Senin, 27 Februari 2012

Kenapa Harus Camping?

Kapan terakhir kali kamu camping?

Jika jawabannya belum pernah, atau bahkan sudah lupa kapan terakhir kali kemping, maka postingan ini bisa jadi provokator buat kamu untuk ngelakuin kemping lagi.


Kemping di pinggir danau Segara Anak - Lombok


Sebenernya kalo diinget-inget, pengalaman pertama saya bersentuhan dengan namanya berkemah tuh pada saat masih jamannya TK. Dulu ketika masih jamannya satu rumah sama eyang, saya dan sepupu saya sering mainan tenda-tendaan dibawah meja makan pake selimut. Jadi, tuh selimut digelar diatas meja makan, diganjal pake kaleng biskuit, trus ditarik ampe bawah. Jadilah tenda jadi-jadian, nah karena gelap maka senter lah yang jadi alat buat penerangan.

Hayo, ada yang pernah ngelakuin hal yang sama pas kecil dulu?

Kemping yang beneran kemah di alam terbuka adalah saat kelas enam SD, ketika di sekolah saya jadi tuan rumah Pesta Siaga. Itu kegiatan pramuka tingkat SD yang tiap-tiap sekolahan di kecamatan saya ngirimin wakilnya buat bertanding. Berbagai macem acara pertandingan dibikin, mulai dari tali temali - memasak - bahkan sampe dance group! dan itu dilakukan dua hari semalam. Praktis, kita berkemah di lapangan sebelah sekolahan. Meski gak menang, tapi seru-seruan sama temen-temen SD itu yang sampe sekarang bikin kangen kalo diinget-inget.

Yak, daan terakhir kemping yang saya lakukan pas akhir taun yang lalu. Pas naik gunung Rinjani, lima hari lima malam, yang memecahkan rekor berkemah di alam terbuka paling lama yang pernah saya lakukan. 

Nginep di pos 2 Rinjani
Tahun lalu saja, dua kali saya berkemah. Dan dua-duanya dalam rangka naik gunung. Sebelum ke Rinjani, beberapa bulan sebelumnya kemahnya di Ranu Kumbolo - di Taman Nasional Gunung Semeru. 

Kemping di Ranu Kumbolo - Taman Nasional Gunung Semeru
Jadi, kenapa sih kemping tuh menyenangkan? Saya akan kasih alasan kenapa kamu-kamu kudu kemping.

1. Kemping itu melatih manajemen!
Tentu aja, mulai dari persiapan mau berapa lama, bawa bekal apa aja, mau makan apa, pake baju yang mana aja, sampe bahkan mau boker dimana. #eh, yang terakhir nggak masuk sih. Bagaimana kamu akan bertahan hidup di alam terbuka ditentukan seberapa besar kemampuan manajemen kamu. Nggak cuman soal manajemen bawa barang aja, tapi manajemen emosi juga. Soalnya, yang namanya kemping kadang ada kejadian-kejadian yang nggak terduga-duga. Kayak pas di Rinjani kemarin, ketika bekal makanan dibobol ama monyet yang menyebabkan kita harus mengirit bekal supaya bisa survive.

Karena biasanya kemping tuh dilakukan rame-rame, bisa ngelatih manajemen kelompok juga. Siapa yang bertugas masak, mendirikan tenda, cari aer, daan siapa yang bagian kerokin punggung kalo ada sakit. Oke, yang terakhir skip aja. Selain itu, latihan juga bagaimana manajemen bahan makanan. Atur makanan mana aja yang kudu dimasak duluan, nggak boleh pilih-pilih makanan, plus nggak bisa korupsi makanan karena tuh semua bahan kan untuk kelompok. Bisa dibayangin donk, kalo ada yang korup makanan ujung-ujungnya ntar gak bisa bertahan sampai hari terakhir kan?. 

Hmm jadi mikir, pejabat-pejabat yang korupsi tuh pasti belom pernah ngerasain kemping deh!

