Kamis, 12 Mei 2011

Pasar Malam Tjap Toenjoengan

Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame-rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak golek kenalan cah ayu
----------------------------------------------------------------------------

Pernah dengar lagu rek ayo rek, kas Surabaya?. Setidaknya potongan lirik di atas mampu membawa kembali ingatan teman-teman akan lagu ini. Bukan masalah rame-rame sama temen yang akan saya share hari ini, bukan pula masalah cari kenalan cah ayu juga yang akan saya bahas hari ini. Tapi soal Tunjungan.

Kawasan ini memang sejak jaman dahulu terkenal dengan hiburan dan pleasure. Sebuah kawasan yang hampir di kata berada tepat di pusat kota Surabaya, dekat dengan kantor-kantor pemerintahan, jalan besar, dan ah.. mungkin sisa-sisa kejayaan masa lampau bangunan tuanya masih terlihat kokoh berdiri. Yang menjadi ikon hiburan dari kawasan ini sampai sekarang adalah Tunjungan Plasa (TP), mal 8 lantai yang ukurannya segede gaban. Setidaknya, ada empat blok yang disatukan dengan atrium hall di tengahnya, makanya ada yang menyebutkan TP1, TP2, TP3, dan TP4. Oke, kalo susah ngebayanginnya.. satu blok saja sendiri bisa disebut sebagai satu mal. Bayangkan kalo 4 blok mal jadi satu?.. Ya tak heran kalau TP adalah salah satu pusat perbelanjaan terfavorit buat warga Surabaya.

Semalam, saya kesana dan menemukan satu acara yang sudah ketiga kalinya diadakan di Tujungan. Pasar Malam Tjap Toenjoengan. Frasa pasar malam itu sudah mewakili memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang ada disana. Dan tjap toenjoengan, bisa jadi menjadi salah satu ikon wajib karena diadakan di Tunjungan. Terbukti, dengan tagline tema kali ini : gak enek tunggalle rek! yang berarti tiada duanya, Pasar Malam Tjap Toenjoengan ini menjadi agenda wajib yang selalu diadakan untuk memeriahkan hari jadi kota Surabaya.


Ejaan lama Tjap Toenjoengan ini juga setema dengan apa yang ada di dalam pasar malam. Gubug-gubuk beratap jerami, obor atau lentera minyak tanah, anyaman bambu sebagai dinding, yang kesemuanya berujung pada suasana Tempoh Doeloe yang kental. Apalagi dengan ditunjang berbagai acara yang juga mengingatkan pada Soerabaja tempoh doeloe, semakin memperkuat tema perjuangan yang ingin diangkat. Dengan mengambil centerpoint di tengah, didirikanlah sebuah panggung bernuansa rumah adat Jawa dan big screen dengan tampilan film-film perjuangan.

Layaknya seperti pasar malam yang lain, tentu saja banyak jajanan dan orang jualan. Terlebih, bagi saya pribadi, Pasar Malam Tjap Toenjoengan ini merupakan surganya kuliner nusantara. Buanyak banget makanan yang dijual disini, dan nggak cuman makanan khas Indonesia saja. Mungkin kalap, itulah yang saya rasakan ketika masuk ke sebuah gapura yang berjudul Pusat jajanan dan makanan Tjap Toenjoengan. Tapi saya beruntung, karena terbatasi oleh lembaran rupiah di dompet maka tidak semuanya saya cobain!. Prioritas mana yang layak buat dicoba, dan akhirnya pilihan menu makan malam saya jatuh pada : Kupang lontong dan sate kerang.



Ini dua makanan khas Jawa Timuran yang belum pernah saya ulas di sini. Pernah dengar kupang lontong?. Kalau belum pernah dengar, jangan berkecil hati karena saya juga baru tahu ada makanan ini semenjak saya tinggal di Surabaya. Kupang, yang merupakan sejenis kerang atau tiram kecil-kecil yang dimasak dengan cara direbus. Kupang yang digunakan biasanya adalah kupang beras, karena bentuknya yang kecil-kecil berwarna putih buram, lonjong seperti beras. Direbus dalam bumbu yang berasa manis-gurih, disajikan dengan petis - bumbu wajib makanan Jawa Timur, dan potongan lontong. Sedikit informasi, petis sebetulnya hampir selalu dipakai dalam setiap masakan Jawa Timur. Meskipun saya pribadi tidak terlalu menyukai petis, apalagi kalau dimakan langsung karena rasanya yang tajam. Namun jika dicampur dalam makanan dan apalagi rasanya tidak terlalu kuat, saya jadi berubah pikiran.

