Selasa, 03 Mei 2011

Makan Kembang?... Siapa Takuut?!

Hoi hoi hooi.. udah lama banget gak posting kayaknya. Jangan ngambek yaa karena saya tinggalin bentar. Lagi sakit soalnya, hukss.. Oke, nggak penting!. So, sorry buat temen-temen yang udah mampir tapi belom saya kunjungi balik. Maappp bangeet.. lagi nggak aktif di internet soalnya pas sakit gini. Saya usahain pelan-pelan deh ntar saya kunjungi balik. Maaf yaa.. jangan ngambek yaa.. prok-prok-prok.. #halah!

Kali ini ada cerita apaan ya koq judulnya tentang makan kembang?. Sebenernya sih pengen sedikit bagi cerita tentang tips survival gitu deh.. cuman kalo dikasih judul : Tips Bertahan Hidup di Alam Bebas, atau semisal : Survival Tips For Dummies, kayaknya nggak bakalan ada yang baca. Jadii.. kasih aja judul gitu. Tapi eits, beneran loh!. Bukan dukun, bukan sihir, atau malah florist yang bisa makan kembang, karena setiap kamu pun bisa nyobain makan kembang yang satu ini.. apaan coba?. Kembang Gula?.. hahahaha itu mah anak kecil juga tau bisa dimakan. Maksud saya kembang beneran, ini nih!


Pernah liat kembang ini?. Kalo yang belom tau, ini namanya bunga Pacar Air. Duuuh, kalah cepet nih ama bunga yang satu ini.. dah punya pacar duluan *plaaak. Kalo orang Jawa bilang, namanya Pacar Banyu. Yaah, apapun sebutannya sebenernya bunga ini nama spesiesnya adalah : Impatiens balsamina. Jadi, dimanapun daerahnya dan apapun sebutannya, kalo nama ilmiahnya sama ya berarti objek yang dimaksud itu sama.. itulah kenapa penting adanya nama ilmiah!. *plaaak, jiwa biologi saya keluar, hahaha.

Oke, trus ada apa dengan bunga pacar banyu ini?
Tahukah kamu kalo bunga ini bisa dimakan?. Yup, saya nyobain makan bunga ini loh pas kemarin jalan mendaki di Ranu Kumbolo!. Serius, ini bisa dimakan. Jika ternyata kamu nggak bawa bekal, dalam kondisi badan lapar dan perut butuh diisi, maka bunga satu ini bisa jadi alternatif makanan. Rasanya?.. Nggak ada rasanya, biasa aja kayak makan selada gitu. Hambar. Tapi bisa ketelen koq. Nggak pahit atau nggak manis, nggak ada aroma aneh-aneh juga. Serius!.

Sebenernya, dalam satu kondisi terjebak di alam, banyak alternatif makanan terutama tumbuhan yang bisa dipake buat bertahan hidup. Saya pernah belajar dulu mengenali tumbuhan mana yang layak dimakan, mana yang tidak. Ada beberapa tahapan yang kudu dilalui kalo mau jadikan itu tumbuhan bisa dimakan atau nggak. Seingat saya sih begini nih :
1. Daun atau tumbuhan itu diremas-remas dan dibaui. Jika berbau tajam, sebaiknya jangan dimakan.
2. Setelah diremas-remas, oleskan ke tangan. Tunggu reaksinya. Jika berasa gatal atau tangan menjadi sensitif dan alergi, mending jangan dimakan.
3. Kalo nggak ada reaksi, oleskan ke bibir. Tunggu sejenak. Jika aman, coba cicipi. Kalau rasanya bisa ditoleransi, silakan dimakan.
Akan lebih baik lagi kalo melihat tanaman itu dimakan juga oleh mamalia lain, misal kambing, monyet (eh monyet tuh makan daun nggak sih?) atau rusa.. jadi tahu tentang tingkat keamanan daun itu sih. hehehe.

