Rabu, 21 Maret 2012

Wat Arun, The Temple Of Dawn

Masih menyelesaikan wat-wat yang bikin nggak kuwat di Bangkok (orang lokal nyebut Bangkok ini sebagai Krung Thep) maka perjalanan saya selanjutnya adalah menuju ke Wat Arun. Sebutan lain untuk Wat Arun ini adalah The Temple Of Dawn karena letaknya selain di sebelah barat Sungai Chao Phraya, juga paling indah ketika kuil ini disinari dengan cahaya matahari pagi. Ya, best view di Wat Arun memang pada saat matahari terbit atau terbenam ketika cahaya matahari membentuk siluet gelap dari kuil.

Wat Arun dari atas sungai Chao Phraya
Wat Arun sebenarnya memiliki nama panjang Wat Arunratchawararam Ratchaworamahavihara (วัดอรุณราชวรารามราชวรมหาวิหาร). Mengapa dinamakan "Arun"? Ini karena merujuk pada penghormatan Dewa India yaitu Aruna - sang dewa fajar. Wat Arun ini sebenarnya juga masuk menjadi salah satu daya tarik Bangkok dan disebut-sebut sebagai landmark-nya distrik Thon Buri.

Untuk menuju ke Wat Arun, tersedia satu kapal penyeberangan dari dermaga nomor 8 tempat turun di Wat Pho. Memang beda letak Pier-nya sih, tapi tanyalah pada orang lokal yang mana kapal untuk menyeberang. Harga sekali menyeberang cukup murah, hanya 3 bath saja. PP berarti 6 baht, itu artinya tidak lebih dari 2000 rupiah.

Tha Tien pier.. dermaga untuk menyeberang ke Wat Arun
Dulu, Wat Arun dibangun oleh King Rama II (Masa kejayaan 1809-1824) dan diselesaikan pada masa King Rama III (Masa kejayaan 1824-1851). Nama raja-raja disini sebenernya merupakan gelar, sama kayak kalo di Jogjakarta - raja Hamengkubuwono I, II, III dst gitu. Nah kalo yang sekarang memerintah, Raja Bhumibol Adulyadej bergelar sebagai King Rama IX.

tiket masuk Wat Arun
Oke, balik lagi ke Wat Arun. Kompleks kuil ini sebetulnya berbentuk persegi empat. Satu kuil utama  (dinamakan Phra Prang) yang tinggi menjulang, dengan empat stupa (atau mirip chedi) di keempat pojoknya. Kuil utama memiliki keliling sepanjang 234 meter dengan tinggi mencapai 250 kaki (sekitar 75 meter). Phra Prang dapat dipanjat sampai ke atasnya, dan pemandangan dari atas Phra Prang dapat melihat Bangkok secara 360 derajat!. Di sebelah timur, terlihat Grand Palace dan sungai Chao Phraya. Sedangkan di sebelah Barat dapat dilihat bangunan dan perumahan-perumahan penduduk Bangkok. Hanya saja, butuh keberanian dan kewaspadaan ekstra untuk memanjat keatas karena curamnya anak tangga dan sempitnya jalan. Tangga hanya muat untuk satu orang saja, jadi jika berpapasan salah satu harus mengalah.

Wat Arun dari dekat
Tangganya curam sekaliii
Kota Bangkok (Rattanakosin) dari atas Wat Arun
Seluruh bagian dari Wat Arun ini ditempeli dengan porselen dari China. Beberapa kondisinya ada yang pecah, namun porselen berwarna-warni ini akan berkilauan ketika tertimpa cahaya matahari. Bagus!. Arsitekturnya sedikit berbeda dengan Wat-wat yang sudah saya kunjungi sebelumnya, meskipun memiliki beberapa persamaan di salah satu bagian kuil yang berupa patung makhluk mitologi Thailand yang mirip yang saya temukan di Wat Phra Kaew.

Ini patung makhluk mitologi yang ada di Wat Arun
Ini makhluk yang ada di Wat Phra Kaew.. maksud saya, tolong fokus dengan yang ada di belakang!!

Arsitekturnya dibangun mirip-mirip dengan arsitektur bangunan di Ayutthaya ketika dulunya merupakan ibukota kerajaan Siam di masa lampau. Beberapa diantaranya dipasang patung-patung gajah berkepala tiga dan disisi lain ada sebuah tempat yang berupa ornamen-ornamen bewarna emas melambangkan perjalanan Buddha. 

Ornamen emas di salah satu sisi Phra
Patung Gajah Berkepala Tiga
numpang mejeng aah
Well, dengan harga tiket masuk sebesar 50 baht rasanya worthed juga masuk kesini. Tapi, jangan dateng pas siang bolong, panas tauuk! Siapin tenaga ekstra kalau mau naik ke atas kuilnya. Tapi, kalaupun tidak, bisa juga jajan di luar kompleks karena banyak penjual buah-buahan, souvenir, dan penjual kelapa muda. Atau bisa juga sewa baju khas Thailand seharga 100 Baht untuk dipakai berfoto. Siapa tau dikira orang Thailand beneran jadi bisa masuk ke Wat Arun gratis!!

Penjual buah-buahan, es kelapa muda, dan yang seger-seger lainnya
Sewa baju khas Thailand.. sebenernya sih pengen nyewa juga, tapi....

