Senin, 30 Januari 2012

Jalan-Jalan Seratus Ribuan (Part 1) : Sea World!

Seratus ribu bisa jalan-jalan?. Wuih, siapa yang nolak coba?. Nggak perlu mahal buat ngerasain pleasures, bahkan di kota besar kayak Jakarta sekalipun. Sebenernya saya udah lama pengen sharing beberapa alternatif pilihan jalan-jalan yang murah meriah namun menyenangkan, walhasil baru kesampaian sekarang. Yep, di beberapa postingan nanti ada beberapa part jalan-jalan yang menghabiskan duit kurang dari seratus ribuan. Dan postingan ini dimulai dari sini!.

Dua minggu yang lalu, saya ada di Jakarta. Sebenernya sih pengen kopdaran sama banyak orang, cuman waktunya mepet dan beberapa nggak bisa. Jadinya, saya memutuskan untuk jalan-jalan ke Sea World di Ancol. Duh, udah gede gini masa mainnya masih ke Sea World sih?. Biarin weee, lagian murah meriah dan ngisi waktu luang sambil nunggu jam pesawat pulang.
Ini logonya, dipoto di dalem teater dan dicat fluorescence makanya keliatan nyala karena UV.
Ternyata emang nggak mahal buat masuk ke sini, cuman kena 70 ribu rupiah aja per orang. Belum termasuk tiket masuk kawasan Ancolnya yang 15 ribuan (udah naik ternyata, taun lalu masih 10 ribuan). Jadi kalo ditotal, 85 ribu rupiah kan?. Kalo kesininya make busway, nambah buat tiket PPnya 7000 rupiah. Total jendral, masih kurang dari seratus ribuan loh!.


Oke, balik ke Sea World dulu deh.. belajar dikit soal Sea World, kita boleh berbangga karena Sea World ini adalah akuarium ikan laut terbesar di Asia Tenggara. Kalo liat di dinding sebelah pintu masuk, banyak piagam rekor MURI yang tertempel memenuhi spase yang tersedia. Sebenernya kalo kesini emang cocoknya buat anak-anak sekolahan sih, secara isinya kebanyakan informasi tentang ikan dan segala macemnya. Ada museum, bioskop film dokumenter, library, TV touchscreen, dan berbagai jenis poster yang isinya nggak jauhh-jauh dari ikan-ikanan. 

Bintang laut di kolam touch pool
Di kolam touch pool misalnya, kita bisa nyentuh ikan hiu, pari, bintang laut, sampe penyu. Slogannya sih sentuh boleh, angkat jangan!. Kasihan mereka nggak bisa napas kalo diangkat keluar, makanya pas coba foto-foto pake diangkat segala saya ditereakin sama petugasnya buat nurunin lagi ke airnya. Buat yang geli-geli, mending gak usah nyentuh deh! Amiiis...

kalo yang ini, berani sentuh??
Satu icon Sea World adalah terowongan Antasenanya. Di terowongan sepanjang 80 meter dengan lantai yang bergerak berjalan ini, kita bisa ngerasain gimana hebohnya berada di bawah air. Bayangin, 35 ribu ikan dari ukuran jempol bayi sampe jempol raksasa ada disini. Buat anak kecil, pasti akan ter-wah-wah kalo ngeliat ikan pari manta selebar 2 meter mengepakkan siripnya tepat diatas kepala. Belum lagi liat penyu-penyu belimbing dan ikan yang kalo saya sebut namanya kayaknya postingan ini nggak bakalan cukup tempatnya. Jumlahnya 35 ribu ekor bo! capek ngabseninnya.

Mejeng di terowongan antasena
Awaas alien mendaraat.. coba bayangin pari manta selebar 2 meter lewar diatas kepala!
Oh ya, jam-jam tertentu di akuarium utama kita bisa ngeliat proses pemberian makan. Setengah jam sebelum acara, biasanya MC akan mengumumkan lewat pengeras suara. Nggak nunggu lama, tangga di depan akuarium utama langsung dipenuhi sama pengunjung. Gilak, kebanyakan anak-anak kecil. Mana tereak-tereak nakal lagi, duh.. pupus sudah nemu cewek cantik single disini #plaak.

Yak, begitu jam setengah lima tepat, penyelam yang membawa satu kaleng cat ukuran gede turun ke depan kaca akuarium utama. Penyelam itu dikerubungin sama ikan-ikan yang laper, dan dasarnya emang untuk pertunjukan, cara penyelam kasih makannya pun aneh-aneh. Ikan pari yang bentuk mulutnya ada dibawah, umpannya ditaruh di kaca dan diputer-puter sehingga tuh pari juga ikutan muter-muter mirip layangan kehilangan benang.