Buat bumbu sate kerang ini pun juga menggunakan petis. Kerang yang dipakai berbeda dengan kupang, karena bentuknya lebih besar. Yaa kalau dipikir-pikir, ini makan kerang lauknya sate kerang. Kedua makanan ini sebenarnya paling cocok diminum sama es degan, mungkin untuk menetralisir kalau-kalau ada yang mabuk atau keracunan seafood kali ya?. Hemm, tapi pilihan minuman saya jatuh pada es limun. Yak, jadul banget kan ya?. Cocok deh sama suasananya. Kalo soal harga, namanya pasar malam yaa pasti merakyat sih. Saya cuman ngabisin 20 ribu buat kupang lontong sama sate kerang. Range harga disini antara 5000an sampe belasan ribu. Jarang ada yang mahal, dan banyak pilihannya pula!.

Kalo bingung mau makan apa, lemme tell you beberapa diantaranya. Sate Kuda, Sate ayam pak Brewok (yang jualan brewok beneran), nasi bakar, gudeg, lontong balap, tahu tek, tahu telur, nasi padang, bakso, aneka macam mie, penyetan dan bakar-bakaran, dan kalau mau yang lebih modern dikit ada yang jual burger tempe, hot dog, frenchfries, pizza, lasagna dan pasta, coklat leleh, gula-gula, dan brownies. Buat yang sekedar jajan, ada pisang goreng kipas, tahu pong dan sukun goreng, atau macem-macem es campur!. Lengkap kan?. Makanya, mumpung acara Pasar Malem Tjap Toenjoengan ini diadakan dari tanggal 1 - 15 Mei 2011 segera saja datang rame-rame kesini. Buat yang sendirian, nggak masalah.. karena bisa golek kenalan cah ayu sekalian disini... sesuai lirik lagu Rek Ayo Rek...

104 komentar:

Arman mengatakan...

diadainnya dimana tuh? di depan TP? atau di tunjungannya? TP kan sebenernya bukan persis di tunjungan ya. hehehe.

waaa asiknya makan kupang lontong dan sate kerang 20rb. kapan itu gua mesen kupang lontong disini $7.5. sate kearngnya 12 biji $6. total $13.5. huahahaha.

tapi gpp... tetep puas karena rasanya enak... mirip ama yang di sby! :D

niQue mengatakan...

tertarik sama sate kerang-nya
kira2 rasanya sama ga ya dengan sate kerang di Medan?
ato malah lebih enak?

*melapar*

Putri Indah Purnama Sari mengatakan...

Suasana tempat seperti tempo dulu dan banyak jajanan pula...
wah pasti seru banget yah mas..
Mas gaphe mah plg bisa kalo cari tempat yg seru

tiwi mengatakan...

hmm aku mau ikutan kesana ah..., tp gak ke Pasar Malam Tjap Toenjoengan, tp ngider dlm mallnya aja..hehehhe ^_^...

hilsya mengatakan...

pengen lagi ke surabaya tp masih 'trauma' gara-gara ga bisa makan enak dan dikejar-kejar calo

SOFYAN mengatakan...

pagi² suadh makanan lagi,,,semoga sukses dengan cah ayu ne..hehehe

Susindra mengatakan...

Kalo ingat Tunjungan Plaza terpaksa ingat adegan salah satu rombongan kami terjungkal ke depan dan latah kala Lift bergerak. Wkwkwk.....
Aduh.... ketawanya lama sekali karena si dia cuek aja. Memang orangnya asyik & anti malu.

Yudi Darmawan mengatakan...

temen saya juga pernah cerita,
itu tunjungan plaza katanya mall paling gede seluruh indonesia..
(jadi nungguin air asia buat promo gila2an ke surabaya nih)
hehe..

Kahisha Baby Shop mengatakan...

hmm, surabaya yah?
udah lama banget saya gak ksana,
waktu belum berkeluarga tentunya,
tapi gak sempat nyicipin kulinernya..
hehe..

salam kenal, ditunggu kunjungan dan follow baliknya lho mas..

Claude C Kenni mengatakan...

Menarik...taun depan diadainnya tanggal segitu juga ga? Kali aja gua bisa ke sana, hehehe

zee mengatakan...

