Senin, 26 September 2011

Gigi Geraham Bungsu Yang Bermasalah

Kemanaaa.. kemanaaa.. kemaanaaa... *nyanyi dangdut*
Kemanaa empunya blog inii???....

Ternyata, setelah dua minggu ninggalin blog enak juga yah? #plaak..

Jadi, setelah lama nggak nongol ada cerita apa nih?. Masih inget nggak sama cerita saya pas sakit beberapa waktu lalu, yang diperiksa sama dokter yang dudul abis. Kalo nggak inget, baca disini deh. Nah, ternyata pusing dan pegel-pegel tanpa sebab yang dulu pernah saya rasakan itu datang lagi dalam intensitas yang lebih kuat dan sering. Karena khawatir, akhirnya saya memeriksakan diri.

Ketemulah penyebabnya. Ada gigi geraham bungsu saya yang tumbuhnya nggak normal. Kalo biasanya gigi bawah itu numbuhnya ke atas, naah gigi saya numbuhnya maju gondrong.. ups, ke samping maksudnya. Dan itu terjadi di dua sisi kiri dan kanan. Gigi geraham yang numbuh paling bontot itu emang sudah saya sadari ketidaknormalan tumbuhnya saat kuliah sebenernya, tapi karena nggak bermasalah yaa saya anggap biasa aja. Sampai pada akhirnya, dua gigi geraham kiri dan kanan itu tumbuh menumbuk gigi geraham depannya. Karena tumbukannya udah kuat dan nggak ada ruang lagi untuk tumbuh, akar giginya menekan syaraf di belakangnya dan akhirnya timbul gangguan yang saya rasain itu. Kadang-kadang badan pegel sendiri di bagian tengkuk, atau kepala tiba tiba pusing tanpa gejala yang jelas.

Saya coba searching di google soal gigi geraham bungsu ini. Ketemu!. Dan tidak lain tidak bukan jalan satu-satunya emang harus dioperasi untuk diangkat. Sooner, better!. Maka, minggu lalu saya pulang ke Jogja buat meriksa kondisi gigi dari nol, karena pusing dan tengkuk pegal-pegal saya nggak ilang-ilang. Terpaksa deh, ngebatalin semua kerjaan dan cancel semua tiket penerbangan supaya saya bisa fokus sama operasi ini.

Konon katanya, masalah gigi geraham bungsu ini adalah masalah yang umum dirasakan. Sebetulnya, gigi geraham bungsu itu tumbuhnya paling terakhir, dan secara fungsi evolusioner udah nggak berguna lagi karena semakin modern orang makannya semakin lunak jadi tidak butuh mengunyah lama-lama. Beda dengan orang jaman dulu, makanan masih alot kali yaa... jadi butuh geraham banyak buat ngehalusin tuh makanan. Nah, bagi beberapa orang tumbuhnya gigi geraham bungsu ini normal dan tidak bermasalah. Namun, bagi orang yang modern kayak saya (#ditoyorBerjamaah), gigi geraham bungsu saya tumbuh pada saat pertumbuhan rahang saya sudah terhenti. Makanya, karena nggak ada lagi ruang untuk tumbuh keatas makanya tumbuhnya miring. 

Minggu lalu akhirnya saya mendatangi rumah sakit swasta cukup terkenal di Jogja bagian poli gigi. Sebelumnya saya didaftarkan oleh ibu saya dan dapet nomer urut 12, sama dokter spesialis orthodonthie (Sp. Orth) namanya drg. Stella Maria. Nah, kebayang doonk liat namanya yang manis abis, bayangan saya juga bakalan diperiksa sama dokter cewek, usia sekitar 27 tahun, mengenakan rok mini dan high heels berblazer hitam dengan tanktop putih. Dan karena gelarnya spesialis orthodonthie, bayangan saya dokternya juga pake kawat gigi. Warna pink. Sempurna banget deh imajinasinya. Tapi oh ternyata, jam setengah sepuluh saya periksa ke dokter Stella.. masuk ke ruangannya, celingukan nyari mana dokter yang dalam bayangan saya, ketemunya eh.eh.. drg Stella dalam wujud wanita yang berbeda. Ini mah seumuran budhe saya!.

