Jumat, 24 Juni 2011

Pisang Kipas, Bayao Ni'balu, dan Coco Bean Ice

Tiga makanan yang menjadi judul di atas adalah alasan baru kenapa saya senang berada di Makassar. Ketiga makanan itu baru sempat saya cicipi untuk pertama kalinya di kota anging mamiri setelah lebih dari setahun bolak-balik ke kota ini. Pisang kipas, sebenarnya kalo baca spanduknya aslinya dari Medan. Dan penjual pisang kipas yang saya temui ini berada di jalan Sulawesi nomor 201. Saya sering sih lewat bolak-balik Jalan Sulawesi di Makassar, dan tau tentang pisang kipas ini. Dulunya saya pikir, ini mungkin bentuk lain dari pisang epe. Mana gerobak yang dipakai juga hampir-hampir sama dengan gerobak tukang pisang epe, jadi saya tidak terlalu interest secara dulu udah pernah nyobain pisang epe.


Tapi ternyata, beberapa hari yang lalu ada klien saya yang ngajakin mampir ke sini. Awalnya nanya saya, apakah saya pernah makan pisang kipas?. Saya bilang, itu sama kayak pisang epe kan??. Ternyata bukan. Beda jauh. Makanya klien saya itu trus mentraktir saya jajan pisang kipas. Sebenernya mirip sama pisang goreng biasa, bedanya pada bentuknya yang disisir menjadi bentuk kipas dan jenis tepung yang membalutnya. Tepungnya ketika digoreng bener-bener renyah. Diatas pisang kipas yang masih panas itu, ditaburi topping yang kita suka. Saya milih coklat keju. Bukan sembarang coklat, atau meisyes biasa. Tetapi coklatnya coklat serut. Uuh, mantab banget. Soal rasa, yumilah yumiwati deeh. Meskipun kelas jajanan pinggiran, ternyata rasa nggak kalah. Bahkan yang saya salut, itu pisang kipas kan sepaket isinya banyak (8 potong) sisanya saya bawa pulang dan masukin kulkas. Eh ternyata, krispinya nggak ilang loh!. Masih tetep KRAUUKK pas digigit.

Pisang kipas coklat keju yang krauukk pas digigit

Nggak cukup dari situ, saya diajakin lagi ke satu toko kue di Jalan Serui no 19 Makassar. Seumur-umur saya di Makassar, baru kali ini saya tau ada Jalan Serui. Memang jalan kecil dan lebih mirip gang yang bisa dilewati satu mobil. Dan ternyata ada satu toko kue dan eskrim yang cukup terkenal disini, Home made Ice Cream, nama tokonya adalah MAMA Bakery. Toko kuenya klasik, rumah dengan kursi-kursi di dalem kayak jaman dulu. Ada gazebo diluar, diatas kolam ikan koi yang bening. Nyaman, dan tenang banget suasananya meski terletak ditengah-tengah kota Makassar.


Disini saya ditawarin buat nyicipin Coco Bean Ice andalannya Mama Bakery selain Es Krim Cincau. Semacam es teler, tapi isinya kacang merah dan kelapa muda. Mungkin itulah kenapa dinamakan coco bean, singkatan dari coconut dan bean (kacang merah). Dikasih santan bergula, kental dan topping berupa eskrim ditaburi cokelat bubuk. Soal rasa, dua jempol deh!. Seporsi coco bean ice dibanderol dengan harga 18.000 rupiah. Tapi karena ditraktir yaa gratis. hohoho.

