Kamis, 08 September 2011

Bhinneka Oleh-olehnya, Akhirnya Ludes Juga

Masuk kantor apalagi sehabis musim mudik pastilah banyak yang ngebawa oleh-oleh dari kampung halaman. Seperti yang terjadi di kantor saya, hari pertama masuk kantor biasalah diisi dengan halal-bi-halal salam-salaman saling memaafkan plus tukeran oleh-oleh. Nggak tukeran sih sebenernya, karena siapapun yang bawa oleh-oleh langsung taruh di meja belakang buat dimakan bareng-bareng.



Nggak tau siapa yang mulai tradisi ini, karena sudah menjadi kebiasaan kalo semua yang pada keluar kota mesti bawa oleh-oleh pas masuk kantornya. Hal ini berlaku juga kalo lagi perjalanan dinas keluar kota, siapapun yang kena perjalanan dinas biasanya pulangnya ditagihin oleh-oleh.

Kebetulan, karena banyak temen kantor yang pada pulang mudik, makanya pas dateng kemarin langsung mejanya penuh sama aneka macam oleh-oleh. Nggak melulu khas dari daerah yang dikunjungin sih, karena ada juga temen yang bawa kemplang khas Palembang yang katanya juga oleh-oleh dari Omnya.

Kalo saya sih biasa ditagihin bakpia, soalnya dari seluruh temen sekantor cuman saya yang asalnya dari Jogja. Biasa, khasnya Jogja kan Bakpia. Lah, soalnya pas saya nanya mau dibawain geplak asli Bantul pada bilang nggak suka manis-manis. Jadilah bakpia satu-satunya yang pada dipesenin. Pas saya beli di bakpia 75, cuman ada yang rasa cokelat gara-garanya semua yang rasa keju dan original habis ludes keborong sama yang juga pada beli oleh-oleh.

Yang dari Batu atau Malang, pada bawain sari apel merek Siiplah. Katanya sih ini sari apel terkenal dan murah harganya. Gak tanggung-tanggung, Dua dos isi sari apel cup kecil rasa leci dan jambu merah juga jadi pemuas dahaga gara-gara kepedesan makan keripik maicih khas Bandung. Yang dari Semarang, bawain Torakur alias Tomat Rasa Kurma - makanan khasnya Bandungan (Bandung dan Bandungan adalah dua wilayah yang berbeda, gak tau..nanya mbah google aja ya!).

Nggak kalah, klien dari Surabaya sendiri pun ngebawain makanan berupa puding sama brownies Libby. Plus belom lagi ada kue-kue kering yang pas buka parcel belom sempet dibagiin sama temen dan akhirnya direlakan buat diserbu bersama.

Dari oleh-oleh ini akhirnya saya mengamati sesuatu. Oleh-oleh pun ada kastanya. Semakin terlihat mahal dan ditambah rasanya yang enak maka oleh-oleh tuh langsung ludes dalam hitungan menit. Kalo keliatannya murah, dan nggak terlalu enak maka bisa sampe berhari-hari baru habis. Tapi, itu nggak berlaku juga buat yang ngebawa banyak dan pemuja oleh-oleh fanatik. Contohnya kemplang, krupuk Palembang ini cuman fanatik buat beberapa yang suka termasuk saya sedangkan beberapa temen lain nggak suka sama bau ikannya. Makanya baru abis beberapa hari. Kalo brownies Libby, semuanya suka makanya di hari pertama langsung ludes..

Nah, buat yang doyan makan biasanya kan keliatan sering bolak-balik ke belakang buat ngambil makanan trus makan di belakang. Hal ini emang sengaja dilakukan karena keliatan nggak sopan kalo makan di meja kerja, apalagi kalo ada klien atau tamu yang dateng. Makanya, ketika denger kresek-kresek di belakang suara orang ngambil makanan sedangkan yang lain lagi sibuk kerja biasanya juga ada tradisi buat nyindir orangnya. Caranya, dengan menirukan suara kucing keras-keras... Miaaaaoowww.... hahahhahaahaa..