36 komentar:

Goiq mengatakan...

bagus ya Wat Arun ini...

Mila Said mengatakan...

gw sewa baju di situ hahahaa....

mba nya ngerti bilang "terima kasih" soalnya katanya bnyk org indonesia yg sewa baju hahaha....

Ririe Khayan mengatakan...

Tuh ada juga yg jual jambu air ya...

Ferdinand mengatakan...

Widih lagi di Thailand dia haha... nggak lagi syuting sinema laga Indosiar kan lu phe disana? hahha *GUBRAK!!!

Btw, Ama Indonesia panas mana Phe?

Mas Huda mengatakan...

wah keren banget ya Wat Arun... itu tinggi banget kayak Prambanan

Sarah mengatakan...

aih, yg namanya jalan2 mah pasti seru dah.....

arqu3fiq mengatakan...

Nah liputan di Wat Arun yang ada patung tangannya di angkata keatas ini yang aku tunggu-tunggu. Suka karena ada patung nya lucu, menaranya juga sangat khas, mencirikan Bangkok.

Arman mengatakan...

ngeliat curamnya tangganya itu serem juga ya. hahaha

jarwadi mengatakan...

asyiknya yang jalan jalan ke bangkok,wat arun, saudara saya sebenarnya juga ada yang bekerja di bangkot, sebagai mathematician engineer di sana, pengen rasanya ngikut ke sana :D

puteriamirillis mengatakan...

aih, asyik bgt phe jalan2 terooosss..pengen.
itu patung nya gue juga ngerti kok kalo yg namanya makhluk patung yg dibelakangnya..maksud lo, lo mau dianggap sebagai makhluk bernama patung gitu yaaa..?*ribeeethhh,,maaaf...hihihi...
asyik juga yaa ada penyewaan baju gitu, ga harus beli..*yg penting ada fotonya...qqiqiqiqiqi...
prinsipnya yg penting gaya, kalo bisa yg muraaah.

naspard mengatakan...

boleh dicobain tuh, pakian terakhir. sepertinya cucok deh wkkwkw
waw indah megah nian yak disana. tapi namanya bangunan budha kebanyakan batu berbatu yah. huhuhuhu

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

knapa gak jadi yewa? gak ada cewenya untuk pakai ya hehehe

Ita mengatakan...

Walaahhh emane ga sewa phe. Apalagi sing warna ijo genjreng itu. Sumpah njentit cuocok sama kamu :D

Hihihiihihi :D

ghost writer mengatakan...

mau kemana lagi kamu lepas ini, Phe. mau terusan mengumpul 9 Matahari?

:)

Asop mengatakan...

Wooow, itu tekstur candinya bikin saya pengen ngefoto itu candi dari segala sudut... ^^

Elsa mengatakan...

pingin degan thailand lagiiii.....
hiks

R10 mengatakan...

aku takut sama ketinggian phe

the-netwerk mengatakan...

sumpah keren bnget tempatnya :D

Djangkies mengatakan...

Thailand dan sekitarnya seringkali membuat saya merasa tertarik untuk mengunjungi, makanya saya sering melototi acara petualangan di NGA, termasuk keberadaan ikan monster di sungai mekong. Bisanya cuman nonton di tipi, belum ada kesempatan ke sana

s y a m mengatakan...

Keereeen phe... fotonya!
Keknya ntar kl sy foto2 bangunan sy mau niru beberapa angel km deng, kereeen.... miringnya passs!

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

kalo di Indonesia itu kayak prambanan ya :D

Dihas Enrico mengatakan...

wah keren banget...
mau aq diajak ke situ...
:)

Cumi Lebay mengatakan...

3x ke wat arun tapi blm sempet naik sampai atas males duluan hahaha. Keren banget kalo senja

Adini mengatakan...

Yoga jalan2 terus ya...enak banget. Itu bajunya bagus ya Yog..kenapa ngak nyoba nyewa buat foto aja Yog..* lho *

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

pas udah pake baju khas thailand, eh taunya ga bisa ngomong bahasa thailand, ya sama aja boong... hehehe

Siti Nurul Falah mengatakan...

uhuu envy -.-

Tiesa mengatakan...

lah mahalan sewa bajunya daripada tiket masuknya yah

xamthone plus mengatakan...

wat arun apa artinya??

riva'i mengatakan...

wha..
pengen mas e...

kapan bisa jalan jalan keluar..
kapan ea..

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Istighfarin.com mengatakan...

gape kesana sama siapa? Pulang pee...
Klo jalan2 ngajak temen! Ngajak aku apa kek gitu... (ngarep) :P

the others mengatakan...

Padahal aku berharap kamu sewa baju itu dan berfoto... aih pasti cantik deh hahaha

narti mengatakan...

Sewa baju khas Thailand.. sebenernya sih pengen nyewa juga, tapi.... => sadar Phe...hihi...
tapi kayaknya seru juga kalau nyewa, diphoto, terus upload :)

Boengsoe Terakhiier mengatakan...

mantap.... untung ane punya istri orang thailand... hehehe... jd gk aneh what arun

Boengsoe Terakhiier mengatakan...

mantap.... untung ane punya istri orang thailand hehee... jadi wat arun gk aneh bwt ane.. tapi mantap... coba ajj main ke thailand seru deh....

obat jerawat herbal mengatakan...

mantaap gan..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...