Minggu, 11 September 2011

Memori Wisuda : Tips Lulus Kuliah Dengan Predikat Cumlaude

Pengen lulus kuliah tepat waktu?
Pengen lulus kuliah dengan predikat cum laude?

Yang masih kuliah, sedang sibuk TA, atau siapapun yang hampir menyandang gelar mahasiswa abadi wajib baca!.

Ceritanya gini, pas ngebongkar-bongkar album foto di notebook saya buat ikutan The Sweetest Memories contest yang diadain sama Orin alias Rindrianie, saya nemu foto-foto jaman saya wisuda dulu. Keingetan banget kalo momen wisuda tuh adalah momen yang paliiiing berkesan dan paling didambakan sama semua yang mengaku mahasiswa. Tul nggak? (Yang statusnya mahasiswa wajib setuju sama saya!!).

Emaaak... akhirnya lulus jugaa!!!

Nah, foto diatas adalah saya sama sahabat-sahabat saya saat inagurasi jadi wisudawan alias udah resmi menyandang predikat : LULUS KULIAH!!. Kalo diliat lebih detail, ketiga cowok ganteng (yang tentu aja saya yang paling ganteng #plaak) itu menggunakan selempang kuning tambahan. Perhatikan baik-baik tulisannya deh. Alhamdulillah yah... lulusnya cumlaude. Lumayan tepat waktu, meskipun nggak cepet-cepet amat *eh, empat tahun tuh termasuk tepat waktu kan ya?

Foto tersebut berkesan banget karena buat lulus wisuda butuh waktu yang nggak cuman sebulan dua bulan, butuh duit nggak cuman sejuta dua juta, butuh tenaga dan meres otak yang nggak main-main. Jadilah, momen wisuda tuh jadi hal yang bakalan terkenang seumur hidup. Apalagi ini adalah wisuda yang pertama kali. Emaaak... saya lulus jadi sarjana!!. Bersyukur bangeet bisa lulus pada waktunya, karena di kampus saya lulus tepat waktu persentasenya hanya sekian persen dari seluruh mahasiswa. Selain karena terkenal sebagai kampus negeri terbaik di Jogja yang masuknya susah keluarnya juga susah banget, jurusan saya termasuk jurusan yang susah lulus tepat waktu karena sistem mata kuliahnya paralel, maksudnya ada banyak matakuliah yang nggak bisa diambil kalo belom menyelesaikan mata kuliah persyaratan, dan nggak mesti ada tiap semesternya. Yaa, anak-anak MIPA tau laah kayak gimana.

Yang nggak bisa ikutin ritmenya, biasanya ngulang atau lulusnya jadi molor. Beberapa temen kuliah saya ada yang nggak kuat di tahun-tahun pertama, akhirnya mereka pada memutuskan untuk keluar dan pindah jurusan. Bahkan yang masih bertahan pun, sekarang masih ada beberapa yang belom selesai-selesai kuliahnya. Saya termasuk beruntung, karena bisa terselamatkan dari rutinitas kuliah yang err... (yang pernah kuliah pasti tau, apalagi semester akhir :P)

Bukan mau sombong karena lulus tepat waktu, karena temen saya di foto itu yang paling kiri lulusnya dengan IPK 4,00 bulet. Nilainya A semua, dan jadi lulusan terbaik se kampus pas periode saya.. jadi, meskipun saya cumlaude tetep aja masih kalah sama temen saya itu. Dasarnya emang otaknya encer, sekarang dianya ngelanjutin kuliah S2 di Belanda. Gratis!!.. Saya?.. hehehe.. lulus cumlaude cuman predikat aja, geblek mah tetep aja geblek. hahahah.

Nah, biar nggak dikatain sombong, lulus cumlaude tuh gampaang banget caranya. Asal ada kemauan loh.. karena semua berawal dari niat. Jadi, mau tau tips saya biar bisa lulus cumlaude?. Cekibrot..

1. Ini paling penting. Soal kehadiran. Di kampus saya, tiap mau ujian tengah semester atau UAS, biasanya kehadiran jadi salah satu poin utama boleh ikut apa nggaknya ujian satu mata kuliah. Minimal 75 persen dari total kehadiran harus ada. Penuhi ini dulu, karena kalo nggak dipenuhin gimana kamu bisa ikut ujian?. Terserah caranya gimana, mau nitip absen kek, mau dateng bentar trus absen kek, atau gimana yang penting jumlah minimal kehadiran terpenuhi.