Udah empat hari semenjak pertama masuk kantor, hari ini tadi meja udah bersih lagi. Hanya tinggal sekotak Tomat Rasa Kurma yang masih belom abis.

Mulai deh.. kebingungan nyari-nyari cemilan kalo pas kerja belum waktunya istirahat udah kruyuk-kruyuk...

Jadi, apa oleh-olehmu?

59 komentar:

Keluarga Zulfadhli mengatakan...

Dear Gaphe,

Minal aidin wal faidizin... maaf lahir dan bathin.... thank you so much udah maen ke blog kami.... walaupun kami jaraaaaaaaaaang sekali bw....

gw juga suka nangih oleh2 dengan teman yang dinas luar atau baru pulang / mudik...... heee....

bai de wei.... lo lama juga mudiknya gak....

regards,
... Ayah Zahia ...

Fiction's World mengatakan...

mau kerupuk kemplangnya :D

torakur :O baru denger
gimana ceritanya itu tomat kok bisa rasa kurma, apa gg aneh rasanya ? #padahal Bandungan lumayan deket dari Tembalang :P

eh nanya lagi sari apel rasa leci :O galau banget kayaknya rasanya :P

dey mengatakan...

ada ma icih juga ya ...

Asop mengatakan...

Whoooa, di Surabaya ada ya brownies Lippy? :D
Enak mana Mas, ama Brownies Amanda? :)

Tarry KittyHolic mengatakan...

Kalo misalnya aq maen ke surabaya jgn ditagih jajannya hk ya hahaha

monda mengatakan...

sama ... di tempatku juga oenuh meja dengan oleh2,
kalau yang nggak mudik juga bawa nastar atau kue lebaran lainnya, pokoknya program penggemukan dimulai lagi

Call me Batz mengatakan...

dikantorku juga sama..banyak yang bawa kue lebaran juga tuh..ada nastar , kue emping , macam2..ada yang bawa brownies kering dari bandung , kerupuk palembang , dodol , keripik ubi..wkwkw puas dech..

Yan Muhtadi Arba mengatakan...

wah mas klw saya pulang dari jogja ke pemalang pasti bawa bakpia 145. pernah beli di pusat oleh2 rasanya mengecewakan. Enak mana bakpia 145 sama 75 mas? (brngkali orang jogja aseli lebih tau)

salam kenal

ria haya mengatakan...

Kalau dari Jogja teman2 saya juga suka bawa bakpia. Nomornya sich biasanya belakangnya 5. Waktu temanku bawa bakpia 75 ini rasanya emang enak, apalagi yg masih fresh. Saya juga hanya suka yang rasa keju dan original. Kalau geplak sich nda suka, karena emang terlalu manis. Tapi warna-warnanya bikin ngiler hehehe
Wah tradisinya sama kayak di kantorku. Kerjaannya nguyaaaaahhh mulu kalau abis mudik

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

bagii ya udah abis.hiks...

Sofyan mengatakan...

kalau ditemapat tetep mari khong guan yang asli bukan bajakan hehehe

Claude C Kenni mengatakan...

Di kantor tempat gua magang dulu juga gitu. Ada satu meja khusus buat naro makanan bagi yg baru pulang kampung pas weekend, hahaha...

Dan biasanya tidak bertahan setengah hari...

Adryan Nurdien mengatakan...

hmm.. torakur? itu tomat dibikin kayak kurma gitu mas phe?
kalo dari madura jg ada yg sejenis, salak dibikin kayak kurma gitu.. rasanya lumayan, hehe.. :D

samuel mengatakan...

wah oleh-oleh, jujur aja mas gw pernah beliin orang oleh-oleh dari Medan, tapi lantaran napsu walhasil itu oleh-oleh gw makan sendiri, hehehe ^__^

Ami mengatakan...

Seru juga ya Pheee... kapan sih kamu gendutnya padahal posting makanan mulu # pisss

Arman mengatakan...

asik banget ya banyak cemilan.. :D
kalo udah abis, itu artinya udah kudu pada mudik lagi. hahaha

hilsya mengatakan...

gw sih biasa bawa salak pondoh dan selalu ludes...

