Sabtu, 26 November 2011

Tips Terlihat Lebih Tinggi Di Foto Ala Gaphe

Terlihat lebih tinggi bagi kebanyakan orang menjadi hal yang diinginkan. Semenjak saya memasang foto kopi darat mini di Galaxi yang lalu, banyak komentar yang bilang kalo saya terlihat sangat tinggi. Okelah, buat yang pernah ketemu saya tahu kalau saya aslinya memang secara fisik tingginya diatas rata-rata. Sampai artikel ini diturunkan, tinggi badan saya mencapai 182 centimeter. Rasanya udah nggak nambah lagi deh.

Nah, lalu bagaimana dengan yang memang secara fisik tingginya segitu-segitu aja?. Ada cara yang bisa dipakai untuk meng-kadali orang biar mengira kita tinggi, setidaknya lewat foto. Nggak aneh-aneh, nggak pake edit-editan segala, tetapi kuncinya ada pada bagaimana cara dan pose serta apa yang dipakai di dalam foto. Penasaran?. Simak satu-persatu yah!.

Jika kamu berkesempatan foto bareng-bareng temen, pilih tempat yang bertingkat. Lalu, kamu berdiri di tempat yang tingkatannya paling tinggi di belakang. Foto dengan model seperti ini memang membuat kamu akan jadi terlihat lebih tinggi dibanding teman-teman kamu. Nggak percaya?. Ini buktinya.


Di foto itu, saya berdiri di paling belakang. Tapi coba lihat kakinya, setingkat diatas tangga. Lumayan, secara efek bisa nambahin tinggi 10-15 centi lah!. Efek ini hanya bisa diterapkan jika kamera menghadap satu garis lurus dengan pandangan mata, dan syarat mutlaknya adalah ada tempat yang berundak. Karena dengan kamera sejajar pandangan mata si pengambil gambar, maka hasilnya akan jadi simetris apalagi kalau kameranya konvensional. 

Lalu, kalo udah nyari-nyari tempat nggak dapet pijakan berundak-undakan?. Gimana donk ngakalinnya?. Iya, hal itu mungkin banget terjadi kalo kamu lagi foto di lapangan atau di pantai. Boro-boro nyari undakan buat nangkring, isinya dataran semuanya. Tapi tenang, ada cara buat ngakalinnya. Ini dia :



Nah di foto itu saya keliatan lebih tinggi kan?. Kenapa?. Pertama, komposisi "peserta" foto. Buat kamu yang pengen ngerasa lebih tinggi, berdirilah di paling belakang, dan minta teman yang lain untuk pose jongkok, duduk, atau apalah yang lebih rendah daripada kamu. Kedua, trik kamera. Letakkan kamera dibagian bawah, sejajar dengan dataran. Dengan posisi ini, jumlah langit (atau bagian atas) akan tercapture lebih banyak. Jadi karena asosiasi langit ada di bagian atas, maka secara otomatis berefek pada hasil foto yang terlihat "mendongak" ke atas. Ini dinamakan posisi frog eye.

Okelah kalo itu lagi foto barengan sama temen-temen. Tapi gimana kalo lagi sendiri?. Bisa banget diakalin. Efek frog eye ini bisa diterapkan dalam kondisi apapun koq. Asal kamera menghadap keatas dan objek fotonya ada di atas. Tapi, kalo kamu lagi sendirian. Tambah satu hal lagi yang bikin kamu terlihat lebih tinggi : Angkat tangan kamu keatas!. Nggak percaya?. Lihat ini :


Dengan mengangkat tangan, atau menguasai hampir tiga perempat bagian foto, kamu akan terlihat lebih tinggi. Tapi tetep masih pake frog eye yaa!.