Trus pas nungguin coco bean ice keluar, saya diminta nyicipin BAYAO NI'BALU. Apa itu?. Saya juga baru denger namanya. Sebuah roti seukuran jempol kaki, berwarna kuning di dalam lemari pendingin. Karena saya juga penasaran, makanya saya cobain. Sambil nanya, maksudnya bayao ni'balu tuh apa?. Kata embak yang jual sih, bayao artinya telur dan ni'balu artinya dibalut. Jadi kue dari telur yang membalut sesuatu. Apakah yang dibalut ituu??.. DUREEN sodara-sodara!. Buah kesukaan saya. Lembuut kuenya, mirip spons, isinya daging duren mateng aseli dari buahnya tanpa diolah dulu. Pas saya gigit sepotong, klien saya bilang : Enak??.. Saya manggut-manggut, sambil bilang enak banget. Trus klien saya bilang, itu harganya 10 ribu rupiah loh!. HAHAHAHA... jadi sayang buat makan yang sepotong lagi. Abisnya itu bayao ni'balu cuman bisa dua kali gigit trus abis, tapi beneran enak rasanya. Worthed buat 10 ribu rupiah sepotong.


Selain bayao ni'balu, saya juga sempet nyobain cucur bayao. Warnanya kuning, bunder seuprit dan dua kali gigit juga. Rasanya agak beda, lebih kasar, tapi maniiiis banget. Nggak kerasa telurnya, empuk pas dipotong pake sendok. Manisnya tapi nggak bikin eneg. Dan harganya sama-sama sepuluh ribu rupiah. Walalaah, telor di Makassar mahal kali ya?. Hahaha.. yeph, seperti diawal saya bilang, tiga makanan tadi adalah alasan baru bagi saya menyukai kota Makassar. Selain karena gratis tentu saja..

69 komentar:

Brigadir Kopi mengatakan...

behhh .. ini nih yg bikin gw ngiler terus kalo main ke blog ini .. kalo di jakarta ada pisang nama merek dagangnya pisang kalimantan di dekat tanjung duren jakarta barat, saya pernah coba .. tapi apa mungkin sama kyk pisang yg om gaphe maksud ...

apalah arti sebuah nama tuh pisang minta digares ... *tuing

cho mengatakan...

pengen d nyicipin pisang kipasnya. mungkin ga bakal ada giveaway yg hadiahnya pisang kipas? kalo yg laen, nunggu traktiran aja :p

vitta mengatakan...

Pisang & es krim, oke....
Tapi bayao ni'balu nya mauuuuuu....

narti mengatakan...

ketika mengunyah inget sepuluh ribu rupiah jadinya ya ^_^
Gaphe ada2 aja...

dee mengatakan...

gak nanya resep pisang kipasnya biar tetep kriuk? (emang mau jualan?)
kalau dikasih soda kue mungkin gak?

sda mengatakan...

ice creamnya boleh juga
*Laper*

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

pisang kipas keju huaaa aku ngiler phe
dideket sini kayaknya ada jg yg jual pisang kipas klo gak salah tp gak pernah nyobain hehe

iffa hoet mengatakan...

Weleh...kalo mampir disini mah ngilerrrr..., kulinernya gak nahan, mak nyus bangetttsss *sampe binun milih, enak-enak semua*

Ami mengatakan...

esnya 18 ribu? waaa... cuman buat icip2 bolehlah, kalo tiap hari mikir2

jinggalestari mengatakan...

Pisang epe udah,pisang kipas udah,tp udh pernah nyobain pisang peppe' gak phe?wuihh mantep bnget tuh,aplgi klo yg buat it asli dr kota jeneponto.emm yummywati jg pst.hihi trs klo cucuru bayao it asli bgt dr mksar tp udh nyoba onde2,barongko,cangkuneng?hehe wuihh mantep2 dh.eh phe sdkit "perbaikan" pnulisan mgkin,hihi itu "ni'balu" tanda koma atasnya bukan diantara "ni" dan "balu".tp setelah kata "nibalu".jadi benernya itu NIBALU'. artinya di balut atw dibungkus.hehe "makssar tdk kasar" kan phe?

Magic Paper mengatakan...

wah,, ternyata namanya lebih unik daripada bentuknya,, hehe... jadi ngiler nih.....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aduh, tuh pisang menggiurkan amat yak

tukang protes mengatakan...

