Selasa, 24 Mei 2011

Ngerujak Uleg Rame-Rame

Coba bayangkan berdiri di tengah 1500-an manusia yang lagi nguleg rujak berbarengan rame-rame?. Bukan mimpi, bukan khayal, karena itu yang saya rasain minggu lalu di Jalan Kembang Jepun (Kya-Kya) Surabaya pas jam dua siang. Saya hadir dalam perhelatan akbar Festival Rujak Uleg 2011 dalam rangka ulang tahun kota Surabaya yang ke 718.


Bayangin, dengan jumlah meja sebanyak 240 lebih dan tiap meja memiliki anggota berkisar antara 7-10 orang, bersama-sama memotong-motong lontong, kedondong, tahu, dan mie untuk sama-sama diuleg jadi rujak, sebuah pengalaman yang menurut saya lebih dari sekedar wisata. Saya beruntung, karena pas dilaksanakan perhelatan ini saya berada di Surabaya. Bagi seorang yang suka traveling seperti saya, acara festival di satu daerah atau satu tempat yang khas (dan tidak setiap hari terlaksana) menjadi to do list wajib untuk dikunjungi.

real crowd

Aroma tajam petis menguap diudara, bercampur dengan riuh rendahnya suara teriakan dari masing-masing peserta. Rame pastinya, karena salah satu yang dinilai dari festival rujak uleg ini adalah gaya dan kekompakan peserta. Tak heran, urat malu peserta udah pada putus karena di tengah teriknya matahari mereka masih mampu berjoget, teriak, dengan menggunakan kostum yang-gila-pede-abis-kalo-nggak-gila-beneran.




Sebanyak 1500 peserta itu berasal dari BUMN, Instansi pemerintahan, institusi pendidikan SMA-SMK dan Universitas, kelurahan dan kecamatan, dan bahkan ada juga kelompok masyarakat atau komunitas tertentu. Berbaur menjadi satu, melakukan hal yang sama yaitu : bikin rujak uleg!. Pesertanya heboh, penontonnya juga ikut heboh. Nggak heran kalo festival rujak uleg tahun ini adalah yang paling besar jumlah pesertanya. Saking ngetrendnya rujak uleg, dari festival ini mengukuhkan rujak uleg menjadi makanan khas Jawa Timur yang masuk paten.

Beruntung, semua penonton dapet gratisan rujak ulegnya!. Bisa dibilang, mereka membagikan rujak uleg secara gratis kepada yang mau. Kalo mau mabok rujak uleg setahun sekali, yaa disini tempatnya. Dan beruntungnya bagi saya lagi adalah bisa ketemu secara langsung sama bu Walikota Surabaya, Bu Risma.. yang juga ikut memeriahkan lomba dengan membuat rujak uleg dari tangannya sendiri.

Ini Bu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya. Ngelap tangannya setelah nguleg rujak, masih pake celemek.

Festival ini juga memperebutkan banyak hadiah dari banyak sponsor, sepeda motor, televisi, sepeda roda dua dan banyak macemnya menarik banyak peserta untuk ikutan. Dari 240 peserta diambil 40 besar dari kreativitas, kehebohan, kekompakan dan bagaimana cara menyajikan rujak ulegnya. Dari 40 besar ini kemudian diminta menyerahkan masterpiece rujak ulegnya ke panggung untuk dicicipi rasanya. Lima besar dengan nilai rasa tertinggi berhak membawa pulang banyak hadiah!.

Ah.. panas terik matahari yang tepat berada di atas kepala saat itu tergantikan dengan segarnya rasa rujak uleg dan riuh rendahnya suara suporter...

76 komentar:

Adryan Nurdien mengatakan...

dapet foto2nya darimana tuh mas? :P

SOFYAN mengatakan...

Bisa jadi ini yg pertama di Indonesia bahkan bisa di dunia lo..pasti rasanya jga braneka ragam :D

warsito mengatakan...

wenak tenan tuh kirain lagi ngerayain nuju bulan istrinya bang gaphe eh ternyata ngerujak bebek buat ulang tahun kota surabaya

niQue mengatakan...

bu walkot turun tangan yah :D

tapi mana gambar rujak yang diuleg? ga jadi ngeces dunk klo ga liat penampakannya :D

Susindra mengatakan...