Itu soal pose, lalu sebenarnya tempat pun juga berpengaruh. Tips selanjutnya : Mainkan Perspektif!. Tahu teori benda ketika semakin jauh (semakin mendekati garis horizon) maka benda itu akan terlihat makin kecil kan?. Ini bisa dipakai untuk mengakali supaya kita terlihat lebih tinggi di foto. Pilih posisi depan, disamping teman-teman lainnya yang berada agak jauh di belakang. Apalagi kalo backgroundnya polos, maka efek perspektif ini jadi makin terasa. Ini buktinya :




Foto diatas kalo lebih dicermati, saya ada di paling depan. Dasarnya udah tinggi, di depan malah makin tinggi. Dua teman saya ada dua langkah di belakang saya, plus mereka agak sedikit bungkuk posisinya, jadi nambah kesan jadi lebih tinggi kan?.

Permainan perspektif juga bisa dipake ketika kita ketemu satu bangunan dengan arsitektur simetris, semacam pilar-pilar gitu. Ini bisa dipakai kalo lagi sendirian. Teorinya sama, berdiri dipaling depan, maka pilar-pilar itulah yang akan membentuk perspektifnya. Lihat ini :


Foto ini diambil di Panggung Bandaraya - Kuala Lumpur Malaysia. Disini ada tiang-tiang tinggi simetris yang bisa dipake untuk foto dengan menerapkan teknik perspektif. Disitu keliatan lebih tinggi kan, meskipun sendirian.

Nah kalo soal pakaian, lebih baik memakai warna-warna gelap dan senada. Semisal di foto terakhir, terlihat saya pakai kaos hitam dan jeans biru donker. Gelap, makanya efeknya keliatan lurus dan makin ramping. Kalau pakai warna-warna terang, apalagi antara atasan dan bawahan kontras banget, biasanya di foto akan terlihat lebih pendek. Perpotongan kontras pakaian, ketika di hasil gambar akan membuat efek "memotong" tinggi badan. Jadi, jangan pernah pakai hijau untuk kaos dan kuning untuk celana ya!!.

Jadi, itu tips biar keliatan lebih tinggi ketika di foto. Selamat mencoba!

72 komentar:

Yudi Darmawan mengatakan...

hmm.. dasar mas yoga..
hehe, intinya emang permainan di perspektif angle shot, dan yang paling populer emang down side (frog eye itu ya?)..

tapi sebaiknya makan yang sehat dan rajin minum susu berkalsium serta maen basket tiap minggu biar tingginya natural, haha..!

salam jepret..!

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Apa? 182 cm?
Wow wow, berarti mas ga perlu tips biar terlihat tinggi dong hehehe.

TFS mas tipsnya...

Arman mengatakan...

iya kalo tingginya 182cm sih gak usah diapa2in pasti keliatan tinggi anyway.... :P

Syam Matahari mengatakan...

yah kalo contoh2 gambar pake Gaphe sebagai modelnya yah iyalah tinggi, kamu biar gimanapun gayanya kamera di bolak balik gimana pun ya tinggi lah.

eh, kamu doyan foto2 banget yah phe... ckckcck

Akmal Fahrurizal mengatakan...

ada tekniknya juga ya. :D

Adittya Regas mengatakan...

kalau punya badan kaya adul bisa keliatan tinggi gak difoto ?

Rawins mengatakan...

keren tipsnya om...
berarti ketiadaan pijakan harus diantisipasi sejak awal yo
kemana-mana harus selalu bawa dingklik...

John Terro mengatakan...

berarti intinya mas Gaphe selalu ingin terlihat tinggi yah :)

tito Heyziputra mengatakan...

hhahahaha ada satu lagi bang,cari partner photo yg lebih pendek,,klo ga jgn mau PHOTO deket bang gaphe, ntar terlihat pendek,, Hhahahha

Ad Ln Pt mengatakan...

ada satu lagi bang, pose foto nya sambil di gendong temen. pasti kelihatan lebih tinggi :D

Tarry KittyHolic mengatakan...

Kalo biar keliatan lebih langsing 10 kilo gimana Mas gaphe??? haha

niee mengatakan...