2. Kemping itu mempererat persaudaraan dan menambah teman.
Oh tentu aja, karena ada yang bilang katanya jika kamu ingin mengenal seseorang dengan lebih dekat maka ada tiga perkara yang perlu kamu lakukan : bermalam bersama, meminjam uang/berdagang, dan bepergian jauh bersama. Yup, dengan kemping maka kita bisa jadi kenal lebih dekat dengan teman kita. Saya menemukan banyak teman-teman baru, bermalam bersama orang baru, ketemu orang asing dan berteman dengan mereka hanya karena ikutan kemping!. Kamu jadi tahu sifat asli temen-temen, mana yang emosian, mana yang nggak sabaran (itu saya), mana yang kepemimpinannya bagus, mana yang pintar kasih solusi, mana yang panikan (itu saya lagi) eh.. koq jadi saya yang jelek-jelek yah?. hahaha. Naah kalo kempingnya bareng temen lain kelamin, ati-ati aja kalo ujung-ujungnya bakalan jadian. Banyak looh kejadian yang akhirnya kayak gini, tapi sayangnya lah pas saya kemping terakhir maah cowok semua yang ikut.

Temen Ngemping
3. Kemping itu berdamai dengan alam
Termasuk bagaimana mengelola sampah sisa-sisa, yang kudu dibawa pulang lagi, maka kita tahu kalau kita buang sampah di alam yang terjadi adalah alam akan kehilangan keseimbangannya. Plastik, botol bekas, apapun yang tak bisa terurai kudu kita bawa balik. Kalo dibakar, bisa jadi penyebab kebakaran hutan. Tapi, kalo dikubur maka akan menghalangi air tanah saat meresap.

Bawa pulang sampah dari Ranu Kumbolo
Selain itu, yang namanya alam terbuka kan kadang nggak bisa diprediksi. Kadang ujan, kadang terang, kadang mendung, kadang cerah ceria. Apalagi kalo pas kena ujan badai, jadi lebih menghargai hidup lah.. Lebih dekat sama Yang Kuasa juga ketika kita bisa nginep di tempat-tempat yang pemandangannya bagus. Serius!

4. Kemping itu ngirit.
Oh, kalo ini jelaas.. nggak perlu keluar duit buat sewa penginapan, hotel atau pondokan kan?. karena kita menginap langsung dialam bebas. Jadi, lain kali kalo traveling mau ngirit pertimbangkan opsi satu ini.

5. Kemping itu menyehatkan.
Gimana nggak sehat, lah wong mau bikin tendanya aja udah olahraga. Trus, kemping identik dengan naik gunung yang butuh stamina buat jogging dan trekking, yang pastinya olahraga pacu jantung banget kan?. Belum lagi biasanya kalo kemping kan bangun pagi-pagi, di tempat yang bersih udaranya, jadi terlepas dari beban penatnya kota dan polusinya. Ngisi paru-paru dengan oksigen fresh, siapa yang berani bilang itu nggak sehat hayo?

Gimana nggak sehat kalo pemandangan tiap hari beginian?
Itu lima alasan kenapa kamu-kamu bisa coba kemping lagi. Buat yang belom pernah, nggak ada alasan buat nggak nyoba. Umur bukan batasan, kemampuan fisik juga bukan batasan. Saya aja yang kurus kering mampu, kenapa kamu nggak?. Semuanya kalo ada niat, pasti bisa kelaksana koq. Nggak ada yang namanya nggak bisa, yang ada cuman nggak mau coba.

Ayoo kemping!


56 komentar:

ria haya mengatakan...

hahaha, saya jg sering main tenda2an dibawah meja pakai selimut atau jaring buat tirainya. kemping terakhir sich kykx thn 2007 pas acara kantor, bukan kemping beneran sich, cuma acaranya mirip kemping

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

terakhir camping kalau nggak salah bulan september 2009.. udah lama banget ya.. waktu itu di pulau sempu malang, camping bareng temen2 dari bandung berlima.. asik, tendanya malah cuma dipake buat naruh barang.. kebanyakan malah pada tidur di atas pasir pantai.. pakai sleeping bag pastinya.. kangen pengen camping lagi :|

nicamperenique mengatakan...