Wah, ada yang seger-seger, nih. *ngeces*

Finger tutting mengatakan...

waduwww koq aq bisa ketinggalan yo mas, pengen liyat

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

ada-ada aja ngerujak masal bareng bu walikota B)

Fiction's World mengatakan...

Loh saya kira rujak buah, eh bukan ya ternyata :D

Amy mengatakan...

Ngerujak rame2 ...asyik :) Aplg dpt rujaknya jg.

ningsyafitri mengatakan...

Enak donk bisa makan rujak gratissss...
Mmantap. Mantap deh,,,

Tiffa mengatakan...

Dirimu nyicip rujaknya? Atau jangan2 ikutan jd pesrtanya jg?

Ntah knp sy paling tdk suka di tempat keramaian kayak gitu, males berdesak2annya, contohnya tiap malam tahun baru saya pasti di kos aja, ga prgi2.

YeN mengatakan...

aaaaaaargh!!!!!baru keingetan kalo aku sempet diajakin ke festival ini kemaren..!!!
aku kelupaan sama sekali, dan malah sibuk nyikat kamar mandi, huhu T.T

seru banget ya ternyata..

Riska mbem mengatakan...

Hueh. Tadi pas mau komen masih 7 komentar. Sekarang, udah 10 komentar. Gini nih, kalo koneksi error.

EEEHH....!!! ADA BU RISMA!! Jadi kangen pas ketemu di kenjeran waktu itu. Cantikan aslinya ya timbang potonya. Eh, itu tanggal berapa om acaranya?? Kenapa aku gak tauuuu!!? *salae dewe gak tau*
Tau gitu aku dateng. Biasa, anak indonesia paling suka gratisan. Huehehehe

Riska mbem mengatakan...

Huaaa sekarang malah jadi urutan ke TIGABELAS!!! *nangis di pojokan*

lidya mengatakan...

aku baru tau ada acara rujak ulek. gimana rujaknya pedes ga?

Renaldy mengatakan...

Wah, sayang banget saya masih di Tenggarong ini T.T

choirul mengatakan...

wuh... mantep banget tuh, jadi pengen kesana tahun depan ne kayaknya saya

mesin mengatakan...

wow.... sampe mabok sepertinya kalau ikutan acara ini...

Yudi Darmawan mengatakan...

haaah..!
kreatif banget nih event, sampe ribuan gitu,
kalo saya ikutan, pasti itu menjadi hari "terpedas" dalam hidup saya, hahaha..!

tunsa mengatakan...

emang rame yak? bukan namanya doank..h mmm..pasti rame rasanya juga..

ria haya mengatakan...

wah mantabz...rame bener...
untung Gaphe ga ikutan di uleg2 hihihi :D

Miss Nea Muslimovic mengatakan...

kereeeennn!!!!
ruak is my fave..maumaumauuu;)))

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

mau dong rujaknya.

Adittya Regas mengatakan...

ngulek sambil goyang ngeborrr.... wkwkwk

Ardian Bumi mengatakan...

wah uenak tenan tuh mas. Disini acara seperti itu tidak pernah ada. Huh. Sayang banget.

Nihayatuzzin mengatakan...

kalau diriku sih,, rujak mah biasa,, tapi ngumpul rame2 seperti gitu sambil makan rujak,, nah tuh baru memang ruarrr biasa' hehehe

Brigadir Kopi mengatakan...

rujaknya biasa , kebersamaannya yg luar biasa

bunga mengatakan...

Ada 2 aja festival Ngerujak, tapi juga Gpp supaya makanan khas Indonesia jangan di colongin lagi oleh negara tetangga

andre mengatakan...

wah acaranya pasti seru banget. jarang2 ada acara unik seperti itu.

Zippy mengatakan...