Wah.
Kelihatannya menyenangkan. Saya juga paling suka dengan yang namanya event2 kerakyatan, dan saya ingin bisa memperkenalkan juga ke anak saya. :)
Sate kerang itu mengingatkan saya sama sate kerang Medan.... enak banget itu!

ria haya mengatakan...

waktu saya ke Surabaya, saya ga mau diajak ke sana (mall Tunjungan)
abisnya masa mall lagi... mall lagi...saya pikir, ah..paling ga jauh beda isinya ama mall di Jkt hehehe
makanan khs Surabaya yg saya coba kykx baru lontong balap dech...manis bo..

bundamahes mengatakan...

Gaphe blom pernah makan bikin petis olahan Simbah sih! bayangkan Phe, petis diberi rajangan bawang merah dan cabe rawti utuh, kemudian dijerang di atas api hingga meleleh.. setelah itu dimakan dengan nasi yang masih mengepul hangat, beeeeeeeeeeuuuuuhh. Yumilah yumiwati! yakin deh!!!

joe mengatakan...

di sana sate bumbu rujak juga enak lho....

lidya mengatakan...

penasaran dgn kupang lontong sudah beberapa orang ngomongin makanan ini. di jakarta atau bekasi dimana yacari kupang lontong?

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah kupang lontong makanan pedas kecut manis kesukaan saya brade.... ditambah sate kerang.....hemmmm maknyuss...hehehee

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Eh, masih ada kesempatan. hadohhhhhh, pengen muleh nang Jowo T.T


sate kerang lek ning Tulungagung yo wis tahu Phe, di banjar juga ada. Malah sejenis kerang di jangan bobor gitu... enak dicampur waluh.


Tumben jajananmu sate kerang? lha ngebaca pas diakhir menune bikin ngiler tuh...faktor 'U' kah Phe...hha

riestabacil mengatakan...

hwaaaaaaaaa,,,,aku gak boleh makan kerang.....

Nchie mengatakan...

Inget kupang Lontong jadi inget Arman ..
penasaran rasanya kaya gimana yah.yang di Amrik aja ampe demen hahha

Ahh itu mah yang golek cah ayu pasti Gaphee..hayo ngakuu..

Seneng ya rame bangget,Phe..

W i e d e s i g n a r c h mengatakan...

wew... pasar malemnya meriah banget dengan aneka spot seru gituh....

trus, aku jadi inget belum pernah lagi ke surabaya.. mentok2 semarang... ^^...
kapan lagi yah ada kesempatan ke sana,... ^^

nice journal buat gaphe... seru banget nampaknya ^^

tunsa mengatakan...

lontong balapnya gak ada? hehe

Orin mengatakan...

Ga kebayang si kupang lontong itu rasanya kek gimana..

Ina mengatakan...

aku krang suka kerang2an, soto surabaya ama bakso malang ada? kalo yg ini ngga suka lagi doyan buanget!

NECKY mengatakan...

kirain mau bahas cah ayu nya. tapi ga apa2 lah kulinernya juga oke koq....jadi laparrrrrrrrr

Fiction's World mengatakan...

wah ... kuliner :O mauuu
penasaran deh ama Tunjungan Plasa
tapi ke Surabaya jauh juga keknya hiks hiks

narti mengatakan...

Gaphe wajib tanggung jawab! :)
dicatat aja dulu kali ya, tapi kapan kesampaian?

sda mengatakan...

kerang lauk kerang :D
jadi penasaran nih
acaranya pasti asyik tuh, mana stand makanan banyak banget gitu, duh...
*nahan air liur... ups...

dee mengatakan...

ngomong2 dapat kenalan cah ayu engga?
*peace

Putri Baiti Hamzah mengatakan...

Makanan jawa timuran almost smuanya petis ya..hmm..maulah kesana someday...muehehhe..tumben nggak narsis?hahahah

♥chika_rei♥ mengatakan...

wahh rame euuy kayaknya

eh gaphe mau tanya??
dirimu jalan2 itu ada dinas atau emang jalan2 sendiri hihiuii

IbuDzakyFai mengatakan...

mantab sukses bikin ngiler, kupat tahu ma sate kerangnya....