Yes, cuman lima menit diliat, trus ditanyain keluhannya apaan. Langsung saya diminta untuk foto panoramic. Lagi-lagi saya ngebayangin, foto panoramic tuh foto dengan latar belakang panorama yang indah, dan gaya fotogenic dengan bibir dimonyongin dan telunjuk ditaruh didepan bibir. Ini dia spesialisasi saya! #plaak. Udah ketebak donk, apa yang saya bayangin nggak terbukti lagi. Di ruang radiologi, saya didudukkan di depan alat mirip alat untuk periksa lensa mata (tes minus atau nggak) dengan dua tabung yang berputar di samping kepala saya. Saya disuruh nyengir sama perawatnya, selebar-lebarnya sambil menggigit lidah. Selama sesi pemotretan, dilarang bergerak. Apalagi bergaya unyu.. dijamin nggak bakal jadi deh fotonya!. Photo sessionnnya sih sebentaran banget. Selama difoto, alat seperti tabung yang berputar di sekitar kepala itu mengeluarkan bunyi lullaby alias lagu pengantar tidur. Cuman sebait doank, trus udah. Tapii.. nunggu dan antre buat dapetin hasilnya itu yang lama. Sejam bo!. Dan ini dia hasil foto panoramik gigi saya. Bagian yang dikotakin itu gigi geraham saya yang bermasalah.


Begitu dibawa hasilnya, sama drg. Stella langsung diminta buat operasi tapi bukan dia yang ngelakuin. Untuk kasus seperti ini, hanya Spesialis Bedah Mulut (Sp. BM) yang boleh turun tangan. Dan, dia liat jadwal di komputernya untuk bikin janji dokter Sp. BM, ternyata dokternya kosong semua. Pada kongres di Batam, dan paling cepet bisa ditemuin adalah minggu depan which is mulai hari senin ini. Dan drg Stella menutup perbincangan dengan sesuatu yang mengezutkaan..

drg : "ini harus operasi, biayanya sekitar 1,6 juta"
saya : " Ok, dok.. itu semua gigi kan?"
drg : "Nggak, itu untuk satu gigi."

Whaaatt???... padahal, kalo liat dari panoramic, nggak cuman satu yang kudu diangkat giginya. Tapi tiga!. Kiri bawah, kanan bawah, dan kanan atas. Beruntung, gigi geraham bungsu kiri atas saya nggak numbuh sama sekali.. sampe dikatain dokternya, "ini gigi susunya nggak ada ya?" Yeee.. dikirain saya masih balita kali dok?.

Tiga kali satu koma enam.. hehehemm.. satu iPad touch nih!

Karena saya pikir cuman di RS itu aja yang dokternya kongres, makanya saya coba nyari RS lain yang punya Sp. BM. Dari RS yang gede sampe klinik gigi kecil yang baru aja saya denger namanya, semuanya jawabannya sama, Sp. BM nya lagi pada kongres dan paling cepet minggu depan.

Yaudah deh, akhirnya penantian saya berakhir hari ini. Siang ini saya akhirnya menjalani operasi gigi geraham bungsu. Tapi nggak di RS yang awal tadi, karena dah tau biayanya yang bisa buat beli iPad. Saya dapat rekomendasi dari teman ibu saya di RS yang khusus Gigi dan Mulut, dan itu biayanya lebih murah meskipun nggak beda-beda jauh. 

Kata dokter yang meriksa saya, diagnosisnya adalah Impaksi Molar 3 horizontal kelas IIA. Berdasarkan kelas dan jenis inilah yang menentukan harga dan tingkat kesulitan. Makin susah yaa makin mahal harganya. Tapi oh ternyata saya pikir tadinya sekali sesi operasi masalah langsung bisa selesai dengan diangkatnya ketiga gigi. Saya pas minta diangkat langsung ketiganya ini kedokternya, eeh malah diketawain. Ngambilnya kudu satu-satu, dan nunggu sembuh dulu baru gigi yang lain diambil. Wadoooww!!.. Yaudah deh, daripada cuti saya sia-sia mau nggak mau siang ini saya harus operasi.

Operasinya lama banget, 2 jam mulai dari dibius lokal, dipecahin giginya, diangkat dan ditarik akarnya, sampe ngejahit gusinya. Tapi nggak kerasa koq, cuman denger suaranya aja ngaang ngiiing, klothak klotak... sroooottt.. akhirnya, voilaaa... gigi kiri bawah saya ilang dengan meninggalkan kebas di pipi, bibir dan lidah bagian samping. Tinggal nunggu obat biusnya ilang aja, baru ngerasain kayak gimana maling digebukin orang sekampung.


