Kamis, 22 Desember 2011

Hari Ibu : Belajar Dari Shinta


Tokoh : Aktris penari - pemeran Shinta dalam Sendratari Ramayana
Lokasi : Panggung Terbuka - Candi Prambanan
Diambil pada 19 Juli 2008, dokumentasi pribadi.

Saya pernah menuliskan kisah sendratari ramayana disini

Jika hanya satu kata yang bisa menggambarkan seorang dewi Shinta dalam epik Ramayana, maka kata itu adalah Setia. 

Meskipun Rama  sempat meragukan kesetiaannya, tetapi Shinta rela dibakar hidup-hidup untuk membuktikan bahwa dirinya masih suci. Shinta tidak tergoda bujuk rayu Rahwana, meskipun raksasa ini kaya, punya kerajaan Alengka, banyak harta, karena kesetiannya hanya untuk Rama.

Belajar dari Shinta, sosok wanita seharusnya mempertahankan kesuciannya hanya untuk yang benar-benar berhak. Membuktikan bahwa dirinya adalah makhluk yang setia, dan mencintai tanpa syarat.

Potret ini di ikut sertakan dalam Kontes Perempuan dan Aktivitas yang di  selenggarakan  oleh  Ibu Fauzan dan  Mama Olive




52 komentar:

Untje van Wiebs mengatakan...

Ah ga ngerti cerita wayang hihi.
Bagus mas fotonya~

Rawins mengatakan...

koncoku jenenge sinta tapi senengane ngecerke..
ga menghayati jeneng blash...

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

kirain sinta itu nama pacarnya gaphe :)

monda mengatakan...

Sinta jadi simbol perempuan kuat dan setia ya
foto yang cantik Gaphe

Ratnawati Utami mengatakan...

Sebelum dia dibakar kan ribut dulu sama Rama. Memang cerita legenda dulu rumit amat yah... Katanya ada sebagian yang nyata, jaman dulu peradaban sudah tinggi. Manusia purba adalah bentuk manusia belum sempurna yang berdampingan dengan manusia sempurna. Biasa, obrolan penggemar metafisika

chici mengatakan...

Kirain tadi Shinta itu temennya mas, eh ternyata bahas tokoh pewayangan :p
Moga aja wanita2 Indonesia bisa jadiin Shinta salah satu teladan ya mas, miris memang kalo kita lihat banyak remaja2 perempuan kita yg yg udah ngk menghargai keperawanan lagi :(

nice picture mas, good luck ya (^o^)/

auliyong ♔ mengatakan...

setuju banget sama katakata ini "sosok wanita seharusnya mempertahankan kesuciannya hanya untuk yang benar-benar berhak. Membuktikan bahwa dirinya adalah makhluk yang setia, dan mencintai tanpa syarat."
aku pernah liat cerita rama $ sinta di teater gading sekolah, keren kak :3

Nchie mengatakan...

Terima Kasih Phe atas partisipasinya. Foto anda sudah tercatat sebagai peserta.

dhenok habibie mengatakan...

singkat, padat dan jelas.. keren phe!! yuk ah, kita belajar setia.. hehe :D

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

mencintai tanpa syarat
aku suka itu

Tarry KittyHolic mengatakan...

Jaman skrng kalo ga kasih kesucian dibilang ga cinta kok. Berbeda jauh ama Shinta ya??? :)

Dzikrillah mengatakan...

Wah zaman sekarang udah susah yang kayak gtu mas, #selamat hari ibu..

Tiesa mengatakan...

yaiyalah sinta ngga mau sama rahwana meskipun dia kaya raya, secara gantengan rama kemanamana, rahwanaserem gitu kok :D #ngawur

.:diah:. mengatakan...

salute ama Shinta.. inilah tanda benar2 cintanya ke Rama.

anyway good luck ya Phe :)
*saya masih nyari foto yg tepat nih :D

dey mengatakan...

Sinta memang sosok perempuan setia ya ..

Kapan ketemu lagi sama penari itu Phe ? Titip salam ya .. :D.
Salam juga buat ibunya Gaphe.

Terima kasih sudah berpartisipasi di acara kami.

Orin mengatakan...

Ah...foto dan cerita dibaliknya keren mas Phe, menang keknya nih ;)

Met hari Ibu untuk Bunda-nya mas Phe ya, dan selamat mencari 'Shinta' hohohoho^^

Nia mengatakan...

setuju.....sy juga pernah posting hal sprti ini...bahwa suami kelak akan bangga jika mendapat istri yg masih suci.....

smoga menang yach....fotonya keren....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

moga menang ya.

Elsa mengatakan...

Shinta....
gambaran sempurna wanita

Adini mengatakan...

Dari Shinta gambaran wanita sempurna...sama seperti Elsa bilang.