Kalo nemu jamur juga gitu, sebaiknya amati apakah jamur itu memiliki warna mencolok, bau tajam, atau bentuk/motif yang aneh. Jika ciri-ciri itu ada, sebaiknya dihindari. Beberapa jamur memiliki racun yang bisa membunuh manusia dalam waktu beberapa menit setelah dikonsumsi. Pilihlah jamur yang netral, warna-warna nude alami, tidak berbau, dan tumbuh di tempat yang sewajarnya. Lakukan uji coba dengan tiga cara diatas, plus coba oleskan ke logam atau besi dan perak (pisau misalnya) karena ada beberapa jamur yang memiliki racun sianida. Jika meninggalkan goresan biru, mending jangan dimakan.

Satu lagi deh sebelum dimakan, berdoa dulu yang bener. Yaa jaga-jaga aja sih, kalau-kalau itu adalah makanan terakhir yang kamu makan setidaknya ada amal ibadah yang diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. *plaaaak!!

Itu tips singkat survival di alam dari saya, semoga bermanfaat. Betewe, ini postingan ternyata udah yang ke 199. Satu postingan lagi nyampe 200 ternyata. hahahaha.. asyiik, pengen bagi-bagi sesuatu ah buat merayakannya. Tunggu aja yaa..

75 komentar:

Ami mengatakan...

yang lulusan biologi.... tapi tipsnya oke juga buat survive di hutan

YeN mengatakan...

tips yang terakhir T.O.P.B.G.T tuh!! hahaha :p

sampeyan dulu kuliah jurusan bilogi ta mas phe?

warsito mengatakan...

kaya kuda lumping aja makan kembang hahahaha

joe mengatakan...

makan kembang? wah belum pernah tuh, kecuali bunga pisang yang dibuat sayur he he

lidya mengatakan...

sakit apa nih? skr sudah sembuh dong

Siti Nurul Falah mengatakan...

hmm, sekarang emang lagi musim sakit ya? soalnya temen-temen kelasan saya juga banyak yang sakit *nggakpenting hehehe

untuk bunganya unyu banget yaa? jadi nggak tega makannya ;p

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

ow,ow, ada yg abis sakit.. *nggak ngajak2,eh???*
jadi pengen makan kembang..hehehe
Tipsnya oke, emang kudu hati2. ntar bisa wafat kyak filmnya Into The Wild,seurem...
Jaga Kesehatan!

Miss Nea Muslimovic mengatakan...

makan kembang?? g' takut ya k' kali aja ntar ulat bulu malah berkmbang biak dlm tubuh.. hehhehhh ~peash~

dey mengatakan...

yg saya tau, bunga pacar itu ditumbuk halus, trus di tempel di kuku, jadi kuning deh kukunya .. hehe

btw, bunga mawar juga bisa dimakan kok *kuda lumping banget ya*, soalnya ada kenalan yg suka makan bunga itu, tp gak tau mawar yg jenis mana ..

Putri Baiti Hamzah mengatakan...

Wew bisa sakit juga ternyata..hehehhe

Anyhoo,ok tipsnya..

Asikkk giveaway lagi..Mau mau mau,hohooh

Ardian Bumi mengatakan...

bercak biru yang biasa kita #kita.. loe aja kale. definisikan sebagai getah itu ternyata sianida ya mas.. Info bagus nh.. Semoga bermanfaat nh.

Fiction's World mengatakan...

Wah cepet sembuh ya Bang Gaphe

Itu bunga pacar air yg bisa jadi pewarna kuku kan ya
Widih ada jamur yg mengandung racun sianida?buset sadis banget yah
Perlu kasih tw Aoyama Gosho nich *hoho bwt ide conan.a gtu*

ria haya mengatakan...

untung ga makan beling...(kyk kudalumping getooh) :p

ditunggu ada apa di postingan k 200? ^^

Magic Paper mengatakan...

yang terakhir paling seru.....
makasih tipsnya bang...

ghost writer mengatakan...

