Senin, 19 Maret 2012

Buddha Raksasa Leyeh-Leyeh di Wat Pho

Lokasinya cuman sepelemparan batu dari Grand Palace. Dari peta juga terlihat tinggal menyeberang jalan. Jadi, perjalanan saya selanjutnya adalah nengokin Wat Pho yang didalamnya terkenal dengan patung Buddha lagi leyeh-leyehnya.


Wat Pho dari jalan raya

Sempet kecele juga karena lagi-lagi harga tiketnya naik per Maret Ini menjadi dua kali lipatnya, 100 Baht. Maka daripada lagi-lagi nggak sah berada di Bangkoknya gara-gara nggak ngunjungin ini kuil yang tersohor dengan pusat pemijatan a la Thai terbaiknya, akhirnya saya merelakan selembar uang 100 Baht (setara dengan Rp. 30.000) untuk ditukar dengan ini :


Tiket seharga 100 Baht, plus free mineral water

Sebelum masuk ke tempat si patung yang lagi leyeh-leyeh, sepatu dan alas kaki kudu dicopot dan dimasukkan dalam tas yang disediakan. Sayang, itu tas gak boleh dikutil buat dijadiin suvenir. Udah kayak dimasjid aja ada batas sucinya.

Dan ini dia penampakan buddha yang lagi leyeh-leyeh itu.

Mas-mas.. enak bener tiduran leyeh-leyeh gitu. Gantian donk, situ yang motoin! #plaak
Jadi, ceritanya, patung ini berukurang panjang 46 meter dengan tinggi 15 meter. Saking panjangnya, sampe lapangan futsal aja kalah lebar. Patung segede gaban ini miring ke kanan, dengan posisi tangan menopang kepala dengan bantal tiga biji. Semua dilapis emas murni!. Gile, kaya bener nih orang Bangkok sampe patung segede itu dilapis emas murni. Sayangnya nggak bisa masuk dan menyentuh karena memang dipagari dengan kayu di sepanjang badan patung. Padahal, kalo bisa masuk dan megang tuh patung siapa tau kena rontokan lapisan emasnya.. dua graaam aja, udah bisa buat balik modal perjalanan ini.

Ini dari kaki ke kepala
Ini badannya sampe kakinya diujung. 46 Meter dilapis emas murni semuanya!!. Pengen tinggi?? nanya aja rahasianya ama om ini


Jalan terus sampe di ujung, ketemu kakinya si patung. Di telapak kakinya, tergambar beberapa ornamen yang melambangkan 108 pencerahan yang diterima sang Buddha. Katanya sih, kompleks Wat Pho yang bernama panjang Wat Phra Chettuphon Wimon Mangkhlaram Ratchaworamahawihan ini dibangun pada masa Raja Rama III tahun 1772 sebagai peringatan Buddha menuju ke nirwana. Dan patung ini merupakan rekonstruksi baru dari patung aslinya di Ayutthaya, yang sempat juga akan saya kunjungi!.
  


Ini kakinya. Telapaknya penuh dengan ukiran dari kerang mutiara, perlambang 108 pencerahan yang diterima oleh sang Buddha

Ada satu kegiatan yang unik juga disini yaitu memasukkan koin-koin ke dalam ketel (cauldron) yang terletak di pinggir dinding. Kamu bisa tukar koin semangkuk seharga 20 Baht buat masukin ke ketel-ketel yang berurutan, mirip masukin biji congklak gitu deh. Dan lagi-lagi katanya, kalo sambil berdoa sambil masukin ke ketel koin-koinnya, doanya bakalan terkabul. Hihihi, ada-ada aja ya mitologinya?


Semangkuk 20 Baht

Ini gaya-gayaan aja, padahal koinnya nyomot dari dalem ketel. Trus dibalikin lagi. Hahaha.

Sekeluar kompleks itu, langsung menuju ke tukang pijet!. Ups, maksud saya karena disini adalah pusat pemijatan terbaik ala Thailand, maka kayaknya sayang kalo dilewatkan. Cuman, karena imajinasi saya pijet ala Thailand tuh kayak begonoan, maka akhirnya saya memutuskan nggak jadi pijet. Padahal alasannya karena gak punya duit aja sih. Kalo mau, sejam pijat dikenai sekitar 200-300 baht.

Dan akhirnya saya hanya berkeliing di sekitar Wat Pho ini. Ternyata, banyak yang saya temukan disini. Ini dia!

Chedi-chedi yang dinamakan sesuai dengan nama raja Rama I, II, III, dan IV. Ceritanya didalam sini adalah tempat penyimpanan abu pembakaran sang raja.

Ratusan patung berbagai macam pose meditasi. Narsis juga ya??


Ordination Hall alias Aula Pentahbisan

Di dalam Ordination Hall, tempat meditasi dan berdoa. Banyak monk (biksu) disini


--------------------------------------------------------------------------------------
Wat Pho berada di Thanon (Jalan) Samachai, selatan Grand Palace. Buka setiap hari 08.00-17.00, harga tiket masuk 100 baht (free drink). Kuil ini terletak dekat perhentian Tha Thien (Pier No 8) Chao Phraya River Express dan sekitar 10 menit jalan kaki dari Wat Phra Kaew/Grand Palace ke arah Selatan.