hahahaha ... paling bisa lhooo diaaa
hihhihi... gaphe badannya cungkring, ya enaklah melenggang ke sana ke mari
lah kita? hiihihih ... eh maksudnnya saya gituh :P

main kemping2an pasti pernahlah wakt di kecil, sprei yg segede alaihim itu bentangkan, terus di tengahkan dikasi gagang sapu yang di taro di dalam kaleng kongguan yang diberati batu hiihhihi niat banget kan

tapi klo kemping di alamt terbuka, blom pernah :(
pengen nyobain tapi itu tadi, tau diri, takut nyusahin
kecuali tim nya udah siap, berangkat yang biasanya cuma 1 hari, bisa 2hari ... xixixi ...

ayo kemping! *tapi aku gak ikut :P*

dey mengatakan...

kemping2an itu yang skr anak saya lakukan. Udah beberapa hari ini, dia bikin tenda2an pakai kasur kecil di kamarnya. Lampunya pakai lampu kecil yg pakai batere. Serasa di alam bebas ... hehe

Mupeng deh ngeliat foto2nya .. keren2 ... !

Saya terakhir kemping, kapan ya .. SMP kayaknya sih ..

Ratnawati Utami mengatakan...

Gapheee... aku tuh ke Bandung 2 hari satu malam backpack 6 kg aja bajunya kurang, padahal nginep di hotel. wah... ngepak untuk 5 hari mesti pusing 7 keliling... peace...

Yayack Faqih mengatakan...

wah ko mirip2 ya pengalaman bikin tenda di bawah meja, lah malah saya kadang di halaman rumah pke kayu terus pakai kain sarung yg tdk cukup satu sarung hehe dan biasanya rameh di lakukan anak2 pas bulan puasa.

Kalau kemping sendiri kayaknya udah lama banget mas, kisaran waktu saya msh SMP tepatnya di kaki gunung ciremai, pada saat itu menyisiri hutan hutan atau jalan setapak yg konon bsa menuju tempat persemedian nini pelet atau kibuyut manguntapah.

mimi RaDiAl mengatakan...

kemping pertama waktu SMP, ikut2an sama anak2 mahasiswa yg kos di rumah, pdhl ibu mimi ga ngijinin krn mimi srg ngompol kalo udah kecapean [upsss!]. Tapi syukurlah itu ga pernah terjadi di kemping2 berikutnya hahahaha

Goiq mengatakan...

udah lama banget ga ngemping.... terakhir tahun 2004 kalo ga salah

Yunda Hamasah mengatakan...

Terakhir pas SD, kapan lagi ya?

Aku terprovokasi ;)

-ka mengatakan...

tnyata petualang jg k2k nih,
kl sy camping drmah aj lah
=P

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

terakhir kemping waktu SMA :) pingin deh kempingnya sama keluarga

Phuji Astuty Lipi mengatakan...

waaah jadi rindu camping...mupeng...
camping...menurutku salah satu cara buat 'mendewasakan'

Claude C Kenni mengatakan...

Seneng banget kemping, semenjak ikutan pramuka kelas 6 SD, 12 tahun yg lalu, setiap tahun pasti kemping, minimal sekali, hehehe

Kemping itu...bikin item, hahaha

tito Heyziputra mengatakan...

terakhir camping tahun kmaren waktu naik k gunung gede..
smoga project tahun ini berjalan lancar, camping lagi...

Arman mengatakan...

gua gak pernah camping dan gak pernah kepengen juga... hahahaha

rezKY p-RA-tama mengatakan...

wew,,masnya jalan2 terus rek
semeru ya,,
wah,,,saya malah kepengen mas,,,
tapi apa daya,masa kuliah telah berlalu,hehe

hilsya mengatakan...

berhubung udah tuwir..
kempingnya di kamar aja aah...

chici mengatakan...

Seruuuu mas, aku belum pernah camping sekalipun loh :(
*dan kurang terprovokasi juga

Kecuali camping-campingan di belakang rumah sewaktu kecil, mirip cerita mas itu... Lagian aku kan kampungny (Takengon) memang di daerah pegunungan, jadi dari kecil begitu keluar rumah udah kelihatan gunung aja :)

Mami Zidane mengatakan...

saya kemping terakhir waktu kuliah...kemping di daerah kaliurang....udaranya duingiiin buanget...tapi seru...hehehe...