Dan inilah foto saya seusai operasi... maknyos!!.

Masih dua gigi lagi.. bulan depan ah, biar ada alasan ngambil cuti lagi.




87 komentar:

NuellubiS mengatakan...

wuaaah mahaaalnya yah operasi gigi ituu.... baru tau saayaa..

hilsya mengatakan...

whuaaa...idem, gigi bungsu saya juga persis kayak gitu.. *jadi serem ngeluarin duitnya*

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

gigi saya juga bermasalah, tapi mudah-mudahan gak sampai segituya. cepat pulih ya bro.

dunia kecil indi mengatakan...

samaaaa... aku juga mau operasi :) kalau disini tarifnya 2 juta per gigi, hihihi :)

zone mengatakan...

mahal gilee biaya operasinya.....
semoga gigi saya baik-baik saja...
soalnya saya pernah ngacir waktu mau dijabut giginya....
:P
takut banget liat peralatannya yg nantinya bakal engogrek-ogrek mulut saya...

Yudi Darmawan mengatakan...

jiaaah..!
pantesan gak keliatan dimana-mana,
blog sunyi, google+ juga..

ternyata oh ternyata..

tapi foto yang terahir ganteng lho mas, buakakak..

ups..
yang penting sudah dioperasi, tetap semangat ya mas gapheee..!

dhenok mengatakan...

gara2 itu to.. semoga cepet sembuh giginya phe, biar langsung operasi lagi.. kebayang bunyi bor, bunyi pletok2, haduuuhh, dhe jadi kangen ke dokter gigi.. hahahahaahah

narti mengatakan...

iya, memang biaya berobat gigi mah mahalnya ampun deh...
disini, cabut 1 gigi ada yg 1.500 (3 juta lebih).
belum kalau operasi2 macam gitu, waduh...bisa dibayar pakai daun teh-tehan gak ya? :)

semoga cepet sembuh Kang, sekalian nabung lagi buat operasi 2 gigi selanjutnya.

Neyna Naya mengatakan...

Sama Phe, Na juga bermasalah di gigi, tumbuhnya melintang#tapi untungnya ketika cek gigi (tiap 6 bulan sekali itu) dokter giginya bilang, g perlu dioperasi, cuma dagingnya dibukak sedikit ajha#hayya..hayya...lompat girang g perlu operasi.

niee mengatakan...

Gilak.. ternyata mahak banget yak biaya operasi gigi itu.. *jadi inget ada gigi yg musti ditambal yg harganya 300rebo aja* #hiks

Nyach mengatakan...

tak disangka-sangka harus keluarkan duit segitu banyaknya,
semoga cepet baik dan berkunjung-kunjungan lagi.
dan gigi yang lain tumbuhnya baek bro.

Adittya Regas mengatakan...

huahahahha.....

wahh saya nggak berani ketawa deh kalau liat foto ajagile itu...

huahahaha....

ketty husnia mengatakan...

wah wah..,.aku jenguk ya mas gaphe :)
tak bawain getuk goreng :D..(plak2x)
hehehe
kirain ni postingan kontesnya "dokter gigi gaul lhoo, nyatanya bukan ya..?

semoga lekas sembuh dan bisa ketawa ketiwi lagi bareng kite2 yo mas,...

ria haya mengatakan...

hahaha...kayaknya hampir semua orang pernah bermasalah ya giginya
saya paling mls periksa gigi, krn takut nti giginya divabut semua, krn ga ada yg bener hehehe
Phe, kenapa ga ke fakultas kedokteran aja, cari mahasiswa cantik yg lagi nyari pasien buat ujicoba, pasti bisa beranya-unyu sesuai bayangan :D, #plaaakkk

berarti ga berlaku ya lagunya Meggy Z? ^__^

Ervina Lutfi mengatakan...

emmm bang, emang operasi gigi gak sakit yah? kalo makan pasca operasi gimana ? dokterku juga merekomendasikan operasi gusi pasca-pasang behel tapi ga berani~~

dey mengatakan...

mahal ya operasi gigi bungsu, 10 th yg lalu aku juga pernah, tapi cuma 300 rb (2 gigi).

