Senin, 09 Januari 2012

Aik Kalak Hot Spring Water : Secuil Surga Di Segara Anak

Tak jauh dari Segara Anak, terletak sekitar 200 meter di sebelah timur camping ground, terdapat sumber mata air panas. Oleh masyarakat, sumber mata air panas ini dinamakan dengan Aik Kalak. Aik artinya air, dan kalak artinya panas. Saya sendiri menemukan sumber mata air ini ketika dalam perjalanan mengambil air bersih yang letaknya tidak jauh dari Aik Kalak.

Aik Kalak Hot Spring Water dari kejauhan


Dari kejauhan, bentuk sumber mata air panas ini seperti air terjun yang menggemericik dari atas dengan uap panas yang mengepul. Saya pikir tadinya asap yang mengepul itu adalah kabut, tetapi saya baru yakin bahwa sumber mata air ini benar-benar panas ketika mendekati dan mencelupkan tangan saya kedalam airnya. Mungkin kalau saat itu saya membawa termometer, akan saya laporkan berapa suhu airnya secara akurat. Tapi berhubung karena termometernya alami ciptaan Tuhan alias jari telunjuk saya, palingan suhunya sekitar 50-60 derajat. Eh, itu yang dikolam bawah sih. Kalau kolam yang di atas saya tidak tahu. Sebagai gambaran aja kalau sampai keluar gelembung udara seperti air yang mendidih asumsinya yaa pasti lebih panas.


 Tak butuh waktu lama sampai akhirnya saya menanggalkan semua pakaian saya. Ups, gak bugil gil laah ya, takut kena UU pornografi ntar. Saya lalu nyemplung kedalam kolam yang menurut saya paling bersih. Ada beberapa kolam disitu, dua diantaranya cukup bersih untuk dipakai buat mandi. Saya memilih yang dibawah, mengingat yang diatas langsung dialiri dengan air yang keluar dari batu dan tentu saja suhunya lebih panas.

Konon katanya berendam disini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit kulit. Hal ini saya amini karena melihat bekas-bekas belerang yang menempel di batu maupun di pipa-pipa yang menandakan banyaknya mineral ini dalam air panas yang saya cemplungi. Ini bukan berarti saya punya penyakit kulit loh yaa!. Tapi kapan lagi menikmati bertelanjang di alam, mandi air panas di kolam terbuka, sepi, dan pemandangan yang luar biasa disekitarnya?.. pesona yang nggak mampu buat ditolak. Kalo mau beneran bugil ya gak papa, toh banyak juga yang melakukannya. mumpung sepi dan tempatnya dikelilingi sama gunung-gunung batu koq.

Saya berendam cukup lama sampai akhirnya teman saya mengajak untuk turun mengambil air bersih. Ah, padahal belum puas berendamnya. Tapi daripada nanti teman-teman yang lain tidak makan malam, akhirnya saya mengalah untuk keluar dari kolam. Ganti baju, celana, lalu meninggalkan kolam itu. Beneran deh, sehabis mandi badan terasa ringaan banget. Secara semua daki ketinggalan disana. Capek dan pegel-pegel juga berasa ilang, aliran darah jadi lebih lancar dan stamina kembali menguat *lebay*

Menurut beberapa kepercayaan, sumber air panas Aik Kalak sebenarnya juga menyimpan beberapa rahasia. Katanya, di kolam ini biasa dipakai untuk menguji kesaktian atau kekebalan suatu benda pusaka. Jika benda pusaka itu dicelupkan dalam air kolam yang paling atas bentuk atau rupanya tidak berubah (kebal) berarti benda pusaka itu bagus alias bertuah. Tapi jika berubah menjadi lengket, lembek, atau berubah bentuk maka benda pusaka itu jelek. Lain lagi ceritanya, ada juga yang percaya jika merendam minyak kelapa dalam botol di dalam kolam ini dan minyaknya berubah menjadi bening maka minyak kelapa itu diyakini bisa menyembuhkan banyak macam penyakit. Entahlah, saya malah ngeri ngebayangin yang begini-beginian. Yaa kalo minta pertolongan tuh sama Allah aja.