Sesi pemberian makan di akuarium utama
Buat kamu yang pengen nyelem bareng ikan pun sebenernya ada fasilitas diving juga disini, gak perlu punya lisensi, gak perlu punya pengalaman, karena kamu akan dipandu sama diver. Cukup daftarin diri dan bayar di kounter depan aja. Nah, soal satu ini kayaknya saya nggak bakal sebutin harga deh, secara bakal menghancurkan tema hari ini : Jalan-jalan seratus ribuan.

Lalu, ada apa aja di Sea World Indonesia?. Liat aja foto-fotonya yah.. lets the photo talks!.

Ikan Hiunya ada yang keluar satu.. ikutan poto.

Makhluk apakah ini?? antara kuda nil dan ikan paus??.

Ikan sersan mayor. Ciri khasnya, lima garis belang kayak zebra, hidup di perairan indo-pasifik di daerah berterumbu karang
Didalem Sea World : Gel-Gul alias Gelap Gulita.. eh, remang-remang dink :P
Moray Eel.. alias belut laut raksasa. Gede benerr.. jadi minder *loh?
Bukan batu bukan siput.. ini bintang laut versi gendut!

Jadi, gak harus mahal kaan buat senang-senang?

62 komentar:

Fiction's World mengatakan...

aseek pertamax nih kayaknya B)

idiih si abang bandel juga pake acara coba2 ngangkat pula :P
yaah padahal info mah boleh kali bang itu harga ikutan nyelemnya :O
yg antara kuda nil sama paus itu dugong kan ?

nicamperenique mengatakan...

gw salut Phe
gw yang udah ngerasa SW tuh biasaaaaaaaaaaaaaaa banget, tapi klo Gaphe yang cerita kok tetep jadi sesuatu banget gitu???
Top!
tapi tetep ga pengen ke situ lagi hhuehuehue

Una mengatakan...

Eh itu kepalanya masnya nyentuh dinding akuariumnya hehe. :D

Goiq mengatakan...

percaya atau ngga.. saya udah sering ke Ancol, tapi belom pernah ke Sea World.. hahahahaha

Zippy mengatakan...

Kapan ya saya bisa ke Sea World? :(
Termasuk murah ya untuk menikmati keindahan alam bawah laut disana.
Btw, mas Gaphe tinggi banget yoooooo... :D

Ririe Khayan mengatakan...

Kalau Mas Gaphe yg cerita bisa ikutan 'ngayal' seolah-olah ikutan berada di Ancol deh. Pernah sekali ke Ancol tp gratisan dan kala itu nyampe Ancol dah sore, sekitar jam 3an jd gak sempat ubek-ubek Ancol dgn puas deh..#kasihannn

Farrel Fortunatus mengatakan...

Jalan-jalan ke Seaworld? seru-seru aja tuh... mau anak-anak atau dewasa boleh-boleh aja kok, ga usah pake malu segala he he he...

ria haya mengatakan...

Aku malah belum pernah ke Sea World. Padahal dah lumayan lama di Jakarta hihi

ais ariani mengatakan...

plis deh Phe.. ke sea world 75 ribu itu kemahalan buat aku :(

aku baru beberap abulan yang lalu ke sono. dan kalau gak ngajak ponakan dan anaknya sepupu yang mash kecil, keknya gak bakalan masuk deh. secara bayarnya 75 ribu (medit). hiks... tapi emang iya sih, seru kalau suka dunia bawah laut, dan seru juga kalau gak harus lari2an ngejar bocah2 umur lima tahun
(deeuu... ais curhat)

hehehehhehee...

naspard mengatakan...

widiw, agak miring yak harga segitu, apalagi wisata bareng keluarga yang doyang wisata, enak tuh sayang dijakarta sih huhuhu

sumpah iri ane bang

Arman mengatakan...

heheehe jalan2 seratus ribuan ya pasti bisa lah. bahkan jalan2 di bawah sepuluh ribu juga bisa. naik busway aja keliling2 jakarta. :P

yang bikin budget bengkak tuh kalo akhirnya jatohnya mau beli2 makan, ngemil2, shopping2... nah baru dah gak cukup. hahahaha.