Yumilah Yumiwati *bener ga ya tulisannya, sy lupa

Fiction's World mengatakan...

eh kalau di tempat saya ya pernah booming Krispon alias krispi pontianak, wujudnya sama juga kayak pisang kipas itu.
coco bean-nya mupeng tapi yang Nibalu isinya duren sih :(

Masbro mengatakan...

Mas, bungkusin cucur bayao nya dong, satuuu aja hehe..

Wew, sepuluh ribuan? Tapi rasanya pasti enak. Diliat dari potretnya aja udah menggiurkan,,

rezkaocta mengatakan...

pisang gorenggggny manteeeep tuhhh!
oleh2 ya...heehee
eniwei, udh lama jg gak main kblog sini... ckck

Claude C Kenni mengatakan...

Pisangnya sungguh menggiurkan, sumpah...aaaaaaa~

Djangan Pakies mengatakan...

satu gigitan 5 ribu, lha kalo giginya ompong berapa duit yang keluar.

wah harganya mahal-mahal ya, sepotong kue itu kalo ditempat saya bisa dapat 5 sampe 10 tuh

Mimi sikembar mengatakan...

Kalo nggak jalan-jalan nah jajanan lagi ne isi blog, bikin ngileeeerrrrrrrrrrrrrrrr aja...

pisang medan ko' nyasar-nyasar ke makasar sana sih mas? atau bg igornya yang kesasar kesana ya? hehe..

kalo di Makasar ada Bayao ni'balu yg harganya Rp 10.000 di Medan ada pancake durian yg harganya Rp 12.500 sama-sama isi durian, yg jadi pertanyaan sama enaknya gk ya?

Rose mengatakan...

sepertinya yummy bgt deh, baru tw pisang ape..;0

rahma mengatakan...

ngeliat gambar pisang dikasih coklat keju malah jadi rada eneg, kalo disuruh milih pasti aku milih pisang kipas polos tanpa apapun! hahahaa..

yaah eniwei misi ke makassar gagal ni bang gara2 ga lolos final pimnas di Unhas, jadilah ga bisa nyobain itu kipas.

Desy Noer mengatakan...

10 rebu yang penting puasss dooonk... gratis juga soalnya.. Duren?? mau atuhhh. tapi kalo beli sendiri, tega gak ya dengan harga segituh??

Dwi mengatakan...

Waduh bikin ngiler, saya belum pernah makan pisang di kasih keju-coklat..

Muhammad Mishbah mengatakan...

haduuhh... enak banget ituuuuu... makanannya banyak banget yang belum saya iciiippp.... cuman pisang epek sama ikan bakarnya aja yang udah pernaah.... mauuuu.... :p

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

untung abis sarapan bacanya..........jehehehe bikin ngiler pisangnya,,,,,

♥chika_rei♥ mengatakan...

ini nih.. kalo mampi ke blog gaphe
pagi2 bikin laper bin ngiler >.<

pisang nya menggoda imannnn

uci cigrey mengatakan...

gila gila! gambar pisangnyaaaa meleleh di lidah *versi iklan lebay

beneran deh itu pisangnya, coba di jadiin award mas gaphe,heheuuuu bisa jamuran di tiki

Sofyan mengatakan...

Selalu ada yang baru di blog ini,,menu kali ini masih seputar makanan,,tapi lumyan mahal ya sepotong itu hargnya 10 Rbu,,untungnya gratis

tunsa mengatakan...

hmm....es nya.... siiipp
seger bener...coba aku ke makasar. hehe

armae mengatakan...

pisaaaangg..aarghhh,. sukak banget sama buah yang satu ituu.diapain aja boleh deehh

nggak ada giveaway ngasi pisang kipasnya kah mas gaphe??? *mupenk*

Siti Nurul Falah mengatakan...

kalo pisang kipas, saya sudah tak penasaran. Tapi, yang isinya dureeen, bikin penasaran tuh hehe

Rawins mengatakan...

kreatip tenan
sama sama pisanggoreng
tapi liat wujudnya aja dah menarik hati
kapan aku tekan kon dab..?

kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ mengatakan...

saya jadi mau pisang kipas yang di gambar itu...
soalnya saya pernah makan pisang kipas tapi lembek...