Adittya Regas mengatakan...

bang disini nggak ada jual tomat rasa kurma....

boleh dikirimin nggak :D hihi #ngarep

Lidya mengatakan...

maichih nya level brapa tuh? gak kepedesankan?:-p

MJ mengatakan...

Kalo dikantorku c, yang bawa ganti-gantian,, jadi kalo dah mulai abis, baru temen laennya bawa lagi,, biar ga kliatan banget yang ga enak ga abis-abis kali ya.. :p sampe sekarang masih ada yang baru bawa nih.. sekian dulu komennya phe,, coz mau makan kue lagi nih, nyam.. nyam.. :D

ammie mengatakan...

Minal aidin wal faidizin, maaf lahir dan bathin, sama-sama ya,,maaf juga kalo ada komen-komen yang nggak berkenan di hati,,heheheh...

Amy mengatakan...

Pesta makanannya nich he8 :P
Enknya bs menikmati berbagai jenis kue dari berbagai daerah..asyik :P

Mila Said mengatakan...

ada Maicih hahahaa..... kedoyanan gw tuh.

kog tumben ga ada giveaway oleh2 mudik sih? :p

Cyaam mengatakan...

Biasanya sih emang ada halal bin halal di kantor kan yah, wuihh.. enak banget :D

tito Heyziputra mengatakan...

Bang Minal aidin walfaidzin...
maaf yo baru sempat bersilaturahmi..
kemaren mudik senjata utama modem tertinggal, alhasil 1 bulan tanpa koneksi bebas d rumah.

sama nih, karena aku udah dari tnggal 6 balik k kampus oleh2 sudah habis di barter,, yang di barter pun sudah ludes kdalam perut,, hha

Sulung Lahitani Mardinata mengatakan...

Wah, kalau Padang mah terkenal sama Bengkuangnya Mas :)

nurlailazahra mengatakan...

kalo aku dapet torakur nya jg gak pa2 deh mas, yg penting dapet oleh2. maklum, aku kan gak mudik mas :D

Moerti Annisa mengatakan...

minal aidzin walfaidzin ya Phe...
ke-bhineka-an oleh-oleh ni.. :)

umiabie mengatakan...

aku suka banget tuh ama bakpia..

Inda Bunda Farrel mengatakan...

Banyaknyaaa oleh-oleh..
Oh iya.. Torakur aku baru tau bbrp bln kebelakang loh mas... hihihi.. rupanya bisa jg dimirip2in y...

Muhammad A Vip mengatakan...

ketauan nggak ada yang puasa syawal. hehehe... tapi konon saat puasa sunah boleh makan saat disodori oleh seseorang makanan dan tidak bikin batal, niatnya nyenengin orang. nyenengin orang kan wajib, puasanya sunah, jadi mbelain yang wajib tidak menghapus pahala sunah.

Rawins mengatakan...

yang nyebelin tuh gini...
kalo orang daerah pergi ke kantor pusat, datang-datang ditodong oleh-oleh
kebalikannya kalo orang pusat datang ke daerah, boro-boro bawa oleh-oleh, pas mau pulang aja ribut minta dicariin oleh-oleh...

uli mengatakan...

mau dunk kerupuk palembangnya
he.. hee

Celotehan three mengatakan...

bagi2 dong oleh2nya :D

Hariyanti Sukma mengatakan...

yeeee.... habis ludes ... waduh gak kebagian nih ...

AS Budiman mengatakan...

Kerupuk sm kemplang, Mas.. Aku kan juga dari Palembang, hehe, pasaran banget yak.. Nyari yg aman aja soale kan ke Jogja-nya pake bus..

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

kalau dulu aku dikantor tradisinya oleh2nya diiderin jadi tawarin satu2 ke temen kantor
dan aku selalu kena ditugasin buat ngiderin makanan mereka -__-"

TUKANG CoLoNG mengatakan...

ehm..kenapa ga dikirim ke bali atu...

niee mengatakan...