Dulu aku malah sampe mencong2 bibirnya, kyk org stroke gitu, ternyata dari gigi. Mau gak mau harus di cabut ...

arqu3fiq mengatakan...

Saya sudah pernah ngalami Phe, jhadi ndak kaget. Semoga cepat sembuh ya Bro, dan semoga bisa kerja lagi supaya bisa dapat duit 1,6 lagi buat beli iPad eh salah ding buat operasi satu gigi lagi. Hehehehe....

tiffa mengatakan...

tampangmu lucu bgt, Phe di foto terakhir. ;)

Cepet sembuh aja dech biar ga pusing2 lg, yeah ompong donk Gaphe??

tiffa mengatakan...

tampangmu lucu bgt, Phe di foto terakhir. ;)

Cepet sembuh aja dech biar ga pusing2 lg, yeah ompong donk Gaphe??

Claude C Kenni mengatakan...

Wadoh ngeri banget...untung gua ga ngalamin. Cepet sembuh ya Bang Gaphe...=)

Lidya mengatakan...

lebih baik sakit gigi atau sakit hati nih?:)
btw baca aja di postingan sebelumnya,sebelum komennya aku hapus

Ely meyer mengatakan...

fotonya kayak masih sdg dibius ya :)

Ely meyer mengatakan...

fotonya kayak masih sdg dibius ya :)

Tarry KittyHolic mengatakan...

Wahahaha awas ada laler masuk.
Alhmdlh ke 4 gg bungsuku nongol normal tp sering bengkak kalo udah mau nongol :)

ToM kuU mengatakan...

turut prihatin mas... untung banget TK masuk ke kategori orang yang bukan modern... alias giginya tumbuh normal dan rapih...

berasa banget deh klo dah urusan sama dokter gigi... bisa nyambung ke sakit kepala gara2 mikirin biayanya...

Dulu TK sering ke dokter gigi buat ngerapihin lapisan gigi aja... tiba2 500 rebu harus melayang... itulah mengapa kita harus menjaga gigi sejak kecil.. hahaha soalnya klo sampe ke dokter biayanya mahal... hahhaa

btw jadinya cuti berapa hari bang???

itu nunggu sembuhnya aja sespertinya bisa 3-5 hari yah??

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aduh fotonya mengenaskan amat. aku paling takut ke dokter gigi. hiks....gak keabyang deh sakitnya.

Ami mengatakan...

cepet sembuuuuh yaaaaaa

Jin Kinjeng mengatakan...

sob :D, fotonya kek habis di tonjok, beneran wkwkwkwk

Putri Baiti Hamzah mengatakan...

Ahhahha...setipe nih ma spupuku kmaren...riweuhhh..mulai dari bengkak-foto panoramic-finally operasi

Semoga lekas baikan,serem amat si om gaphe senyumnya jadi berasa bawa beban gitu,hehehhe

#sama nih,habis hiatus 1bulan malah^^

Djangan Pakies mengatakan...

tak pikir sampean ikutan kontes tentang gigi, tibaknya memang bener-bener bermasalah dengan gigi.

Saya waktu cabut gigi belakang karena bermasalah, cuman 60 ribu, padahal ini bukan di puskesmas. Wah ternyata mahal juga kalo di kota besar ya, masak harus pake dokter bedah sendiri. Tapi ndak butuh dokter anastesi sendiri kan ?
cepet sembuh Kang

lovelydebz mengatakan...

at least di belakang jadi nggak terlalu ompong.. :)

Arman mengatakan...

iya kayaknya emang common kalo gigi geraham bungsu bermasalah dan harus dioperasi...

untungnya gua punya sampe sekarang gak numbuh. moga2 emang gak pernah numbuh. hehehe.

ningsyafitri mengatakan...

Akhirnya penjelasan ttg foto di FB diposting juga di FB...

Cpt smbuh ya, Kk... :)
Semangat untuk sesi kedua... :D

Sofyan mengatakan...

Sudah sakit masih sempat berimajinasi hehehe,,,untung bayangan dokter giginya meleset coba pas bisa gagal periksa giginya hehehehe

pagi2buta mengatakan...

gigi geraham bungsu saya belum tumbuhm jadi serem ngebayanginnya..
moga aja pada tumbuh normal deh.. :pray

uli mengatakan...

moga lekas sembuh nya mas gaphe...