Muhammad A Vip mengatakan...

cucur kok bentuknya bulet, bukan cucur itu. tapi nggak papa deh, yang penting saya bisa ikut senang ada teman yang bisa jajan sampai sebrang, nggak kayak saya yang di sini-sini aja.

Retno Novitha S mengatakan...

Liat foto pisang kipas jadi inget acara perlombaan masak yang lagi booming di Indonesia, mantaf!

Bang, mohon kritikan n sarannya ya buat tulisan adik aku http://retnovithas.blogspot.com/2011/06/cerpen-lala.html

Dhe mengatakan...

Wow.. enak2 banget kliatannya. klo pisang epe kan dah bs ditemuin di ungaran jg pisang kipas tp yang lain kayknya lom ada deh.

nitip 2 yah phe, bwt oleh2 dhe :D

rizkimufty mengatakan...

Aku lapaaaaaaar jadinyaaa ngeliat pas ngeliat foto pisang kipas keju cokelat itu....
harus klik mana ya biar dapat makanan gratisss *nyari-nyari*

TUKANG CoLoNG mengatakan...

Pisangnya maut pheeee..

Ngomongin pisang kipas, jadi inget Master Chef yang masak pisang kipas juga. :)

Hariyanti Sukma mengatakan...

Pisang kipas coklat keju... beberapa hari ini jadi cemilan andalan anakku Yoga juga nih..murah dan menggoda... kalo BAYAO NI'BALU itu blm pernah makan tuh ... menggoda juga nih utk dicoba... tapi harus ke Makasar dulu ya..????

KoskakiUngu mengatakan...

sejutu sama jimgaaa, eh setuju,,,
(assala' panganreang ja, tappaki anjo jingga.ahahahah)
sory,blackbery,strowberry, nggak bisa kopdaran.. ^__________^

soal pisang kipas itu betul,kremes+kriuk nya nggak ilang walopun dari kulkas.. aasek skalehh

BunDit mengatakan...

Ikut dong maaa kalau ke Makassar lagi hehehe....semuanya enak2 *halah*

AuL Howler mengatakan...

demi apa...

pisangnya napsuin bangett...

*naluri*

kapan icip2 di padang nih bang??

*angkat2 alis*

Elsa mengatakan...

pisang goreng \diapain aja tetep mak nyus

kalo lama di luar negri, suka kangeeeeeeeeeeeeen sama pisang goreng

elok langita mengatakan...

kereeen.. pingin... T.T

Aina mengatakan...

hmmm, aku taunya pisang kipas yang polosan, baru tau kalo ada kreasi dioles-oles coklat ma ditabur2 keju.... sedep juga kayae... besok2 request kayak gitu ama penjualnya ah....hoho

Kakaakin mengatakan...

Haha... Memang yang gratis itu enak kok, Phe... :D
Hmm.. sampai sekarang aku belum bisa membuat adonan tepung goreng pisang yang bisa renyah banget :(

affie9 mengatakan...

suka ga kuat kalo BWan ke sini.. bikin ngiler mulu.. haha...

miwwa mengatakan...

Pisang keju coklatnya bikin saliva meleleeeehhh... :~~~~

Fairysha mengatakan...

ck..ck..ck...cuman 2 kali gigit??? saya pasti mikir setelah itu, kuenya udah saya cicipin apa belum ya???...hehehehe...^_^

Maya Floria Yasmin mengatakan...

kak, ada award dari aku, mohon diterima yaa :
http://maya-floria-yasmin.blogspot.com/2011/06/phobia-dan-award.html

ninda~ mengatakan...

sayang saya gak suka duren, kalau saya suka kan bisa minta hahahaaa

Lockjaw Theory mengatakan...

itu yg pisang kipas, mirip sama makanan yang pernah saya makan di House Raminten, Jogja.
Tapi ari visualnya, pisang kipas kayanya lebih maknyus...