Kalau aku tergantung,, kalau temen fotonya gak terlalu tinggi ngapain ninggikan badan lagi.. tetep ajalah.. hehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

haha gak kebayang pake baju ijo dipadu celana kuning. gubraak genjreng pastinya.btw, tks tips tipsnya ya. tapi kalo dah pas difoto suka lupa lagi nih tipsnya. hehhee

Nchie mengatakan...

Hahaa...
Hmm..intinya Gaphe Narsis Abizz ..

Baby Dija mengatakan...

Om Gaphe 182
Dija cuma 80

monda mengatakan...

kalau untuk ibu2 mah tipsnya harus bagaimana supaya tak kelihatan chubby dan perut gendut di kamera ..he..he...

ria haya mengatakan...

wah ada tipsnya to...boleh juga tuch dicoba
tapi kalau cewek sich maunya terlihat langsing dan maniz wekekeke

182,bisa jadi pemain basket tuch

zone mengatakan...

oke jg tipsnya...
tp apa bukannya emang dasarnya mas gaphe sendiri emang udah tinggi....
tp teknik ambil dari sudut bawah emang menjadikan terlihat gede...
sotoy...
:P

dunia kecil indi mengatakan...

kurang 1 lg gaphe, arah kamera juga menentukan. semakin rendah kamera yg dipakai (eg: diatas lutut), semakin tinggu juga objeknya keliatan. atau pastiin berdiri dipaling depan tp kameranya lurusd. dijamin yg lain keliatan lebih pendek dan gak ketauan trik'nya kalau sekilas doang liatnya, hehehe *sering coba*

Celotehan three mengatakan...

tips yang menarik untuk menujukan kekurangan disulap jadi klebihan di dalam foto, cocok nih jdi model mas gaphe aw aw aw :D

tiffa mengatakan...

Phe, dg tinggi segitu kenpa ga nyoba jd model ato peragawan, your face jg lumayan, setidaknya dptlah iklan obat tinggi badan, ngurusin badan, atau contoh model yg kurus ke gemuk :).

Ami mengatakan...

kayaknya yang paling cocok buatku biar keliatan tinggi ya bawa tangga kemana-mana Phe...

Putrie Jrs mengatakan...

Pas buatku, Mas.
Saya berpostur cukup pendek. hehehe

tapi kalau cara kaya diatas, yang naik undakan tangga itu yg paling hottest.
:)


Salam sayang dari Putrie Jrs

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

pakai trik itu, gaphe yg udah tinggi tambah tinggi aja dong

Bayu Hidayat mengatakan...

gaphe. kalo tips terlihat ganteng di foto gimana ya. gw cari cari ngak nemu.

AuL Howler mengatakan...

wahahahahaa...

bisaaa bisaaa

ketty husnia mengatakan...

hihiii..mas gaphe bancikan di foto yg pertama :D

armae mengatakan...

alhamdulillah termasuk jarang merhatiin tinggi badan kalo pas foto.hehe..
tapi boleh deh tipsnya. makasi ya mas :)

Iqoh mengatakan...

Ide yang usul tuh mas...

Salam kenal...

Mood mengatakan...

Kalo kamu mah ga usah pake trick trick poto juga sudah terlihat tinggi, aslinya aj sdh 182 cm.

btw, thank's buat infonya Phe.

Salam.. .

narti mengatakan...

ya udah baju kuning n hijaunya masukin gudang aja :D
kalau aku sih paling moto dari bawah gitu aja, kalau mau sekalian yg diphoto suruh lompat.

sda mengatakan...

ternyata tipsnya banyak banget, makasih ya.
jadi ini nih seneng moto atau seneng diphoto??

TUKANG CoLoNG mengatakan...

halo bro... wah lama ga bersua ya..

kalo saya mah diapain juga tetep tampak pendek.. tapi yang paling belakang trus make alat itu bole juga :)

f4dLy :) mengatakan...