Nia mengatakan...

Mas Gaphe, tulisan ini di-ikutin kontes di blognya dokter gigi gaul aja...kayaknya pas tuch temanya....

iiihh ternyata yachh...urusan sm dokter gigi itu bikin kantong jd tipis.....satu gigi aja sgitu...blm yg lain2nya yachh....misalnya obat sm kontrol....klo bagitu beruntung gigi aku baik2 saja...Alhamdulillah...mudah2an begini seterusnya...soalnya aku paling takut klo dsuruh ke dokter gigi...

cepet sembuh yachhh......mudah2an operasi gigi ke-2 dan ke-3 berjalan lancar....aamiin

Rawins mengatakan...

jare nek gingsul malah manis, om..
asal jangan gingsul 12 biji...

r10 mengatakan...

operasinya dibayar pakai dinar saja biar ga kena inflasi :D

DewiFatma mengatakan...

Yaolohhhh.. foto panoramic-nya kok malah horor tho...hahaha... Bikin aku mimpi buruk nih bakalnya nih...

Trus, foto mangapnya kok sedih-sedih mupeng gitu sih, Phe..hihi.. Ya mpyuuun...aku ngakak mulu baca postingan ini...

Semoga sesion berikutnya lebih hhhhhoootttt...!!!
#plaaakkk :D

ita mengatakan...

phe,suamiku dulu bisa operasi sekaligus loh. jadi sekali jalan empat gigi dicabut. tapi lama banget biusnya. empat jam kalo ga salah.

dan yang bikin pingsan, total biayanya sekitar empat belas juta.
untung ditanggung kantor. hihihi :P

andriansyah s putra mengatakan...

gigi gigi bungsu itu emang selalu ngeselin. udah numbuhnya belakangan dan............. jeder suka bermasalah.
saya juga ada kak di bawah kanan belakang. tapi belum di angkat.
masih ngeri --"
itu fotonya kaka lucu eh yang di mobil heheheh :D

IbuDini mengatakan...

Kalau udah urusah gigi emang susah di ajak kompromi ya, sakit bisa semua..dari kepala, leher dan emosi.

Pengen liat gimana setelah bisunya habis, wajah Yoga di gebukin orang sekampung seperti apa.

Maham ya Yog...tapi gak apalah, yang penting cepet sembuh dan aktivitas sehari-hari gak terganggu lagi.

dv mengatakan...

hadoohh...klo uda berhubungan sama gigi takuuttt >.<

ngebayangin operasinya aja serem apalagi pas liat ekspersi muka lo abis operasi ini phe..hahahah

dv mengatakan...

hadoohh...klo uda berhubungan sama gigi takuuttt >.<

ngebayangin operasinya aja serem apalagi pas liat ekspersi muka lo abis operasi ini phe..hahahah

M A Vip mengatakan...

busyet...saya yang mau ngurus gigi jadi mandek gara-gara baca post ini, mahalllllll...

Penghuni 60 mengatakan...

kalo udh urusan ama gigi... semua nyerah deh... aku pernah ngrasain sakit gigi tuh.. gak bs ngapa2in...
tp untung udh bs dioperasi ya...

berarti nanti cuti lg donk...
hehe...
:D
semoga cpt sembuh aja...

Kay mengatakan...

get-well ..
remember, do not eat carelessly

niQue mengatakan...

dan sebelnya a suransi tidak mengcover urusan gigi yah
padahal mahal2 gitu hiks

armae mengatakan...

wahh.. beneran dah. aku juga pernah bahas masalah gigiku di postingan beberapa waktu lalu. sudah disuruh foto sama si dokter ganteng, tapi gak berangkat berangkat. tau ceritanya kayak gini, kok malah jadi serem yakk?? apalagi bayarnya itu lohhh... *dan emang sering pusing pusing gak jelasss*

cepet sembuh yah mas.. smoga aku bisa cepat menyusul. hehe...

d3vy mengatakan...

been there! setaon yang lalu... rasanyaaaa ajeeeebbb dah heuheuheu...

Amy mengatakan...

