Sabtu, 21 Januari 2012

Pantai Senggigi Di Malam Hari

Beranjak ke Kabupaten Lombok Barat, kami mengunjungi Pantai Senggigi. Hari sudah malam, dan hampir-hampir tidak ada lagi yang bisa dilihat di pantai karena saking gelapnya. Yang ada hanya lampu-lampu hotel, perahu yang mendarat, dan beberapa petugas keamanan yang berpatroli. Mungkin lagi pada razia orang pacaran kali?.

Pintu Gerbang masuk ke Pantai Senggigi
Walaupun demikian setidaknya kami pernah menginjakkan kaki di Senggigi meskipun tidak memperoleh pemandangan alamnya  yang indah yang wajarnya bisa dinikmati di siang hari. Tetapi kalau dilihat sekilas, Pantai Senggigi mirip dengan Pantai Sanur di Bali, dengan pemandangan perahunya, dengan "jetty"nya, dan dengan pasar atau lapak-lapak orang jualannya. Plus, sederetan hotel yang memiliki pemandangan langsung ke arah pantai. Mirip Sanur kecuali warna pasir Senggigi yang hitam pekat.

Senggigi dinobatkan sebagai salah satu pantai tempat bulan madu terbaik di Indonesia versi Yahoo Travel. Saya pikir ada benarnya juga mengingat banyak hotel dari mulai bintang satu sampai bintang banyak alias lesehan langsung di pantai tersedia disini.

Justru ketika kami datang, yang ramai bukan di wilayah pantainya tetapi di jalan sepanjang pantai. Banyak cafe dan club yang menyajikan hiburan malam, makanan serta minuman mulai dari cocktail sampai vodka disertai dengan musik ajeb-ajeb yang dari jarak satu kilometer pun masih kedengeran hentakannya. Selain bar, terdapat juga tempat karaoke, pub serta tempat pijat yang buka bahkan sampai dini hari. Beberapa cafe menyajikan layar lebar untuk nonton bareng, serta dance floor dengan DJ yang memainkan musik digitalnya. Semakin malam semakin ramai. Mungkin ini sebabnya banyak bule betah tinggal di Senggigi karena hiburannya yang fantastis!


Senggigi sebenarnya terkenal dengan sunsetnya. Katanya sih, ini adalah salah satu tempat terindah di Indonesia untuk menikmati sunset. Tapi apa daya karena sampai disini sudah malam, maka hanya lampu mercusuar saja yang kelihatan. Sebenarnya pantainya nggak melulu berpasir hitam koq, ada beberapa bagian yang memiliki pasir putih. Pantai Senggigi membentang sepanjang 10 kilometer dan selain pesona pasir pantai serta ombaknya yang kecil sehingga cocok untuk berenang, Senggigi juga memiliki satu kawasan wisata berupa Pura Batu Bolong. Kami sempat melewatinya, namun tidak masuk ke dalamnya. Di Pura Batu Bolong, pengunjung yang masuk harus menggunakan pakaian khusus yang dipinjamkan. Konon menurut legenda, di tempat ini dulu sering digunakan untuk upacara pengorbanan perawan yang diumpankan ke ikan hiu. Legenda lain mengatakan, banyak gadis-gadis yang menerjunkan diri dari tempat ini karena patah hati. Duh, jangan ikutan nyoba ya?.

Selain Batu Bolong, ada juga daerah wisata lain bernama Batu Layar. Bagi masyarakat Suku Sasak muslim penganut wetu telu (waktu yang tiga - sebutan untuk yang melaksanakan shalat hanya pada tiga waktu, karena proses dakwah ulama dulu belum usai) di Batu Layar ada makam seorang ulama yang dihormati. Tempat ini ramai dikunjungi untuk ziarah saat lebaran tiba.

Dari Mataram, sebetulnya banyak kendaraan umum yang lewat namun tidak sampai malam hari. Aktivitas pedagang di pasar yang lapaknya banyak tersedia di Senggigi pun hanya sampai maghrib saja. Saat kami datang, memang masih ada warung yang buka. Umumnya yang jualan sampai malam adalah warung makan dan jajanan kecil atau warung untuk ngopi-ngopi. Kalau mau cari souvenir, siang hari lebih banyak pilihannya. Biasanya, cinderamata khas yang dijual di lapak-lapak disini adalah kerajinan mutiara, gelang kayu ukir, kain-kain, dan macam-macam gantungan kunci.

Oh ya, untuk masuk ke Senggigi tidak dipungut bayaran koq. Gratis tis, dan paling cuman bayar parkir aja. Jadi, buat yang ke Lombok jangan lupa sempatkan mampir di pantai yang menjadi ikonnya Lombok ini!.

Melukis dengan cahaya.. padahal aslinya ngejepret pake night mode tapi goyang.

58 komentar:

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

hihihi gaphe jujur bener ya kalo itu fotonya goyang. nanti bulan madu mau kesana juga ga phe?