Jika kalian ingin berfoto di tanah lapang, jangan lupa sediakan batu bata sebagai pijakan untuk tampil lebih tinggi atau jika fotonya barengan, 2 kaki teman yang berada di sisi kamu bisa menjadi pijakan :)

nique mengatakan...

halah ....
dasar dirimu sudah menjulang, tanpa tips itu pun pasti sudah keliatan tinggi
klo yg tingginya semekot, ditambah pelebaran kiri dan kanan hahaha tetep aja kaleeee

ToM kuU mengatakan...

PATUT DICOBA!!! hahahaha.... tapi TK juga pernah ngelakuin cara yang sama sih... untung Bang Gaphe merangkumkan semuanya jadi satu.. jadi lebih mudah diingat... hahaha

btw.. u sih udah gak perlu deh pake trik2 ginian... secara dah 182....!!!! ENVY!!!

rahma mengatakan...

woahaaaa segera dilaksanakan! biasanya aku keliatan pendek *eh aslinya juga ding haha

anyway lama ga kesini nih bang #shakehands =)

riva'i mengatakan...

weleh weleh 182? aq we cuman 170 tok.
hahaha.

abis wisata mata di doly nie, ikan lelenya gemuk gemuk. hahaha.

linkwithin nya kok cuman 3?

sama punya q..

Claude C Kenni mengatakan...

182???
Segitu sih udah tinggi Gaphe, ga perlu pake trik segala kalo foto, hehehe

the dark anco mengatakan...

wuah mantap nech tips nya mas, tp kalo mau keliatan lbh pendek kira2 bisa g ya kalo tips td d praktekin kebalikannya

rusydi hikmawan mengatakan...

tips yang berguna buat anak saya yang baru 2 tahun, hahaha... nah besok, coba postingannya tips terlihat lebih pendek, bisa gak gaphe? #permitaan idem ama the dark anco

Mila Said mengatakan...

pas banget nih tips yang selama ini gw cari2!
ma kasih banyak loh...

NuellubiS mengatakan...

seetuju sama Sukro, TK, sama Keven. lu mah emang udah tinggi. lah gw, tinggi cuma 164. mau diapain juga bakalan keliatan pendek di foto... ;(

Ferdinand mengatakan...

Buset deh... sadar phe sadar... klo lu mah emank udah tinggi kali, ngapain pake nyari anak tangga yg lebih tinggi? haha... :) aduh klo gw jadi ke yk kita kga usah foto2 deh yak... abis tinggi gw cuma 179 sih hahaha... :)

Lu tahun depan bulan apaan balik ke YK? ntar gw kesana lu lagi diluar kota lagi haha..

Lyliana Thia mengatakan...

wah mantap banget nih Phe tips2nya! berguna banget buat aku yg beda 30cm dari kamu.. hiks.. berati klo foto sama gaphe, minimal aku harus 3 tingkat undakan di atas gaphe biar lebih tinggi.,. hehe.. ijin nge save ah, buat pribadi.. thanks for sharing yak!

Magic Fingers Syndicate mengatakan...

hahaha nice tips, bagus nih unt dicoba :D



magicfingerssyndicate.blogspot.com

dv mengatakan...

gud job mr gaphe!

sensitif saia klo soal tinggi2an gini,hehehe

keluarga zulfadhli mengatakan...

Dear.

hiksss.... gw pikir tipsss... nya emang gaya potograper prop.... ruoanyaaa....... lucu2 jugaaa.... itu salah satu fotonya di dekat pertosains KLCC yaaa...


regards.
... Ayah Double Zee ...

Fiction's World mengatakan...

wah ak suka nerapin tuh yang frog eye-nya tapi baru tahu kalau namanya ya frog eye :D
182 woooow kalau aku berdiri sebelahan ama bang Gaphe, bisa pegel leher ya, pegel nenggak mulu hhohho :P

r10 mengatakan...

wooww ternyata postingan serius, kupikir cuma postingan yg "naik tangga" saat kopdar sama pakde

Baha Andes mengatakan...

kang gaphe berarti tiger ya alias tinggi gering.