Nia mengatakan...

wah masih ada waktu.....klo punya uang segudang langsung meluncur kesana nech eheheh.......

reportase Gaphe selalu lengkap dan padat berisi hehehe.....jadi ngiler sama kupang tahunya....rasanya gimana yachh.....

aku juga paling seneng kalo ada acara2 seperti ini....soale harganya murah meriah hehehe...

Rahman Raden mengatakan...

klo singgah ke blogny Gaphe pasti bawaanny lapar akibat kuliner yg dipajang

Blog Keluarga Keuangan mengatakan...

Wahhh,,, beberapa kali ke Surabaya pas nggakk ada acara ini...

Inda Bunda Farrel mengatakan...

mau dong nyobain sate kerang.. Sepertinya uenak, apalagi minumnya lemonade. hehe

dila mengatakan...

Oooo sampai tgl 15 Mei yah, saya pikir sampai akhir mei, thx infonya.
Salam blogwalking

Aina mengatakan...

sebagai penggemar tempe, aku penasaran banget ama yang namanya burger tempe.... kayak apa sih bentuknya?????
(AINA)

Muhammad A Vip mengatakan...

oleh cah ayu piro rek?
eh, itu sate kuda beneran daging kuda atau cuma namanya. ada burger tempe lagi, hahaha

AS Budiman mengatakan...

TP kira-kira berapa kalinya Amplaz ya, Ms..
Hehe..

Bayu Hidayat mengatakan...

gw pernah ke tunjungan plaza sekali. iye gede banget. kesana ngak bisa satu hari. ampe mau copot dengkul kesana. hehe kalo sendirian kesana bisa dapat cewek ya bro? lu dah dapat belom?

mila mengatakan...

gw juga ga doyan petis... dan semua turunannya. maksudnya semua makanan yg ada petis, berarti termasuk kupat lontong itu.

Tapi klo sate kerang gw suka bangeeettt... heheee

umiabie mengatakan...

waaah satenya menggoda..

warsito mengatakan...

suasananya sangat religi mantab kalo liat makanannya jadi ngiler nih

Ami mengatakan...

Kupang lontong? Mmm lebih pilih rujak cingur...

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

ngebayangin suasananya jadi mupeng..
*orang yang mudah mupeng*
haha!

suasananya,makanannya,cah ayu nya, complete nyaaa....haha

tito Heyziputra mengatakan...

Jauuhhhhhhhhhhh,
beliin dong tiketnya phe;
hahha

Wah menu yg lo pilih,
seafood abis, gw banget deh..
Dan petis, gw sih suka2 aja,
rasanya klo ga pake petis ada yg kurang,, hahha

blum pernah nyobain lontong Balap nih. Penasaran bentuk dan rasanya

rinz mengatakan...

sate keraaaaaang...?
hiks. ga bisa makan itu.
alergi..

iffa hoet mengatakan...

waah...sate kerang juga enak kalo sama lontong mie. mak nyusss!!!

langsung dah ke TKP *besok tapi.. sekarang da malemmmm...hehe*

Nihayatuzzin mengatakan...

aku belum pernah nyicipin sate kuda,,, jadi penasaran gimana ya rasanya? apa ntar malah sering keluar bunyi kuda? hahaha hehehe luph very much indonesian traditional cooks. . .

Zippy mengatakan...

Wah..asik banget tuh pasar malamnya, banyak jajanan lagi.
Gak sanggup deh gue, pasti ngeces terus kalo kesana, hihihihi... :D
Disini sempat ada pasar malam juga, belum lama sih.
Tapi gak seramai disana deh, apalagi gak ada jajanan kulinernya, jadi males deh :D

sichandra mengatakan...

1 minggu yang lalu baru saja usai Pasar Malam di daerah ku tinggal , tapi sayangnya tidak ada makanan khas yang dapat di kenang -_-

TUKANG CoLoNG mengatakan...

saya beberapa kali ke Surabaya. kesan yang saya tangkep: gerah, panes, sesak.. :(
mungkin saya ga mengunjungi titik terbaiknya kali ya..

Amy mengatakan...

Sate kerang yummy kali ya...he8...

jinggalestari mengatakan...

Blum pernah ke soerabaya apalagi ke TP tp sudh berasa ad dsana karena adnya postingan in.ngliat makannya srasa mengalami syndrom lapar midnight.hehehe

r10 mengatakan...

Saya PertamaX !! :D

petis itu petai yah? aku ga suka pete... baunya tajam banget, sampai mau muntah :(

umiabie mengatakan...

aku suka sate kerang tuh... salam silaturrahmi..