2. Ukur kemampuan!. Kalo Sun Tzu bilang dalam The Art of War, kenali dirimu sendiri dan kenali musuhmu maka kamu sudah memenangkan separuh peperangan. Teori ini saya berlakukan pas kuliah. Jadi, berdasarkan temen-temen seangkatan, ukur kemampuan kamu dibanding keseluruhan temen-temen. Penilaian akhir sama dosen biasanya dilakukan dengan menggunakan kurva normal. 20 persen A, 40 persen B, 20 % C, sisanya failed. Atau setidaknya seperti itu. Buat mata kuliah yang populer, hindari ngambil mata kuliah bareng temen-temen seangkatan kamu yang pinter-pinter. Karena, kuota buat ngedapetin nilai A atau B jadi makin dikit. Saya dulu, kalo ada matakuliah yang banyak diambil barengan sama temen-temen yang pinter, biasanya saya ambilnya semester berikutnya. Di semester itu, saya justru ngambil mata kuliah nggak populer, tapi saya suka dan dikit peminatnya. Dengan menghitung kemampuan, trus melakukan strategi (dalam hal ini komposisi mata kuliah yang diambil tiap semesternya) maka kamu siap bertanding!. Inget yaa, ini nggak berlaku kalo sistem kuliahnya udah fix semester ini harus kuliah ini, semester itu kudu kuliah itu.

3. Kenali dosenmu, be recognized!. Kenal dosen itu penting, apalagi karakternya. Tanya sama kakak angkatan, dosen ini gimana tipenya. Di kampus saya, dosen yang selalu menerapkan nilai A asalkan kehadiran 80 % dan ikut ujian tengah semester dan UAS berapapun nilainya selalu penuh kelasnya dan jadi favorit. Manfaatkan peluang ini, cukup memenuhi kehadiran dan ujian.. dapet A deh. Tapi ada juga beberapa dosen killer. Saya ngalamin dosen yang kayak gini. Tips selanjutnya adalah : be recognized!. Nggak penting kamu kenal dosennya, karena yang penting justru bagaimana dosen itu mengenali kamu. In positive way tentunya.. Misal, duduk selalu didepan, tampak rajin mencatat, berani jawab pertanyaan kalo ditanya sama dosennya, tugas ngumpulin terus, proaktif mengajukan pertanyaan berbobot saat kesempatan bertanya, daan banyak lagi caranya. Ada satu dosen yang saya inget terkenal banget killernya, galak, telat 5 menit nggak boleh masuk, di awal perkuliahan selalu diawali dengan pertanyaan dan asal tunjuk, kalo nggak bisa dijawab dianya marah-marah dengan nyindir. Nah tahu gini, saya catet semua apa yang diomongin pas kuliahnya, apapun itu!. Trus tiap diminta nanya, saya selalu usahakan nanya. Pas ujian, modal saya cuman dari catetan aja, nggak pake buku teks dan lain-lain. Dan pas pengumuman akhir, cuman 2 orang yang dapet A diantara temen sekelas yang jumlahnya puluhan. Saya satu diantaranya.

4. Bertemanlah yang banyak!. Seriusan, ini salah satu tips biar kamu berhasil. Setidaknya, kamu kudu punya temen-temen dengan tipe kayak gini :

a. Tukang nyatet. Apapun yang dibilang sama dosen, dicatet. Apapun gambar yang ditampilkan, dicoba digambar sendiri. Tujuannya, semisal catetan kamu nggak lengkap kamu bisa ngopy dari dia. Serius!! beberapa kali kuliah saya cuman modal minjem, eeh ternyata menolong pas ujian

b. Si Pintar. Ini bisa dimanfaatkan kalo kamu nggak ngeh apa yang dikuliahin, kamu bisa nanya ke dia. Biasanya dia bisa ngejelasin dengan bahasa yang-bahkan-orang-geblek-kayak-saya bisa pahami.

c. Si perfeksionis. Ini berlaku kalo pas ada tugas kelompok. Punya temen dengan tipe perfeksionis, biasanya kerjaan kelompok dia sendiri yang paling bersemangat. Maunya dikerjain sendiri, karena dia takut kalo nggak sesuai standarnya (yang biasanya standarnya juga tinggi). Jadi, enak kaan.. nggak perlu kerja ekstra, setor muka aja pas kumpul-kumpul, jadi deh tugasnya!.

d. Nerd, alias kutu buku. Biasanya orang kaya gini rajin fotokopi, minta nitip aja fotokopiannya!.

e. Temen se geng.. naah ini penting banget. Buat nitip tanda tangan, buat nyalin tugas atau laporan praktikum, buat ngasih tahu jawaban kuiz, pokoknya kalo ce esan sama anak-anak kayak gini kelar deh tugasnya!. Kan ada pepatah bilang, berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Kalo gw ada tugas berat, pinjem donk cing!