Serem jg ya dengernya, gigi aja pake operasi & mahal pula. Btw cepat sembuh ya he8...:P

John Terro mengatakan...

turut berduka
gigi gerahamku udah tumbuh semua dan untungnya normal2 aja :D

YeN mengatakan...

dari fotonya kayaknya gigi bawah sampeyan ada yg gingsul ya?

haha, cepet sembuh yaa..

Asop mengatakan...

Aduuuuh saya meringis Mas, bayangin betapa tersiksanya Mas Gaphe... Hiks... :( Sabar ya Mas...

ReBorn mengatakan...

buehehehehe, muka mu nak... :p

rabest mengatakan...

pernah denger sih tentang gigi geraham terakhir itu, tap punyaku belum numbuh, mudah2an normal2 aja deh...

btw, fotonya yang terakhir itu lucu banget sih..kayak orang teler gitu, wkwkwk..abis dioperasi ampe segitunyaaaaa... :D

anugrha13 mengatakan...

#eh ntu mulutnya biasa aja donk #plaaak
wkwkwk
makanya rajin2 sikat gigi donk sob biar ga dioperasi lohhh
hehhee

Kakaakin mengatakan...

Untung aja ketemu penyebabnya ya... Coba kalo salah diagnosa dan si gigi stay aja disitu selamanya, bisa2 sakit melulu deh dirimu... :D
Memang ya, kalo berkaitan dengan gigi, gak ada yang murah :D

ninda~ mengatakan...

mukanya bang gaphe lucu amat yak di poto itu :D ngowoh dgn tatapan minta dikasihani hikhik

.:diah:. mengatakan...

gubraaaaaaaaaakk, 1 gigi 1,6 x 3?? ampuuunn deeehhh... mahal bener yaa??ckckckk.

btw saya juga punya masalah dgn gigi graham bungsu nih, tumbuhnya gak normal, udah 3thn tapi blm sempurna dan kata drg. cuma satu solusi yaitu OPERASI huaaaaaaam tapi mpe skrg gk berani utk itu selain karena mahalnya ampun2n gak berani jg klo setelah operasi itu takuutnya ada knapa2 :( *efek lainnya

Orin mengatakan...

Alhamdulillaaaaah blm pernah operasi gigi kek gituh, tampak horor mas Phe hehehehe..

Rika Willy mengatakan...

banyak amattttttt

masih dua lagi ???

Lyliana Thia mengatakan...

aku ngakak smpe guling2 baca postingan ini, Phe...

hehehe..

ternyata kmrn Gaphe sakit gigi toh... iya emang biayanya mahal...

dulu kami mahasiswa pernah asistensi Sp. BM, di RSCM, cabut sekaligus 4 gigi bungsunya... menghemat waktu sih... tapi hrs bius total (dijamin nggak akan denger bunyi klotak klotak, haha..) dan hrs rawat inap... :-D

semoga operasi 2 gigi selanjutnya lancar ya Phe.. :-)

[L]ain mengatakan...

mahal ternyata ya operasi gigi itu -,,,-

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

wooow... mahal banget. itu 1,6 jt cuma 1 gigii?? glek! memang mencegah itu lebih baik daripada mengobati. >,<

Meutia Halida Khairani mengatakan...

ngga diganti asuransi gitu phe? kan lumayan kalo ada asuransi. biasanya karyawan kan ada asuransinya.. Operasi gigi kecil gitu aja semahal itu yah.

lo tau, gw jg harus ke Sp.BM. Tapi bukan karena gigi. Rahang gw longgar and baru gw periksa pas waktu ke aceh kemaren. Kata dokternya harus segera di operasi utk rekonstruksi, kebayang dehhhh >_<

TUKANG CoLoNG mengatakan...

susah senyum ga? :)

kira mengatakan...

sikat giginya pakek sikat kamar mandi yah? wkwkwkwkwkwkwkkk

kemanaaaa kemanaaaaaa. puter lagi bang lagunya, jangan lupa joget, yoookk lanjooot...

tiwi mengatakan...

kik..kik..kik... daku lngsg teringat pas operasi gigi kiri belakang..., hiahaaa, mana sembuhnya lama lagi *_*, cpt sembuh yaa.....