Mila Said mengatakan...

Gw biasa kemping di kebon belakang rumah gw... hahahaa....

Djangkies mengatakan...

terakhir kemping kalo ndak salah tahun 87 di ranu gumbolo dengan peralatan yang seadanya, tapi nikmatnya kebersamaan yang terasa sampe sekarang

Nia mengatakan...

aku ngga pernah merasakan yang namanya kemping...tp kalo denger cerita temen2 kayaknya emang asyik yachh...cuma butuh fisik yang kuat...nahh itu yang aku ngga sanggup hehehe.....

advertiyha mengatakan...

Terakhir kemping pas SMA kayaknya,,
wahhhh lama banggettttt.. hihihi...
gak deh, gw kan baru lulus SMA tahun lalu, ihik.. :P

kalo tidur di alam terbuka sih, baru-baru ini, di pantai marina Ancol, haha,,,

asiikkk,,, yuk kemping Phe,,,
gw gak korupsi makanan kok.. :)

zasachi mengatakan...

hahahahaha aku sm adik2ku jg suka maen kemping2an pake selimut :-D sama, pake senter jg sbg lampunya hahahaha lucu klo di ingat, soalnya nyokap suka marah kalo selimut dbw maen2 :-D

kalo skrg udah gk pernah kemping lg :-( pas pramuka jg gak pernah ikut kemping..

r10 mengatakan...

kalau kemping di puncak jgn berduaan dngan wanita, karna cuaca dingin, nanti.... bisa ada kelanjutannya :p

Mimi sikembar mengatakan...

oh nooo.. oh tidak..

saya belum pernah ngerasain camping beneran pasti seruuuuuuuuu.. :(

niee mengatakan...

terakhir kemping waktu kelas 2 sma.. hmm berarti 7tahun yg lalu.. sekarang mah udah males kemping phe.. hehehehe.. :p

la tahjan mengatakan...

Terahir Camping pas masa sekolah Aliyah dulu tepatnya kelas 2 itu kan lagi aktif2 nya ikut kegiatan Ekskul PRAMUKA.
emak asik bin menyenangkan banget,,,,
kenangan yang ga terlupakan waktu tidur di tenda rame2 aliyas susun gembong gilaa panas akhirnya kami tidur di bawah naungan langit,,hehe seerruuu :)
Kalau da kesempatan lagi pengen bisa camping lagi....

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah asiknya...perlu dicoba nih

Ummul Khairi mengatakan...

ituu..ranu kumbolo, saya belum pernah kesana tapi dari selentingan kabar, katanya ranu kumbolo punya view yang indah banget yaa..

entik mengatakan...

hua... ikhsan juga lagi hobi bikin tenda dari selimut hehe..
jangan-jangan besok kalau gede, jadi hobi ngemping kayak gaphe ya?

Orin mengatakan...

Aaah...kepengen bgt bs camping lg, kapan dan dimana yaa *serius mikir*

Atma Muthmainna mengatakan...

terakhir kali kemping saat kelas 3 sma,udah sembilan tahun yang lalu,jadi kangen....

Fiction's World mengatakan...

waaah asiknya klo camping pake tenda gitu ... nah kalau seminggu di alam bebas cuma pake bivak ponco sih berat juga bang hhehhe :P

tapi ke alam bebas itu emang menakjubkan ya, dan aku setuju, terjebak badai, kekurangan logistik makanan membuat lebih menghargai hidup :D

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

aku tambahin, camping melatih mandiri dan disiplin secara mental-kalau camping ga bisa enak2an, yg ada susah2an. apa2 dikerjain sama2 dg teman tapi seru-dan satu lagi jgn sampe ada yg egois :D

Elsa mengatakan...

aku menyerah deh kalo camping
kecuali di tempat campingnya ada toilet, hehehhee

chartini mengatakan...

Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
Terima kasih

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

palagi kalo bareng cewe2 semua yah kempingnya... hahahaha

tiffa mengatakan...

sd aku pernah kemping dg tmn sekelas, dan kapok ga mau lagi...

tiffa mengatakan...

aku sd prnh kemping dg tmn sekelas dan kapok

tiffa mengatakan...

sm kakak gaphe dimoderasi lg ya... :)

Tiesa mengatakan...

alaahhhh kayaknya kalo kemping di bawah meja, semua anakanak mengalaminya deh
tapi kalau kemping yang beneran kemping di alam terbuka saya belum pernah mas, ngga ikut pramuka juga dulu, jd cuma tahu cerita kemping dari temanteman aja :(

zone mengatakan...

kemping tu saya gak terlalu suka....
:P

saya trauma kemping....
kemping pramuka....

yus yulianto mengatakan...

saya dari kecil belum pernah yang namanya camping,,, ngeri euy... :D

dunia kecil indi mengatakan...

reply dari komen di blog'ku:

seperti yang aku tulis di sana, memang iya, tadinya aku pikir begitu. malah teman2 juga pikir begitu, makanya kami gak mempermasalahkan. soal benci dan sirik sama kami (terutama aku), memang pengakuannya sama ibu kepala, bukan kami yg mengada2 apalagi langsung men'judge.
tulisanku kepanjangan sih, ya jadi sering banyak yg kelewat poinnya :p
selamat malam minggu ya, gaphe :)

Ririe Khayan mengatakan...

camping terakhir kali doeloe jaman kuliah (jika bisa di sebut camping sih). Rame2 deh 1 angkatan...seru...bingung mandinya..hehhe

rezKY p-RA-tama mengatakan...

maaf oot mas gaphe,,
blogrollnya blogq pasang dunk,hhhehehe

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

terakhir kemping kalo gak salah tahun 2004 atau 2005 di megamendung ngelantik anak2 pramuka :D
kamping itu mang seru banget >.< gak terlupakan aku jg sampe sekarang
apalagi saat kelaperan sampe indomie mentah juga dimakan :P

marsaws mengatakan...

baru banget kemping 2 hari yg lalu! Excited banget! walaupun cm judulnya aja kemping, krn masih ada kamar mandi berfasilitas shower plus toilet gak jauh dari tenda :P

TUKANG CoLoNG mengatakan...

saya jarang ada yang ngajak camping. sekalinya diajak, ga bisa ikut -___-

.:diah:. mengatakan...

kapan ya?? kapan terakhir camping? keknya waktu SD deh, lupa kelas berapa, klo gak salah kelas 5 apa 6 ya? itu juga campingnya cuma depan sekolah which is jarak antara rumah dan sekolah itu dekaaattt banget, satu kompleks malah, jadi deh gak benar2 menyatu dengan alam. lah malamnya Om saya ditugaskn utk bawain bekal dan keperluan saya, xixix

mupeng mupeng camping dan menyatu dengan alam gitu.

anyway tu sampahnya banyak juga yaakk, hehehh

ternyata dirimu itu panikan plus gak sabaran rupanya, xixixix

sorry baru mampir juga belakangan jarang BW juga *sok sibuk juga, heheheh

dhenok habibie mengatakan...

hmm, liat foto dan ceritany gaphe, jadi mendadak pengen berkemah lagi.. kemaren dhe juga udah cerita tentang kemah terakhir dhe phe.. kapan2 kemah bareng yok.. hehe :P

u n n i mengatakan...

kereeeennn,
sy jd iriiii :(
jd pengenn campinng jugaaa :(

Evi mengatakan...

Karena SD dan SMP ikut pramuka, saya sering ikut camping dulu. Sudah nikah, camping dengan keluarga. Tapi kayaknya lebih seru camping waktu kecil dulu ketimbang sekarang. Kalau sekarang, saya semua yg beresin manajemennya..Tapi belum pernah camping di tepi danau yg cantik seperti diatas. Pengen cobain..

the others... mengatakan...

Aku terakhir kali camping ya jaman SMA dulu....
Baca postinganmu kok aku jadi pengen camping lagi ya? hehehe

Pengobatan Penyakit Batu Ginjal mengatakan...

jadi inget masa lalu,,
pas lagi camping sama temen-temen,,

terakhir kali camping tahun 2010 ke curug 7 panyalu :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...