5. Dari semuanya yang terpenting, tanyakan tiga hal ini ke diri kamu :
a. Apa tujuan kamu kuliah?. Cuman nyari nilai?, lulus tepat waktu?, emang nyari ilmu?, aktualisasi diri?, atau memenuhi kewajiban sama orang tua?.. semuanya kamu sendiri yang tau.
b. Apa bedanya kamu seusai lulus kuliah dengan kalo kamu nggak kuliah?. maksudnya, kalo nggak ada bedanya yaa sami mawon, mending nggak usah kuliah.
c. Apakah kamu bahagia dengan kuliah kamu dan apakah kamu peduli?. Ini adalah intinya. Kalo kamu dari awal udah nggak suka, nggak bakal enjoy deh!. Beruntung, orang tua saya dulu nyuruh saya kuliah cuman satu syaratnya : kamu seneng nggak sama pilihan kamu?. Kalo dah seneng, apapun itu pasti jalaninnya gampang kan?. It called passion beibeh..

duuh, pengen mengulang masa-masa kuliah bareng temen-temen deeh :)

Jadi, yang pernah kuliah dan udah lulus, boleh loh kasih tips biar lulus cepet sukur-sukur dengan predikat cumlaude!.

114 komentar:

John Terro mengatakan...

wah keren mas Gaphe bisa cum load
aku sih cum sh*t aja :D
haha

John Terro mengatakan...

ah salah tulis lagi ... load >> laude

niee mengatakan...

Kalau aku bilang aku cumlaude dengan masa kuliah 3 tahun 9 bulan 23 hari dan dapet predikat IPK tertinggi (masuk sepuluh besar) 3.62 ada yang percaya gak yak? ;P

Menurut aku kuliah itu gak sesusah yang dibayangkan kok, asal niatin aja jalaninnya. Gak musti pinter2 amat buat sukses, yang penting jadi orang yang beruntung :D

tw ini giveaway banyak amat yang ikut, pengen ikutan tapi gak tahu mau pajang foto apaan >.<

zasachi mengatakan...

nice tips Phe,
sayang napa br skrg aq bc dsaat aq udh dwisuda.. ;-)
dirimu hebat Phe bs cumlaude, slmt ya...
impianku jg bs cumlaude,tp apa daya tangan tak sampai... #curhat nehnice tips Phe,
sayang napa br skrg aq bc dsaat aq udh dwisuda.. ;-)
dirimu hebat Phe bs cumlaude, slmt ya...
impianku jg bs cumlaude,tp apa daya tangan tak sampai... #curhat neh

Fiction's World mengatakan...

huuu bang Gaphe merendah sekali nih :)

ak juga mau cumlaude, bisa kan ya pasti bisa #minta dukungan :p

Rahman Raden mengatakan...

wisuda stelah TA ato skirpsi srasa hidup pny sendiri yg lain ngontrak. pkokny kenangan terbaik deh....
sukses buat anda yg LULUS kuliah

ammie mengatakan...

makasi ya bg ,,, tips yg sangat bermamfaat untuk mahasiswa abal-abal seperti sya..hehehehe

Orin mengatakan...

Zaman dulu sekali2nya dapet IP 4.00, keknya seneeeeeeeng bgt, walopun tujuan utama bwt kuliah bukan untuk nilai, dapet IPK cumlaude tetep aj membahagiakan ya mas Phe he he.

Sudah Orin catat, tengkyu udh ikut meramaikan ya mas ;)

r10 mengatakan...

saya ga mau mengenang masa-masa kuliah dulu :(

lebih banyak sedihnya :(

SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

Wih kereeeeeeeeeen..
Tipsnya okeh, gue jadi semnget kuliah, dan di semster 3 ini gue bakalan cari temen-temen baru yg mempunyai ciri-ciri kayak di atas haha

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

Allhamdulillah yaaa, gaphe pinter juga: )
btw point no 4 aku bgt tuh:-p

Rose mengatakan...

yay Gapheee kamu pengertian bgt dah sm saya,, uahhh bersyukur bgt deh walau g cuuumm laaauuudeee..hohoho

Rose mengatakan...

yay Gapheee kamu pengertian bgt dah sm saya,, uahhh bersyukur bgt deh walau g cuuumm laaauuudeee..hohoho

NuellubiS mengatakan...

tau gak phe. empat tipe awal mahasiswa itu aku banget lagi. hahhaha... serius nih! :D

btw ku mendadak galau lagi karna baca postingan yang ini. :(

Djangan Pakies mengatakan...

mahasiswa tahun 2000 ke atas dengan banyak kemudahan rasanya sangat gampang sekali bersinggungan dengan nilai A. Coba bayangkan, saya lulus tahun 93, nilai IPK tertinggi se fakultas cuman 3,00.

tips sampean sangat bagus untuk diterapkan, moga anak saya baca postingan sampean Kang

Lyliana Thia mengatakan...