Dwi mengatakan...

Berarti suasananya klasik jadul gitu ya, asik banget kayaknya. Makanannya saya belum pernah nyobain semua..

warsito mengatakan...

silahturahmi kembali bang gaphe setelah blog aktif kembali

Yudi Darmawan mengatakan...

lho, reposting ya mas yoga?
saya juga heran nih, kok komen2 di blog saya pada raib yak?

Yudi Darmawan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
hoedz mengatakan...

double post ...
walah Phe .. kenapa gak ajak aku ...

tapi kalo pake kupang sorry deh .. gak kuat makannya .. hihihih ..

Surabaya emang top

Elsa mengatakan...

asyiknyaaaaaaaaaaa....
kemaren lihat ada acara tjap tunjungan ini dari koran...
tapi belom bisa ke surabaya nih

BABY DIJA mengatakan...

itu makannya lesehan ya Om...
enak pastinya yaaa

LIB mengatakan...

terima kasih infonyaa
saya segera meluncur kesana aaah

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Tetep aja nggak bisa pulang ke Jawa sekarang >.<

keburu abis deh acaranya, hiks.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah asiknya...kupang lontong pengen nyoba nih. btw, blogger dari kemarin error. jadi gak bisa mampir.

Djangan Pakies mengatakan...

saya kalo lagi belanja ke Malang pasti mampir di sebelah Masjid pasar besar Malang hanya untuk beli kupang lonthong puedeesss plus sate kerang. makyus. Penjualnya di pinggiran gang tapi rasanya mankyoss

Lyliana Thia mengatakan...

Gaphe sama Rusa Bawean kenal yah? Lagi kopdar kah kalian disana? Postingnya sama, persis, di tanggal yg sama... waaah...
tapi kok masing2 nggak ada cerita2 ttg kopdar an yah? hehehe
Udah kenalkah Gaphe dgn Rusa Bawean? Ini link nya..
http://rusabawean.com/nyicipin-jajanan-di-pasar-malem-tjap-toenjoengan.html

Aina mengatakan...

tetep penasaran ama burger tempe!!!!

Hariyanti Sukma mengatakan...

Pasar Malam Tjap Toenjoengan emang agak jadul ya kesannya jadul ya ... sayang aku blm pernah menikmatinya ... ide nya boleh juga ya .... keren

Hariyanti Sukma mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ghost writer mengatakan...

terasa seperti mau makan kupang lontong..satu nama baru yang saya dengar.

niee mengatakan...

Aku dulu pernah ke surabaya masuk ke Tunjungan Plasa masuk lain keluar lewat pintu lain loh (baca : sesat). Tapi seru juga tuh ada acara begituan,,

klo soal makanan entah kenapa aku kurang tertarik dengan kerang2an,, habis tekturnya lembut kenyal2 gitu kali yak >.<

advertiyha mengatakan...

rek ayo rek mampir nang omahku yo

YeN mengatakan...

ati2 diare mas abis makan kupang, kalo ga biasa makan biasanya suka diare, hehe
sampe tgl 15 brarti tinggal besok dong?dimana tepatnya tempatnya itu mas phe?

*btw dapet kenalan cah ayu gak??hehehe :p

iffa hoet mengatakan...

waaah....besok hari terakhir yo..
langsung dah ke TKP !!!

Kamal Hayat mengatakan...

Kulinernya jawa timur di surabaya mantab sekali... Soto Khas surabaya mak nyus..

Fairysha mengatakan...

phe..ayo sesekali nyobain n bahas masakan sumatra...^_^

ninda~ mengatakan...

aaa bang gaphe aku minta kirimin lontong balap dong :( pengenn
sambil nyari cah ayu juga gapapa kok bang hihihi

bintangair mengatakan...

pagi-pagi mampir ke sini, liat kupang lontong
nyamm...nyamm...
mau nyoba dunk...
sepertinya enak.

John Terro mengatakan...

saya yang surabaya malah belum sekalipun ke sana ... hahaha :D

personal health care mengatakan...

sate.. bikin ngilerrr

hehe:)

monda mengatakan...

sate kerang, nikmat banget dimakan dengan sambal nanas, apalagi makanan Surabaya terkenal unik dan khas... ketemu makanan enak semua di sana ya Phe....

pai mengatakan...

whaaaa, suwe ga muleh nang suroboyo aku mas,, kangen suroboyo aku jeh.. hiks hiks :cry:

AuL Howler mengatakan...