HEЯRY mengatakan...

asik nih ceritanya, ane tunggu tulisan perjalannan yang berikutnya sob :D

Syifa Azz mengatakan...

itu bintang laut kirain batu. hho
lah aku udah segede gini malah belum pernah maen ke Seaworld, ingetnya Dufan mulu sih kalo ke Ancol. #ngook

Tiesa mengatakan...

wah jadi inget sama teman saya yg mau back for good minggu besok, dia pengen banget ke seaworld, tujuannya 1 cuma pengen bandingin seaworld jakarta sama seaworld di Korea. ya jelaslah jauhh banget pasti itu, akhirnya malah saya komporin untuk ngga usah ke Sea World, ya secara biasaaaaaa bgt :P

Orin mengatakan...

aku pgn kesitu blm kesampean mulu udh setua ini hahahah, tar deh ngajakin anakku ya *halah* :D

ditunggu part berikutnya ;)

ita mengatakan...

dulu pas msi jd penduduk jakarta, alhamdulillah da pernah kesana.
Suka walau bukan yg suka2 banget.
Mungkin lain ceritanya kalo perginya bareng dina. Hehehe

Itu bukannya dugong ya/ikan duyung?

Btw gaphe liat pas ikan piranha dikasih makan nggak?
Ngeri pisan euy :(

Kurnia Eksis dengan Internet mengatakan...

Wahhh,, enak baner ni kang gaphe.. Cuma 100 ribuan udah bisa menikmati fantasi liburan yang luiburan yang luar biasa. #envy

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

yee Gaphe, itu bintang lautnya kok diangkat :D

muraaaaaaaaaah, belum pernah ke seaworld-jakarta jauh banget sih. Perlu beberapa ratus ribu dulu buat ke sana baru bisa ngrasain jjs seratus ribuan Phe -.-"

jarwadi mengatakan...

kirain aku saja yang sudah tua tapi masih suka mainan di seaworld, hehe

Inda Bunda Farrel mengatakan...

itu kuda nil mass... :D

Aku lom pernah ke SW.. heeee

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

aku aja cuma sekali ke seaworld. hehee

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

wah udah lama gak ke sana.. terakhir kali waktu kelas 6. hahaha

btw foto yang ada tulisan "Makhluk apakah ini?? antara kuda nil dan ikan paus??." itu foto ikan dugong setau gue.

aprie mengatakan...

waaah..saia malah belum pernah ke sana..

narti mengatakan...

asyikkk...besok lagi ajak2 ya, biar gak cukup 100 ribu :)

Alris mengatakan...

Pengennya aku kesana. Semoga kesampaian juga.

Muhammad A Vip mengatakan...

ada jalan-jalan yang lebih murah lagi Phe, gak nyampe sepuluh ribu malahan, di Monas. Muter-muter di monas sampe gempor paling beli air minum 3000 perak. haha

Yunda Hamasah mengatakan...

Foto2mu selalu bercerita ;) Salut dech...

Sepakat phe, untuk senang2 nggak perlu mahal, kalau bisa gratis malah, dibayarin maksudnya, hehee...

Andy mengatakan...

kalau saya mas,males jalan diwilayah jakarta soalnya bosen banget rasa
soalnya jalan baru selangkah dah nahan nafas karena polusi dll
kalau jogja aku mau,jalan kesana 100rb ? tapi bisa kagak ya,hehehe

Ario Antoko mengatakan...

100 ribu sudah termasuk ongkos makan belum? :p

Vania Anandita mengatakan...

Om Gaphe... Vania pengen kesituuu.. *langsung ribut*

baru kmrn sih ke Akuarium air tawar, liat ikan piranha dikasih makan ikan juga.. ih ikan makan ikan... serem..

.:diah:. mengatakan...

yaaahh waktu itu belum sempat masuk ke Sea World, cuman main percik air aja di Gelanggang Ancol.
next time klo ke Jakarta lagi mau ke Sea World juga ahhh, tengkyu infonya ya Phe :)

uli mengatakan...

itu apa?apa ada buaya? yg di gambar kedua

zasachi mengatakan...

Murah meriah dan nambah ilmu pengetahuan, why not? :-)

Ninda Rahadi mengatakan...

bang yang antara kuda nil dan apa itu namanya sapi laut

niee mengatakan...

pasti kalau mau ngasih makan ikannya diatas seratus ribu kan phe? :P

Aaahhh pengen juga neh ke Sea World,, tapi masih banyak tempat di Jakarta yang belum pernah aku kunjungi,, sayang aja kalau tujuan utamanya ke Sea World :P *dikeplak*

Ellious Grinsant mengatakan...

Wuakakakakkakak.... saya udah lama malah nggak pernah ke sea world. terakhir ke sea world waktu SD, hahaha...

Mami Zidane mengatakan...

memang seru ya jalan-jalan ke sea world...saya juga pernah ke sana...kira-kira 10 tahun yang lalu...hehe...

puteriamirillis mengatakan...

setuju ama kak nick,,kalo gaphe yg cerita kok jadi beda yaaa...

tugas ya ke jakarta...?

tiffa mengatakan...

saya belum pernah ke sana... :hiks:

Phe,klo mau nemuin cewek cantik, single, mainnya ke mall donk. Cewek2 khan nongkrongnya di mall... :P

Mila Said mengatakan...

kayaknya terakhir gw ke seaworld wkt SMP, pas karyawisata deh heheee...