Satu tips untuk yang mau mandi di Aik Kalak, pastikan barang bawaan anda bawa pulang kembali. Soalnya pas saya pulang, saya heran aja banyak kancut dan celana pendek bertebaran disekitar situ. Ini orang-orang yang pada mandi pulangnya pada telanjang kali ya?. Hahaha.

Plus, jika habis mandi sebaiknya juga jangan langsung melanjutkan perjalanan mendaki gunung. Sebab, perbedaan suhu yang terlalu ekstrim dari panas terus dingin bisa berefek bahaya buat tubuh, karena proses aklimasi (beradaptasi) dipaksa dalam waktu yang cepat. Sebaiknya sih istirahat dulu dua tiga jam, lalu baru melanjutkan perjalanan.

44 komentar:

Baha Andes mengatakan...

OOh.. dilombok toh.
gap tapi klo aku mandi atau berendam di air panas ko jadi inget dosa yg menumpuk :((

igum mengatakan...

gan, dimana itu?, ajib suasananya, keren banget pemandangannya.... jadi kaya di luar negeri pemandian air panasnya terbuka lgsg dr sumbernya, jadi kaya di Jepang atau Korea gitu...

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

nyaris aja salah komen nih hihihi kebiasaan kebanyakan buka tab ternyata ini blog gaphe (curcol gak jelas ).
gimana rasanya mandi air panas? gak melepuh kan hehehe.aku tau pemandianair panas cuma diciater sama cipanas garut aja :)

monda mengatakan...

surga dunia ini mah...., sirik.. he..he..

Una mengatakan...

50 derajat? @_@
Panas banget no...

RanggaGoBloG mengatakan...

setiap mampir sini pasti jadi ngiriii... pengen jalan jalaaan... nyam nyam nyam....

Afrid Fransisco mengatakan...

hanya bisa melihat lihat aja mas, nda pernah saya ngerasain air kayak gitu. he he..,

btw, tulisan mas enak banget dibaca lho nda ngebosenin

Asep Saepurohman mengatakan...

nyantai amat ya berendem. Harusnya sekalian ngerebus telor sama jagung tuh mas :D

dv mengatakan...

hadeeehh gaphe bisa ga sih postingannya ga bikin sirik -.-"

*larikedapurrebusairpanastrsberendem :))

nicamperenique mengatakan...

katanya telanjang, kok pake celana pendek? hahaha ...

*nerusin baca*

nicamperenique mengatakan...

tempatnya indah ya Phe, tp ga yakin bisa kesana, pasti medannya berat tuh :( bikin mupeng aja ih

*tiap ke sini mupeng mulu Ni, kapan engganya hahaha*

Rawins mengatakan...

abis berendam yo om
berarti dah bebas gudik yo sekarang
hahah

andriansyah s putra mengatakan...

itu beneran 50an derajat celcius? udah hampir setengah panas ya bearti kak. hahahahaha.
pasti seger dan rileks banget itu berendemnya. surgaaa~~~

Ratnawati Utami mengatakan...

banyak cd ditinggal? hahaha... itu basah trus males dibawa pulang. paling ya berendem pake cd trus pake celana gak pake cd lagi. Children do not try this at home... hahaha...

Mila Said mengatakan...

ah keren bangeeeeet... gw pengen kesana. berendam bugil wkwkwkk....

Ferdinand mengatakan...

Terus kapan nih kita berendem bugil berdua *cuihhh najis trala-lala gw ngucapnya haha...

Phe-phe... beneran kali ini gw serius mau nanya lu tuh kerja di travel yak? heran gw tiap kesini ada aja postingan jalan2 haha.. :)

Sarah mengatakan...

gile beneeeerrrr ajib banget Mas :D

tiwi mengatakan...

kenapa ga pake acr pict pas mandi di situ yg dipajang??ohh takut kena uu pornografi?..hihihi, selalu gaphe adaaa ajjaaaa^_*

DewiFatma mengatakan...