barusan aja tahu nih Phe kalau bunga itu bisa dimakan..meskipun sering saja ketemu bunga ini tapi ngga pernah berani-berani mau memakannya..

berbaloi explorasi kalau dapat pelajari sesuatu yang berguna.

narti mengatakan...

makan kembang? kayak jathilan hihi...

sda mengatakan...

kayaknya didikan tentara juga nih, survive di alam :)

dee mengatakan...

tipsnya boleh juga nih, tapi jarang camping :(
kalau jamur mentah gimana rasanya? mesti hati2 milihnya juga kalau jamur liar.

asyik bakal ada bagi2 something ^_^

Todi saja mengatakan...

ternyata jago survival juga nih akang... tapi kok ga tau ya kalo monyet makan daon apa ga?? ***untung saua juga ga tau, kalo tau ntar dikirain...***

Deeahzone mengatakan...

yupz! Makan kembang siapa takuut! di alam tentunya hal yang bisa dimanfaatkan akan sangat berharga untuk bisa bertahan hidup! Nice share Gaphe

Call me Batz mengatakan...

ternyata bukan yang lagi menimba ilmu gaib aja ya yang makan kembang..yang mau survive juga harus makan kembang...hahaha

fernando mengatakan...

banyak kembang bisa bermanfaat buat kesehatan manusia, kalo kembang gula maaah merusak gigi anak2..wkwk

Nchie mengatakan...

Makan kembang Ogah ahh..
Mandi kembang,ayo...ayo..

Jangan2 lu sakit gara2 makan kembang ya?

Asyiikk..ada kuis lagi..!!
D tunggu yah..

Azhia mengatakan...

mantaaaap^^. tapi kok sedikit ragu ya sama tumbuhan2 liar itu :S aku takut ntar g bangun2 hehehe...tapi buktinya mas gaphe masih ngepost disini. brarti sudah terjamin lahhh hhahaha

Ellious Grinsant mengatakan...

Mantap mas... ilmunya berguna banget... dan testnya juga terkesan reasonable dan mudah dilakukan.

Huda Tula mengatakan...

nah gitu dong, jiwa biologisnya dikeluarain#halah.

tipsnya bagus! akan saya ingat baik-baik. Terutama tips terakhir. kalau soal jamur, saya ga berani ambil resiko deh.

Arman mengatakan...

huahahaha tips nya kayaknya yang di paling bawah tuh.. berdoa dulu sebelum makan! semoga yang dimakan itu gak beracun ya. huahahaha

monda mengatakan...

Udah sering kok makan kembang, kembang kol enak dibuat capcai atau sop, he..he..

Djangan Pakies mengatakan...

kembang pacar banyu belum pernah, yang sering kembang turi dikrawu manteb.
Teknik survivalnya manteb tuh kayak Tyo trans7.
Unvk postingan 200 tulis saja entrinya postingan 200, pasti berkesan

wulanmanjol mengatakan...

wew, makan bunga? kalo pas nemu bunga melati , itu juga boleh dimakan ga? hewwww..bbrrrhhh

tapi maksih lho tipsnya mas.nambah info jadinya :)
oya, dituunggu lho bagi-bagi hadiahnya :p

bundamahes mengatakan...

melati juga bisa dimakan lowhhh! kalow ga percaya tanyain aja sama (almh) Susana, kan katanya dia suka makan melati

*eh bener ga sih ya?!

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

tips nya bagus mas gaphe, tapi ga yakin apakah saya bisa makan tuh kembang...
hehehhee

Dwi mengatakan...

Yang dimakan daunnya atau bunganya ya? Kalau kecil dulu suka mainan biji bunga pacar air,, btw tipsnya keren juga jaga2 kalau nanti terjebak ditengah hutan..

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

kang gape ternyata jago survival juga.....:) ditunggu kejutan 200 postingnya.......:)

Claude C Kenni mengatakan...