Ah Gaphe.. Bagus bgt nih postingan...
Tips2nya oke bgt nih!!
Jadi inget jamannya kuliah dlu... Bitter sweet memory.. Hehe...
Semoga menang ya Phe! I like this.. :-D

monda mengatakan...

ini bener kenangan amat sangat manis Phe

Ervina Lutfi mengatakan...

weiss keren.. di MIPA dapet cumlaude *maksudku temenmu yg 4.00 itu bang :D
~~

rizkimuft mengatakan...

adek pake buat nanti deh ya tipsnya haha
masi jauuh sih masa kuliah, apa lagi masa lulus kuliahnya

Claude C Kenni mengatakan...

Thank you buat tipsnya Bang Gaphe. Gua secara ga sadar selama ini menerapkan yg nomer 3. Doain semoga taun depan gua bisa nyusul lu pake toga ya, hehehe

[L]ain mengatakan...

hm...dimana ya?
UGM kah?
bang Gaphe IP nya berapa? Tulis juga dong, nggak seru nih :D

Sulung Lahitani Mardinata mengatakan...

Wah, pas banget buat mahasiswa yang lagi nyusun kaya saya ini :)

zone mengatakan...

selamat mas......

cumlaude tu kalau IP-ne berapa tah...??

saya malah punya senior namanya laude...
jadi tinggal nambahin cum jd deh cumlaude...
:P

Audrey Subrata mengatakan...

ijin nyimak bang gaphe, taun depan nih kuliahnya B-)

gile itu IPK 4.00 bulet, no cure!

Sofyan mengatakan...

Hmmm memang IP nya Mas Gaphe brapa nih,,hehehehe,,tapi yang penting sekarang sudah bisa mencari penghasilan hehehe

Neyna Naya mengatakan...

Gapheeee, kereeeen, cumlaude bo'. Wiiiih beda banget rasanya tuw kalo ada di posisi Gaphe, soalnya pernah ngerasain juga ada di jajaran 3 besar, tapi cuma fakultas, hihihi. Kereeen, kereeen tipsnya, bisa diterapin nih di kuliah lanjutan.

k[A]z mengatakan...

wah pengen juga :'(

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

keren keren.tipsnya...oke moga menang ya.

narti mengatakan...

Makasih tipsnya ya, besok kl anakku kuliah di update tipsnya yah :)

Seneng punya ortu yg demokratis dan anak jg bertanggung jawab atas kepercayaan yg diberikannya.Makasih tipsnya ya, besok kl anakku kuliah di update tipsnya yah :)

Seneng punya ortu yg demokratis dan anak jg bertanggung jawab atas kepercayaan yg diberikannya.

armae mengatakan...

*emosiTingkatTinggi*

harusnya mas Gaphe ngasi tipsnya dulu (baca: empat tahun yang lalu), jadi aku bisa ngikutin. sekarang mah udah lulus (walopun belum benar2 lulus karena tinggal wisuda), IPK juga sudah keluar dan begoknya aku baru nyadar pas yudisium kalo IPK cumlaude itu sedikit membanggakan >>> minimal di panggil kajur maju buat baris di depan trus di kasi slamat -_-"

tapi gak papa deee. nanti ku salurkan tipsnya buat yang lain. keren2 tuh tipsnya. makasi yaaa..

enwy, slamat atas predikat cumlaude dan tepat waktunyaaa *aku juga 4 tahun kok >>> standar :D

Adryan Nurdien mengatakan...

Hmm.. udah bisa lulus aja alhamdulillah mas.. susahnya amit2 dah, apalagi dosennya.. #curcol.. nyahahahah.. ;P

Mr Nyariadi mengatakan...

kuliah di semester satu kayak stress untuk adaptasi dg cara dosen ngajar, klo tips ini sejak dulu ada saya bisa lulus di atas cumlaude, tapi bisa klumut nilai.
mohon maaf lahir batin

mixedfresh mengatakan...

wuih mantap banget nih IPKnya dapat angka 4,000000000. Apa ga kebanyakan itu nolnya ya?!?!?! Oya selamat idul fitri dulu dah minal aidin walfaidzin. maaf kalo punya salah selama ini...

ria haya mengatakan...