Sarah mengatakan...

bagus banget tempatnya. dari jaman aku kelas satu SD aku ngiler banget pengen kemari, eh ampe sekarang udah "kepala 2" blom juga kesampean :D *padahal tinggal naek busway doang kesana, hihi

Nia mengatakan...

wah ternyata Gaphe ke Sea World tochh...padahal ancol tuch rute aku pulang pergi ke kantor loch...tp sekalipun aku belum pernah ke seaworld...hiks.....

kayaknya klo ngajak anak2ku kesini asyik yachh.....tp klo perginya ber-4 tetep aja mahal phe heheh.....

AuL Howler mengatakan...

dari dulu selalu kepengen menyelam atau snorkling di laut untuk melihat2 keindahan bawah laut..

minimal ke akuarium lah...

sayang sampai sekarang belum juga bisa...

:'(

#envy

#foto2nya keren bang ^^

Ceritaeka mengatakan...

Whoaaa udah lama aku gak ke Seaworld, terakhir tuh kalo gak salah 2005 :P hihi

Baca ini jadi pengen ke Seaworld lagi ih

ToM kuU mengatakan...

ih TK dah lama loh gak ke Seaworld... mau ah tar klo ada waktu...

dunia kecil indi mengatakan...

terakhir ke sea world waktu SMA. aku agak BT gara2 penuh padahal pengen nikmatin waktu di sana, hahaha... kapan2 ke sana lagi, ah :D

rezKY p-RA-tama mengatakan...

wadu,,sea world,,,,,sy kesana waktu umur 6 taunan,,,,,
jd pngn ksn lg,heeeheh

srrriii mengatakan...

ikan parinya gede bangetttt
:-O

Ratnawati Utami mengatakan...

terkesima dengan hasil fotonya... kapan punya kamera keren ya... yang jelas bukan tahun ini, heheh...

Urang Kampoeng mengatakan...

saya belum pernah kesana...kapan ada yg ngajak ya?he..sekalian bayarin.wkwk

catatan kecilku mengatakan...

Eh itu ikan hiu yg diluar dan ikutan difoto kok slim banget ya? hehehe...

Kapan ya aku terakhir ke Seaworld? Sepertinya udah luama banget tuh...

Apa kabar Ga? Seneng bisa mampir lagi kemari :)

hilsya mengatakan...

ke sea world baru sekali ^^, udah lama pula..

Ferdinand mengatakan...

Jiah, bener2 jadi ke Sea World dia ternyata haha... naek busway lu phe?

Eh masih di Jogja kaga lu? klo jadi Senen gw otw dari Jakarta, tapi kga lama kayanya gw singgah disana ada urusan abis itu, paling 2-3 hari doank gw di Jogja huahaa...

Miftahgeek mengatakan...

Ada buaya juga di seaworld? O_o

Ane belom pernah ke sea world, malah belom ke aquarium apa itu namanya, di taman mini kalo ga salah --a

7 taman langit mengatakan...

saya belum pernah ke sea world
mungkin suatu saat saya bisa ke sana.
he he

kakaakin mengatakan...

Hehe... aku berulang kali ke sea world memang gak ada bosannya :D
Apalagi kalo tiket masuknya dibayarin. Haha...

Syamatahari mengatakan...

grrr...
liburan kmana lg nih phe?

t h y a mengatakan...

jadi pengen..
kemaren cuma ke ocean samudra nya doangg.. hehe

KoskakiUngu mengatakan...

100 ribu doang???
#masi tetap kerasa mahal buat pengangguran# _ _"

Said Arsyad mengatakan...

aq pengen...

Anonim mengatakan...

Mas, maap itu kolam sentuh bukannya ikan-ikannya sentuh boleh, diangkat jangan yaa?... Kasian aja sih mas krn mereka pasti jadi tahan napas kalo pas diangkat. Iya sih si mas paling cuma bbrp detik aja ngangkatnya, tapi kepikir ngga kalo semua pengunjung seaworld berpikir hal yang sama ky si mas "ah, cuma brp detik doang kok"... Bisa semua makhluk di kolam sentuh itu mati perlahan krn nafasnya ngga maksimal. IMHO yaaaa...

bina mengatakan...

kebetulan besok mau ke seaworld. ikut tur anak sd. semakin semangat setelah baca cerita gaphe. xixixixix

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...