Gue paling doyan soal rujak.
Apapun jenis tu rusak, aih...langsung bringasan deh makannya, kayak orang lagi ngidam, hahaha...
Rujak ngulek sama gak ya dengan rujak bebek? :D

cho mengatakan...

gratiss?? yah, sayang banget. kmrn cuma bisa liat liputannya di tipi dan sekarang cuma bisa baca artikelnya di blog ini. nasib, nasib ..

choirunnangim mengatakan...

hampir lebih 1500 perserta...
wah habis cabe dan bumbu berapa kilo?
lagian ulekan juga banyak...

djangan pakies mengatakan...

Luar biasa kompaknya warga surabaya, mending kayak gini turun jalan buat senang2 daripada turun jalan demo.
Top mak kortrop petise

Huda Tula mengatakan...

haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa?? ada-ada aja, tapi keren....

terus, rujak uleg nya bu walikota enak??

arman mengatakan...

wah seru banget...
cuma gak kebayang dah panasnya kayak apa. hahaha

amisha mengatakan...

bejimun ya pesertanya..rame bgt..gk kebayang klo saat itu ada di sana..:-)

Adi Arraihan mengatakan...

waaah meriah keknya acaranya..aku juga suka bgt dg acara yg begituan mas..slm kenal y..

r10 mengatakan...

aku ga suka rujak, kalu beli rujak cuma beli kerupuknya doang :D

Free Download mengatakan...

sangat meriah ya sob

riestabacil mengatakan...

haduuuuuuuuh,,,jadi pengen rujak deh...

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat komentar saya hilang hiks hiks

IbuDzakyFai mengatakan...

wah mantab banget acaranya...belum pernah dech nyobain rujak yang beraroma petis...hmm kapan2 harus nyoba nich

soulful^^~ mengatakan...

wah pada saat seru2 gini, aku lagi di malang dan ga bisa pulkam :'(

Mila Said mengatakan...

gw kog langsung mules ya bacanya -_-"

Orin mengatakan...

wuiiih...seru bgt acaranya mas Gaphe...masuk MURI ga tuh?
Tapi ga kebayang rujak pake mie, pasti beda dg rujak buah pada umumnya yah? he he

Hariyanti Sukma mengatakan...

hmmmmm.... rujak ratu ( ora tuku) mau banget ....

hany nizah mengatakan...

pengen rujaknya kak,,.:))

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

mengingatkan saya waktu jadi juri lomba rujak buah, psertanya cuman puluhan aja sih..
pulang2 malah sakit perut, -.-'
(terlalu balala)

eventnya seru,di tengah2 kesibukan kota besar,pasti ini menjadi hiburan yang mungkin tidak bisa terlupakan.

Elsa mengatakan...

KEREEEEEEEEEEEN....
waktu itu aku di surabaya lho
pingin mampir tapi pasti terlalu crowded dan panasnya luas biasa. akhirnya cuma nonton pameran batik di gramed...

harestya mengatakan...

Rasanya pasti macem2 tuh...ada yg manis, asam,,,asin...

funnie mengatakan...

waduhh...orang sebanyak itu, peserta semua ya??

kangen rujak uleg......nyam..nyam..

Erdien mengatakan...

Wow.... seru banget tuh pastinya!!!

Fairysha mengatakan...

Fotonya mana phe??

kalo rujak buah pasti lebih seru.... ^_^

affie9 mengatakan...

aseekkk...... enak kali ya ke sana, lumayan buat perut mules mabok rujak... huhu

hilsya mengatakan...

membuat daku ingin ke surabaya :)

Ami mengatakan...

Komentar ke 56..... Ckckckc cepet banget... Nyanyi aja RUJAK ULEG RUJAKE WONG LAGI JUDEG...

Bayu Hidayat mengatakan...

hehe ada lady gagah juga ya ngulek rujak??? wihh asik ya ngerujak sambil ramean. ngulek sambil joget dong.

asikkk gratis. kalo gitu gw bungkus dong. bawa pulang yang sebakul

I-one mengatakan...

harus dilestarikan nih

Mama Kinan mengatakan...

haduh hebohnya..membaca reportasemu..berasa hadir disana phe..heboh banget..
i know kya kya..yang kembang jepun itu..hiks jadi rindu surabaya so much...semoga pas mudik bisa menjelajah surabaya lagi ...kangen juga dengan rujak cingur surabaya...
Sampaikan salamku pada Tugu Pahlawan yah phe..sama TP juga...