Yayack Faqih mengatakan...

boleh saya tambahin dari banyak tips ala mas gaphe tsb? Haha kurusin badan biar bidikan kamera hasilnya bsa menjadi lebih tinggi dari aslinya. Masuk akal gak ya?

t h y a mengatakan...

182? egila. tinggi aja. huehhe

Vivi Mulya mengatakan...

udah tinggi tapi jadi makin tinggi, kasian tuh bg temen2nya :D

bisa docoba nih buat foto2 ntar .. hoho

Irly mengatakan...

Hohoho..kerreenn tips2nya!!
suka banget..

tapi kalo pake frog eye gitu bukannya kita jadi keliatan gemuk ya?ya..minimal nambahlah size kita di kamera gtu..bener gak sih?hihi

Nia mengatakan...

Hahh? ternyata Gaphe tingginya 182cm? wah kalo aku kopdar sama gaphe berarti foto2nya waktu duduk aja biar ngga kelihatan perbedaan tingginya heheheh.....

Rere mengatakan...

thx gaphe buat trik fotonya Ihihihi..

Emang siy gaphe tinggi bener, pertama ketemu gue pikir dia pake egrang.. *eaaaaa* hahaha

Andy mengatakan...

182cm mah kagak usah pakai teknik foto mas,soalnya orang indonesia tuh tinggi rata2nya paling cuma 170cm,heheh

Desy Noer mengatakan...

aslinya juga udah tinggi, ditambah gaya berfotonya juga yang bikin tambah tinggi.
kalo boleh tau, tips buat ninggiin badan juga dong??? selain emang karena faktor keturunan, hehe..

MA Vip mengatakan...

saya yang pendek bisa ikutan saran ente kalo begitu, tapi nggak nipu kan? hahaha

kakaakin mengatakan...

Hehe... salah satunya tips-nya adalah, berfoto diantara orang2 yang lebih pendek :D
182 cm memang gak perlu tips lagi ya :D

hilsya mengatakan...

tips supaya keliatan kece ada ga? hihi

tiffa mengatakan...

Gaphe, saya balik lg, uhuiii yg lg di Malaysia :) bakal ada postingan ttg Malaysia lg nich :)

Belajar Photoshop mengatakan...

huehehehe... bisaan akangnya nii.. sayang kang.. efek batu pijakannya gag di barengi sama efek masukin bantal ke dalem baju biar kliatan proporsional gtu :p

Said Arsyad mengatakan...

ukuran tubuh masnya udah tinggi tuh.. jadi tanpa alat untuk undakan udah terlihat tinggi..

Mama kinan mengatakan...

hehehe..mantap tips-nya..thanks..akan ku coba yang untuk tubuh semampai ku ini kalo pas diphoto hehhee...:) * plakkkkkkkk

puteriamirillis mengatakan...

182? aku 169...*hidih ga nanya kaliii...

wah seru ajah tuh tipsnya, tapi emang frog eye itu favorit saya kalo lagi motoin orang, berasa fotografer prof aja gitu...hehhe...

Asop mengatakan...

Hehehe, tinggi bisa dimanupulasi, tapi kalo ukuran tubuh kurus-gemuk, bisa dimanipulasi gak ya? :)

cardiacku mengatakan...

Menyimak postingan dan cerita sobat di sini.
Jadi followers 454

Sadako Kenzhi mengatakan...

tapi emang asline kamu tinggi kan Phe?

Ninda Rahadi mengatakan...

bukannya bang gaphe juga dasarnya udah tinggiiiiii

Anonim mengatakan...

I couldnt have said it any better to be honest! keep up the awesome work. You are very talented & I only wish I could write as good as you do :) …

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...