Wah, kalo ingat wisuda saya pasti akan malu sendiri. Malu yg ga akan akan pernah dilupakan seumur hidup. Saya jg pake selempang itu, dan duduk di deretan paling depan pas wisuda d GSP. Tapi pas wisuda di fakultas, saya tdk mnyangka dipanggil buat kasih sambutan. tweweweng...saking kagetnya krn nda ada yg ngasih tau klo sy hrs ksh sambutan, plus nda ada prsiapan sama sekali, maka hanya 4 kalimat yg saya keluarkan dr mulut saya, dan diakhiri dg gemuruh tawa seluruh ruangan....hadeeehhhh malunya....! Pake semplang kuning itu tapi public speakingnya jelek bgt

Arman mengatakan...

wow hebat banget temen lu lulus ipk nya 4!!
gua cuma sekali ipk 4 pas semester 1. hehee. tapi untungnya pas lulus tetep cumlaude dan jadi lulusan terbaik. :D

yang penting kalo kuliah emang harus rajin nyatet, dan ya rajin belajar lah. haha

Bayu Hidayat mengatakan...

gile. cumlaude. kalo gw mah pas lulus dosen gw potong kambing. akhir nya bisa lulusin gw. heheh becanda.

mantap lu broo. apa ada tips suka minum arang buku ngak??? siapa tau biar pintar harus gitu. hwhwhw.

salut gw ama lu phe. mantap

mila mengatakan...

Wuidih canggih bgt lu lulus cumlaude, sedangkan gw artinya cumlaude aja gw baru tau belakangan hahahaaa...

IbuDini mengatakan...

Dan yang paling penting cari temen yang kayak Gaphe...disamping orangnya ramah banget, pasti suka becanda dan gebayol...persahabatan yang diberikan pasti sepenuh hati...

Kenapa saya bilang begini karna terlihat dari senyum dan ketawanya gaphe yang begitu lepas...

Ada yang lucu foto wisuda di atas...kenap ayang tengah wajahnya tanpa ekspresi begitu, apa gak suka mendapatkan lulus kuliah tepat waktu..

Amy mengatakan...

Yg penting berguna bagi keluarga,bangsa dan negara ha8...*lebay* Masa depan kita yg tentukan sdri jg mesti diperjuangkan. Fotonya mas Gaphe pasti tertawa terus he8...like it.

Nandini mengatakan...

iyah bener, susah masuknya susah banget keluarnyaaa.. hahaha... #bukancurcol #janganpercaya

♥chika_rei♥ mengatakan...

gaphe^^
tulisan mu menginspirasi

boleh ya chika kutip sedikit beberapa bagian untuk sesuatu hihiii

Sadako Kenzhi mengatakan...

dapet pencerahan di sini, semoga ketularan dapet cum laude!! amin.
kakak kelas, nggak punya kenalan sama sekali. benar2 kampus yang baru di aku Phe, semua serba baru... kalau temen ce-esan sih ada aja, si perfeksionis ada nggak ya? kuliah malem beda ama kuliah pagi,

yuniarinukti mengatakan...

Fotonya keren.. Posenya juga.. siapa dulu dong Gaphe.. :P

Celotehan three mengatakan...

semoga saya bisa lulus tepat waktu dan cumlaude, amiin.

nurlailazahra mengatakan...

keren dah dg predikat cumlaude nya, bahkan bukan di kampus aja kayaknya, di dunia perblogan juga mas gaphe mah cumlaudeee :D

Sun_Dhe mengatakan...

saya sempat kuliah, dan sangat mengidam2kan wisudaan. tp ga kesampaian sampe skrg. krn kuliahnya putus di tengah jalan. hahahaha..
smangat!!! bwt yang mahasiswa-siswi.. ikutin tips gaphe neh :D

Rumah Dijual mengatakan...

keren banget tw tipsnya,,, :)

zone mengatakan...

tips yang ketiga saya terapkan dan hasilnya saya terkenal yang suka duduk paling belakang dan sering tidur di kelas...
:P

kira mengatakan...

wueeehhh keren,,, jadi pengen cepet lulus,,, bisa ditiru....

maaf lahir batin bang...

Susindra mengatakan...

WOW! Lulus cumloade? jempol 4 deh buat Gaphe. Soalnya sulit sekali, tuh. Suka nyesel dulu ga dapet predikat itu - meski ga jamin sukses di dunia kerja, ya.. Waktu itu keenakan ngantor part time tuk cari dana.
Kurang lebih sama sih seperti jaman kuliahku dulu. Kebanyakan mata kuliah paralel 1-5. So.. musti pinter2 atur strategi. Dari 40 mahasiswa yg diterima tahun itu, 15 sudah out di semester 2 (pindah jurusan, UMPTN ulang). 2 teman sakit syaraf akut & sering pingsan meski tetap nekat meluluskkn diri. Hanya setengah yg lulus setelah 5 tahun kuliah, sisanya tercecer berserakan bersama adik kelas. Kata orang bahasa Perancis sangat sulit. Entahlah.. mungkin karena aku pegang sebagian tips-nya Gaphe?

Komentarnya rapel-an ya. Maaf lama ga bw.

Nia mengatakan...