Nyach MMS mengatakan...

ternyata di Makassar ada pisang kipas juga, ku kira hanya pisang epe.
jadi ngiler tossssssssss

iffa hoet mengatakan...

tadinya deg degan aku mau disuguhi apa lagi..., maklum belum sarapan takut tambah ngiler n kelaparan wkwkwk...

Lha pic disini serasa makanan di depan mata. Pinter sekali dikau ambil shot nya. TOP bangetsss..!!

dv mengatakan...

huwaaaa...itu pisang doyanan saia banged..ngileerrr >.<

belum pernah ke makassar juga :(

btw gaphe mau ke jkt yah?

niee mengatakan...

Yak, dulu mikirnya emang pisang goreng kalau di daerah jawa digorengnya berbentuk apa? Coz dari kecil aku tahunya goreng pisang itu bentuknya ya seperti kipas, biasanya kalau aku buat di rumah pisang dibelah tiga dan ujungnya dimekarin seperti bentuk kipas. Gorengnya juga dengan campuran tepung terigu ama sedikit garem (IMHO tepung yang langsung jadi itu gak enak).

belom pernah makan gorengan di Pontianak ya Phe, dari seluruh daerah yang aku pernah rasain gorengannya (jakarta, bandung, jogja, surabaya) aku pilih seh gorengan Pontianak paling enak, apalagi pisangnya :D

Huda Tula mengatakan...

phe, adain give away traktiran dong, hihihihieh

Celotehan mengatakan...

Ngiler yg isinya duren itu tuh...
Disini ada juga pisang ijo makasar

Celotehan mengatakan...

ups lupa ada tugas buat km d'blogku :)

rabest mengatakan...

duuuhh..ngiler l;iat pisang kipasnya..... :p~

Lyliana Thia mengatakan...

wah rahasia di tepungnya itu ya? bisa crispy walo udah masuk kulkas, *jd penasaran*

Phe, klo kue2an Makasar, aku paling suka pisang ijo! Haduh enak bener dah tu... Di Jakarta ada gak Phe yg seenak aselinya?

Trus... aku gak kepingin tuh sama kue durennya... ternyata penggemar duren populasinya lebih banyak drpd yg anti duren... hihihi... 10 ribu? dapet 1 duren betulan kali ya Phe? *eh, dpt gak sih?*

Pisangnya sukses bikin aku ngiler :-D

Bang Pendi mengatakan...

telur membalut duren? wah, kayak apa ya rasanya...jadi pengen nyobain sayangnya mesti ke Makasar dulu, hehe

hilsya mengatakan...

waaah... kok daku ketinggalan kuliner enak ya?
masuk catetan buat ke sana lagi...

Mama Kinan mengatakan...

Phe dirimu emang bakat ditraktir yah..hehehe..Hoky banget jalan jalan gratis plus makan gratis..:)
dan kayaknya ditakdirkan pula tulisanmu selalu membuat yang mbaca selalu ngiler...asli ngiler banget baca tulisanmu soal pisang kipas..soal yang dibalut durian itu...coco bean..halah semuanya pokoknya...kapan ya yah kita jalan jalan ke makasar??

yuni cute mengatakan...

Di Surabaya kayaknya belum ada ya Phe pisang beginian...

YeN mengatakan...

beuu tampaknya enak sangat, tapi harganya kok mahal sangat..haha

Meutia Halida Khairani mengatakan...

pisang kipas coklat keju gitu sering bgt dibikinin sama mama.. enaaak deh. foto lo jg menggiurkan. duh, baca beginian tengah malam gini lg..

Mama Rani mengatakan...

Saya yang dah lama di Makassar malah belum pernah ke tempat Mama Bakery itu ;D

kapan dong jalan2 ke Mks lagi,mas?
biar bisa kopdaran..hehe

Mama Rani mengatakan...

Update komentar sebelumnya,phe.
Seminggu yang lalu saya habis dari Mama Cafe.
Emang maknyuss dah makanannya disana.
Saya pesan bubur manado, n beberapa potong kue. Eh iya, teh tariknya juga mantap ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...