Yummy!

Tapi Aul sukanya sate daging ayam sih bang...

hehe...

Emang sate kerang gak amis bang...?

P.S.
Aul tinggal di padang... T_T

Magic Paper mengatakan...

datang again.....
duh udh lama gak BW ya...
asyik juga tuh kayaknya bang....
jd ngiler pengen ke sana deh.....
-_-'

Rawins mengatakan...

tapi kan bener bener kerang yo
bukan koyo sate kerang lapangan karang kotagede

deewahjoedi mengatakan...

waw...sate kuda?
kaya gimana ya rasanya..

Jejaring Sosial dan Demokrasi mengatakan...

lontong kupang lontong kupang.,.

d most funtastic food of Surabaya..

mauna mengatakan...

wah aku ke TP cuma beberapa kali itupun jaman baheula... terakhir ke sana 10 tahun lalu :D itupun siang... .
sekarang pasti sudah sangat berubah yaa

Nufri L Sang Nila mengatakan...

ikutan nyanyi ahhhh....

Rek ayo rek mlaku-mlaku nang Tunjungan ....suit...suitttttt..

Mayyadah mengatakan...

aku terkahir kali ke TP pas masih anak SMA haha. waktu itu aku nyaris kecopetan :D klo skrg masih byk pencopet gak? hehe

sate kerang? kyknya aku mau coba juga ahhh

I-one mengatakan...

Wah,rame banget ya..
Gak ada satupun makanan tuh yang pernah gue makan.

Ketawa pas baca:Sate ayam Brewok (yang jual breok beneran),hehe...Jadi bayangin,Haha...

TUKANG CoLoNG mengatakan...

nah lo lagi sibuk apa bro ga update 4 hari? :))

Bayu Hidayat mengatakan...

wahhh comment gw ilang yahhh. gara gara blogspot masalah nih. TP pengen lagi gw kesana. tapi harus sediain waktu banyak. GEDE banget broooooo tempat nya. gile ampe pegel

dey mengatakan...

aku terakhir ke surabaya itu, puluhan tahun yg lalu, tapi masih inget rasa sate kerangnya, selalu kebayang2 sampe saat ini. Tapi disini agak susah cari makanan jawa timur .. :(

unie mengatakan...

waaahhh, dah nyampek ke kotakuuu yaaaaa..

tapi emang pasar tjap toendjoengan dah jadi ikon yang seru, sayangnya biarpun tiap hari ngelewatin pasar ini, aku ndak pernah sempat ngeliatnya, baru tau kalo udah berakhir hehehhehe...

btw, mas penulis dapat kenalan cah ayu nya ndak neh ??? hehehhehe

dv mengatakan...

walaupun kampung saia tetanggaan sama surabaya tapi belum pernah mampir ke TP :D

wooghh itu kupang menu wajib adik saia klo pulang kampung, klo saia sendiri ga suka dan lebih suka tahu campur..enyaakk

rezKY p-RA-tama mengatakan...

hehe,
wah mas ini mengingatkan saya ke tp nih
udah lama gak mlaku2 kesana,,heheh
nice share dah mas,,,
mlaku2

Meutia Halida Khairani mengatakan...

sebenarnya saya adalah orang yg rada2 seram sama kerang >_<
sate kerang, lontong kupang, ouh seram >_<

duh, pengen ke pasar malam. di jkt udah beda suasana pasar malamnya. malah jarang T_T

[L]ain mengatakan...

waduh makanan terussss

tealovecoffee mengatakan...

ealaaaah itu Tjap Toendjoengan cuma ampe 15 mei toh :(
walah eman'eeeee...
bagus mana ama acaranya kecap bango?

hehehe kmaren yg kopdar cuma cewe2 :p

eh iya aku ga masuk ke univ.studio

yuni cute mengatakan...

Pasar Malanya itu di dalam Mallnya apa di jalan Tunjungannya?
dari potonya sih kayak nya di jalan Tunjungannya, tapi ga mungkin, pasti di dalam Mall ya..

aku lama ga ke TP capek, dan lagi ga ada tempat cangkru'annya..

Irly mengatakan...

Emang sambel tuh bikin makan tambah asikkk...tapi kalo saya yang makan oseng2 mercon bisa langsung jd pasien UGD.haha...lambung ga mendukung :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...