Komentarnya sama akyak ibu dini, kenapa yang ditengah mukanya biasa aja....MTE alias Muka Tanpa Ekspresi...beda sm Gaphe yang selalu ketawa kalo di foto....

btw yg ditengah kabarnya skrang bgimana? kerja atau kuliah juga kayak yg dsebelahnya?

saat di wisuda memang saat yg membanggakan yachh...paling ngga bisa menunjukkan ke orangtua kalo selama ini kuliahnya ngga mian-main alias uang yg sudah dihabiskan utk kuliah berbuah manis......

sukses utk kontesnya yachh....tipsnya ok punya...nnti kalo anakku kuliah aku kasih dech tipsnya...hihihi masih lamaa yachh

Qistina Satriavi mengatakan...

wah keren postingannya,
dapet bekal nih buat kuliah tahun depan :D

hilsya mengatakan...

aku ga cum laude..hiks

arqu3fiq mengatakan...

Subarashii...Great.

dunia kecil indi mengatakan...

waktu kuliah kemarin aku sih pengennya cuma: lulus, nilai bagus, kerja. thank God tercapai. gak ngerti cumlaude itu apaan. yg pasti selama 5thn jadi mahasiswa dan anggota choir, aku sering lihat yg cumlaud itu yg dipanggil namanya pas wisuda dan paling lama berdiri, hehehe. pas wisuda, ternyata temenku cumlaud, aku ikut seneng meski gak tau fungsi cumlaud apaan :) tips2 gaphe perlu dicoba tuh buat para mahasiswa. atau nanti kalau aku kuliah lg aku coba, deh, hehehehe :)

Said Arsyad mengatakan...

trik yang bermanfaat sob, perlu saya coba nih,.

entik mengatakan...

wah ternyata gaphe cumlaude to.. jempol dewh.. dapet slempang kuning buat yg cumlaud.
Pas jaman aku wisuda, kok ga dikasih slempang kuning buat anak yang cumlaude ya? padahal aku juga cumlaude lho (aih, siapa yang nanya??hehe...)

.:diah:. mengatakan...

kereeeennn, selesai dlm wktu 4thn + cum laude pula, mantaappp bangeett deeeh Gaphe.

anyway sukses tuk GA nya yaa :)

Dhenok mengatakan...

semua mahasiswa berharap bisa selesai tepat waktu phe, termasuk saya.. tapi susah, hahahahahaha..

dhila13 mengatakan...

aaahhh... pernah ngerasain momen kayak gitu jugaaa...
pasti seneng dehh... heheh :D

zone mengatakan...

kalo saya sih gak bisa pilih2.....
sks paketan adanya....
jadi ya harus bener-bener fight.....
:P

Mushdiqah (Mushdiqah Eldrida) mengatakan...

berguna skali ini tulisan untuk saya, pas dapat momentya, maba gituuu...hehe
semoga bisa cumlaude juga. amiin

Siti Nurul Falah mengatakan...

pengen deh lulus tepat waktu dan bagus nilainya ^^
mudah2an saya bisa yaaa :)

Meutia Halida Khairani mengatakan...

cie yg cumlaude... prikitiwwww.. hahahaha

gw ngga cumlaude.. dulu tujuan kuliah itu sebenarnya pengen mempelajari sesuatu yg berhubungan dengan game dan cerita dalam game. eh, ternyata jurusan teknik informatika itu bukan yg gw butuhin. ya mau ga mau, udah masuk, ya yg penting lolos. yg penting IP lebih dr 3 kan..

rahma mengatakan...

bang aku save yah postingan yang ini hahahaa..
*belom sempet baca sekarang dan semoga bisa terus dibaca pas lagi males-malesan TA

doakan bang aku taun terakhir ini *mendadak galau*

Inda Bunda Farrel mengatakan...

Jadi inget pas wisuda dulu. Ortu ga dateng krn ku bilang gpp.. Biar uangnya bisa buat adekku kuliah. Taunya pas wisuda, temen2 pada ngacir foto2 sama keluarga. Lah aku?? Jadi sedih.. cuman berdua sama adekku itu.. huhuhu

Tirta Darmantio mengatakan...

absenn mantab,, tips nya jd tambah semangat hihi O_O

Tarry KittyHolic mengatakan...

Wow keren, bs lulus tepat waktu

Reza Pahlevi Lampoh mengatakan...

