruuup.. Enak keknya. Hmmmn kpn ke Jogja y? hehehe

d3vy mengatakan...

nJriit... jadi laper pas baca postingan inih

Mama Kinan mengatakan...

Mantap...Mak nyos banget kayaknya yah...:) Thanks for sharing, aku catet nieh masuk dalam daftar yang harus disambangi hehehe, secara untuk mudik dah kebeli tiket berangkatnya mampir Batam -Jakarta-Yogya, dari yogya baru dijemput untuk perjalanan darat ke JAwa Timur, waduh kayaknya penting nieh ngubek ngubek blog kamu tentang kuliner di yogya...kalo ada yang perli dijamah lagi waduh bahasanya...maksudku yang asyik untuk di kunjungi di yogya.diringkesin lagi yah...

yuni cute mengatakan...

Ih Stasiun Tugu ya...

Phe, kamu ke pulkam kok ga ngajak-ngajak Mbak'e gimana sih.. aku kan juga mau klo diajak ke Jogya, lumayan kan kamu bisa jalan-jalan, ga selonjor kaki nonton TV

AuL Howler mengatakan...

Agak serem juga yah bang...

itu puyuhnya kok kayak dibakar hidup-hidup gitu. utuh wujudnya...

wkwk..

kalo di rumah yah, ibu Aul sih minimal motong jadi dua atau tiga bagian dulu baru diproses.

hehe

unie mengatakan...

ini salah satu hal yang bikin aku pengen bali ke njogjaaaaa hehhehe

udah murah, uenak-enak pisan..
mantepp :d

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

Wah, gara-gara postingan ini jadi pengen lekas makan malem ... he he

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

Wah, gara-gara postingan ini jadi pengen lekas makan malem ... he he

Abi Sabila mengatakan...

Jujur, sampai saat ini belum pernah nyobain rasa oseng-oseng mercon, dan kayaknya nda berani. Lha wong, baru kena sambal dikit saja perut langsung protes.

Adittya Regas mengatakan...

makanan super pedas nie kayannya...

tunsa mengatakan...

uuhh..bener2 nih orang, bikin ngiler malam2, hehe

Ellious Grinsant mengatakan...

bulan depan mau ke jogja! Mau huntiing makanan-makanna yang di review disini ah, hehehehe...

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

burung puyuh? belom pernah coba..
emg sih jogja terkenal dengan makanan enak2 sama kaya bandung...
murah lagi..

amisha mengatakan...

mauuuu, maknyos tuh keknya, apalgi pedes...wah seleraku bgt...:-)

melly mengatakan...

Oseng mercon?
kayaknya perlu nyobain tuh..
baca ini aja, saia udah ngiler nih mas..haha
kapan ya saya bisa ke jogja lagi

rizkimufty mengatakan...

wih foto pertamanya kereen

ah iya ntah napa agak ga nafsu sama foto ke 4 nya haha kasian aja ngeliat burungnya -__-

SOFYAN mengatakan...

Di Jember malah ada "Bakso Mercon" hehehe

Muhammad A Vip mengatakan...

sungguh Phe, waktu aku di Jogja lima tahun lalu makannya nasi kucing melulu, nyari warteg di Jogja nggak ada. kapan ke sana lagi makan mrecon ya? haha

Audrey R. Subrata mengatakan...

selalu ngiler baca postnya bang gaphe.. *belom makan siang*

bundamahes mengatakan...

Bagus ya! cuma pamer doank ya! Baguuuus...


*dongkol

Yudi Darmawan mengatakan...

mas dapet award nih dari saya,
selamat yaa..
silahkan diambil.. :)

Bundit mengatakan...

Waaa..bikin ngiler. Tempat persisnya di mana Mas? Sama PKU Muhamadiyah sebelah mananya? Kalau ke Jogja mau deh mampir ke sini :-)

Dhanang's Network mengatakan...

Jadi lapar dah,,,,

IbuDzakyFai mengatakan...

Wah ngiler dech...Yogya emang ngagenin yach, makananya enak2 dan harganya juga enak pulaks...

Renaldy mengatakan...

Kayak biasa... Selalu bikin ngiler aja mas gapche ini... Kapan ya bisa jalan2...

Hariyanti Sukma mengatakan...

oseng2 mercon .... ntar deh aku cobain ... kebetulan liburan semester ini mau mudik ke Yogja

Hariyanti Sukma mengatakan...

oseng2 mercon .... ntar deh aku cobain ... kebetulan liburan semester ini mau mudik ke Yogja

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

jadi pengen ke jogja euyy
tadinya bulan kemaren mau kesana tp blum ada doku hehehe :p

TUKANG CoLoNG mengatakan...

cara penyajiannya alami banget. kayak masak langsung dari dan di alam. unik.

Nchie mengatakan...

Yogyakarta..aku kangen banget..
dah 4 tahun ga mampir,biasanya setahun sekali sekalian mudik..

Ahh..tunggu nanti akhir bulan aku pasti mampir,
Oseng2 mercon wuuhah..pedes kayanya,hihih..
tambah penasaran tuh..

Blog Keluarga Keuangan mengatakan...

Wah oseng mercon Bu Narti... jadi pengen liburan lagi ke jogja nieh......

Rio Saputra mengatakan...

Tunggu aku di yogja mas..hehe
Yang traktir sapa y???he

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Jogja memang memukau :D

Nia mengatakan...

wahhh kalo aku ngga sanggup makan yg pedas2.....meskipun doyan cabe tp pedasnya sedang2 aja.....kalo kepedesan suka langusng sakit perut....trs bibirnya langsung jontor....air liurnya netes terusss......

Fairysha mengatakan...

gapheee....sesekali makanan padang napa...:(

Isti mengatakan...

gaphe...aku menggenapkannya menjadi 100 komentar. bravo!

Ude Baha mengatakan...

lapar jadinya nih...

cho mengatakan...

serius cuma 9000? lebih murah dari bebek y ..

Asop mengatakan...

Waaaaah burung puyuh itu enak bangeeet! :D

Mikochin mengatakan...

wah jadi pengen ke jogja..
tapi berhubung saya ga makan daging mungkin nyobain kuliner cemil-cemilannya aja kali ya

Elsa mengatakan...

hari selasa lalu aku ke jogja, pingiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin mampir oseng oseng mercon

penasaran sejak berpuluh puluh tahun yang lalu

eh gak kesampaiaaaaaan

Andri Edisi Terbatas mengatakan...

aduh setiap kali saya berkunjung ke blog km, entah knp jd pengen makan melulu...hehehe...^_^

Kakaakin mengatakan...

Wah... yang mercon-mercon aku gak ikutan deh... :D
Lah, kalo aku makan gado-gado, cabenya cuma minta 1 biji kok :D

deewahjoedi mengatakan...

ternyata begitu toh isi oseng-oseng mercon #barutau

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...