Belom ngerasa kerupuk amplang dan kerupuk basah dari kalbar.. rasanya poll! hehehehe...

deewahjoedi mengatakan...

aduh itu mantep banget dengernya..pasti semangat kerjanya tuh selama oleh2 masih numpuk.hehe

NuellubiS mengatakan...

coba dikirim satu juga ke tangerang.... :p

catatan kecilku mengatakan...

Di ruang kerjaku juga sejak hari pertama masuk sampai hari ini masih ada makanan (cemilan) yg belum habis. Minggu depan pasti udah mulai bingung cari cemilan deh hehehe

arqu3fiq mengatakan...

Bro aku pesen Bakpianya dong. Kalau aku oleh-olehnya emping jagung khas Jombang.

Sadako Kenzhi mengatakan...

hahaha, aku sih kebagian oleh2 bakpia dari Jogja. kan ibuku pulaaaaaaaang #siapajuga yang nanya

trus2 arang2ginang juga dari Jogja, sama batik juga. ke depannya sih nungguin ibu yang masih di Kotabaru. barangkali ada sesuatu yang bisa dimakan :D

Isti mengatakan...

keripik sanjai! udah nyobain belum? hehe..

iffa hoet mengatakan...

hehe...asyik dunk bisa kompak. kompak bawa oleh-oleh n kompak makan...

aku malah oleh-olehnya mangga, kan sudah banyak yang bawa kue jadi aku buah aj toh tinggal petik.

Djangan Pakies mengatakan...

di Tulung Agung juga ada daerah Bandung, kalo pas musim durian, ehm tinggal pilih sepuasnya

kalo ngomongin oleh-oleh, justru di lapak saya ada macem-macem Kang hhh

“Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum .
Ja’alanallaahu Minal Aidin wal Faidzin”

[L]ain mengatakan...

asik tuh ya bisa tukeran oleh2 pas masuk kantor.
Superman juga, baru 4 hari udah ludes :-/

armae mengatakan...

kalo dari borneo yang paling khas ya kerupuk amplang mas,. biar gak dibagi-bagiin juga ntar aku sendiri yang ngabisin. habisnya emang sukak banget sii.. hehe..

mas gaphe mau?? *sok sokan nawarin :P*

Geafry Necolsen mengatakan...

yang diatasku ini kayaknya anak samarinda phe.. dah nyobain amplang belum?

Geafry Necolsen mengatakan...

yang diatasku ini kayaknya anak samarinda phe.. dah nyobain amplang belum?

Said Arsyad mengatakan...

akhirnya ludes juga, punya saya udah ludes dari dulu. tepatnya tanggal 2 september 2011

akhirnya ludes juga, punya saya udah ludes dari dulu. tepatnya tanggal 2 september 2011

Penghuni 60 mengatakan...

iya ya Pe, gilingan diperut udh mulai jalan lg tuh...
jd musti dikasih yg sedap2...
:)
BTW, Mohon maaf lahir dan batin ya sob..
mungkin selama aku ngeblog aku punya salah padamu...
smoga blm telat ngucapinnya kan?

Rumah Dijual mengatakan...

Minal Aidzin Walfaidzin yach,,,
Bener banget tw kalo mudik yang paling wajib adalah oleh2 hehheh

zone mengatakan...

hmmm....
saya gak dapat oleh-oleh nii...
:p
kangen ma bakpia....
:)

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

wawww... kuenya banyaakk... mauu dong, kakak... :D

entik mengatakan...

wuah tradisi yang seru tuh phe..
di kantorku ga ada tradisi pada bawa oleh-oleh hasil mudik. Jadi sehabis lebaran, kagak punya camilan hehe..

Meutia Halida Khairani mengatakan...

mungkin karena gw paling jauh rumahnya (pulang ke Aceh), jadi oleh2 dari gw yg paling di tunggu2 dong. hehehe

kasta di kantor gw sih lebih ke yg paling jauh oleh2nya :D

Mama kinan mengatakan...

Hmm...sama dengan tradisi dikantorku phe tapi kayaknya semua kantor sama lah tradisinya kalo abis mudik..berbagi oleh oleh khas home town..hehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...