Jadi iri, kapanlah saya akan tamat kuliah? sudah gerah dengan semua ini *curhat* :P

NECKY mengatakan...

hebat euy...lulus cumlaude....tapi yang terpenting jangan cepat berpuas diri ya bro...
semoga sukses dengan kontesnya...eh mohon maaf lahir batin kalau2 ada komentar yang kurang berkenan selama ini

uci cigrey mengatakan...

eeeh sedap banget cum laude dan ganteng :))

kayanya telat tipsnya nih, minggu depan uda mau sidang.
yakan mas gaphe juga karirnya menanjak naik yakan yakan

puteriamirillis mengatakan...

weh..mantap phe cumlaude,,,tips nya ok banget dah..ikutin dah!!!

d3vy mengatakan...

aaah... saya juga kangen kuliah, pengen kuliah lagiiiiiih, yuks..yuks kita kembali jadi mahasiswa lagi ^^

ketty husnia mengatakan...

hebat2,..tipsnya oche bgt mas,..sayang masa2 indah itu tlh berlalu hehehe..mugi2 dpt gratisan kayak temennya mas gaphe :)

Terima kasih modernitas mengatakan...

waduwww kerennnn kumlot....aku tuh dah kuliah ngaret, gak cumlaude pulaaa..tapi yang penting kita sama2 dah lulus kuliahhhhh *tozz*

Winnie mengatakan...

wah congrats ya lulus dengan cum laude ... hebat banget!

AuL Howler mengatakan...

Awwwwwwwwwwwwwww......

Namg yoga!

Thankies udah sharing!

Berguna banget buat yang baru mulai kuliah.

hehe

Semoga prestasinya ngikut bang yoga yahh...
Amiin!!

P.S.
beberapa tips anda mencurigakan bang yogaa...

ckckck

HAHAHAHA

t h y a mengatakan...

wahh.. keren. tips nya sesauatu banget.
MIPA juga toh? tapi kalo saya pesimis bisa lulus 4tahun.
apalagi ditambah organisasi. sering bolos krn acara di organisasi. tapi gak melebihi batas juga sih bolos nya.

Nonni Shetya mengatakan...

baca ini jadi bersemangat. mumpung masih semester 3 mau aaaaaah kaya om gaphe..kalo bahasa alay "CEMUNGUUUUDHH !!!!"

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wah asik ada foto2 pas wisuda, klo ak gak punya sama sekali :'(

hebat kamu lulus cumlaude ya, klo ak sih bisa lulus aja udah syukur waktu itu gak mikirin cumlaude hehehe :p

Risah mengatakan...

gile.. banyak banget komennya..
oa, saya ngepens sama yang nulis..
mao gw praktekin tuh semua tips nya.. haha

catatan kecilku mengatakan...

Wah, ternyata dulu lulusnya cumlaude ya? Hebat itu! BTW temanmu yg lulus dg IPK 4 kok wajahnya serius banget ya?
Kalau orang bilang masa2 SMA masa paling indah, aku justru lebih menikmati masa2 kuliahku dulu... :) #ingat masa lalu

Phe... apa kabar? sibuk ya? lama gak nongol... ada salam dari Shasa nih.

auliadriani mengatakan...

cieee... dipajang juga foto wisudanya :D ... pertahankan prestasimu nak!

Todi mengatakan...

wah telat mampir saya dimari :(

aniwei, bener banget tips2 nya kang..saya juga mo wisudaan ah :)

Dwi Jo mengatakan...

Terimakasih tipsnya, mungkin suatu saat berguna. sekarang sih saya udah gak kuliah, tapi lagi kuli'ah..

Hanster mengatakan...

Wah selamat ya Phe dapet Cumlod.. Patut dicontoh nih..

riva'i mengatakan...

senangnya...

masih setaun lagi nie...

Rika Willy mengatakan...

mantebs lah kumlaud nya ya...

makkk,,, lama banget gak mampir ke sini..

Mama kinan mengatakan...

Hmm..sweetest memory yah phe..
kenangan dibangku kuliah memang nggak terlupakan..:)wah cum laude...tambah lebih berkesan tuh phe..semoga next nya gaphe bisa S2 juga gratis..semangat..
semoga menang ya phe..
btw..mohon maaf lahir dan batin dari kami sekeluarga

Aulia ♛ mengatakan...

tips nya bagus euy, walaupun saya belom kuliah *masih SMA masih imut gimanaa gitu:p
makasih kak tips nya, jadi pengen cepet kuliah deh:D

dindasaurus mengatakan...

cara paling instan bang gaphe..PELETLAH DOSENMU BIAR DIA SEGERA MELULUSKANMU =) btw minnal aidzin yaaah

TUKANG CoLoNG mengatakan...

walaaah..aku baru baca tips nya pas udah mau wisuda.. hahaha

Ami mengatakan...

Iya tau, susahnya di FMIPA. Jelek2 gini lulusan Matematika, sempet ngebantu adik kelas bikin konsep circle crop #ngarang. Semoga banyak anak banyak rejeki #cariistriduluIya tau, susahnya di FMIPA. Jelek2 gini lulusan Matematika, sempet ngebantu adik kelas bikin konsep circle crop #ngarang. Semoga banyak anak banyak rejeki #cariistridulu

Fiscus Wannabe mengatakan...

bentar lagi saya juga mau wisuda bang.:D walopun ga cumlaude.:P

Mood mengatakan...