Tolong di cek satu-satu temanmu, Phe. Ada nggak yang kelupaan pake kancut :O

Btw, dirimu yakin nggak lupa? :P

Phe, dari kemarin mau nanya *serius*. Pake kamera apa sih, Phe? Kok bagus ya... Pengeeeen...! Mampukah aku membelinya? *nanya sambil lirik dompet*

Ario Antoko mengatakan...

mandi sendirian seperti itu benar2 berasa jadi raja.... ga heran sampai ninggalin jejek kekuasaan berupa kancut :D

rezkaocta mengatakan...

jadi mandi ny sendirian y kak??gak takut diculikkk.hihi

Adib Komando mengatakan...

wa baru tau tempat bagituan ni..patut dicoba

Sofyan mengatakan...

Hahaha,,masak sih Mas,,banyak kancut disana sini,,bisa gawat nih, bisa2 ketukar sama yang lain,,jadi mupeng pingin berendam diair panas juga

Sofyan mengatakan...

Hahaha,,masak sih Mas,,banyak kancut disana sini,,bisa gawat nih, bisa2 ketukar sama yang lain,,jadi mupeng pingin berendam diair panas juga

Sofyan mengatakan...

Hahaha,,masak sih Mas,,banyak kancut disana sini,,bisa gawat nih, bisa2 ketukar sama yang lain,,jadi mupeng pingin berendam diair panas juga

TUKANG CoLoNG mengatakan...

seandainya semua daerah di dunia alami seperti ini...

Ely Meyer mengatakan...

aduh ... iri banget ... pengen juga berendam di air panas itu :D
seperti biasa fotonya cantik cantik .. terima kasih

Siti Nurul Falah mengatakan...

berarti air itu mengandung belerang yah? hehehe
bisa ngilangin jerawat juga nggak ya? wah masa iya banyak kancut si haha^^

udin mengatakan...

jasa back link

tiffa mengatakan...

ini fotonya jg pake kamera hape dibungkus plastik bening? ngelirik banner facebook foto profilnya :P

iffa hoet mengatakan...

hadeehhh....kalo reporten n fotografer yg bercerita, wow serasa apa yg ditulis di dpn mata.
Mak nyuss ceritae, bisa buat yg baca pada mupeng tuch...hehe

Ellious Grinsant mengatakan...

wew, tempatnya keren banget mas... jadi pengen ke sana, hehehe...

Ejawantah's Blog mengatakan...

Pemandangan yang indah dan penuh dengan panorama alam yang segar.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

ibnu ch mengatakan...

pasti seger tenan tu. . . *jadi pengen mandi juga*byurrrrrrrrrrr

Yayack Faqih mengatakan...

wisata lewat pc aja deh hehehe lihat2 gambarnya juga bsa sedikit mengobati yg gakpernah wisata ke lokasi kaya ginian. penasaran sekaligus punya mistis kali ya :D

Orin mengatakan...

Beuuuh...yg lg berendam :p

srrriii mengatakan...

assiikkk jalan-jalan mulu nih bang.
:p

ria haya mengatakan...

huwaaa enaknya berendam air panas...
andaikan di kos saya ada air hangatnya :(

niee mengatakan...

Coba kalau di buatkan tempat yang kerenan dikit yak phe.. Pasti banyak yang mandi ke sini deh.. Soalnya kan banyak juga yang gak suka mandi di tempat terbuka gitu (kayak aku :P )

hilsya mengatakan...

hot spring is my favorite thing..uuy
*langsung ikutan seger*

Mama Rani mengatakan...

Cieee yang dakinya pada tinggal di aik kalak..huahahahahha
Berendam air panas sambil menikmati pemandangan alam yang luar biasa, si gaphe bener2 bikin iri dah ;D

LintasKoran mengatakan...

nice share

Thanks

Lyliana Thia mengatakan...

kepercayaan mistis di Indonesia bnyk bgt ya... peninggalan animisme dinamisme jaman dlu mgkn yaa... enak ya phe berendam di air panas dingin2 gtu... berasa di onsen dong, hehehe

Anonim mengatakan...

Come visit lombok again. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...