Rubiyanto Sutrisno mengatakan...

sampai saat ini saya masih ngeri untuk ke dokter gigi mas,... rasa serem dengan alat-alat dokter jadi buat merinding.

rafabacil mengatakan...

waah,,,ternyata operasi gigi itu mahal ya om...
klo rafa,,giginya blum numbuh...hehehehe

nita mengatakan...

he..he.. liat foto abis operasi mesake banget mas.. oh ya biaya cabut gigi/operasi apa ndak bs di reimburse ke kantor mas? lumayan juga kalo 3 gigi he..he.. smoga lekas sembuh ya.

Fairysha mengatakan...

whaatt??? itu bayarnya pake duit semua tuh?? ckckck....^^ eits, tapi kan kantor yang bayarin kan phe??? ^_^

NECKY mengatakan...

berat juga ternyata masalahnya bro. 2 jam bukan waktu yg sebentar lho. terakhir gw kena operasi gigi cuma 1/2 jam aja. Bisa jadi dokternya yg jago atau masalah gw ga terlalu parah

Nchie mengatakan...

kemana..kemana..si Gaphe..
ternyata..ternyata..sakit gigi tho..

kalo abis lihat dr Stella,pasti sakit gigi jadi ilang ya Phe..haha..

Eh Oprsi gigi di bandung ga segitu 1.2 denk (3 thn kebelakang,hal yang sama phe..
Aku pernah Oprasi masuknya kan ke BM,ada 4 gigi yang ke bulen gusi,sakitnya ampyun,ini baru 2 yang udah..

emang Muahal banget ya,hiks..

pelatihan nebosh mengatakan...

ada yang bilang gigi numpuk gitu namanya karehol.
hahaha makanya mas klo ngayal jgn ketinggian alhasil drg.nya ga secantik yg dibayanginkan? hehe
emang klo urusan gigi harganya ga pernah damai alias mahal.. :(

Mila Said mengatakan...

Ampun deh. ribet bgt ya urusan gigi doang. mendingan sakit hati deh drpd sakit gigi, atleast ga perlu operasi sampe juta2an gitu x_x

Geafry Necolsen mengatakan...

jadi gapheompong.blogspot.com donk :D

mahal juga ya..
abis operasi pasang kawat gigi sekalian. yang warna warni, biar blink-blink gitu kalo nyengir.

pilih ipodtouch atau ipodtooth

hehe..

Sadako Kenzhi mengatakan...

aduuuuuuh jangan sampe gigiku kayak gigimu gitu, operasinya mahal bangettttttttt...bisa buat beli laptop tuh >.<

Mama KInan mengatakan...

walah adikku cah bagus..sing ngganteng dewe..baru sakit tho..maaf yo dek..nggak bisa tengok...:) lewat dunia maya aja tengoknya yah *plakkkkkkkkkkkk....
semoga cepat sembuh yah..:)

Kevin mengatakan...

wah, ikut prihatin atas operasi giginya. semoga cepat sembuh :D

Salam,
Kevin
Blog : www.nostalgia-90an.com
Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.

Ditter mengatakan...

Mas, kebetulan saya juga lagi ngalamin masalah gigi geraham yg pertumbuhannya nggak normal. jadi gigi geraham saya yg paling belakang ini tumbuhnya ke samping, ngenain pipi bagian dalam, jadinya kegigit terus smp luka berkali-kali. Saya khawatir harus dioperasi juga nih.
Makanya sekarang sudah mulai nabung utk ngantisipasi biaya operasi yg mahal.
Mas, kalau boleh bagi nomor kontaknya dong, ke ditter_revista@yahoo.com . Saya pengen berkonsultasi kpd yg lebih berpengalaman, hehe.... Saya juga tinggal di Jogja.

Della mengatakan...

Thanx for share ya, Gaphe ^_^
Salam kenal :D
Btw di Jakarta biayanya 2,5 juta/gigi.. -_______-

Anonim mengatakan...

AKU MATI AH!
Seminggu lagi giliran gue

Hahaha. Lalalala

abdul maliq world mengatakan...

Kalo di jakarta mendinga periksa di poliklinik gigi ui salemba biaya oprasi per gigi 600 rb yg oprasi mahasiswi kece pula

abdul maliq world mengatakan...

Kalo mau oprasi gifi medingan di poliklinik gigi ui salemba jakarta. Harganya 600rb/gigi yg paling asoy yg dr. Mahisiswi cuantik... bagaikan raja minyak degh

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...