Jadi inget dulu pas pelajaran survival di pramuka, gua disuruh makan daun pakis selama 2 hari...hiks T.T

Nice tips mas Gaphe =)

rinz mengatakan...

mas gaphe dah taw cara makan ular biar aman belum? hehehehehe... cobra enak lho. di jogja ada resto cobra. mas gaphe dah pernah coba? tapi kalo di alam liar mungkin adanya ular pohon kali yaaa?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

oh bisa dimakan toh..baru tau nih. tks ya infonya..ntar kalo saya bokek gak ada duit buat beli makanan, saya cari thu kembang pacar deh. h i hihi....

IbuDini mengatakan...

Mungkin ini yang dikatakan orang tuaku..kehutan hanya berbekal garam saja bisa hidup, karna didalam hutam tersebut tanpa kita ketahui banyak jenis daun yang bisa kita konsumsi.

Noeel-Loebis mengatakan...

nice info.... hehehe


btw untuk menyambung post ke 200, ada baeknya ngadain kontes phe... heheheh.....gw sambut dengan senang hati. hauahhahhahahA

Amy mengatakan...

Info yg menarik :D. Kalo kejebak dihutan boleh dicoba mkn kembang he8...

eha mengatakan...

tapi ati-ati lho, dibaui dulu ... di alam bebas kan bisa aja kena bekas pipis orang >.<

tiwi mengatakan...

eeemmmm... syukurlah sampe saat ini msh blm tertarik ngicipin kembang ^_^, entah kl terpaksa...

Nyitnyit mengatakan...

lah...kirain mz ghape ikut kuda lumping...sampe makan kembang gitu.ehh ternyata lagi bagi² teknik survival tho...

Nyitnyit mengatakan...

lah...kirain mz ghape ikut kuda lumping...sampe makan kembang gitu.ehh ternyata lagi bagi² teknik survival tho...

Hariyanti Sukma mengatakan...

ada mandi kembang ... eh ada juga makan kembang ....
kalo aku taunya kembang turi, kembang pisang (ontong pisang) dan bunga sedap malam, kalo kembang pacar air baru tau .... kali bisa juga kalo gak ada air minum ya ... khan pacar AIR... hehehhehehe....

So ... aku deg2 dan penasaran nih ada apa ya dipostingan 200...

choirul mengatakan...

banyak ya di hutan bunga kayak gitu,,,

mantap banget ya makan kembang

Jeng Anna mengatakan...

itu mah bunga mainan sy pas kecil, suka di olesin di kuku..cutek herbal gt critanya, tp ql dimakan...emmmm...nanya dulu sm Suzanna deh ahahahha

kira mengatakan...

kalo di jawa yg banyak tu kembang turi, wah, itu dijadikan pecel juga manteb. hahahaha

Orin mengatakan...

Enak nih kembang buat lalapan *dasar orang sunda*

rezkaocta mengatakan...

eh kak, pacar aer bs d makan y???/ baru tau, kalo dulu mah aku pake untuk maen2n aj...hehhe
tipsny bagus tuhhh..bmanfaat. kalo krisis moneter ad lagi, tipsny bs dpake kayakny. *manggutmanggut*

haha

entik mengatakan...

kalau disuruh milih makan kembang atau makan burger, aku milih makan burger phe hehehe... (eit, tapi sapa yg mau kasi pilihan makan burger yak?)

W i e d e s i g n a r c h mengatakan...

wah,,,, seru juga,,, bisa bikin ada perayaan 200 postingan,,,, jadi terinspirasi... ada musim hadiah apa nih buat perayaaannya... kabar2in yah gaphe... hihihihi ^_^

Riska mbem mengatakan...

enak juga makan rumput :P *abnormal!jangan ditiru!

nambah wawasan nih. Lumayan buwat persiapan masuk jurusan IPA :D

Inda Bunda Farrel mengatakan...

kalo ditempatku, namanya pacar cina.
hmmmn.. dimakan?? ngeri ah kyk kuda kepang :D
Jadi alternatif terakhir pas kelaparan melanda saat dihutan.:D

deewahjoedi mengatakan...

ada bakat ngbolang nih bang gaphe.