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah keren amat tuh fotonya. biar goyang tapi mantap

Yudi Darmawan mengatakan...

hmm, jadi ceritanya ngmabil gambar slow synchronization gak sengaja nih yang terahir itu..?

keren mas, asik ah..

andriansyah s putra mengatakan...

saya bener-bener kangen pantai senggigi kak. jadi pengin kesana lagi :(

Yayack Faqih mengatakan...

upacara pengorbanan perawan yang diumpankan ke ikan hiu. Legenda lain mengatakan, banyak gadis-gadis yang menerjunkan diri dari tempat ini karena patah hati.

Tempat wisata khususnya pantai mesti sering menyisipkan bau mistis, wuih serem juga kaya macam pantai pangandaran atau lebih di kenal pantai selatan identik dengan nyi roro kidulnya :D gunung ciremai kental dgn nyi peletnya.

Uc Herawati mengatakan...

Suasana malam hari di pantai pasti memiliki kesan tersendiri..
Asiikk....

auliyong ♔ mengatakan...

wuiiih lombok, envyyyyyyy :p
keren, pengen banget ke sana :D

Lyliana Thia mengatakan...

wow seperti apakah pakaian khusus untuk masuk ke Pura Batu Bolong? serem amat ya legendanya...

btw, aku nggak pernah berhasil foto pake night mode Phe.. hasilnya ya seperti lukisan cahaya itu... tapi cakep juga ya.. hihihi

Mami Zidane mengatakan...

salam kenal mas gaphe...kunjungan perdana nih...blognya menarik...

Goiq mengatakan...

Gapheee.. kau buat aku jd pengen mewujudkan niatan ke Lombok bulan ini juga... hahahahaha

bredmart mengatakan...

aku jadi ingin berkunjung ke pantai sengginggi,,,
lam kenal yah,,
folooback

NIT NOT mengatakan...

itu pantai tempat mainku...memang asik disitu apalagi kalo sore main kano....asli airnya tenaaang bgt...

iffa hoet mengatakan...

ckckck..... pict yg terakhir sungguh fenomenal. Kreeennnnn !!

Wow, baru aku tau klo ada kelompok yg sholat 3 waktu saja. Hmm...kayaknya perlu dikirim orang alim n bijak buat menyelamatkan mereka.

Btw, blognya asyik kaya acara JELAJAH di TV. Seepppp!

Nyayu Amibae mengatakan...

aku suka gambar yang terakhir phe,,, unik n keren,, btw karena sdh kemalaman jadi ga ada info kuliner nya ya??? hahaha

t h y a mengatakan...

aaaa.. mau..mauuuu.. aku mau kesana. ajak akuuhh ajak akuuhh!! huehe

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

kug kesannya kurang indah yah LOL

Widhi - Blog Do Follow mengatakan...

belum pernah ke senggigi malam2. btw gak masuk angin ya kalo malam2 disana :D
btw salam kenal y :)

Baha Andes mengatakan...

Di bangunnya Airport Lompok pastinya memudahkan kunjungan wisata ya gap.

aku pengin banget bisa jalan2 ke lombok euy...

Syifa Azz mengatakan...

udah beneran mirip lukisan tuh, Bang.. keren-keren :D

Ello Aristhosiyoga mengatakan...

Menarik tapi kok malam sih datangnya. Kurang beruntung, hehehehehe. Selemata menikmati perjalanannya

Regards,
Twitter: @elloaris

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

pantai saat malam biasanya memang ;ebih unik daripada saat siang :)

puteriamirillis mengatakan...

phe ada award moga berkenan yaaa...http://puteriamirillis.blogspot.com/2012/01/seven-shadow.html

narti mengatakan...

sayang sekali gak dapet sunset
tapi bukan Gaphe namanya kalau gak ada cerita :)

dmilano mengatakan...

Saleum,
Berpetualangan terus nih mas gaphe...?? salut.

Siti Nurul Falah mengatakan...

uhmmm, kalo ada lampu2 gitu pasti romatis ya ^^
wah tapi ada petugas keamanan, takut di-razia nih >.<

Mood mengatakan...

Ajiiiiiib banget !!

Explore Lombok, iri abis Ogut ngebacanya kisah kisah perjalanannya.

Salam.. .

Ratnawati Utami mengatakan...

aku gagal motret jimbaran pas malem, kan lumayan makan malemnya difoto ya... goyangnya motret gak sengaja ternyata ya

kakaakin mengatakan...

Sayang juga ya, keindahan pantai jadi kurang maksimal dinikmati karena hari sudah gelap.
Btw, siapa tuh yang bersedia menginap di hotel berbintang banyak? haha...

Adek Sedja mengatakan...

Pakdhe gaphe ini postingannya jalan2 melulu..belum lagi foto2 makanannya bikin ngiler aja :(

kapan2 klo ke Makassar kabari kita2 yaaa..biar bisa kopdaran ^^

Yunda Hamasah mengatakan...