Good !!

Semoga ilmu yang didapat bisa berguna, setidaknya untuk diri sendiri apalagi bila bisa berguna buat orang banyak.

Tips nya juga mantap.

Salam.. .

Andyan mengatakan...

i am a candidate for the eternal scholar :|

*kuliah gak niat*
*absen asal2an*
*tugas klo mood doang*
*gak punya temen di kampus*
*beberapa kali gak ikut ujian*
*tipikal mahasiswa yang cuman menuh2in kampus ngabisin gorengan di kantin*

dhenok mengatakan...

where are you Phe?? udah 10 hari ni, masih belum nongol juga.. ckckckcckck..

ikrim mengatakan...

om gaphe,maksih ya tipsnya... saya baru jadi mahasiswa,, pengen lebih dari mas!!!csemangat!!!

Fairysha mengatakan...

liat foto gaphe jadi inget jaman2 saya wisuda dulu juga..^^

jadi kangen ke kampus lagi...:D hmm...

Rawins mengatakan...

keren tenan cumlaude
tapi kayaknya yang nilainya paling tinggi di mata kuliah narsis
haha piss

Penghuni 60 mengatakan...

selamat ya sob...!
semoga sukses ke depannya!
^_^

ningsyafitri mengatakan...

Haik. Haik. Haik.
Pantesannn...
Dr luar aja udah ditau aura2nya... :D

WAh. WAh... Mantap daaahhh...
Kk Gaphe, do'ain yaa, semoga Ningning juga bisa ngikutin jejaknya Kk Gaphe. AMinnnn...

Thx buat tipsnya... Nining save malah. Hehehe...

Ellious Grinsant mengatakan...

Hahahah, saya masih skripsi mas, semoga tahun depan sudah bisa wisuda, hahaha...

Muhammad A Vip mengatakan...

syaratnya kurang banyak, tapi bukan berarti saya punya tambahannya lho

Nchie mengatakan...

Wah keren nih Gaphe..
hebat lah adekku ini..

selameet yaa..
Jadi ga berminat nih ngelanjutin S2,wekekekkek..

Iiih jadi kuangen sama temen2 kuliah,pengen balik lagi jadi anak kul deh..

ajeng mengatakan...

Numpang ge share tips nya ya...

Duh yang cumlaude.. Emak babe pasti bangga bener

ReeNa mengatakan...

Wah...keren bang..Alhamdulillah aku baca ini pas aku Oktober besok mulai kuliah...semoga selalu inget tips dari abang.. Bismillah....
semoga bisa lulus cumlaude juga ...yang terpenting ilmunya jadi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain...^^

UrfiQorina mawaddati mengatakan...

thanks wat tipsnya...

jadi semangat 45 ney,kuliahnya..

ranzhahussaini mengatakan...

wahahaha, ini nih sebagai trigger karena abis dapat nilai buruk... biar semangat lagi kuliah.
thanks man...

kutu kuliah mengatakan...

wah hebat,,,,, thanks gan infonya. Mantap

Oktafiani Berliansari mengatakan...

serius keren inih...
Udah univ nya di UGM, dapet nilai kumlot pulak...
.ini memotivasi bgd kag. :D
*ga mao kalah*
*pasang iket kepala*
*kekencengan*
*pusing*

Rizka Lionella mengatakan...

Wwwuuuuiiihhh kerenn bangett kak, makasih kak atas info juga tipsnya kak patut untuk diterapkan nih, apalagi sya bru msuk kuliah tahun ini, makasih tipsnya kak jadi tambah SEMANGAT Saya, smoga saya bisa mengikuti Jejak kakGaphe LULUS tepat Waktu dan BISA mencapai Cumlaude sesuai Target saya ini Ammiiiinn, MaturSuwun kak Tipsnya sangat membantu :)

Rizka Lionella mengatakan...

Wuuuuuiiihhh kereennn tipsnya sangat membantu kak, jadi tambah SEMANGAT, aplgi saya bru masyk kuliah tahun ini. Makasih atas info jg tipsnya kak Gaphe patut untuk diterapkan dn sangat sngat Mendukung, Matursuwun kk :)

Herdi Meidianto mengatakan...

Wah keren mas bro itu temenya kalo IPK 4,00 widih A semua.
Alhamdulillah IPK ane sejauh ini yah mendekati cum laude setelah dirata"sampe 3,72.
Sekarang ane dismster akhir (7) lgi pusing skripsi dan revisi haha *curcol.
Tipsnya setelah ane baca wah itu ane banget dah.
Dari yang tukang nyatet,akrab sama dosen dan lain- lain.
Semoga ane juga bisa ngikutin jejang bang Gaphe 2014 ini lulus dengan CumLaude pula amin haha.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...