Ga sabar buat postingan ke-200....hehe, ada apa ya?

Aina mengatakan...

ew...bunganya cantik, sayang banget kalo dimakan, bagusan wat hiasan konde...#plaaak
aku tunggu bagi2nya di postingan ke 200 yaaaaa

dv mengatakan...

tetep ajah walaupun bisa dimakan, ngebayangin makan kembang tuh ky alm susana :D

tapi klo lagi kepepet yah mo gmn lagi ya..

asik2 ada giveaway lagi nih bau2nya..nungguin aahh :D

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ini tips bertahan hidup di alam liar atau menu makanmu sehari2..? hayooo :p

Ina mengatakan...

aku juga suka makan kembang, kue kembang goyang.dulu suka ngisep2 kembang seroja, manis rasanya.

Susindra mengatakan...

Hihi.. yang habis naik gunung kecapekan.
Ditunggu ya hadiah posting ke 200-nya

sahabat mengatakan...

Sobat aku cuma mau kabari klo blogku pindah ksini yah http://langitsahabat.blogspot.com/

Sumarno Wec mengatakan...

salam kenal...

kunjung balik ya..........

Fadly Furqon mengatakan...

wuaah bang gaphe lagi cakiit yahh .. cepet cembuh ya bang gaphe yang imyuut :D
sini-sini aku cium biar cepet sembuh ^^ #plaaaakkkk

wah kalo tahu itu bakalan jadi hidangan terakhir di dunia lebih baik gak usah dimakan bang ! -_-

r10 mengatakan...

bunganya sudah punya pacar aja -_-'

tutorial menu navigasi di blog aku itu biasanya ditujukan untuk menempatkan link kategori, seperti ini

http://gaphebercerita.blogspot.com/search/label/Kuliner

jadi bukan untuk halaman about me atau disclaimer, dll

samuel mengatakan...

kalo gak salah edelweiss juga bisa dimakan deh buat survival gitu, kalo gak salah yahh mas, hehehe

rizkimufty mengatakan...

petunjuk2nya bagus banget bang... terutama buat aku yang suka makan rumput, daun dari pohon tak dikenal, sampe bunga-bungaan yang ditanam di sekolah. *serius lho*

AS Budiman mengatakan...

Mas Gaphe beneran lulusan biologi kah??

Bayu Hidayat mengatakan...

ooo gt. baru tau gw apa sarat tumbuhan yang bisa di makan. dan baru tau gw kalo bunga itu ada yang bsia di makan. kalo makan bunga biasanya orang sakti. lu jangan jangan orang sakti phe

Meutia Halida Khairani mengatakan...

nah kalo ini sering diajarin sama ibu guru kalo mau camping. bahaya bgt tuh kalo ketemu sama jamur beracun kan, apalagi sampe dimakan.
btw, saya mungkin bakalan bawa sambel kemana2 kalo adventure. mana enak makan bunga yg hambar. hahahaah

Kakaakin mengatakan...

Kembang ini banyak di depan rumahku, tapi aku gak pernah rasain. No thanks :D

puteriamirillis mengatakan...

makan bunga...hmmm..
tp bunganya bagus juga...ungu...

mauna mengatakan...

Bunga kol mau... mau.. mau :D

affie9 mengatakan...

weeiiss..kaya pelemnya suzana wak, makan bunga.. hehehe

Desri mengatakan...

di kampungku banyak tuh tanaman pacar air. dari yang kelopaknya sederhana sampai yang kelopaknya banyak seperti mawar...cantik banget!
aku baru tau kalo bunganya bisa dimakan...selama ini baru memanfaatkan daunnya sebagai obat luar kalo kuku...*apa ya bahasa indonesia buat hihileudan?...yang borok.

SURI MEILANI mengatakan...

mas gaphe saya pernah liat tuh kembang tapi gak tau kl kembang itu bs dimakan,.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...