Nyitnyit mengatakan...

ehmmm sang fotografer pasti dapat gratisan rujak nieh...ati² jangan yang pedas lho ya....

Noeel-Loebis mengatakan...

gw kapan yah bisa ketemu walikota tangerang?? :(

umiabie mengatakan...

wah rujak adalah kesukaan aku tuh..

Asop mengatakan...

Wah iya nih, ini acara masuk di koran beberapa hari yang lalu. :D
Para peserta pake kostum yang mencolok, sambil goyang badan sambil ngulek... :lol:
Pengunjung bisa mencoba rujak yang ada. Enaknya... :)

Ferdinand mengatakan...

Lah, ada toh ternyata Festival beginian haha... *Plak

Waduh, sayang udah malem aku baca postingan yg ini jadi gak gitu ngiler, coba klo siank tadi kesininya haha... pasti langsung ngiler nie...

Waduh berarti kowe dapet Rujak bikinan bu Walikota juga donk? hhe...

Asik bener nie Festival kaya gini haha... pokoknya yg ujungnya makan aku suka lah wkwkwk

Lyliana Thia mengatakan...

Mantab liputannya, Phe... Wah beruntungnya dirimu, Gaphe.. pas kesana pas lagi ada festival... ini kan yg masuk tipi kemarin.. eh kok Bu RIsma nggak pake kostum gila-pede-abis itu yah? hihihi...

Siti Nurul Falah mengatakan...

wahh, seru banget dong,
aduh jadi pengen rujak nih, hehe
udah kayak apa ya, kostum yg mereka pake konyol-konyol haha

[L]ain mengatakan...

mecahin rekor dunia juga ga tuh?
rujak kan cuma ada di indo D:

Call me Batz mengatakan...

kebayang dech serunya festival rujak uleg... segerrnya sampe sini coy.hihihi

Zulfadhli's Family mengatakan...

Phe, lo ko kaga ikutan ngulek juga? Gw pan pengen liat poto lo yang lagi pake celemek sambil pegang ulekan. Pasti ngalahin Inem Pelayan Sekseh :-)

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Ada yang kurang Phe. lha potomu endi?
setahuku rujak ga pake mie, tapi di Banjar pake mie :D

ahhhh, knapa mesti daerah yang jauh2 dari jangkauanku sih yang ngadain acara kek gini >.<

Meutia Halida Khairani mengatakan...

gile yaaaa, kenapa ngga sekalian aja nyedia-in cobek gedeeeee and semua orang nguleg..

kalo di jkt or sumatra, orang nguleg rujak itu utk di cocol sama buah2an. jarang utk mie, lontong, dll. malah jadi ketoprak kalo gitu..

Nia mengatakan...

Rujak ulegnya beda sama yg di jakarta yach...kalo di jakarta yang di maksud rujak uleg yah rujak yang isinya buah2an....kalo yang dimaksud disini rujak cingur yachhh???

emang seneng aych kalo kita berada di tempat acara festival seperti ini....di jakarta juga lagi ada food and fashion festival....deket rumah lokasinya...tapi mau kesana ribet sama anak2 hehehe.....

yuni cute mengatakan...

Waduh sayang banget Phe, kok ga poto bareng sama Bu Risma nya?

Gimana Phe rujak uleg Suroboyoannya? enak gak? *ketip-ketip mata*
Suroboyo gitu loh... haha..

Claude C Kenni mengatakan...

You always be at the right place, at the right time...keren abis!!! =)

Ngakak liat yg pake kostum Lady Gaga

Aina mengatakan...

gila meriah banget...ikut lombanya juga pada niat tuh, kostumnya aja aneh2 gitu....
abis festival pasti banyak yang pulang2 langsung nyariin WC deh... mencret... haha

Neyna Naya mengatakan...

wah seru banget itu acaranya ngerujak ulek, sekalian olahraga tuw mas, Pekanbaru kapan ya buat acara kayak beginian

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...