BlueLov mengatakan...

ehmm singkat tapi ada pesan yang jelas yg tersampaikan ... InsAllah..aku diantara salah satunya amin

gud luck...

zone mengatakan...

nice picture....

shinta emang salah satu sosok wanita yg patut menjadi teladan...
:)

good luck ya mas.

yuniari nukti mengatakan...

Oh.. begitu toh critanya Rama Shinta.. jadi inget lagu Anoman Kobong, baru nge maksud isi lagu ini..

Mila Said mengatakan...

kali ini gaphe yang ikutan kontes hihiii...

btw, cerita Penang - Malaka nya dah tamat ato akan ada season 2 ?

Lyliana Thia mengatakan...

Fotonya keren Phe.. :-)

Selamat hari Ibu utk Bundanya Gaphe :-)

sukses kontesnya ya Phe..

uci cigrey mengatakan...

moga menang gaphe kurus nan ceking :D

Ferdinand mengatakan...

Widih.... so sweet amat lu phe? hahaha... yakin gw besok pagi udah banyak cewe yg ngantri ngasih seserahan buat ngelamar lu haha... :)

oiya, Selamat hari Ibu untuk semua Ibu di dunia :)

Asep Saepurohman mengatakan...

ku kira shinta yang sama jojo hehe.

selamat hari ibu mas.
oh ia, ngejawab yang di blog saya, ia nampah yg dianyam dari bambu :D

apikecil mengatakan...

Bagus banget fotonya
kerennnn
semoga para Ibu bisa meneladani Sinta
sukses untuk kontesnya

catatan kecilku mengatakan...

Ga, ternyata dirimu ngerti wayang juga to? Keren deh... :)

Selamat berkontes, semoga menang.
BTW, kualitas fotomu benar2 bagus. GAk rugi kamu hobby fotografi :)

Ejawantah's Blog mengatakan...

Mantap Sob.... ! mengangkat dari kisi cerita tradisional yang mengandung makna yang luas. Terimakasih penjabarannya.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

kakaakin mengatakan...

Banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari tokoh pewayangan ya...
Gudlak ngontesnya ya... :)

tito Heyziputra mengatakan...

Sekalain ngeramein, Selamat Hari Ibu buat semua ibu di seluruh dunia.. :D

armae mengatakan...

belum pernah nonton Sendratari secara langsung. pernahnya baru wayang. pengennn...

sukses buat kontesnya Mas. wahh,. aku sepertinya ketinggalan banyak cerita KL nihh

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

rumit juga kalo mendalami sejarah
yang penting selamat hari ibu (kemarin)

gunawan mengatakan...

sukses kontes ny,

Ririe Khayan mengatakan...

Tiap hr adalah hari ibu,

btw, selmat hari ibu buatsemua kaum perempuan dan Ayah yang karena takdir harus mengambil peran 'menjadi' ibu. Semoga kita bisa jd anak-anak yg lebih berbakti pd ortu kita masing-masing

narti mengatakan...

setuju tuh
dalem banget

tapi kalau baca berita akhir2 ini, sulit menemukan yg masih seperti itu.

semoga menang kontesnya yak!

Ellious Grinsant mengatakan...

semoga menang mas gaphe...
dan selamat hari ibu...

Arif Chasan mengatakan...

masih suasana hari ibu yaa... XD

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

tokoh Shinta memang bisa dijadikan panutan untuk para wanita sekarang ^^
Good Luck ya gaphe kontesnya

puteriamirillis mengatakan...

cantik, sinta tokoh yang cantik luar dan dalam...:)

tiffa mengatakan...

oh jd alasannya rama milih shinta krn setia mjga kesucian #manggut2

Sy pikir krn shinta kulitnya lbh putih dr Shanti :P

Phe, sy total sdh pny 4 blog lg, jngan kebanyakan blog ah, ntr sy ga kayak Shinta lg (poliandri)

tiffa mengatakan...

phe, dirimu tahu kisah pewayangan mahabarata ga? klo tahu ceritain donk di blogmu ini #sy request.

Ninda Rahadi mengatakan...

uwee semoga menang kontesnya baaaanggg
tareeek maaanggg
*lho

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

jaman sekarang, keperawanan itu mahal banget.... :(

Andri Edisi Terbatas mengatakan...

jadi mau membuat fiksi tentang shinta, lagi nih saya

Y.U.D.I.5 (daunlatin) mengatakan...

hanya bisa berkata
".........essip.

Zulfadhli's Family mengatakan...

Hiks pengen euy nonton sendratari

Sukses Say kontesnya :-)

Baha Andes mengatakan...

wih beneran sinta keren :-bd

DewiFatma mengatakan...

Dewi Shinta, Phe...

Aku 'Dewi' nya, dia Shinta nya..hahaha.. *komen bahlul*

dey mengatakan...

Selamat ya Phe, potret ini masuk jadi pilihan favorit.

Tolong kirim alamat ke saya ya ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...