Senggigi? Lucu ya namanya ;)
Ikon kota Lompok, pasti bagus banget tempatnya, tapi khusus kali ini foto2nya kurang mendukung.

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

hahaha, keterangan poto yang paling bawah, kocak :D
jadi blur2 gimana gitu potonya, eh skalinya goyang pas moto ckckck

Phe phe, tapi ngerasa angker nggak sih? ya mana mungkin lah angker orang fantastis gitu -.-"


Lombok, yak nanti kalau aku punya tekad bulat baru deh mampir :D

Asop mengatakan...

Aaaaargh Mas Yog, seharusnya Mas ngefoto pake tripod kalo malem2... :(

jiah al jafara mengatakan...

gambar yg terakhir kerennnn

ck. mengatakan...

si gaphe lagi survey tempat buat bulan madu, fufufu ;)

lukisan bunga mengatakan...

kapan ya qu bisa kesana....

Ario Antoko mengatakan...

sudah seharsnya masuk pantai ga bayar, krn pantai milik publik

AuL Howler mengatakan...

yahhhh...
gak ada wisata kuliner nya bang?
^^

Aul mah mainnya ke pantai padang terus.

di padang gak ada pantai sengigi nya soalnya

*eh

wkwk

great photos!

rezKY p-RA-tama mengatakan...

sampean dr sby naek apa mase ke lombok?

Stupid monkey mengatakan...

tenang ... Februari meluncur kesana, sekalian rinjani, hmmm .. sekarang latihan lari dulu "sekalian bawa tv", hehe ^_^

.:diah:. mengatakan...

Phe, foto yg terakhir kereenn.. bener2 seperti lukisan :D

ah sayangnya gak sempat lihat sunsetnya ya Phe, next time kesana sebelum si matahari terbenam Phe :)

attayaya-bakau mengatakan...

semoga tidak menjadi hingar bingar kayak di kuta
ajeb ajeb yg memekakkan telinga, mengganggi syahwat hiiiiiiiii

Tiesa mengatakan...

foto yang terakhir itu, meskipun goyang kok malah bisa tetep bagus yahh

ghost writer mengatakan...

malam yang penuh dengan cahya..

selamat libur,Phe.

tiffa mengatakan...

kali ini sy pasti ga salah lg kayak dulu foto penjor di bali #teknik blur :P

phe, maybe sktr bln februari akhir aku kirim email/pesan di fbmu, mohon bantuannya yak, thx :)

Syamatahari mengatakan...

Melukis dg cahaya... ahahahhaha, aku ada banyak tuh foto lukis cahaya. nyoba2 foto lowlight tanpa tripod dan hasilnya parah smua :((. punya kamu lumayanlah, masih menunjukkan detailnya. sedikit.

Kalo ksini komennya pasti sama. keren dan mupeng. sudahlah... komen potonya aja :)

Indra Kusuma mengatakan...

Lombok membuat kenangan indah dalam setiap mata yang hadir disana.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Ririe Khayan mengatakan...

ta doakan nanti kalau Mas Gaphe bulan madu kesampaian di Lombok ya...biar ada makin seru ceritanya...hehehe

dhenok habibie mengatakan...

kalo di palembang mah untuk dengerin musik ajep-ajep gk usah ke pantai phe, cukup naik bus kota aja.. hahahaha, komen OOT nih.. biarin, habisnya selalu mupeng kalo gaphe bikin postingan tentang pantai..

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

bentar bentar.. nih perasaan tulisannya diedit yah? perasaan ada beberapa foto waktu di pantainya deh. ato saya salah baca post? #CMIIW

jarwadi mengatakan...

flash pada kamera mu kuat banget mas, itu tulisan welcome pantai senggigi keren abis, bahkan daunnya sampai keliatan detail hijau :D

zone mengatakan...

waah makin membuatku terengah-engah....
pengen banget deh kesana...
sambil bulan madu...
:)

ita mengatakan...

Luar biasaaa..
Sampe speechless baca tulisan n liat foto2nya..
Berasa ikutan adventure ;)

Mupeeenggg...

Adini mengatakan...

Pantai Sengigi sedikit mirip ngak sama pantai di Bali Yog.

Soalnya hanya pernah lihat di FTV

obat maag mengatakan...

indah banget pemandangannya

Meutia Halida Khairani mengatakan...

nah disini kali yah yg maksud gw makanan dan minumannya mahal2. resort sih n banyak bule'. pantai ini yg paling sering gw lihat di tv.. pengeeenn T_T

Fiction's World mengatakan...

eh tapi mekipun goyang bagus loh :D
aaah jadi pengen ke lombok nih

the others mengatakan...

Lha ini, waktu di Lombok aku malah gak sempat ke Sengigi, padahal hotelku persis di depan pantai Sengigi.

Nia mengatakan...

wahh foto terakhirnya biar goyang tapi jadinya malah kerenn......

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...