31 komentar:

Yayack Faqih mengatakan...

tdk ada yg banyak buat sya komentarin, yang sya tahu negeri gajah putih itu surganya para pelancong hehe... udah dlu ah yg pasti sya suka ngiri kalo lihat2 gambar perjalanan mas gaphe.

kapan nih mas gaphe bsa ke makkah? turut mendoakan deh biar sedikit dpt pahala :)

Sofyan mengatakan...

wuih lama tak berkunjung kemari ternyata tuan rumahnya sedang meliput tempat² ynag ada di Thailan tepatnya Bangkok,,

Tri Setyo Wijanarko mengatakan...

sebenarnya indonesia punya yang lebih dibandingkan thailand ataupun malaysia. sayang nggak bisa mengemasnya.. saya sangat salut dengan thailand dan malaysia yang bisa mengemas pariwisata dengan sangat baik sehingga bisa mendatangkan belasan juta wisatawan.. bahkan singapura yang luasnya cuma sebesar surabaya aja wisatawannya lebih banyak.. hebaat!

bang, patung serupa ada di trowulan kang bang. walaupun mungkin ukurannya lebih kecil dan tanpa lapisan emas.. hehe..

nggak nyesel tuh nggak jadi pijit? mumpung di bangkok lho.. #eaa

naspard mengatakan...

widiw, anggun juga yah. bersih juga nih,

indah nian emang, cuman mana nih pesenan ane untuk ngambil fot foto ceweknya kekekeke :D

lovelydebz mengatakan...

Pernah kesini jugaaaaaaaaaaaa... panas ya .. tapi seru....

Phuji Astuty Lipi mengatakan...

dibangunin atuh kalob budhanya lagi leyeh leyeh wkwkwk

wuiih keren ya...gede amat om budhanya

Mila Said mengatakan...

Gw sukaaaa didalem situ, dengerin bunyi koin2 yang dimasukin berirama gitu hihihi..

Waktu itu gw sempet ga dimintain bayaran, dikira org lokal kayaknya. untung gw jujur, pas udah keluar ke jalanan gw balik lagi bayar hahaha...

Di Grand Palace juga gitu sbnrnya, pas gw bayar ke loket kan gw ga ngomong apa2 cuman ngacungin jari kode satu tiket gitu, eh sempet dikasih kembaliannya lebih, dikira gw beli tiket org lokal yg setengah harganya. Lagi2 untung gw jujur, gw balikin lagi kembaliannya sambil bilang "too much" nah trus diai lsg sadar klo gw bukan org lokal hahaha....

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

tiketnya naik terus salah bulan kayaknya kamu phe :P
wow itu emas harus bawa pengikir emas nih kalo kesana hihihi

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

wuihhh, mewah ya Phe #mlongo

1Baht itu brp rupiah Phe?

bunda Lily mengatakan...

wah, enak banget ya Gaphe punya kesempatan utk berkeliling Thailand...

dulu sekali (thn 1982) Budha di Wat Pho yg leyeh leyeh itu sempat juga bunda kunjungi
salam

Elsa mengatakan...

aku pernah kesana tuh...
terkagum kagum sama emas murni di sekujur tubuh Sang Buddha. hehee

tapi lebih takjup lagi memandangi setiap detil lukisan di dinding dan atap ruangan

Baby Dija mengatakan...

Om, Dija belom pernah kesana...
kapan kapan kalo Om Gaphe kesana lagi, Dija mau ikut ya

iwan mengatakan...

gak tau kenapa setiap lihat patung budha takut gitu T_T

Goiq mengatakan...

pengen ngorek emasnya... wakakakakaa

Rin mengatakan...

Gapheee.. jalan2 mulu ih. aku iriiiiii... T_T

Ririe Khayan mengatakan...

mampir ikut menikamti hasil jalan-jalannya di thailand...selalu bikin mupeng kalau mampir ke sini Mas

arqu3fiq mengatakan...

Lokasinya keren. Perjalanan yang mengasikan. Eh patungnya koq panjang banget ya. Emas murni....

Tiesa mengatakan...

itu ngga apaapa ya mas koinnya diambil dulu buat gaya terus dibalikin lagi? ngga ngasih efek ke doanya yg punya tuh koin? *keseret cerita*

Obat Tradisional Kanker Usus mengatakan...

wah itu beneran bisa ngabulin do'a mas gaphe ?

makin ingin deh pergi ke thailand sana

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

patung leyeh2 tapi ditonton hehehe

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

patung leyeh2 tapi ditonton hehehe

Ratnawati Utami mengatakan...

wew... rugi gak dipijitin. biar tau sensasi pijit ala thailand

chici mengatakan...

Cuma satu kata yang pengen aku bilang

"IRI" (--!!)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

pernah k e sana juga tapi gak suka dg suasananya yg gimana gitu.

MAS ODJIE mengatakan...

setiap kali mampir kesini, selalu saja bikin iri, bisa keliling wisata kemana2.... waaahhh kapan ya

the-netwerk mengatakan...

liat postinga agan jadi pengen cepet2 liburan :(

Tips Mengatasi Penyakit Bisul mengatakan...

asik ya bisa main kemana-mana jadi pengen ni mas..salam kenal ya

Dihas Enrico mengatakan...

keren banget yah di sana...
btw,,mas gaphe kerja apa sih bisa jalan2 terus...??

agen xamthone plus batam mengatakan...

bagus

Tips Menurunkan berat badan mengatakan...

Saua sudah 2x ke Bangkok tapi karena wwktu itu belum punya blog jadi nggak bisa nulis reportasenya.
Bagus2 memang bangunan di sana, gak kalah sama yang ada di Indonesia.

Salam hangat dari Surabaya

catatan kecilku mengatakan...

Ga, gimana sih resepnya nulis jurnal perjalanan sekeren punyamu ini?

BTW tuh Budha gedhe banget ya?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...